fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ini Cara Daftar GoFood Agar Jangkauan Pasar Usahamu Makin Luas

Cara daftar gofood

Cara daftar GoFood tentu penting untuk kamu pahami. Terutama bagi kamu yang berbisnis makanan. Kini kamu bisa menjual makanan dan minuman dengan online, dan GoFood adalah salah satu saluran penjualan online yang memiliki prospek bagus. 

Apakah kamu sudah menjadi mitra GoFood? Masih belum? Simak penjelasan lengkap cara daftar GoFood berikut, untuk memperluas jangkauan pasarmu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

GoFood dan Prospeknya di Masa Mendatang

cara daftar gofood 02GoFood adalah aplikasi untuk pemesanan makanan yang sudah ada sejak 2015. Mengutip dari Akurat.co, GoFood lahir dari fitur GoShop yang ternyata menerima banyak pesanan makanan. Saat awal, GoFood bahkan tidak membuka pendaftaran resmi, namun memasukkan sendiri menu resto ke aplikasi. Kini pendaftarannya sudah resmi, sehingga calon mitra harus memahami cara daftar GoFood.

Pernah menjadi layanan pesan antar makanan terbesar di dunia pada 2018, prospek GoFood ke depan masih tetap bagus. Hal ini terdorong oleh terus bertambahnya minat masyarakat terhadap layanan pesan antar makanan. Berdasarkan rilisan dari Katadata.co.id, nilai pasar layanan pesan antar makanan secara online di Indonesia memiliki potensi mencapai US$ 16 miliar atau setara Rp 225,6 triliun pada 2025. Sehingga tidak salah jika makin banyak pemain baru yang terjun ke bidang ini. Tentunya GoFood sebagai pelopor makin terbuka lebar peluangnya, namun hal tersebut sangat bergantung kepada inovasi yang dilakukan oleh aplikasi tersebut. Mengingat memang setiap layanan pesan antar makanan online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terutama jika berhubungan dengan mita atau merchant, yang menjadi andalan mereka. 

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Mitra GoFood

Mitra atau merchant adalah andalan bagi GoFood, karena yang memproduksi barang. Sedangkan GoFood adalah perantara. Dalam hubungan tersebut, ternyata GoFood memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut.

Kelebihan

  • Kemudahan dalam cara daftar GoFood secara online. Jika kamu berminat menjadi mitra, maka kamu hanya perlu melakukan pendaftaran secara online.
  • Aplikasi lebih mudah dipergunakan. Oleh karenanya restomu akan lebih mudah mendapatkan konsumen.
  • Terdapat promo, baik berupa potongan harga atau ongkos kirim. Dengan promo tersebut, maka akan membantu penjualan merchant.
  • Tersedia cukup banyak driver. Sebagai pemain lama tentu saja GoFood memiliki banyak mitra driver.
  • Sudah cukup terkenal. Maka dampaknya adalah banyak konsumen GoFood. Oleh sebab itu, kamu pun akan memperoleh pangsa pasar yang banyak pula.

Kekurangan

  • Merchant tidak bisa melakukan branding bisnisnya, sebab GoFood lebih fokus pada brandingnya sendiri.
  • Terdapat potongan sebagai fee untuk GoFood. Oleh karena itu harga di GoFood menjadi lebih mahal dibandingkan di resto langsung.
  • Biaya promo dibebankan kepada merchant. Sehingga saat mengikuti promo, maka seringkali merchant harus banting harga beneran

Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, kamu sebagai pebisnis online tetap membutuhkan GoFood karena cakupan pasarnya yang sudah cukup luas. Bahkan ketika kamu sudah bergabung di dalamnya, meski kamu membuka resto di rumah, kemungkinan besar akan tetap mendapatkan order. Nah, makanya tetap penting bagimu untuk bergabung dengan GoFood dengan memahami cara daftar GoFood. Namun sebelumnya kamu perlu untuk mengetahui persyaratan untuk daftar GoFood. 

Syarat Mendaftar Mitra GoFood

Syarat mendaftar mitra GoFood dibagi menjadi dua, yaitu usaha milik perorangan dan milik perusahaan. Masing-masing jenis tersebut persyaratannya sedikit berbeda. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi.

Usaha Milik Perorangan

  • Merupakan outlet aktif yang menjual makanan/minuman.
  • Mendaftarkan email dan nomor HP pemilik outlet.
  • Mendaftarkan alamat lengkap dan nomor telepon outlet.
  • KTP pemilik usaha.
  • Nomor rekening pemilik usaha untuk pencairan dana.
  • NPWP Pemilik Usaha. 
  • Dokumen pendukung lainnya (buku tabungan, laman eBanking, rekening koran), apabila nama pemilik rekening tidak sama dengan nama pemilik usaha.

Usaha Milik Perusahaan

  • Merupakan outlet aktif yang menjual makanan/minuman.
  • Mendaftarkan email dan nomor HP direktur/wakil yang perusahaan tunjuk.
  • Mendaftarkan alamat lengkap dan nomor telepon outlet.
  • KTP untuk WNI /KITAS dan Paspor untuk WNA milik direktur perusahaan.
  • Surat kuasa direktur tandatangani sesuai akta, serta KTP/KITAS dan PASPOR wakil yang perusahaan tunjuk jika pendaftaran dilakukan oleh wakil yang ditunjuk perusahaan.
  • Dokumen izin usaha (NIB/SIUP/TDUP/TDY).
  • Akta pendirian. 
  • Nomor rekening perusahaan untuk pencairan dana.
  • NPWP perusahaan.
  • Dokumen pendukung lainnya (buku tabungan, laman eBanking, rekening koran) apabila nama pemilik rekening tidak sama dengan nama perusahaan.

Setelah melengkapi persyaratan yang telah disebutkan, maka kini kamu bisa mulai mengikuti cara daftar GoFood. 

Cara Daftar GoFood

cara daftar gofood 03Untuk daftar menjadi merchant GoFood, kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Persiapkan seluruh persyaratan yang telah dibahas sebelumnya;
  2. Download dan instal aplikasi GoBiz;
  3. Klik ‘Daftar GoBiz’;
  4. Pilih jenis pendaftaran sesuai dengan jenis usahamu;
  5. isi dengan lengkap data pemilik atau penguna, bukan data yang lain (misal kasir atau karyawan);
  6. setelah pengisian data lengkap, klik ‘Kirim data pemilik/pengguna’;
  7. isikan email dan nomor HP pada halaman pengisian data;
  8. masukkan kode OTP yang kamu terima melalui SMS, kemudian klik ‘Konfirmasi’;
  9. lengkapi data usaha sesuai dengan tipe usahamu;
  10. setelah semua lengkap, centang dan pelajari Syarat dan Ketentuan;
  11. klik ‘Verifikasi data usaha saya’ dan;
  12. pilih ‘Kirim’
  13. proses verifikasi akan membutuhkan waktu sekitar 2 hari kerja;
  14. setelah proses verifikasi selesai, maka aplikasi akan mengarahkan untuk melakukan aktivasi layanan GoFood;
  15. selanjutnya kamu perlu untuk melengkapi data: Profil restoran, Daftar menu, dan Jam operasional.

Semua proses tersebut online dan gratis. Oleh sebab itu, kamu harus sering mengecek email untuk mengetahui status pendaftaranmu. 

Setelah kamu memahami cara daftar GoFood, kamu perlu pula mengetahui tips untuk bisa memperluas pasar dengan layanan tersebut.  

Tips Sukses Memperluas Pasar dengan Go Food

Ketika kamu bergabung dengan GoFood maka kamu membuka satu pintu lagi bagi konsumen untuk mengetahui bisnismu. Tetapi tanpa tahu tipsnya, kamu tidak bisa memaksimalkannya. Berikut adalah tips untuk memperluas pasar dengan GoFood.

  • Pastikan resto-mu mudah dikenali. Caranya adalah dengan membuat banner resto yang mudah dibaca dan menarik. Dengan begitu driver akan mudah menemukannya, dan orderan bisa segera diantar. Semakin cepat restomu menanggapi pesanan, tentu akan makin banyak konsumen yang berminat dengan restomu.
  • Tampillah dengan menarik di aplikasi GoFood. Tentu saja yang harus tampil menarik adalah foto makanan dan minuman yang kamu jual. Lewat foto-foto tersebut, restomu akan tampil dan menarik minat konsumen.
  • Perhatikan perihal menu. Buat menu yang jelas dan tidak membingungkan. Menu yang jelas akan membuat konsumen berani memutuskan membeli.
  • Selalu lakukan promo. GoFood selalu menawarkan promo yang nantinya produkmu akan tampil di halaman utama aplikasi. Ikuti promo tersebut, sehingga bisnismu semakin cepat terkenal. Selain itu kamu juga bisa membuat promo sendiri.
  • Aktif pasarkan bisnismu yang berafiliasi dengan GoFood pada media sosial. Semakin banyak kamu tampil di beragam media, maka kemungkinan pasarmu menjadi luas makin besar. Sehingga meski kamu sudah terdaftar mitra GoFood, kamu harus aktif promo di beragam media. 

Dengan beberapa tips tersebut, ternyata sebenarnya belum cukup. Karena selain menggunakan berjualan online melalui e-Commerce seperti GoFood, kamu juga bisa menggunakan model bisnis lainnya, seperti direct-to-consumer

Apa Hanya dengan e-Commerce Bisa Berjualan Online? Coba Model D2C!

E-Commerce sepertinya telah menjadi penguasa perbisnisan online. Karena banyak sekali pemain yang terjun di dalamnya. Pebisnis online pun sebagian besar mengandalkan e-Commerce. Demikian juga dengan pebisnis makanan online, yang kemudian banyak tergabung dengan GoFood.

Lalu apakah model berjualan online hanya lewat e-Commerce?

Jawabannya adalah tidak, sebab ada model bisnis lain yang lebih menguntungkan bagi pebisnis online, yaitu direct-to-consumer atau D2C. Model bisnis ini akan menghubungkan bisnis langsung dengan konsumennya. Hal tersebut memang makin mudah terlaksana apalagi di era online saat ini. 

Terdapat beberapa keuntungan ketika bisnismu menggunakan model D2C, yaitu: branding tetap berjalan, kamu langsung terhubung dengan konsumen sehingga tahu persis keinginan mereka, tidak ada biaya untuk perantara, dan tentunya keuntungan yang kamu terima akan lebih besar. Untuk lebih memahami perbedaan antara D2C dan e-Commerce, kamu bisa melihat tabel di bawah ini. 

Perbandingan e-Commerce Direct-to-consumer
Branding Branding bisnismu tidak bisa berjalan dengan baik. Justru bisnismu yang kemudian akan membranding e-Commerce. Branding terus berlangsung, karena bisnismu lebih mandiri, tidak merupakan bagian dari e-Commerce.
Pembayaran fee Bisnismu perlu membayar sejumlah fee untuk biaya jasa telah tergabung dalam e-Commerce. Besar potongan antara 15% sampai 20%.  Karena tidak menggunakan jasa penghubung, maka tidak ada potongan fee. 
Hubungan dengan konsumen Konsumen akan lebih mengenal e-Commerce tempatmu bergabung, bukan bisnismu.  Bisnismu bisa merawat hubungan baik dengan konsumen.

Nah, makin jelas kan perbedaan antara e-Commerce dan D2C. Direct-to-consumer memberikan lebih banyak keuntungan bagi bisnismu terutama dalam hal branding. Namun kamu harus memiliki website sendiri untuk menerapkan model D2C. Karena website adalah sarana wajib untuk branding di masa kini. 

Wah, susah juga dong! 

Sebenarnya tidak, karena kini kamu bisa membuat website jualan tanpa perlu memahami coding yang njelimet. Buat saja melalui layanan online seperti LummoSHOP. Di sana kamu bisa membuat website semudah membuat akun media sosial. 

Jadi memperluas pasar dalam berbisnis adalah wajib, masuklah e-Commerce, namun perkuat pula branding dengan membuat website melalui LummoSHOP. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP