fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Jualan di Twitter? Bisa Kok, Begini Caranya!

Jualan di Twitter

Sekarang bisa Jualan di Twitter loh! Meskipun tidak sepopuler beberapa tahun lalu, Twitter masih memiliki banyak pengguna di Indonesia. Pada awal tahun 2022, berdasarkan riset dari We Are Social d Twitter menempati urutan ke-enam sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan. Sehingga, peluang memanfaatkan Twitter untuk berjualan, masih besar.

Mengapa Jualan di Twitter?

Jualan di TwitterTwitter memang terkenal sebagai platform media sosial yang lebih banyak berisi berita, terutama sosial dan politik. Pengguna Twitter juga lebih banyak pengguna dengan kalangan dewasa. Namun, perkembangan beberapa tahun belakangan memperlihatkan, Twitter digunakan oleh generasi dari berbagai usia, mulai remaja hingga lansia. Twitter juga bisa digunakan untuk berjualan online.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Berdasarkan riset dari Twitter Indonesia di kuartal ketiga tahun 2020,  23% pengguna tidak membatalkan pembelian dan 44% pengguna melakukan pembelian melalui Twitter. Lantas, apa yang membuat Twitter potensial sebagai sarana berjualan online?

  1. Lebih Personal

Twitter merupakan media sosial yang sangat personal. Sebab, menampilkan pengguna sesuai kepribadiannya masing-masing. Banyak yang menggunakan Twitter untuk curhat, berbagi informasi, hingga melakukan diskusi secara online, terutama dengan hadirnya fitur Space. Hal ini membuat produk yang dijual melalui Twitter, memungkinkan untuk disukai pembeli, bahkan dapat menjadi trending topic.

  1. Kekuatan Real-Time Feed

Twitter mempunyai keunggulan dibandingkan media sosial lain, yaitu pada Real-Time Feed-nya. Sehingga, apabila terjadi peristiwa berlangsung, banyak yang mengetahui dari sosial media berlogo burung biru ini. Tidak berlebihan rasanya apabila ada yang menyebut Twitter sebagai media live stream dari penjuru dunia. Kapan pun, kamu bisa mengecek hal-hal apa yang sedang dibahas dan trending di Twitter. Mulai dari sosial budaya, politik, keagamaan, seni, hingga peristiwa internasional. 

Keunggulan real-time ini juga yang dimanfaatkan oleh banyak brand untuk meningkatkan engagementnya. Sosial media ini juga telah menambahkan banyak fitur, seperti Polling dan GIF untuk membantu pengguna.

Karakteristik real-time juga menjadi salah satu tempat bagi konsumen untuk berkeluh kesah. Berdasarkan riset, 72% netizen komplain kepada brand melalui Twitter. Mungkin, kamu salah satunya?

Twitter vs Instagram

Jika kamu bandingkan dengan pesaingnya apakah Twitter masih unggul? Tidak ada jawaban pasti, karena keduanya mempunyai pangsa pasar sendiri. Instagram terkenal sebagai platform berbagi foto dan video dengan berbagai fitur. Instagram juga memiliki karakteristik real-time dengan fitur live

Twitter merupakan sosial media yang interaktif. Selain banyak digunakan oleh penggunanya untuk mengajukan komplain pada suatu brand, pengguna Twitter juga terbiasa memanfaatkannya untuk mencari dukungan dan, menyuarakan pendapat. Berbeda dengan Instagram yang tidak memiliki fungsi tersebut. 

Interaksi pengguna Twitter yang tinggi, memungkinkannya sebagai salah satu platform menjual barang fisik atau jasa konsultasi seperti psikolog, dokter, dan sebagainya.

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter

Setelah mengetahui berbagai keunggulan Twitter di atas, ternyata bisa juga ya, jualan di Twitter. Lalu, bagaimanakah cara menghasilkan cuan dari Twitter? 

  1. Optimasi profil Twitter bisnismu

Kiat jualan Twitter yang pertama adalah melakukan optimasi profil Twitter bisnis kamu. Ini memang hal yang mendasar, tapi kamu jangan anggap remeh. Usahakan memilih username sesuai dengan nama bisnis kamu dan sama dengan media sosial lain yang kamu miliki. Misalnya, jika username di media sosial lain adalah “Kripik Cap Kapak”, begitu juga yang kamu gunakan di Twitter. Sebab, konsumen akan lebih mudah mencari dan menemukan bisnis kamu.

Selain itu, gunakan foto profil yang mempresentasikan bisnis kamu, gunakan juga foto di header untuk memperkuat branding. Jangan lupa, lengkapi bio bisnis kamu dengan informasi yang berguna bagi calon konsumen kamu. Usahakan bio, lokasi dan website bisnis kamu diisi di bio Twitter. Apabila kamu belum memiliki website bisnis pribadi, kamu bisa membuatnya di LummoSHOP.

Tulislah bio dengan sebaik mungkin, karena dari sana konsumen akan mengenal bisnismu. Pada bagian lokasi, tulislah lokasi bisnis kamu secara rinci, apabila ada calon konsumen yang mengunjungi profil bisnis kamu, mereka dapat dengan mudah mengetahuinya. 

  1. Follow Berbagai Akun

Mulailah follow akun-akun yang berkaitan dengan bisnis kamu, baik pemasok, distributor, perusahaan pengiriman, dan lain-lain. Yang juga penting, follow juga akun-akun public figure dan selebtwit sebagai calon KOL (Key Opinion Leader) yang kelak akan kamu ajak kerja sama untuk jualan di Twitter.

  1. Mulailah Nge-Tweet

Langkah berikutnya untuk jualan di Twitter adalah action! Tak salah lagi, mulailah untuk nge-Tweet. Lakukan secara konsisten sampai kamu mempunyai banyak follower dan berharap tweet kamu ada yang viral. 

Dalam berkicau di Twitter, kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang telah disediakan di Twitter, seperti gambar, video, polling, dan lainnya. Jangan lupa gunakan tagar atau hashtag yang populer agar akun kamu muncul dalam pencarian. Selain itu, nge-Tweet-lah sesuai bisnis yang sedang kamu jalankan. Misalnya, jika jualan di Twitter kamu adalah jersey sepakbola, kamu dapat nge-Tweet seputar pertandingan bola, permainan bola, dan lain sebagainya. Apabila jualan di Twitter adalah komputer, kamu dapat memberikan informasi bagaimana merakit komputer.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai konten di waktu-waktu strategis, seperti di waktu berangkat kerja, makan siang atau jam istirahat, dan pulang kerja. Misalnya, setiap Senin pagi, kamu membagikan informasi tim sepakbola, Senin siangnya, kamu membagikan makanan selalu dimakan para pemain, lalu, di malam hari kamu mengadakan kuis yang berhadiah diskon pembelian jersey atau bahkan jersey itu sendiri sebagai daya tarik bagi netizen. Kalau tidak ada konten, kamu dapat mengikuti obrolan netizen. Dengan cara itu, akun kamu menjadi semakin terkenal. 

  1. Bekerja Sama dengan Key Opinion Leader 

Jualan di TwitterSalah satu cara tercepat jualan di Twitter adalah bekerja sama dengan Key Opinion Leader, yang di Twitter dikenal dengan istilah selebtweet. Dalam memilih selebtweet, pastikan followernya memiliki karakteristik sesuai target bisnis kamu. 

  1. Beriklan

Saat ini Twitter menyediakan fitur iklan untuk mempromosikan jualan kamu. Untuk beriklan di Twitter, kamu harus mengklik iklan Twitter, sehingga muncul menunya. Mirip seperti beriklan di media sosial lain, kamu dapat memilih tujuan iklan kamu, apakah untuk menjangkau follower, engagement, atau kunjungan ke website kamu. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Sayangnya, untuk pembayaran iklan, saat ini Twitter masih menggunakan kartu kredit, tidak seperti Instagram dan Facebook yang bisa menggunakan bermacam metode pembayaran.

Saat membuat konten iklan jualan di Twitter, gunakan bahasa yang santai atau bahasa yang akrab di Twitter. Contohnya iklan Netflix, “Aku kasih koleksi tontonan horor, buat jadi teman nonton malam Jum’at kamu.” 

  1. Twitter Please Do Your Magic

Hastag ini awalnya populer digunakan untuk saling membantu, salah satunya crowdfunding. Namun, lama kelamaan penggunaannya bergeser lebih luas. Untuk hal apapun, di mana kita berharap bantuan dari netizen. Banyak juga yang memanfaatkan hashtag ini untuk jualan di Twitter.

Bagaimana, tertarik memanfaatkan Twitter sebagai sarana bagimu menjual produk-produk bisnismu?