fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Bikin Hashtag untuk Promosi

Hashtag

Dalam menerapkan strategi branding, cara bikin hashtag untuk promosi adalah salah satu yang perlu mendapat perhatian dengan baik. Pada sebuah postingan media sosial, biasanya hashtag atau tagar berfungsi untuk memberikan lebih banyak sorotan kepada postingan terkait. 

Keuntungan Membuat Hashtag dalam Melakukan Promosi

Melalui pengelompokan yang dibuat otomatis berdasarkan penggunaan hashtag, orang yang mencari postingan tertentu dengan niche sama akan menemukan postinganmu sehingga eksposur terhadap brand pun meningkat. Selain meningkatkan brand awareness, kamu juga akan mendapatkan keuntungan di bawah ini ketika menggunakan hashtag yang tepat.

  • Meningkatkan visibilitas postingan sebab akan banyak pengguna media sosial yang mengecek postinganmu setelah melihat postingan sejenis lainnya
  • Meningkatkan engagement media sosial berupa like, share, retweet atau membagikannya pada platform lain serta menambah jumlah pengikut pada media sosialmu
  • Mendekatkan diri dengan konsumen dan pengikut sehingga mereka merasa terlibat dalam proses komunikasi
  • Memudahkan pengikut dan konsumen untuk melihat postingan sebelumnya yang belum sempat mereka lihat
  • Menerapkan cara bikin hashtag untuk promosi juga bisa membuat pengikut lebih tertarik untuk menyimak postingan, terlebih untuk perilisan produk

Mengintip Kesuksesan Hashtag dalam Kampanye Produk

Penerapan cara bikin hashtag untuk promosi brand harus kamu perhatikan dengan baik, ya. Tentunya jika ingin brand kamu mendapatkan sorotan luas seperti beberapa kampanye produk yang menggunakan tagar sebagai senjata utamanya, misalnya hashtag #OreoHorrorStories dari Oreo yang menjadi trending di Twitter.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Melalui hashtag tersebut, Oreo membagikan parodi film horor dengan biskuit Oreo sebagai bintang utamanya. Namun bukan cuma itu, beberapa hashtag Oreo sudah lalu-lalang di Twitter dengan beberapa hashtag sebelumnya seperti #PlayWithOreo, #OREODunkSweepstakes dan lainnya. 

Cara bikin hashtag untuk promosi brand ala Oreo di atas menunjukkan bahwa tagar yang dapat memikat perhatian publik tidak seharusnya dibuat dengan melakukan hard selling berlebihan. Oreo mengandalkan momen tertentu seperti saat Halloween untuk menarik minat lebih banyak audiens. 

Hal tersebut dapat kita lihat pula pada kampanye produk dari L’Oreal Paris yang menggunakan tagar #WorthSaying. Hashtag tersebut mendorong perempuan untuk menyuarakan apa yang menurut mereka penting dan bagaimana gender tidak membatasi pencapaian mereka pada jenjang pendidikan dan karier. 

Dalam dua contoh hashtag produk tersebut, kamu dapat memahami jika strategi branding dan marketing dapat dilakukan melalui penggunaan tagar yang memiliki kedekatan emosi dengan pengguna media sosial, di samping juga menawarkan cerita menarik dalam setiap kampanye produknya.

Cara Bikin Hashtag untuk Promosi Brand

Sudah tahu tagar apa yang akan kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness produk? Sebelum memutuskannya, kamu harus mempertimbangkan dengan matang karena tidak semua hashtag disambut baik oleh pengguna media sosial. Lalu bagaimana cara bikin tagar untuk promosi brand dengan tepat? 

  1. Pertahankan orisinalitas

Pikirkan tentang bagaimana kamu menyampaikan nilai-nilai dalam brand dan bagaimana brand kamu tetap dikenali tanpa embel-embel brand lain yang punya kemiripan. Kemiripan ini bisa datang dari kesamaan nama maupun tema kampanye.

Kamu dapat mengombinasikan value brand dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya, kamu dapat belajar pada tagar #WorthSaying dari L’Oreal yang sejalan dengan tagline brand yakni Because You’re Worth It.

Hashtag

  1. Pelajari cara bikin hashtag untuk promosi dengan melihat hashtaghashtag populer

Jika kamu belum yakin mengenai cara bikin hashtag untuk promosi brand, kamu dapat mempelajari bagaimana tagar lain dibuat. Selain fokus pada proses pembuatan hashtag, kamu juga harus melihat bagaimana pengguna media sosial menanggapi kampanye tersebut. Lihat pola umum pada pembuatan hashtag termasuk momen-momen saat hashtag dirilis.  

  1. Buat tagar sederhana

Keep it simple. Ingatlah kalimat itu ketika kamu dalam proses kreatif pembuatan hashtag. Jangan sekali-kali menggunakan istilah sulit atau istilah bahasa asing yang hanya sebagian orang memahaminya. Kesederhanaan tagar akan membuat pengikut media sosial lebih gampang mengingatnya serta mengurangi risiko salah ketik.

  1. Jangan terlalu banyak kata

Mendapat sorotan luas dari pengguna media sosial bukan berarti kamu harus membuat tagar sepanjang 7 kata yang tidak enak dibaca. Sebaliknya, cara bikin hashtag promosi yang ideal adalah membuatnya cukup sederhana untuk diingat. Cukup pakai maksimal 3 kata dan gunakan pula huruf besar pada setiap awal kata agar pengguna mudah untuk membaca serta menuliskannya kembali.

  1. Buat tagar yang dekat dengan konsumen

Kamu harus melakukan riset lebih dulu untuk menciptakan tagar yang relate dengan konsumen. Kamu juga bisa melakukannya di media sosial. Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan topik yang sedang ramai di media sosial. Perusahaan ayam ternama, KFC, pernah melakukan cara ini.

Cara bikin hashtag untuk promosi yang dilakukan KFC adalah memanfaatkan minat para pengguna Twitter saat mereka beramai-ramai membahas keinginan mereka untuk meluangkan satu hari dalam setahun untuk menikmati ayam goreng. Jadi, tagar tersebut muncul setelah orang-orang membicarakannya di Twitter dan tidak ada intensi untuk mengarahkannya pada brand tertentu.

Kamu juga bisa menerapkan hal serupa dengan melihat potensi “keramaian” di media sosial. Jika kamu menjual produk pakaian dan mengamati bahwa di TikTok sedang ramai penggunaan model pakaian tertentu, kamu bisa membuat kampanye produk yang berhubungan dengan hal tersebut. 

  1. Gunakan sudut pandang orang lain

Saat membuat tulisan di media sosial termasuk hashtag, kamu harus mendapatkan tanggapan dari orang lain sebelum merilisnya. Tanyakan kepada siapa pun tentang rancangan tersebut dan lihat apakah ada saran yang dapat kamu kembangkan darinya. Tanggapan tersebut juga berfungsi sebagai mata pengguna media sosial saat pertama kali melihat tagar atau postingan produk.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Tips Bikin Hashtag untuk Promosi

Cara bikin hashtag untuk promosi bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun kamu selalu bisa mempelajarinya dari beberapa contoh tagar di media sosial. Selain itu, kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut agar tagar untuk produkmu makin ciamik. 

  • Rancang pendekatan yang berbeda untuk tiap platform media sosial

Membuat hashtag untuk promosi produk akan lebih efektif bila kamu personalisasi pendekatannya berdasarkan jenis platform. Sebagai contoh, kamu bisa menyesuaikan konten media sosial berdasarkan kategori umur, gender atau berdasarkan informasi mengenai bagaimana pengguna menanggapi postingan sebelumnya. Dari situ, kamu mungkin menemukan fakta bahwa pengguna Instagram lebih menyukai visual tertentu sementara pengguna Twitter lebih menyukai pilihan kata yang unik. 

  • Coba untuk memprediksi apa yang akan orang bagikan menggunakan tagar tersebut

Meskipun kamu tidak punya kemampuan meramal, tetapi kamu dapat memperkirakan bagaimana konsumen menanggapi tagar yang dibuat. Coba kamu bayangkan hal apa yang sekiranya akan muncul di benak konsumen saat mendengar nama brand kamu. Jika brand dikenal memiliki rekam jejak buruk, menggunakan tagar mungkin akan memicu beberapa orang untuk membagikan pengalamannya tersebut ke media sosial. 

  • Pilih influencer yang tepat

Jika kampanye produk dilakukan dengan melibatkan influencer, pastikan kamu memilih influencer yang memiliki kesamaan minat. Misal, influencer gaya hidup sehat tentu tidak akan menjalin kerja sama dengan industri makanan fast food atau industri lain yang tidak sejalan. 

Hashtag
Nah, sudah yakin dengan
tagar yang akan kamu gunakan? Ingat untuk tidak melakukan hard selling berlebihan, ya. Karena konsumen menyukai sesuatu yang dekat dengan mereka, maka lakukan riset terlebih dulu agar strategi marketing bisa tepat sasaran.