fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ingin Tingkatkan Trafik Bisnis Online? Pahami Google Keyword Planner

Google keyword planner

Pebisnis, pernah mendengar istilah Google Keyword Planner? Kalau masih merasa awam, tak perlu risau. Google Keyword Planner adalah salah satu tool yang banyak perusahaan gunakan dalam merencanakan strategi digital marketing terutama mengoptimalkan SEO dan SEM.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Di dunia digital marketing, memilih keyword yang tepat dapat berdampak besar terhadap kesuksesan strategi atau kampanye. Kalau keyword yang bisnis kamu pilih sesuai target audiens yang mencari kata kunci tersebut maka website kamu secara otomatis akan tampil pada ranking teratas di halaman pencarian Google.

Lantas, apa itu Google Keyword Planner dan bagaimana cara kerja serta manfaatnya bagi bisnis? Yuk, baca sampai habis ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Google Keyword Planner?

Google Keyword Planner adalah salah satu tools untuk melakukan riset kata kunci atau keyword sebelum membuat konten SEO friendly atau iklan yang masih termasuk ke dalam layanan Google Ads. Pada dasarnya keyword planner ini ada dengan tujuan untuk kebutuhan iklan Google Ads. Meski demikian, kamu masih tetap bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain, yaitu melakukan riset keyword SEO.

Untuk bisa menggunakan alat ini, maka kamu harus memiliki akun Google Ads terlebih dahulu karena alat ini adalah salah satu fitur Google Ads.Kamu tidak harus memasang iklan Google Ads untuk bisa menggunakan Google Keyword Planner ini.

Menariknya, kamu dapat menggunakan alat gratis ini untuk menemukan kata kunci baru yang terkait dengan bisnis kamu dan melihat perkiraan pencarian keyword dan biaya untuk menargetkannya keyword tersebut.

Fungsi Google Keyword Planner

google keyword planner Setelah tahu apa itu Google Keyword Planner, kita eksplorasi lebih dalam lagi tentang fungsinya bagi bisnis. Simak ya.

  • Menemukan kata kunci serta mendapatkan saran tentang kata kunci yang paling sesuai dengan produk atau bisnis kamu.
  • Melihat tren dan volume pencarian dari berbagai kata kunci.
  • Memprediksi kinerja dan keefektifan kata kunci yang kamu pilih.
  • Memungkinkan untuk fokus pada kata kunci untuk daerah, bahasa, dan rentang waktu tertentu.
  • Memprediksi keyword baru yang bisa kamu pergunakan untuk strategi digital marketing selanjutnya.

Manfaat Google Keyword Planner bagi Bisnis

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya kegunaan Google Keyword Planner ini bagi bisnis. Apalagi kalau kamu belum terbiasa atau familiar dengan tools ini. Nah simak ya empat manfaat Keyword Planner berikut ini.  

  • Mengetahui dan Menggeser Keyword Kompetitor 

Dengan keyword planner memungkinkan kamu untuk melakukan riset tentang keyword yang kompetitor gunakan. Kamu cukup memasukkan URL kompetitor ke kotak Landing Page pada akun keyword planner, setelah itu kamu akan mendapatkan hasil berupa keyword yang digunakan oleh kompetitor secara mendetail, termasuk volume pencarian bulanan, kompetisi keyword hingga harga bidding iklan pencarian.  

Dari data tersebut kamu bisa memilah dan memilih mana keyword yang relevan dengan bisnis kamu dengan melihat volume pencarian serta kompetisi keyword. Kamu bisa menggunakan keyword tersebut pada strategi konten SEO atau iklan kamu. Kalau kamu menggunakan strategi ini secara konsisten, bukan tidak mungkin kamu bisa menggeser ranking dari kompetitor di halaman pencarian. 

  • Dapat Menemukan Keyword Lokal Jauh Lebih Cepat 

Kalau kamu menargetkan lokasi tertentu untuk iklan atau konten SEO, Keyword Planner dapat melakukannya dengan mudah. Kamu hanya perlu memasukkan lokasi pada kolom targeting dan list kedua, maka kamu akan mendapatkan daftar kata kunci yang sudah jelas target market kamu gunakan di lokasi tersebut. Sehingga kamu bisa membuat iklan atau konten SEO yang lebih relevan sesuai dengan target kamu berdasarkan data (data-driven). 

  • Alat Untuk Mencari Niche dan Topik Lain untuk Blog 

Kalau kamu sedang buntu mencari topik untuk blog atau malah sedang berencana memulai strategi konten SEO maka salah satu caranya adalah menggunakan Keyword Planner. Kamu bisa mencari keyword dari volume pencarian tertinggi serta keyword difficulties. 

Setidaknya dengan dua metrik ini bisa membantu kamu dalam membuat konten SEO atau kampanye iklan Google. Semakin tinggi volume pencarian dan semakin rendah keyword difficulties bisa menjadi referensi kamu dalam mengambil kata kunci. 

  • Membuat Kampanye Iklan Google dengan Mudah

Kalau kamu berniat membuat kampanye iklan Google, maka Google Keyword Planner adalah salah satu alat dalam Google Ads. Kamu bisa melakukan riset keyword beserta dengan forecast tentang seberapa besar volume pencarian dan budget yang harus dikeluarkan untuk kampanye iklan kamu. 

Di tempat yang sama kamu juga bisa mencari seberapa besar bidding amount atau biaya lelang iklan yang akan kamu pasang. Artinya, kamu jadi mengetahui berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa memenangkan kompetisi dan berada di halaman depan mesin pencarian.  

Ukuran Keberhasilan Google Keyword Planner

google keyword plannerKeyword planner ini dapat dipergunakan untuk sarana beriklan di Google Ads juga untuk membuat konten SEO. Lantas, apa sih tolok ukur keberhasilan penggunaan keyword planner ini dalam kampanye SEM dan PPC yang kamu lakukan? Berikut ini ukuran keberhasilannya: 

  1. Click Through Rate (CTR)

CTR atau rasio jumlah klik terhadap jumlah impression adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja iklan. Dengan metrik ini menentukan quality score dan tingkat ketertarikan audiens saat melihat serta mengklik iklan tersebut. Skor yang baik adalah diatas 1% menunjukkan adanya relevansi dengan target audiens. Sementara CTR di bawah 1% menunjukkan iklan kurang relevan dengan target audiens sehingga audiens tidak tertarik dengan iklan tersebut. 

  1. Conversion Rate

Conversion rate atau tingkat konversi ini menunjukkan tentang seberapa sering audiens klik iklan dan melakukan tindakan yang diharapkan seperti belanja, download, mengisi formulir, dan sebagainya. Hal ini cukup penting karena mengukur tingkat keberhasilan iklan dan seberapa besar audiens akhirnya bersedia melakukan tindakan yang kamu harapkan. 

  1. Search Impression Share

Metrik Search Impression Share memang kurang populer tapi sebenarnya memiliki peran yang cukup penting untuk menentukan keberhasilan kampanye kamu secara keseluruhan. Metrik ini menunjukkan bahwa berapa persen iklan kamu tayang jika kamu bandingkan dengan kompetitor. 

Bila skor yang kamu dapatkan rendah, artinya iklan kamu kalah dibandingkan kompetitor. Kamu bisa menambah budget atau menaikkan harga bid untuk bisa menaikkan search impression share ini.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
 

Nah itulah pembahasan seputar Google Keyword Planner yang semoga dapat bermanfaat untuk para pebisnis yang ingin menekuni digital marketing.