fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Kenali Habit Belanja Calon Pelanggan untuk Bisnis Sembako Online

Sembako online

Kebutuhan harian yang lebih sering disebut sebagai sembako (sembilan bahan pokok), adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap orang. Oleh sebab itu, bisnis ini akan terus diminati dan mengikuti perkembangan zaman. Karena sekarang adalah masanya bisnis online, maka jual produk kebutuhan harian dengan online juga banyak dilakukan. Meski yang melakukannya dengan cara konvensional (misal buka toko) juga terus mengalami perkembangan.

Namun dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar, jumlah belanja online juga mengalami peningkatan. Berdasarkan rilisan janio.asia, 93% pengguna ponsel pintar mencari produk secara online. Kemudian sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu termasuk produk kebutuhan harian, mereka akan berselancar di mesin pencari dan ulasan produk sebesar 49,7%. Oleh karena itu, jual groseri online adalah bisnis yang menjanjikan. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Jual produk kebutuhan harian dengan online, tentu sedikit berbeda dengan jualan langsung. Setidaknya dalam bisnis online groseri, kamu harus memiliki foto setiap produk yang kamu jual. Selain itu agar bisa menarik pelanggan, kamu harus memahami alasan mengapa orang-orang berbelanja online

 

Pahami Alasan Berbelanja Online

Cara jual sembako online agar laris manis, dan terus bisa menarik pelanggan baru, adalah memahami alasan berbelanja online. Bisnis online dengan pemahaman tersebut, akan membuatmu memahami konsumen, satu hal yang sangat dibutuhkan untuk jualan online. Ingat, dalam bisnis online ada banyak yang datang dan pergi setiap hari. Kamu harus beda untuk terus bertahan. 

Berdasarkan survei Deloiette, hal-hal berikut adalah yang mendorong seseorang untuk berbelanja online:

  • Kepraktisan sebesar 31%. Kepraktisan maksudnya adalah kemudahan yang diperoleh dari pembelian barang secara online, seperti: tidak perlu keluar rumah, bayarnya bisa melalui aplikasi dan kemudahan lainnya. Sebagai pebisnis online, kamu juga harus merespons hasil tersebut, dengan memberikan kemudahan belanja online kepada pelanggan toko online-mu. Semakin mudah dan praktis, maka lebih banyak pelanggan datang.
  • Harga sebesar 26%. Tentu saja maksudnya adalah harga barang yang dijual online harus bersaing. Agar bisa jual produk kebutuhan harian, usahakan untuk menjual produk dengan harga termurah tapi tetap berkualitas. Umumnya konsumen barang kebutuhan harian, cenderung membeli lebih banyak barang ketika harganya murah. Maknanya adalah perputaran barang dan kasmu akan lebih cepat.
  • Ketersediaan produk dan keberagaman produk sebesar 17%. Sebagai pebisnis online, kamu harus memastikan barangmu tidak sampai kehabisan. Demikian pula untuk keberagamannya. Cara jual sembako online, berarti kamu harus selalu memiliki persediaan, dan rentang ragamnya juga banyak. Sehingga konsumen akan lebih mudah untuk memilih.
  • Review yang dapat dipercaya sebesar 14%. Review atau testimoni dari pelanggan yang sudah bertransaksi dengan bisnismu juga penting. Oleh sebab itu, berikan pelayanan dan produk yang terbaik, sehingga bisnis online-mu mendapat review yang positif.
  • Promosi sebesar 12%. Promosi yang seringkali dibiayai dengan mahal ternyata memiliki presentasi terkecil dalam mempengaruhi keputusan untuk berbelanja online. Meski demikian, tetap penting untuk dilakukan. 

 

Siapa yang Berbelanja Sembako Online?

Setelah memahami tentang alasan berbelanja online, kamu sebagai pebisnis yang jual produk kebutuhan harian, juga perlu memahami orang-orang yang akan berbelanja di tempatmu. Karena pemahaman yang baik terhadap konsumen akan memberikan nilai lebih, sehingga menjadi daya tarik. Hal tersebut sejalan dengan model bisnis online yang sedang diminati, yaitu D2C atau direct to consumer

Mengutip dari janio.asia, orang-orang Indonesia yang berbelanja online yaitu sebagai berikut. 

  • Pencari kenyamanan. Cirinya adalah mereka yang senang barang yang sedang ngetrend. Dengan melihat barang yang sedang ngetrend mereka tidak perlu berpikir, dan cukup mengikuti trend tersebut. Itulah hal yang nyaman. Cara jual sembako online juga kamu harus melihat sembako yang paling ngetrend atau paling banyak dicari, sediakan di bisnis online-mu, maka pelanggan pecinta kenyamanan akan datang.
  • Trendsetter. Cirinya adalah mereka yang senang dirinya menjadi pusat perhatian, sehingga fanatik terhadap merek trendi dan internasional. Untuk menjaring konsumen model ini, kamu sebagai penjual groseri harus tahu produk kebutuhan sehari-hari yang sedang trend dan internasional.
  • Milenial muslim. Cirinya adalah mereka yang orangnya modern dan taat nilai agama (muslim). Sebagai pemilik bisnis online jual groceri, kamu bisa menyediakan bahan makanan yang khas muslim seperti: paket nasi briyani, nasi kebuli dan sejenisnya.
  • Pemilik bisnis kecil yang sibuk. Cirinya adalah seorang pebisnis yang harus melakukan banyak hal tapi minim sumber daya. Mereka adalah pelanggan yang memerlukan penghematan waktu dan tenaga kerja. Untuk melayaninya, kamu harus memberikan layanan yang mudah, cepat dan tepat.
  • Ibu rumah tangga. Ciri khasnya adalah mereka percaya dengan rekomendasi produk yang disebar melalui grup media sosial. Kamu sebagai pemilik jualan online, harus mengikuti mereka dan pamer kepada mereka. Caranya adalah dengan mengikuti sebanyak mungkin grup media sosial yang berisi ibu-ibu dengan kesibukan rumah tangga yang menggunung.    

sembako online

Bagaimana Habit Berbelanja Online?

Cara jual sembako online berikutnya adalah dengan memahami habit atau kebiasaan belanja online pelangganmu. Pemahaman terhadap habit pelanggan, akan membuatmu sebagai penjual groseri mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh McKinsey & Company 2020, terdapat 6 habit belanja online orang Indonesia, yaitu:

  • Nilai sebesar 63%. Nilai maksudnya adalah produk dari bisnis online-mu, mampu memberikan makna atau solusi kepada pelanggan. Sehubungan dengan bisnis groceri, maka kamu seharusnya menyediakan barang yang memang dibutuhkan dengan kualitas terbaik.
  • Kenyamanan sebesar 62%. Kenyamanan di sini sehubungan dengan trend yang sedang berlangsung, kemudahan pemesanan, dan hal lainnya sehubungan kenyamanan. Untuk mewujudkannya, kamu harus selalu menyediakan barang yang sedang trend, sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan.
  • Ketersediaan 35%. Tentu saja berbisnis online harus selalu menyediakan barang yang ditawarkan. Tanpanya, maka perlahan pelanggan akan meninggalkanmu.
  • Kualitas/Organik 29%. Saat ini setiap pelanggan sudah paham tentang kualitas, dan sebagian juga menginginkan barang yang organik. Maka sediakan barang berkualitas kalau perlu organik di jualan online grocerimu.
  • Didorong oleh tujuan 26%. Tak semua orang yang berbelanja online hanya awur-awuran. Ada yang memang sudah menetapkan tujuan tertentu saat berbelanja. Oleh sebab itu, tugasmu adalah menggiring mereka kepada tujuan yang tepat di bisnis online-mu.
  • Higienis atau kesehatan 21%. Semenjak pandemi, kebersihan, higienis dan hal sehubungan kesehatan menjadi kebiasaan belanja. Oleh sebab itu, sediakan barang kebutuhan sehubungan dengan sanitasi, dan pastikan setiap barang yang kamu jual terjamin kualitas kesehatannya. 

 

Produk Kebutuhan Sehari-hari Apa yang Paling Banyak Dicari

Lalu sebenarnya produk groceri apa yang paling banyak dicari? Kamu sebagai penjual produk kebutuhan harian juga harus memahami cara jual sembako online yang satu ini. Pemahaman groseri yang paling dicari, akan membuatmu berbelanja dan menyediakan barang yang tepat.  

  • Bahan makanan cepat saji. Berdasarkan iprice.co.id yang pada 2020 merilis tentang kebiasaan belanja barang nonkesehatan semenjak pandemi, menunjukkan bahwa belanja mie instan meningkat sampai 159%. Artinya bahwa makanan cepat saji yang bisa dimasak sendiri cukup diminati.
  • Produk kopi, parsel makanan, bumbu dan bahan makanan. Produk-produk ini termasuk tiga besar bahan paling diminati dalam belanja online selama PPKM menurut suara.com

Bagaimana dengan produk groseri lainnya?

Tentu saja masih ada banyak peminat. Intinya adalah kamu sebagai penjual groseri harus menyediakan barang yang beragam, dengan tetap memperhatikan habit belanja pelangganmu. 

 

Cara Jual Sembako Online Juga Perlu Branding

Cara jual sembako online berikutnya adalah jualan online-mu juga harus melakukan branding. Caranya dengan menggunakan model bisnis D2C atau direct to consumer, alias kamu langsung berjualan ke konsumen.

Manfaatnya tentu saja branding bisnis online-mu akan semakin kuat. Coba bandingkan dengan berjualan dengan menggunakan marketplace, maka bisnis online-mu hanya numpang lewat, pelanggan hanya fokus pada barang yang dicari. 

Selain itu, ada biaya atau fee komisi untuk marketplace. Kamu harus mencatatnya sebagai beban. Berbeda ketika kamu jualan langsung dengan model direct to consumer, kamu akan lebih leluasa menentukan harga, karena tidak ada komisi untuk marketplace. Harga adalah urusanmu langsung dengan pelanggan.

Oleh sebab itu, kamu sebagai pebisnis online groseri harus mulai mem-branding bisnis dengan D2C. Cara paling utama adalah dengan memiliki identitas bisnis online, salah satunya dengan memiliki website jualan online-mu. Di sana kamu bisa memasukkan daftar barang yang kamu jual beserta harganya, membuat penawaran-penawaran yang menarik, hingga menyediakan pilihan logistik. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan platform pembuatan website jualan online, salah satunya di LummoSHOP.

Nah, jualan online dengan D2C atau direct to consumer, akan membuatmu berjualan online beneran. Merekmu makin dikenal dan pelanggan setia berdatangan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP