fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Influencer: Pengertian, Manfaat, dan Kiat Kerja Sama dengan Influencer

Influencer

Pelaksanaan suatu acara yang berjalan sukses bisa jadi termasuk manfaat kerja sama dengan influencer maupun influencers (bentuk jamak). Sebelum mulai pun, influencer sudah wira-wiri di media sosialnya perihal peluncuran produk atau program, sehingga banyak pengikut yang menantikannya.

Nah, apakah tertarik ingin menggandeng mereka pada saat akan membuat acara? Pahami cara kerjanya, dan temukan siapa yang akan kamu gandeng agar sinergisitas dengan produk atau program itu terbentuk, target pemasarannya pun tercapai. Kami akan mengulas pengertian dan manfaat influencer. Simak, yuk, agar kamu tahu strategi dan tips kerja sama guna menghadirkan keuntungan untuk bisnismu.

Pengertian Influencer

Salah satu metode promosi digital yang paling efektif adalah menggunakan program influencer marketing, yakni strategi pemasaran dengan menggandeng social media influencer untuk mencapai pasar sesuai ketentuan target. Sebagaimana namanya, social media influencer adalah orang-orang yang aktif di media sosial, memiliki profesi dan kecakapan khusus, sehingga dapat memberikan pengaruh kepada pengikutnya.

Manfaat Influencer untuk Bisnis

Berikut ini 12 manfaat dari menggunakan jasa influencer bagi bisnis kamu.

  1. Menjangkau Target Audience

Kamu harus menggunakan influencer yang sesuai dengan target audience agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian pengikut influencers tersebut.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat influencers ternyata dapat membuat produk atau layanan suatu brand viral melalui review, giveaway, dan memunculkan nama brand untuk membuat mu semakin dikenal.

  1. Mendorong Brand Credibility dan Brand Trust

Influencer menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan kepercayaan dan membangun hubungan dengan audiens. Maka dari itu, jika influencers mempromosikan produk atau layanan dapat meningkatkan kredibilitas suatu brand.

  1. Menjangkau banyak pengguna

Konten influencers dapat menjangkau audiens sebanyak-banyaknya dan memiliki potensi untuk menjadi viral. Konten tersebut juga bisa digunakan kembali ke platform media sosial yang berbeda.

  1. Diversifikasi konten

Menggunakan konten yang dibuat oleh influencers menjadi konten yang diunggah oleh brand agar menjadi variatif. Konten yang dihasilkan oleh influencer disebut dengan user-generated-content yang bisa kamu distribusikan juga ke akun bisnis kamu bahkan website kamu.

  1. Mendorong Search Ranking

Sponsored post, guest post, dan brand mention yang dilakukan oleh influencers dapat mendorong traffic dan search ranking.

  1. Menghemat marketing budget

Influencer marketing jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iklan tradisional. Kamu bisa menawarkan produk gratis dengan influencer gifting dan menjadikan influencers sebagai peserta event daripada memberikan uang.

  1. Meningkatkan konversi atau penjualan

Influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian audiensnya. Jika influencers memberikan review yang positif, audiens akan membeli atau menggunakan layanan yang dipromosikan.

  1. Meningkatkan engagement rate

Ketika influencers membagikan konten brand, konten tersebut akan mendapatkan likes, shares, dan comments. Hal ini dapat mendorong engagement rate media sosial dari brand.

  1. Mendapatkan “Social Proof”

Manfaat influencers yang menghasilkan testimoni dapat meningkatkan kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pembelian audiens. Hal ini terjadi karena testimoni influencers membuktikan review yang organik.

  1. Mendorong kemunculan brand di berbagai platform

Rata-rata influencers memiliki berbagai media sosial. Untuk menjangkau audiens secara maksimal, influencer dapat mempromosikan kontennya di berbagai platform.

  1. Mendapatkan actionable insight

Insight yang didapat dari kampanye yang dilakukan dapat menjadi evaluasi brand untuk kampanye selanjutnya agar dapat lebih menarik perhatian target audience.

Para pemilik bisnis melibatkan social media influencer saat kampanye atau promosi produk, mengingat kekuatan mereka untuk mempengaruhi konsumen dan menjadi trendsetter skala kecil maupun besar. Hal ini menguntungkan bagi pebisnis, karena akan meningkatkan kesadaran merek pada konsumen. Namun,  sebelum bekerjasama, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan pertimbangkan agar kampanye berjalan sesuai dengan tujuan.

Kiat Kerja Sama dengan Influencer yang Menguntungkan

Influencer

Menemukan influencer yang tepat dan menyetujui kolaborasi sebenarnya merupakan sebuah proses panjang, memakan waktu, dan sulit terukur. Lantaran demikian, gunakan tujuh langkah ini untuk mendapatkan hasil terbaik atau paling tidak tetap on-track.

  1. Kenali Bisnis dan Pesaingmu

Pada media sosial, bertebaran hashtag yang bisa kamu telusuri untuk mengenali strategi lawan bisnismu. Temukan hal yang membuat mereka berhasil, dapatkan inspirasi dari berbagai unggahan kontennya, kemudian lihat jenis konten yang paling banyak mendapatkan interaksi.

Kamu dapat menggunakan alat seperti Hootsuite, untuk melihat metrik di akun Instagrammu, kemudian membandingkannya dengan kompetitor bisnismu. Kamu juga bisa melihat dan meneliti merek lain yang bukan pesaing, tapi mungkin memiliki demografi yang serupa.

Contohnya, jika memiliki brand tas tangan berbahan dasar rajutan, kamu bisa membandingkannya dengan merek yang sudah terkenal seperti Dowa atau Gendhis. Beriringan dengan upaya itu, kamu pun melihat merek tas berbahan dasar lainnya. Kedua merek pertama adalah pesaing, sedangkan merek yang lain sama sekali berbeda, tapi basis konsumennya serupa. Dari contoh itu, kamu dapat melihat gambaran hasil kampanye.

  1. Buatlah Brief untuk Pekerjaan Secara Detail

Sebuah kampanye bisnis melibatkan influencers akan lebih berhasil jika kamu memberikan kebebasan berkreasi untuk menghasilkan konten yang menurut mereka bakal mengundang respons suka dari banyak audiens. Oleh karena itu, kamu perlu membuat brief yang detail dan mudah terpahami, agar influencers dapat membuat kampanye yang autentik dan menarik.

  1. Pilih Influencer yang Relevan

Setelah mendapatkan gagasan yang jelas tentang target capaianmu, langkah selanjutnya menemukan influencer yang relevan. Kesalahan dalam memilih klien dampaknya sangat merugikan bisnismu. Jadi, sebaiknya kamu menginvestasikan waktu untuk membuat keputusan yang tepat.

Pada dasarnya, ada influencer di setiap pasar, apalagi profesi ini sedang marak. Ada yang memiliki niche mode, gaya hidup, perjalanan, kebugaran, atau parenting. Jadi, cara utama untuk mengidentifikasi orang yang tepat, yakni dengan mencari hashtag di Instagram atau Tiktok yang sedang viral, kemudian mencari unggahan dengan intensitas interaksi tinggi.

Influencer

Memiliki influencer yang mendukung bisnismu bisa sangat berharga. Menyambung hal itu, memilih influencer yang tepat akan membuat kerja sama menjadi sangat menguntungkan.

Saat akan melakukan kampanye bersama influencer, selalu kaitkan dengan pertanyaan sebagai berikut:

    • Apakah kesukaan dan minat influencer ini?
    • Apakah merek saya mencerminkan aktivitas keseharian mereka?
    • Pertanyaan lain, apakah merek saya sejalan dengan minat atau hasrat si influencer?

Tujuannya, yakni untuk menemukan kesesuaian antara influencer dan merek bisnismu. Sebab, konten endorsement yang autentik bisa membuat follower dari influencer tersebut makin merasakannya, semakin besar pula kemungkinan kelompok audiens itu tertarik untuk mengikuti rekomendasi tersebut.

Andai kata skala promosinya besar, jangan ragu menggunakan influencer makro atau bahkan premium. Tujuannya, untuk menggebrak pasar. Namun, jika promosi produkmu berskala kecil, menggunakan influencer mikro tentu lebih pas karena bujet yang kamu keluarkan sesuai dengan capaian hasil akhir.

  1. Perhatikan Engagementnya

Keterikatan (engagement) antara public figure dengan followers-nya perlu menjadi perhatian saksama, mengingat hal itu bisa menjadi tolok ukur atau patokan alur proses promosi produkmu menyentuh calon konsumen.

Contohnya, jika melihat influencer mikro dengan tingkat engagement yang tinggi, akan jauh lebih baik ketimbang seorang public figure yang jumlah follower-nya banyak tapi engagement-nya kecil. Dalam kondisi itu, kamu dapat mengandalkan seorang influencer mikro untuk promosi produkmu karena lebih menguntungkan.

Kamu dapat mengukur engagement dari engagement per post, engagement per impression, dan lain sebagainya dengan bantuan engagement rate calculator. Pilihlah seorang influencer yang memiliki tingkat keterlibatan minimal 0,5%.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  1. Membuat Panduan Singkat dan Klausul Kerja Sama

Ada 6 aspek utama yang dapat kamu negosiasikan setelah menggandeng seorang influencer:

    • Harus memenuhi tenggat waktu sesuai perjanjian
    • Sebutkan apa saja yang harus diunggah di media sosial mereka
    • Perjanjian tentang hak penggunaan konten
    • Klausul pembayaran fee, seperti tanggal pembayaran dan hak serta kewajiban influencer terkait itu harus detail dan terperinci.
    • Buat panduan singkat untuk target kampanye, seperti follow akun bisnismu, atau mengarahkan klik tautan di bio, dan lain-lain.
  1. Melaksanakan Kemitraan

Pastikan kampanye berjalan baik, kamu pun dapat melindungi bisnismu secara simultan dari hal yang di luar keinginan jika hasilnya tidak sesuai harapan.

    1. Kamu dapat menahan fee hingga pengiriman hasil pekerjaan selesai dan sesuai dengan kontrak kerja sama. Pilihan lainnya, hanya memberikan uang muka dulu.
    2. Sebelum menandatangani kontrak dengan, pastikan reputasi dan riwayat pekerjaan dengan mantan klien mereka dalam kondisi baik.
  1. Maksimalkan Nilai Konten

Untuk mendapatkan konten yang maksimal, kamu dapat menggunakannya dengan cara sebagai berikut:

    • Publikasikan di Halaman Produk

Mengunggah konten hasil kerja sama di halaman produkmu. Hal itu membuat halaman produk terlihat bagus sekaligus menambahkan testimoni positif yang akan memancing ketertarikan konsumen.

Konten baru sangat penting untuk menjaga agar iklan promosi bisnismu tetap segar karena terkadang pembuatan konten tak semudah yang terbayangkan.

    • Publikasikan di Media Sosial

Membagikan konten hasil kerja sama di akun media sosial akan memancing followers-nya untuk membuat konten serupa yang seringkali lebih relatable, menarik, dan dapat dibagikan ulang.

Dengan beberapa tips serta strategi marketing ini, kami percaya kamu akan berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan jumlah follower di seluruh media sosial, membangun interaksi terhadap merek dan mengembangkan bisnismu secara online. Selamat mencoba!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca juga artikel terkait lainnya :

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP