fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ini Dia Referensi Perencanaan Bisnis yang Bisa Ditiru

Perencanaan Bisnis

Merencanakan bisnis dengan baik adalah salah satu cara memulai bisnis yang sukses. Cara termudah dalam membuat rencana bisnis adalah menggunakan templat rencana bisnis, yang saat ini sudah banyak tersedia secara gratis.

Pentingnya Sebuah Rencana Bisnis

Perencanaan BisnisRencana bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang menjelaskan tentang usaha kamu. Dalam dokumen tersebut terdapat strategi, modal, cara memasarkan produk secara detail, perkiraan pengeluaran dan pendapatan, hingga target pendapatan selama bisnis yang berjalan.

Sebagai para pebisnis, kamu harus siap dengan rencana bisnis. Baik yang sedang ingin membuat usaha maupun yang sedang berkembang. Rencana bisnis seperti peta atau kompas yang mengarahkan kamu agar bisnis berjalan dengan lancar. Itulah mengapa, penting bagimu menyusun rencana bisnis. Dalam membuat rencana bisnis, kamu dapat menggunakan templat. Di dalam template rencana bisnis, kamu bisa menuangkan ide kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnismu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Template Rencana Bisnis

Template rencana bisnis biasanya terdiri dari tujuh bagian.

  1. Ringkasan eksekutif

Merupakan ringkasan satu halaman dari keseluruhan rencana bisnismu yang biasanya ditulis setelah kamu selesai menyusun rencana bisnis.

  1. Deskripsi perusahaan

Mencakup latar belakang bisnis, pengalaman bisnis, keadaan singkat tentang bisnis tersebut, tanggal dan tempat bisnis berdiri, sejarah berdirinya bisnis, siapa saja yang terlibat dalam bisnis kamu, produk atau jasa apa yang bisnis kamu tawarkan, izin bisnis, dan visi misi bisnismu.

  1. Analisis pasar / aspek

Pemasaran, meliputi analisis kamu mengenai situasi pasar yang akan dimasuki, konsumen/target pasar, pesaing, proses distribusi, dan promosi. Ada 3 hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis rencana bisnis pada aspek pemasaran ini, yaitu:

    • Siapa target pasarmu

Menentukan target pasar adalah bagian utama dalam rencana bisnis. Tanpa ada target pasar, kamu akan kebingungan menjual barang atau jasa. Untuk menentukan target pasar, sebelumnya kamu harus melakukan segmentasi konsumen terlebih dahulu. Adapun untuk menetukan segmentasi konsumen, kamu dapat menggunakan beberapa segmentasi ini:

      • Psikologi : Konsumen berdasar minat, gaya hidup, dan tingkat pendidikan.
      • Demografi : Konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan.
      • Geografi : Konsumen berdasar lokasi pemasaran produk.
    • Hasil analisis pasar

Dalam menulis hasil analisis pasar, kamu sudah harus mengetahui siapa konsumen kamu, siapa pesaing, seberapa besar permintaan-penawaran, seberapa sering konsumen belanja, serta di mana dan kapan konsumen belanja.

    • Bagaimana memuaskan konsumen

Variabel yang perlu kamu tulis atau ketahui untuk memuaskan konsumen, yakni:

      • Produk dan jasa yang konsumen inginkan
      • Harga yang bersedia konsumen bayarkan
      • Jarak lokasi bisnismu dengan konsumen
      • Promosi yang dapat kamu gunakan untuk memberi informasi kepada konsumen dan menarik mereka untuk membeli produk/jasa yang kamu jual.
  1. Produk dan layanan yang akan kamu tawarkan ke pasar

Misalnya, jika produk yang kamu jual adalah bebek presto, maka jelaskan dengan detail, seperti apa bebek presto, apa kelebihannya, dan sebagainya.

  1. Rencana pemasaran

Dapat kamu lakukan berdasar analisis 7P, yang terdiri atas:

    • Product : Strategi agar produk/jasamu dapat menarik konsumen. Tentu harus unik, berkualitas, desain dan kemasannya harus unggul dibanding produk pesaing.
    • Price : Strategi agar harga produkmu dapat bersaing dengan konsumen.
    • Promotion : Strategi agar produk kamu dikenal oleh konsumen. Dapat dilakukan antara lain dengan iklan di media cetak, televisi, radio, maupun media digital. Promotion ada beberapa jenis, antara lain: sales promotion, personal selling, dan public relation.
    • Place : Strategi mendistribusikan produkmu agar sampai ke tangan konsumen.
    • People : Sumber daya manusia yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
    • Process : Cara bisnismu melayani permintaan konsumen, seperti cara konsumen memesan (order) hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.
    • Physical Evidence : Penampilan fisik atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Misalnya, desain ruangan yang menarik, interior yang unik, dan lain-lain.
  1. Rencana logistik dan operasi

Yaitu terkait rencanamu dalam mendistribusikan produk kepada konsumen, serta tahapan dalam produksi.

  1. Rencana keuangan

Biasanya berisi proyeksi keuangan dan analisis kelayakan usaha.

    1. Proyeksi keuangan, berupa proyeksi arus kas dan modal yang kamu butuhkan.
    2. Analisis kelayakan usaha, bertujuan untuk tingkat pengembalian dari investasi. Adapun metode yang yang bisa kamu gunakan dalam analisis kelayakan usaha sebagai referensi perencanaan bisnis antara lain:
      • Non-Discounted Cash Flow
      • Pay Back Period (PBP)
    1. Analisis keuntungan, bertujuan agar investor bisa mengetahui seberapa lama modal mereka akan balik, jika mereka menginvestasikan pada bisnismu. Kamu pasti familiar dengan istilah Break Even Point (BEP). Metode ini biasanya memang digunakan dalam menganalisis keuntungan sebuah bisnis.

Setelah mendeskripsikan ke-7 poin di atas yang dapat menjadi referensi perencanaan bisnis, hal lain yang perlu kamu perhatikan, apalagi jika kamu ingin melakukan presentasi pada investor, adalah:

  1. Usahakan rencana bisnis yang kamu susun tidak terlalu tebal, tapi cukup lengkap mencakup berbagai informasi yang investor butuhkan. Tebal maksimal rencana bisnis adalah 50 halaman.
  2. Rencana bisnis harus kamu buat semenarik mungkin untuk memperoleh kesan pada investor dan kreditor
  3. Ringkasan eksekutif (executive summary) hendaknya disusun maksimal tiga halaman. Memuat penjelasan mengenai keadaan usaha, produk dan jasa yang akan bisnis kamu hasilkan, manfaat produk, proyeksi keuangan, tujuan perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun), modal yang kamu butuhkan, serta manfaat yang akan investor terima.

Referensi Perencanaan Bisnis

Perencanaan BisnisSudah terbayang kan, bagaimana sebuah rencana bisnis yang akan kamu buat? Apabila kamu masih bingung, kamu bisa mendapatkan berbagai referensi perencanaan usaha secara gratis di berbagai website ini.

  1. The Balance

Dengan menggunakan referensi perencanaan bisnis ini kamu dapat membuat rencana bisnis dengan mudah. Bahkan, kamu dapat menyalin template tersebut dalam berbagai format seperti Word, Excel, atau aplikasi pengolah kata sejenis.

  1. Shopify

Shopify menyediakan template rencana bisnis dalam bentuk Word. Template yang disediakan Shopify terdiri dari:

    • Ringkasan eksekutif
    • Deskripsi perusahaan
    • Analisis pasar
    • Produk dan layanan
    • Rencana pemasaran
    • Perencanaan logistik dan operasi
    • Rencana keuangan
  1. Bplans

Referensi perencanaan usaha satu ini menawarkan templat rencana bisnis yang terstruktur. Cocok banget bagi kamu yang baru mulai bisnis.

  1. My Own Business Institute (MOBI)

MOBI menyediakan template rencana bisnis yang mencakup profil bisnis, lisensi/izin, dan lokasi. Kamu dapat mengunduh templatnya dalam format Word.

  1. SCORE

Selain dapat mengunduh template rencana bisnis, kamu juga dapat bertegur sapa dengan seorang mentor dari SCORE untuk mendapatkan nasihat dalam perencanaan usaha. 

  1. Plan Buildr

Referensi perencanaan usaha ini menawarkan panduan dalam membuat rencana bisnis, sehingga memudahkan kamu dalam membuatnya.

  1. PandaDoc

PandaDoc menawarkan percoban gratis 14 hari untuk mendapatkan akses ke templat rencana bisnisnya. Di sana kamu akan menemukan berbagai templat, jenis, dan kategori bisnis.

Itulah 7 referensi perencanaan usaha, yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat rencana bisnis yang menarik. Siap mencobanya?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP