fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Iklan di Instagram untuk Bisnismu, Kenali di Sini

mengenal iklan ig 01

Iklan di Instagram atau Instagram Ads adalah layanan berbayar yang memungkinkan pebisnis atau pemilik brand menayangkan postingannya kepada pengguna secara luas. Iklan Instagram ini muncul di seluruh aplikasi jaringan Instagram, temasuk Facebook. Ini mulai dari Instagram feeds, stories, explore, Facebook feeds, stories, dan banyak lagi. Sekilas postingan iklan ini mirip dengan postingan biasa, tapi ada label ‘sponsored’ atau ‘bersponsor’ untuk menunjukkan bahwa postingan tersebut adalah iklan. 

Selain adanya label, Iklan biasanya juga menggunakan lebih banyak fitur daripada posting biasa, seperti tautan link, tombol CTA, dan katalog produk, yang semuanya akan tergantung pada objektif dari iklan tersebut.

Jenis-jenis Iklan di Instagram Berdasarkan Format

Iklan di Instagram dapat dibedakan berdasarkan format dan placement atau penempatannya. Yang pertama akan kita bahas adalah jenis Instagram Ads berdasarkan jenis formatnya. Berikut ini penjelasan secara mendetailnya. 

      1. Image Ads atau Iklan Gambar 

Iklan jenis ini memungkinkan pebisnis menggunakan single image untuk mengiklankan brand, produk atau layanan mereka. Image ads ini paling cocok untuk kampanye dengan konten visual menarik yang dapat tersampaikan dalam satu gambar.

Baca juga: Beriklan Tanpa Ribet dengan Fitur Digital Ads LummoSHOP

Gambar-gambar untuk ads ini bisa berasal dari fotografi atau desain dan ilustrasi berkualitas tinggi. Kamu perlu gunakan gambar berbentuk square berukuran 1080 x 1080 pixel atau dengan rasio 1:1. Atau kalau kamu ingin menggunakan gambar berbentuk landscape, pastikan gambar atau desain kamu berukuran 1200 x 628 pixel. 

Kamu juga dapat menambahkan teks atau ads copy ke dalam gambar. Namun, Instagram merekomendasikan untuk membatasi banyaknya teks dalam gambar untuk hasil terbaik. Jangan lupa untuk melengkapi image ads dengan caption. Idealnya, untuk caption terdiri dari 125 karakter agar mudah terbaca.

      2. Carousel Ads atau Iklan Carousel

Iklan Carousel adalah konten iklan di Instagram yang hadir dalam format Carousel atau berupa serangkaian slide foto yang dapat bergeser dalam tampilan, seperti halnya carousel. Jenis format iklan ini paling baik penggunaannya untuk menampilkan berbagai variasi produk atau sudut tampilan yang berbeda dari sebuah produk. 

Misalnya kamu memiliki bisnis fashion online, maka kamu dapat memilih format iklan Carousel untuk menampilkan berbagai produk best seller atau produk terbaru kamu dan memberitahu pelanggan bahwa kamu menjual berbagai jenis fashion wanita, mulai dari atasan hingga dress bahkan aksesoris. 

      3. Collection Ads atau Iklan Koleksi

Collection ads ini mirip dengan carousel ads yang menggunakan banyak foto sebagai bagian dari kontennya. Perbedaan utama adalah cara menampilkan iklannya. Bila carousel  ads menampilkan gambar dalam format slide bergeser, sedangkan jenis collection ads menampilkan gambar dalam satu layout.

Baca juga: Strategi Sukses Beriklan di Instagram

Collection ads menunjukkan kumpulan foto untuk iklan dalam satu tampilan. Iklan jenis ini bagus kalau kamu ingin memungkinkan audiens melihat beberapa foto sekaligus. Misalnya, kalau kamu menjalankan bisnis real estat dan memiliki beberapa listing yang ingin kamu tunjukkan kepada pelanggan, maka menggunakan iklan koleksi akan memberi mereka gambaran umum tentang listingan produk atau layanan kamu hanya dengan sekali lihat. 

     4. Video Ads atau Iklan Video

Sesuai dengan namanya, video ads hadir dalam bentuk atau format video. Iklan jenis ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian karena kamu bisa berkreasi dalam menyajikan konten. 

Platform Instagram memungkinkan kamu untuk memposting video berdurasi hingga 60 detik, yang lebih dari cukup waktu untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan kamu.

     5. Shopping Ads 

Instagram Shopping Ads adalah jenis iklan yang memungkinkan brand atau bisnis untuk mempromosikan serta menjual produk atau layanan di platform Instagram. Iklan ini berfungsi dengan menyertakan tag produk di iklan yang menautkan pelanggan langsung ke halaman produk di website bisnis kamu.

Jenis iklan ini sangat cocok untuk bisnis e-commerce yang ingin meningkatkan penjualannya dengan mempromosikan produknya di Instagram. Untuk mempergunakan jenis iklan ini, jangan lupa kalau kamu harus terlebih dahulu mengatur katalog produk.

mengenal iklan ig 02

Jenis-jenis Iklan di Instagram Berdasarkan Penempatan

Setelah memiliki pemahaman tentang tipe Instagram Ads berbasis format, selanjutnya kita akan membahas iklan berdasarkan placement dimana iklan akan tampil di bagian lain Instagram.

Iklan berbasis placement adalah iklan yang ditayangkan melalui berbagai bagian dalam platform Instagram. Nah, simak penjelasannya berikut ini ya. 

     1. Stories Ads

Instagram stories ads adalah iklan berbentuk gambar atau video dengan layar penuh yang muncul di antara stories pengguna. Instagram Stories merupakan salah satu bagian aplikasi favorit pengguna dengan lebih dari 500 juta pengguna Instagram melihat stories setiap hari. Meskipun Instagram Stories adalah salah satu fitur yang relatif lebih baru di Instagram, namun tidak dapat disangkal bahwa keberadaannya telah menjadi fitur favorit pengguna di platform.

Baca juga: Yuk Kenali Seluk Beluk Instagram Ads yang Efektif untuk Bisnis

Instagram Stories Ads terbaik adalah iklan yang terlihat dan terasa seperti stories biasa dan tidak menonjol sebagai iklan. Atau singkatnya, iklan yang terasa seperti konten stories organik. Untuk melakukannya, saat mendesain iklan stories, kamu dapat menggunakan semua fitur Instagram Stories organik seperti filter, teks, GIF, dan stiker interaktif. 

     2. Explore Ads

Explore atau Jelajah adalah salah satu fungsi baru dalam Instagram. Dan iklan yang muncul pada Explore ini biasanya konten yang sangat tertarget yang sudah dikurator oleh Instagram untuk setiap pengguna.

Gambaran sederhananya, kalau kamu mengatur iklan kamu untuk muncul di bagian Explore, maka konten kamu akan ditampilkan kepada pelanggan yang sudah memiliki minat yang sama dan berada dalam demografi target kamu.

     3. Feeds Ads

Feeds ads adalah salah satu iklan yang paling populer dikalangan pengiklan atau advertiser. Iklan tersebut muncul dalam feeds organik sehingga terkadang pengguna tidak menyadari bahwa postingan tersebut adalah iklan, kecuali adanya label ‘Sponsored’. Pada jenis iklan ini, kamu bisa menggunakan semua format iklan mulai dari image ads, video ads, carousel ads, collection ads dan shopping ads

Keuntungan bagi Pebisnis

Nah ini adalah bagian yang pasti ditunggu oleh para pebisnis. Apalagi kalau bukan tentang keuntungan Instagram Ads bagi bisnis atau brand kamu? Ini dia jawabannya. 

      1. Hemat Biaya

Menggunakan iklan di Instagram adalah strategi periklanan yang berisiko rendah dan hemat biaya. Mengapa begitu? Karena Instagram Ads akan mengenakan biaya atau kamu hanya membayar ketika pengguna melihat dengan metrik CPM (cost per mile) atau mengklik iklan kamu dengan metrik CPC (cost per click).

Baca juga: 3 Tips Jitu Menulis Iklan di Media Sosial

Meskipun ada banyak faktor yang akan menentukan berapa banyak kamu harus membayar per klik atau impressions seperti lokasi, industri, dan penempatan iklan, tapi Instagram Ads relatif cukup terjangkau bagi para pebisnis online.

      2. Penargetan yang Spesifik

Instagram Ads memberi pengiklan kemampuan menargetkan calon konsumen secara lebih spesifik dan personal. Kamu bisa menargetkan audiens atau kelompok orang tertentu berdasarkan usia, lokasi, minat dan ketertarikan, bahkan perilaku.

Mengapa ini sangat penting bagi advertiser pebisnis online seperti kamu? Daripada kamu membuang uang untuk menargetkan sembarang orang, kamu bisa menarik tipe orang yang paling mungkin terlibat dengan bisnis kamu dan mengambil tindakan yang kamu inginkan. 

Untuk menemukan audiens target yang paling relevan, kamu harus melakukan riset pelanggan yang menyeluruh untuk menemukan jenis pelanggan yang kemungkinan besar akan merespons iklan kamu secara positif. 

      3. Mobile friendly

Instagram bekerja pada ponsel pintar dengan desain yang sangat mobile friendly. Instagram bergerak dengan tahu pasti bahwa saat ini orang cenderung mengakses aplikasi media sosial, informasi bahkan berbelanja melalui ponsel daripada melalui PC atau komputer. 

Di Indonesia sendiri, berdasarkan riset We Are Social tahun 2021, pengguna ponsel sudah mencapai 98,3% dari total penduduk. Sedangkan pengguna ponsel pintar atau smartphone mencapai 98,2% daripada pengguna laptop atau PC yang hanya sekitar 74,7%. Ini artinya, Instagram Ads sangat tepat sebagai sarana kamu beriklan karena pada kenyataannya ada potensi pasar disana.

mengenal iklan ig 03

Kekurangan bagi Pebisnis

Setelah bicara tentang keuntungan Instagram Ads, untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tak ada salahnya mengetahui apa saja kekurangan Instagram Ads. Simak ya. 

      1. Audiens yang Terbatas

Instagram adalah platform dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Tapi, meskipun Instagram memiliki basis pengguna yang besar, sebagian besar pengguna ini berusia antara 18 – 34 tahun. Instagram adalah platform yang bagus jika kamu adalah brand yang ingin terlibat dengan generasi milenial dan gen-Z. 

Untuk brand yang menargetkan audiens yang lebih tua mungkin ragu untuk berinvestasi dalam Instagram Ads, karena kenyataannya banyak pelanggan potensial mereka tidak menggunakan aplikasi, setidaknya bukan pengguna aktif. 

     2. Tidak Click-Friendly

Instagram bukanlah platform yang ramah klik atau click-friendly karena tidak memungkinkan pengguna untuk menempatkan tautan yang dapat diklik di postingan. Artinya bahwa miliaran orang yang menggunakan Instagram tidak pernah bisa untuk mengklik sebuah link di sebuah postingan. Yang bisa mereka lakukan hanya menyukai, berkomentar, menyimpan, dan membagi postingan. 

Meskipun saat ini terdapat aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan untuk menempatkan link-link penting pada bio Instagram, tapi rasanya pengguna Instagram kurang antusias karena terasa kurang praktis daripada platform media sosial lainnya. 

Baca juga: Mau Menjaga Loyalitas Pelanggan? Coba 6 Fitur dari LummoSHOP Ini

      3. Keterbatasan Jumlah Kata

Instagram adalah platform media sosial yang menekankan pada konten visual dan hanya menyediakan sedikit ruang untuk caption dan copy. Meskipun sebuah gambar bisa bernilai ribuan kata, seringkali gambar tidak dapat mengomunikasikan semua yang ingin advertiser katakan.

Padahal copy akan memungkinkan brand atau bisnis berbagi informasi tambahan, seperti detail produk atau layanan, informasi pengiriman, atau pemberitahuan penting lainnya. Dan meskipun ada caption yang tersedia, tetapi pada kenyataannya, sebagian besar pengguna Instagram cenderung tidak membaca caption.

Itulah mengapa pentingnya untuk menyampaikan pesan melalui gambar sebaik mungkin atau menekankan CTA dan tautan yang dapat diklik untuk mengarahkan mereka ke tempat-tempat dengan lebih banyak informasi seperti landing page

Nah demikianlah pemaparan seputar iklan di Instagram mulai dari definisi, jenis-jenisnya hingga keuntungan serta kekurangan menggunakannya. Semoga dapat membantu para pebisnis online yang berniat menggunakan Instagram Ads untuk mempromosikan bisnis atau produk atau layanannya. 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP