fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ide Kemasan F&B untuk Dongkrak Penjualan

Ide kemasan

Dulu kemasan berguna semata-mata sebagai wadah agar makanan dan minuman terlindungi dan mudah dibawa dari satu tempat ke tempat lainnya. Kini peran kemasan sudah naik kelas. Karena fungsinya jadi bertambah, yaitu untuk meningkatkan nilai jual produk.

Kemasan yang dipilih pebisnis saat ini adalah kemasan yang memiliki ciri khas atau keunikan agar dapat menarik hati konsumen. Khusus untuk makanan dan minuman, bahan dari kemasan juga harus diperhatikan terutama aman digunakan bagi kesehatan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Bisnis makanan termasuk ke dalam industri Food and Beverages atau dikenal dengan singkatan F&B. Dalam masa pandemi saat ini, industri tersebut mampu bertahan dan bahkan mengalami peningkatan. 

Perkembangan Industri Food and Beverages di Indonesia

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, industri Food and Beverages tercatat telah terjadi pertumbuhan positif di angka 2,95% pada kuartal II tahun 2021. Industri Food and Beverages juga memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto Nasional mencapai 6,6%.

Industri Food and Beverages di Indonesia terus tumbuh berjalan seiringan dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Mengacu pada data Kepios, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mencapai 17% atau sekitar 25 juta pengguna. Angka ini terus bertambah dan telah menyentuh angka 175,4 juta pengguna.

Hal ini merupakan momen yang harus dimanfaatkan dengan baik. Sebagai pebisnis kamu juga dapat mengambil peluang ini. Terlebih untuk bisnis online yang ternyata justru menguntungkan bagi industri Food and Beverages di tengah pandemi.

Salah satu ruang yang menjadi tempat jualan online bertumbuh adalah platform e-commerce dan social commerce. Kedua media tersebut seolah menjadi angin segar yang menunjang kemajuan bisnis D2C atau direct to consumer di Indonesia, salah satunya LummoSHOP.

Penjualan Online Bisnis Makanan dan Minuman

Industri Food and Beverages juga tidak mau kalah untuk ambil bagian. Meskipun butuh sebuah upaya lebih bagi industri yang mayoritas berasal dari bisnis rumahan ketika beralih ke jualan online. Namun, hal itu tidak mematahkan langkah pebisnis rumahan untuk mencobanya.

Bisnis rumahan pun mau beradaptasi dengan tren yang berkembang. Kehadiran platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook sangat membantu dalam pemasaran produk makanan dan minuman mereka. Ada pula LummoSHOP yang membantu pebisnis rumahan lebih terlihat profesional dengan mulai jualan di website toko sendiri. Kamu dan pebisnis rumahan lainnya dapat terbantu dari memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnismu melalui LummoShop.

Selain bertindak sebagai produsen, industri Food and Beverages juga didominasi oleh sektor bisnis waralaba atau franchise. Kemudahan berjualan ala paket usaha makanan atau minuman membuat pebisnis pemula lebih memilihnya. 

Sedangkan generasi muda yang mencoba peruntungan bisnis di industri Food and Beverages rata-rata memilih ide jualan minuman atau makanan kekinian. Kalau kamu perhatikan, industri tersebut memang peluangnya paling besar karena mengikuti tren pasar. Jadi sudah pasti akan disukai konsumen.

Namun, ada hal yang tidak dapat dipungkiri pula jika masyarakat Indonesia mudah merasa bosan setelah mencobanya. Misalnya, saat kamu coba menjual tahu walik makanan atau minuman kekikinia yang sedang tren, sebut saja seperti croffle, minuman boba, kopi susu gula aren, atau aneka dessert box. Reaksi masyarakat di sekitar wilayah kamu berjualan tentu akan sangat antusias. Bila kamu mengadakan promo grand opening dan soft opening bisa dipastikan bakal kebanjiran pembelian konsumen. 

Tapi seiring berjalannya waktu, ide jualan makanan atau pun minuman kekinian lainnya akan muncul, Misal, saat muncul tren croffle. Konsumen yang padat merayap di awal pembukaan kedai-kedai yang menjual croffle lambat laun akan biasa saja. Fenomena tersebut, melahirkan fakta bahwa pada kenyataannya banyak konsumen yang hanya ingin memuaskan rasa ingin tahu dan mengikuti tren..

Kejadian tersebut akan terjadi berulang pada ide jualan makanan dan minuman kekinian. Jika kamu mau terjun ke industri Food and Beverages terutama berfokus pada jualan online makanan dan minuman kekinian tadi, maka kamu harus peka terhadap keinginan konsumen seperti apa yang akan loyal membeli produk kamu. 

Kamu harus tampil berbeda dan memiliki ciri khas untuk dapat memenangkan hati pasar. Bukan sekadar ikut-ikutan menjadi pemain bisnis yang mengikuti tren. Jadilah berbeda, kalau mau bisnis kamu bertahan lama. 

Kemasan Harus Memiliki Ciri Khas

Semua harus terkonsep dengan baik mulai dari kemasan sampai kualitas produk yang kamu tawarkan. Demi meningkatkan penjualan, kamu harus memiliki strategi yang optimal. Karena industri Food and Beverages saat ini lebih fokus ke bisnis online, maka penjualan sangat bergantung pada kesan awal yang dilihat.

Kesan awal yang akan dilihat konsumen di jaman jualan online tentunya berupa foto produk. Paket usaha makanan dan minuman apa pun harus memikirkan konsep detail hingga ke sana. Foto produk yang menggugah selera tidak hanya tampilan foto dari makanan dan minuman itu sendiri. Tapi juga dari sisi kemasan. Produk makanan dan minuman yang sudah diproses dan diproduksi sebaik mungkin, masa mau menggunakan kemasan yang biasa saja?

Kemasan yang menarik perhatian juga bisa membuat konsumen penasaran dan mencoba untuk membelinya, lho! Berarti, otomatis kemasan juga dapat mendongkrak penjualan makanan dan minuman. Bahkan kemasan juga sama halnya dengan industri Food and Beverages yang mengikuti tren ide jualan makanan dan minuman kekinian. Saat ini tampilan kemasan mulai bervariasi, unik, dan tentu kekinian. Pebisnis tidak mau kehilangan cara untuk menarik perhatian konsumen dengan sebaik mungkin!

Ide Kemasan untuk Bisnis

Kali ini LummoSHOP akan membantu kamu untuk menemukan ide kemasan kekinian yang dapat dijadikan referensi untuk bisnis kamu!

Kemasan Langsung Berguna dan Ekonomis

Sesuai judulnya; langsung berguna. Setelah membelinya, kemasan dapat langsung digunakan dan disimpan tanpa perlu dipindah lagi ke tempat lain. Selain praktis tentu juga menambah nilai ekonomis bagi konsumen.

Contonya kemasan selai butter pada gambar di bawah ini yang bisa langsung berguna dipakai setelah membelinya. Tutup selai juga berfungsi sebagai pisau oles sekaligus. Bisa ditutup lagi untuk disimpan.

Ide kemasan

 

Kemasan Praktis

Bisnis makanan dan minuman sekaligus? Kenapa tidak? Kamu bisa memanfaatkan desain kemasan praktis yang bisa memuat sekaligus makanan dan minuman, dengan desain yang unik tetapi tetap fungsional, seperti berikut:

Ide kemasan
(foto: Pinterest)

 

Kemasan Serupa tapi Tak Sama

Pernahkah kamu melihat sesuatu dari kejauhan tampak seperti rambut tapi kamu tidak begitu yakin. Lalu kamu coba dekati ternyata itu hanyalah makanan yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai rambut! Atau mungkin kamu punya pengalaman serupa lainnya? Bisa jadi akan cocok dengan ide kemasan bisnis makanan dan minuman kamu selanjutnya!

Ide kemasan
source: blog_pasta

 

Kemasan Dua Fungsi

Kemasan dua fungsi ini biasanya digunakan pada produk makanan. Kebanyakan makanan yang membutuhkan pelengkap saus. Seperti ini contohnya:

Ide kemasan
source: (foto: drupa.com)

 

Kemasan Unik dan Hemat

Hemat selalu menjadi kata kunci utama bagi pebisnis. Apalagi kalau bisa menciptakan sesuatu yang unik pula, tentu itu akan lebih menggiurkan lagi bagi pebisnis. Selain itu, pebisnis yang menjual makanan atau minuman dengan harga jual rendah tentu juga tidak ingin biaya kemasannya lebih tinggi dari biaya produksinya. Untuk itu bisa disiasati dengan membuat kemasan unik dan hemat seperti berikut ini. 

Ide kemasan
source: (foto: pinterest)

 

Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan seharusnya tidak hanya dijadikan tren tapi karena timbul kesadaran untuk turut serta berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Yang menjadi penting adalah bahan yang digunakan. Namun agar tidak kehilangan sisi menarik, tetap kamu bisa membuat kreasi unik dari kemasan ramah lingkungan ini.

Ide kemasan
source: blog_pizza

 

Kemasan Sekali Angkut Banyak

Cocok buat pebisnis yang memiliki menu paket hemat makanan dan minuman! Biasanya promo yang ditulis berjudul beli 5 gratis 1, misalnya. Agar kemasannya lebih praktis dan mudah dibawa, tidak ada salahnya membuat desain kemasan khusus untuk menu paket hemat tersebut.

Ide kemasan

Kemasan Bentuk Unik Menyerupai Produk

Seolah pebisnis ingin memberitahu konsumen melalui desain kemasannya tanpa perlu menuliskan menu yang dijual. Siapa yang tidak akan tahu kalau bentuknya seperti gambar di bawah ini tentu yang dijual sushi, bukan nasi goreng, kan? 

Ide kemasan
source: blog_sushi

 

Untuk bisa membuat kemasan yang unik, menarik, fungsional dan bahkan ramah lingkungan agar menambah value produkmu, kamu perlu mencari banyak referensi dan uji coba terhdapa produkmu. Selamat mencoba, ya!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP