fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ini Untung dan Ruginya Berjualan di Media Sosial

ini untung dan ruginya 01

Media sosial, sepertinya saat ini tidak asing lagi di telinga kita semua. Sebagai platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosialisasi, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten, media sosial kini dapat menjadi strategi utama dalam membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan atau bahkan berjualan langsung ke calon konsumen, dan salah satunya adalah melalui media sosial Instagram.

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang, termasuk kita, mencintai Instagram yaitu:

1. Mudah diakses

Instagram dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Riset Reuters Institute mendapati, orang-orang dari rentang usia 18 – 24 tahun di Amerika Serikat banyak mencari berita dan informasi mengenai Covid-19 dari Instagram. Sementara di Indonesia, jumlah pengguna Instagram menurut data Hootsuite, sampai Februari 2022 mencapai 99,15 juta jiwa, atau berada di peringkat kedua setelah WhatsApp. 

2. Visual yang menarik

Media sosial Instagram juga sangat memanjakan mata apalagi bagi generasi Milenial dan gen Z yang adalah penyuka segala sesuatu yang berbau visual. Dengan kelebihan yang menyenangkan tersebut, Instagram juga menjadi wadah yang tepat untuk berjualan di media sosial. Kekuatan yang Instagram tawarkan dapat memudahkan kamu menawarkan produk jualanmu. 

Lalu bagaimana berjualan di media sosial membawa pengaruh terhadap bisnis?

eMarketer mencatat, pada tahun 2021 total jumlah pengguna Instagram di seluruh dunia mencapai lebih dari 1 miliar orang. Sekitar 130 juta orang melihat postingan belanja di Instagram setiap bulannya, 62% orang memutuskan membeli produk atau merek tertentu setelah melihat referensi dari story Instagram dan sebanyak 72% orang membeli produk setelah mereka melihatnya di Instagram. 

Secara umum, bisnis online dan media sosial memang dua hal yang tidak terpisahkan. Sehingga berjualan di media sosial pun memberi banyak keuntungan antara lain:

  • Berjualan secara gratis

Membuka akun di media sosial, termasuk akun bisnis tentu saja tidak berbayar alias gratis. Semua fitur, kecuali fitur untuk promosi seperti iklan, dapat digunakan secara gratis oleh semua pengguna. 

  • Mudah digunakan

Zaman sekarang siapa sih yang tidak bisa menggunakan media sosial, mulai dari anak-anak, sampai kaum lanjut usia (lansia) bisa bermedia sosial. Penyebabnya, karena media sosial dirancang se-user friendly mungkin untuk seluruh kalangan. 

  • Mudah dikelola

Fitur-fitur di media sosial memudahkan kamu untuk berjualan dan melakukan pemasaran, seperti membaca karakter pengunjung, mengarahkan kamu ke segmen pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu jual, dan kemudahan lainnya. 

  • Daya jangkau luas

Era digital dan akses internet yang luas sekarang ini menjadikan akses media sosial juga asemakin besar sehingga dapat membantumu menjangkau pasar/target audiens yang lebih luas. 

Namun, ibarat dua sisi mata uang, berjualan di media sosial memang punya banyak keuntungan tapi juga banyak kekurangan yang tentu saja berpotensi merugikan bisnis online kamu seperti:

  • Kontrol yang terbatas

Di media sosial, semua orang bebas memilih mau memberi like, unlike, atau bahkan meninggalkan komentar negatif. Walau memang, kamu bisa menghapus komentar negatif, hanya saja kamu mesti intens memantau kolom komentar di postinganmu. 

  • Tidak ada interaksi fisik

Kita jadi tidak bisa mengukur reaksi konsumen atau produk dan jasa yang bisnis kita tawarkan. Karena reaksi lewat tulisan dan lisan bisa sangat berbeda, dan ketika ada interaksi fisik kita bisa melihat langsung respons konsumen secara jujur. 

  • Perang harga

Berjualan di media sosial bisa memicu perang harga antarsesama pebisnis online ketika semua berlomba-lomba melakukan promosi besar-besaran demi memenangkan persaingan. 

  • Berpeluang ditiru

Pesaing kamu bisa dengan mudah mencontek konsep bisnis, produk, atau gaya postingan di media sosial milikmu termasuk di media sosial. Tapi di era serba media sosial ini, kalau bisnis online kamu tidak memanfaatkan media sosial justru bisa ketinggalan zaman. 

Jika kamu memang serius berjualan di media sosial salah satunya melalui Instagram, perhatikan beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan dan tidak dilakukan. 

Do’s:

  • Merespons audiens

Meskipun berjualan di media sosial dan tanpa jumpa secara fisik, kamu tetap bisa berinteraksi dengan konsumenmu. Caranya bisa dengan membalas komentar, menjawab pertanyaan yang masuk lewat direct message (DM), atau mengadakan giveaway yang merangsang audiens untuk membagikan kontenmu. 

  • Tentukan ciri khas dari jualanmu

Misalnya dengan memberi ciri khas pada gaya foto atau video yang kamu unggah, desain atau editing foto dan video dengan warna atau filter tertentu, penggunaan font, sampai gaya bahasa untuk caption. Memang butuh waktu untuk membangun dan meninggalkan kesan di benak audiensmu tentang ciri khas Instagram bisnis kamu. 

ini untung dan ruginya 02

  • Manfaatkan kolom bio di media sosial

Biasanya, orang atau konsumen yang ingin mengenal merekmu lebih jauh akan lebih dulu melihat informasi di kolom bio. Pastikan kamu mengisinya dan mencantumkan tautan laman toko online milikmu. 

  • Posting dengan teratur

Tips dan trik berjualan di media sosial khususnya Instagram sebenarnya adalah konsistensi yaitu dengan mengagendakan jadwal posting. Bisa satu hari sekali atau jika brand kamu sudah bertumbuh bisa sehari dua kali. Buat perencanaan postingan yang sesuai, dan atur waktunya. 

  • Naikkan performa penjualan dengan ads

Instagram menyediakan fitur beriklan bagi yang ingin berjualan di media sosial lewat Instagram Ads. Kamu bisa mempromosikan produkmu dan menjangkau pelanggan lebih luas. 

Don’ts:

  • Posting tanpa tujuan

Jangan mengunggah foto atau video sekadar mengisi halaman feed Instagram kamu. Itulah alasan mengapa kamu butuh perencanaan konten apa yang akan diunggah dan kapan waktu yang tepat. 

  • Malas membalas komentar

Interaksi menjadi penting kalau mau berjualan di media sosial menjadi efektif. Apalagi Google mengukur apa yang disukai audiens dan komentar terbanyak sebagai ukuran interaksi. Jadi sediakan waktu untuk membalas komentar. 

  • Menggunakan tagar sembarangan

Tagar memang berguna untuk memudahkan audiens menemukan akun Instagram. Instagram juga memberi ruang sampai 30 tagar dalam sebuah postingan. Tapi tetap gunakan jumlah tagar yang yang sesuai dengan postinganmu. 

Berjualan di LummoSHOP!

Instagram memang efektif menjadi sarana pemasaran alias berjualan di media sosial. Tapi dalam bisnis online terdapat banyak komponen lain yang harus diperhatikan, seperti membangun website untuk jualan, meningkatkan traffic, urusan pengiriman barang, metode pembayaran, dan banyak hal lainnya. 

ini untung dan ruginya 03Kamu butuh satu solusi untuk menjawab semua kebutuhan jualan online tersebut dan LummoSHOP dapat menjadi solusinya! Di LummoSHOP kamu bisa memulai jualan dan memiliki toko online sendiri, sekaligus dibantu urusan kurir, metode pembayaran, dan solusi lain yang toko online kamu butuhkan. 

Bingung memulai darimana? Segera kunjungi laman lummoshop.co.id atau unduh aplikasinya, dan ikuti langkah berikut:

  • Mulai bikin toko online

Masukkan nama brand kamu dan pastikan sesuai dengan nama yang tertera pada tautan website supaya memudahkan branding toko online milikmu. 

  • Verifikasi akun

Segera lakukan verifikasi akun supaya konsumen lebih yakin dengan toko online kamu. 

  • Buat katalog

Setelah akun kamu terverifikasi, kamu sudah siap jualan. Segera buat katalog dengan mengunggah foto-foto produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jangan lupa cantumkan deskripsi dan lengkapi dengan pilihan metode pembayaran dan pengiriman. 

  • Maksimalkan penjualan

LummoSHOP menyediakan berbagai fitur pemasaran dan analisa data pelanggan. Sehingga kamu dapat menerapkan strategi promosi yang tepat sesuai target pasarmu. LummoSHOP juga memberikan banyak kemudahan yang meringankan pekerjaan kamu dalam mengelola toko online.