fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Seluk-beluk Insentif juga Manfaatnya bagi Karyawan Maupun Bisnis

insentif karyawan 01

Insentif atau reward, tentu kamu mengetahuinya, terutama jika kamu karyawan atau pernah menjadi karyawan. Ketika mendengar satu kata tersebut, tentu karyawan menjadi bergembira. Bahkan, bisa jadi produktivitasnya mengalami peningkatan. Tentu, hal tersebut akan sangat menguntungkan perusahaan.

Sebenarnya apa itu reward? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Apa itu insentif karyawan?

Menurut Hasibuan dalam buku “Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Kasus” karya Noor Arifin, insentif adalah pemberian tambahan balas jasa kepada karyawan tertentu yang prestasinya di atas prestasi standar. Reward Ini merupakan alat yang digunakan sebagai pendukung prinsip adil dalam pemberian kompensasi.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka reward bukanlah gaji. Soalnya, pemberiannya berdasarkan prestasi yang karyawan hasilkan. Dengan pemberian penghargaan ini, tentu perusahaan mengharapkan kinerja karyawannya mengalami peningkatan. Sekilas tampak penghargaan ini mirip dengan bonus, tapi sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Insentif dengan Bonus

Insentif dan bonus, adalah dua penghargaan dari perusahaan kepada karyawannya. Bentuk penghargaannya bisa beragam, mulai dari uang sampai liburan. Meski sama-sama penghargaan, ternyata terdapat perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  • Tujuan

Perusahaan memberikan insentif untuk meningkatkan moral karyawan, sehingga kinerjanya mengalami peningkatan. Sedangkan bonus sebagai bagi hasil atas keuntungan.

  • Karyawan yang Menerima

Perusahaan memberikan insentif kepada karyawan yang berprestasi atau menunjukkan kinerja terbaik.

Perusahaan memberikan bonus kepada hampir seluruh karyawan, karena itu merupakan bagi hasil atas keuntungan perusahaan.

  • Cara Memberikan

Pemberian insentif adalah spesifik, terencana, dan berfokus pada kinerja karyawan.

Pemberian bonus tidak terencana dan tidak terikat pada kinerja karyawan.

  • Faktor Rencana

Insentif, perusahaan berikan secara terencana.

Bonus, seringkali perusahaan memberikan sebagai sebuah kejutan bagi karyawan.

Berdasarkan perbedaan keduanya, tampak bahwa reward erat kaitannya dengan kinerja karyawan yang penting bagi operasional dan pengembangan bisnis. Tak sebatas meningkatkan kinerja, reward sangat penting untuk karyawan dan bisnis karena beberapa alasan.

Pentingnya Insentif Bagi Karyawan dan Bisnis

Insentif Reward memiliki peran penting bagi karyawan dan bisnis, karena manfaat yang bakal muncul. Berikut adalah manfaat reward, untuk karyawan maupun bisnis:

  • Manfaat bagi Karyawan

Pemberian reward bagi karyawan, akan memberikan manfaat, yaitu:

    • Meningkatkan Motivasi Kerja

Adanya reward membuat etos kerja karyawan meningkat. Karyawan yang telah menerimanya akan berupaya untuk memberikan kinerja terbaik. Sedangkan yang belum menerimanya, akan termotivasi untuk mendapatkannya, dengan cara bekerja sebaik-baiknya. Jika semua karyawan termotivasi meningkatkan kinerja, maka secara otomatis kinerja perusahaan juga akan meningkat.

    • Memperoleh Pendapatan Tambahan

Dengan memperoleh reward, maka karyawan memperoleh pendapatan tambahan. Oleh karenanya karyawan yang menerimanya, bisa menggunakan uang tambahan tersebut untuk beragam keperluan.

    • Tumbuh Rasa Dihargai pada Karyawan

Pemberian reward kepada karyawan akan meningkatkan rasa percaya diri pada karyawan. Mereka merasa dihargai atas kerja keras yang telah diberikannya untuk kemajuan perusahaan. Dengan tumbuhnya rasa dihargai, maka karyawan akan makin giat bekerja. Maka sekali lagi, reward akan meningkatkan kinerja karyawan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  • Manfaat bagi Bisnis

Sedangkan manfaat reward bagi perusahaan atau bisnis, adalah:

    • Meningkatkan Kinerja Bisnis

Pemberian reward akan membuat kinerja karyawan meningkat. Dengan demikan, harapannya  akan turut meningkatkan kinerja bisnis. Apabila kinerja bisnis meningkat, tentu pendapatan pun bertambah. Hal tersebut sangat penting untuk mempertahankan bisnis dan mengembangkannya.

    • Rasa Hormat kepada Pimpinan akan Meningkat

Lantaran merasa beroleh penghargaan cukup dari perusahaan, sikap hormat karyawan kepada pimpinannya meningkat. Jika sudah demikian, segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pimpinan akan lebih mudah untuk dilaksanakan.

    • Menumbuhkan dan Memperkuat Rasa Memiliki Perusahaan

Adanya reward, membuat karyawan merasa dibutuhkan oleh perusahaan. Lagi pula reward memang merupakan wujud terima kasih perusahaan. Apabila sudah demikian, karyawan akan turut merasa memiliki bisnis. Dengan begitu, hubungan karyawan dan perusahaan menjadi saling bekerja sama, bukannya sebatas bekerja. Tentu, bersamaan terjalinnya hubungan tersebut, akan ada rasa memiliki dan membela.

    • Menurunkan Tingkat Turnover Karyawan

Reward membuat karyawan kerasan di perusahaan. Hal itu termasuk di perusahaan yang menuntut kinerja tinggi. Beriringan dengan merasa betah tersebut, tingkat pergantian karyawan atau turnover-nya akan rendah. Rendahnya turnover karyawan sangat menguntungkan bagi bisnis, karena perusahaan tidak perlu terlalu sering mengadakan perekrutan dan pelatihan karyawan baru.

    • Karyawan Rela Melakukan Apapun untuk Perusahaan dalam Arti Positif

Rasa percaya kepada perusahaan dan turut memiliki perusahaan akan membuat karyawan siap melakukan apa pun untuk perusahaan. Bahkan, karyawan bisa saja bersedia mengerjakan hal di luar tanggung jawabnya. Tentu saja, mengerjakan hal di luar tanggung jawabnya adalah dalam makna yang positif.

Tujuan Pemberian Insentif

Insentif Perusahaan juga memiliki tujuan saat memberi insentif sebagai reward. Tujuan pemberian insentif adalah sebagai berikut:

  • Karyawan telah Memenuhi Target Kinerja Sesuai Harapan perusahaan

Perusahaan seperti yang telah dijelaskan telah menetapkan pemberian reward, salah satunya berdasarkan target kinerja. Jika seorang karyawan telah mencapai target kinerjanya, maka ia berhak untuk menerima sejumlah reward. Hal ini akan membuatnya semakin semangat mengejar target kinerja yang lain.

  • Karyawan telah Melakukan Sesuatu di Luar Tugasnya

Apabila ada karyawan yang begitu bersemangat dan berprestasi dalam bekerja, kemudian ia sanggup melakukan sesuatu di luar tanggung jawabnya, perusahaan juga akan memberikan apresiasi. Karyawan bersangkutan makin semangat berbuat yang terbaik. Selain itu, reward sebagai apresiasi tersebut akan membuat karyawan lain juga terdorong terus berprestasi.

  • Karyawan Mengikuti Kegiatan Pelatihan

Reward juga diberikan kepada karyawan yang mengikuti pelatihan. Dengan pemberian apresiasi tersebut, karyawan akan terdorong untuk memperbaiki kinerja sesuai ilmu dari hasil mengikuti pelatihan.

  • Karyawan menjadi Perwakilan Perusahaan dalam Suatu Acara

Ketika menjadi perwakilan dalam suatu acara,  karyawan juga bisa saja beroleh reward dari perusahaan. Pemberian ini merupakan penghargaan bagi karyawan, karena telah mewakili perusahaan. Umumnya, yang mewakili perusahaan adalah karyawan pilihan, sehingga akan menjadi contoh dan motivasi bagi karyawan lainnya.

  • Karyawan Melakukan Sesuatu yang Penting untuk Menyelamatkan Perusahaan

Karyawan yang melakukan penyelamatan bagi perusahaan juga layak untuk mendapatkan insentif. Dengan memberikan penghargaan, karyawan lainnya juga akan berupaya menyelamatkan perusahaan. Apabila demikian, akan semakin banyak yang berupaya menyelamatkan bisnis, dan tentu saja itu baik bagi perusahaan.

Jenis-jenis Insentif Dalam Bisnis

Dari manfaat dan tujuan reward yang telah dibahas, tentunya reward yang diberikan tidak hanya satu macam. Ada beragam jenis reward yang biasa perusahaan berikan. Jenis-jenis insentif, yakni:

  • Finansial

Sesuai namanya, perusahaan memberikan reward ini yang berupa uang tunai atau digital. Tentu saja,  di luar uang gaji. Namun, untuk penyerahannya umumnya bersamaan dengan gaji.

  • Non-finansial

Reward ini tidak berupa uang tunai atau digital. Namun, berbentuk barang, seperti rumah, kendaraan, jaminan keseharian, dan sebagainya.

  • Sosial

Karyawan jarang menyadari reward yang satu ini. Soalnya, bentuknya berupa jalinan hubungan baik dengan rekan kerja, pimpinan, sampai klien perusahaan.

Hal yang Mesti Dihindari Dalam Pengelolaan Insentif Karyawan

Insentif adalah upaya positif perusahaan terhadap karyawannya. Untuk mewujudkan semua hal positif yang sesuai harapan, perlu terbangun pengelolaan yang maksimal. Dalam upaya tersebut, ada beberapa hal yang perlu dihindari, yaitu:

  • Pemberian yang Subjektif

Pemberian reward mesti menghindari subjektivitas. Seumpama keadaan itu sampai terjadi, bakal menimbulkan situasi saling iri antarkaryawan. Lantaran demikian, perlu objektivitas dalam memberikan reward. Caranya dengan membuat skema reward yang jelas.

  • Skema yang Tidak Jelas

Setiap perusahaan mesti memiliki skema jelas untuk pemberian reward. Tanpa kejelasan, karyawan akan berprasangka atas pemberian reward.

  • Dana Insentif Tidak Dianggarkan

Dana untuk pemberian reward perlu sudah tercantum dalam anggaran. Tanpa penganggaran yang benar, pemberian reward justru bisa mengacaukan keuangan perusahaan.

Berdasarkan keseluruhan ulasan tersebut, maka penting bagi setiap perusahaan atau bisnis memberikan insentif. Tentu saja, hal itu demi kinerja yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP