fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Inspirasi dari 9 Bisnis yang Rutin Jualan Live di Sosial Media Instagram dan TikTok

jualan live di sosial media

Memanfaatkan media sosial untuk menjual dan memasarkan produk merupakan hal yang sudah lumrah, mungkin juga oleh kamu yang merupakan seorang pebisnis online. Namun, sudahkah kamu melakukan jualan live di media sosial seperti Instagram, Tiktok, maupun media sosial lainnya secara optimal?

Mengingat jumlah penggunanya yang besar, mempelajari bagaimana brand-brand ternama mengelola jualan live di sosial media, seperti Instagram dan Tiktok menjadi hal penting bagi kamu. Apalagi, jika kamu berada pada satu industri yang sama, tentu sangat menguntungkan bila kamu memiliki banyak referensi, kan?

Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana brand di Indonesia maupun luar negeri menjalankan bisnisnya menggunakan live di Instagram dan Tiktok, kamu patut menyimak artikel yang disajikan LummoSHOP ini sampai habis.

Chef dengan Resepnya dan Tempat Fitness dengan Kelas Gratisnya

  1. Chipotle

Chipotle merupakan restoran makanan khas Mexico yang rajin menggelar live di sosial media Instagram. Sebagai brand ternama, Chipotle sering membagikan resep makanannya pada saat live. Lalu apa istimewanya? Nah, restoran ini mengadakan live di mana chef eksekutif bertindak sebagai host pada acara tersebut.

(Baca juga: Tips Menulis Deskripsi Produk Makanan yang Menarik)

Dengan menggunakan talent yang ahli di bidangnya, Instagram live akan lebih menyedot perhatian peminatnya karena banyak orang mempercayai penyampaian informasi resep makanan tersebut. Untuk kamu yang mencari referensi jualan live di sosial media, kamu dapat mencontek formula ini, kemudian mengaplikasikannya ke dalam bisnismu.

  1. Barry’s Bootcamp

jualan live di sosial media

Inspirasi selanjutnya datang dari bidang kebugaran. Sebuah perusahaan penyedia kelas fitness, Barry’s Bootcamp yang berbasis di Amerika Serikat merupakan contoh dari langkah brand mengedukasi pengikutnya di media sosial.

(Baca juga: Bisnis Online Peralatan Olahraga)

Meskipun tidak melakukan jualan live di media sosial secara langsung, para calon konsumen yang sedang mencari tempat fitness, berkemungkinan akan menambahkan Barry’s Bootcamp ke dalam list prioritasnya.

Barry’s Bootcamp sering mengadakan kelas workout. Calon konsumen dapat mengikuti kelas itu di mana pun. Selain itu, kelas fitness melalui live Instagram tersebut lebih menarik, mengingat peserta akan merasakan atmosfer mirip seperti kelas reguler dengan banyaknya interaksi di dalamnya.

  1. Bon Appetit

Apakah kamu seorang pebisnis di bidang kuliner? Jika ya, mungkin referensi jualan live di sosial media satu ini akan menarik bagi kamu. Pasalnya, Bon Appetit, sebuah majalah resep dan masakan yang berbasis di New York memperkenalkan ide live Instagram yang cukup unik, yakni dengan konsep makan malam bersama selebriti.

(Baca juga: Strategi Promosi Bisnis Kuliner Online berdasarkan Karakter Konsumen)

Pada tiap live, seorang host akan menjadi partner makan malam dari selebriti. Setelah itu, mereka akan mengobrol secara santai sebagaimana acara makan malam pada umumnya, tentu sambil menikmati hidangan yang telah tersaji.

Sisi menarik dari sesi makan malam ini, yakni pengguna Instagram akan menantikan episode-episode lain dengan tamu yang berbeda. Ketika live Instagram berakhir, antusiasme yang terbangun selama live tidak akan hilang begitu saja. Menarik, ya?

  1. Beyond Yoga

Satu hal yang menjadi masalah saat membeli pakaian secara online, yaitu keraguan atas kualitas bahan. Nah, Beyond Yoga menepis keraguan ini dengan memperkenalkan produk pakaian olahraga melalui live Instagram.

Live tersebut memperlihatkan bagaimana pakaian olahraga Beyond Yoga dikenakan seorang model yang melakukan serangkaian kegiatan fisik. Dalam live Instagram tersebut, mereka mendokumentasikan bagaimana kualitas pakaian dalam menyerap keringat, sebelum maupun sesudah sesi olahraga.

Gunakan Demonstrasi Produk & Model yang Ikonik

  1. Chewy

Ingin melakukan jualan live di media sosial dengan dukungan ahli yang kompeten di bidangnya? Kamu dapat mengintip bagaimana Chewy mengadakan live Instagram berikut sesi tanya-jawab bersama ahli. Chewy merupakan toko penyedia kebutuhan hewan peliharaan, sehingga topik bahasan dalam Instagram live tersebut adalah seputar kesehatan dan perawatan hewan peliharaan.

(Baca juga: Mau Bisnis Hewan Peliharaan? Ketahui Jenis Hewan yang Paling Diminati)

Dalam sesi live tersebut, pertanyaan-pertanyaan dari pengguna Instagram akan terjawab secara langsung dan menjadi topik diskusi untuk beberapa waktu ke depan. Sebagai hasilnya, strategi semacam ini akan menumbuhkan loyalitas konsumen dalam jangka panjang.

  1. Origins

Origins merupakan sebuah brand skincare Amerika yang rajin menggelar live Instagram dan menjalin interaksi dengan para pengikutnya. Bukan hanya sesi tanya-jawab, mereka juga melakukan demonstrasi produk dengan menunjukkan bagaimana warna, kemasan, dan tekstur skincare yang mereka tawarkan.

(Baca juga: Sukses Jual Kosmetik Secara Online dengan 6 Hal Ini)

Selain menjelaskan karakteristik produk, host juga menunjukkan cara pemakaian serta apa pun yang mereka suka dan tidak suka dari skincare tersebut. Nah, jika konsumen masih merasa ragu dengan suatu produk, pemilik bisnis bisa meyakinkan konsumen dengan memberikan demonstrasi atau peragaan produk melalui Instagram seperti yang Origins lakukan.

  1. Cici Chania dan Pororo

Beralih ke Tiktok, platform ini kedatangan pendatang yang memiliki bisnis di bidang penjualan baju kucing. Uniknya, Cici Chania, pemilik bisnis tersebut, langsung menggunakan kucingnya sebagai model setiap kali jualan live di media sosial.

Terdapat dua model, yakni Pororo dan Poby. Pororo menjadi model yang lebih populer karena keantengannya saat live. Nah, daya tarik model kucing tersebut berhasil membuat ribuan orang menyimak live yang diadakan akun Tiktok atas nama cicichania96 tersebut.

Kamu pun dapat memanfaatkan satu ikon atau model guna meningkatkan penjualanmu di media sosial sebagaimana Cici Chania, loh. Sebab, selain produk, konsumen juga melihat bagaimana produk tersebut ditawarkan kepada mereka.

  1. Tim Coppens

Tim Coppens adalah seorang desainer yang menggunakan fitur live Instagram guna melakukan demonstrasi produk rancangannya. Melalui live-nya, dia memberikan gambaran detail mengenai deskripsi produk dan membuatnya eksklusif karena remote viewing hanya tersedia melalui platform Instagram.

Kamu pun dapat menerapkan itu dengan memanfaatkan live Instagram atau Tiktok sebagai sarana yang secara eksklusif menggambarkan produk. Dengan begitu, antusiasme konsumen terhadap setiap live media sosialmu akan tinggi, sebab mereka tidak akan mendapatkan gambaran produk secara visual dan real-time melalui platform lain.

Apabila bisnismu tidak bergerak pada bidang yang sama, kamu masih dapat menerapkan cara di atas. Cukup lakukan modifikasi dan pastikan konsumen mengetahui informasi mengenai live media sosialmu, ya.

  1. Benefit Cosmetics

jualan live di sosial media

Benefit Cosmetics adalah salah satu brand yang sering melakukan live di media sosial dengan konsep tutorial produk. Tutorial ini dilakukan langsung oleh staf Benefit Cosmetics, sehingga lebih terasa kasual.

Selain itu, kemudahan tutorial tersebut memungkinkan pengikut di media sosial langsung mengikuti tutorial serta tips dan trik di depan meja riasnya masing-masing. Nah, kamu pun dapat mempraktikkan konsep tersebut pada produk bisnismu sekarang juga.

Bagaimanapun, kamu dapat melakukan trial and error untuk menemukan formula yang tepat saat melakukan jualan live di Instagram, Tiktok, maupun media sosial lainnya. Untuk melakukannya, tidak ada salahnya kamu melihat bagaimana brand-brand lain mengelola kegiatan jualan live di media sosial.

Jangan lupa juga, bahwa kamu dapat merekrut figur model tertentu untuk menarik perhatian konsumen seperti yang dilakukan Cici Chania atas kucing-kucingnya. Namun, jangan khawatir bila  tidak menemukan model seunik itu, kamu masih bisa menawarkan konsep unik lain seperti halnya Bon Appetit yang memilih konsep makan malam bersama tamu berbeda pada tiap-tiap episodenya.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP