fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Kenapa Bisnis Kamu Butuh Brand Personification?

Brand Personification

Apakah kamu pernah dengar yang namanya Brand Personification? Apa kaitannya dengan brand dan bisnis? Apakah setiap bisnis perlu memilikinya?

Seringkali kita menganggap merek atau brand kita sebagai kehadiran fisik perusahaan, tanpa menyadari bahwa brand sama halnya seperti reputasi seseorang. Manusia pada dasarnya memanusiakan sesuatu, termasuk dengan identitas bisnis kamu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Tetapi ketika mencoba mendefinisikan, memahami, dan mempromosikan brand kita, kita sering kali memiliki cara – cara yang lama. Kita mendefinisikan brand kita melalui warna yang kita gunakan, tagline, dan target pasar. Padahal brand/merek lebih dari hal itu.Ada hubungan yang harus dibangun di dalam brand.  Dengan begitu, brand dan audiens pun atau konsumen dapat lebih terhubung dengan nilai, tujuan, dan value perusahaan. Brand adalah reputasi keseluruhan. Dari situlah kita mulai mengenal istilah Brand Personification. 

Mengapa Brand Personification itu Penting? 

Sebagai bagian penting dari branding, brand personification dapat membantu kamu memiliki brand personality yang tepat yang sesuai dengan audiens bisnis kamu. Brand personification adalah sebuah usaha untuk memberikan nyawa pada sebuah brand yaitu dengan membentuk karakter atau personality tertentu. Personality ini yang kemudian mempengaruhi bagaimana cara brand berpikir, berkomunikasi, dan bertindak. Singkatnya, brand personification menjadikan brand seperti sosok manusia. 

  • Menciptakan Hubungan yang Lebih Kuat dengan Pelanggan

Ketika brand dapat menciptakan kesan pada pelanggan bahwa mereka sedang berhadapan dengan sesama manusia, maka akan lebih mudah bagi brand untuk mendapat kepercayaan dari pelanggan. Ini berguna tidak hanya dalam proses akuisisi pelanggan baru namun juga dalam menjaga hubungan dengan pelanggan tetap. 

  • Membuat Brand Menjadi Bagian dari Komunitas

Ketika brand menjadi manusia maka manusia tersebut juga akan menjadi bagian dari sebuah komunitas. Brand dengan produknya pasti memiliki misi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dengan personifikasi merek maka brand akan lebih mudah masuk ke komunitas yang memiliki permasalahan tersebut dan bersosialisasi, tidak hanya mensosialisasikan. Brand jadi lebih dekat dan lebih paham atas kebutuhan konsumennya. 

  • Mempermudah Cara Berkomunikasi dan Menentukan Keputusan

Memiliki brand personification bisa membantu kita dalam menentukan bagaimana brand harus bertindak, berpendapat dan melakukan komunikasi. Baik dari segi produk yang ditawarkan maupun bahasa dan cara berpikir yang disampaikan setiap harinya. Personifikasi merek juga secara tidak langsung menciptakan batasan-batasan bagi sebuah brand agar dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan personalitynya, tidak di luar batas tersebut.

  • Menciptakan Brand Sebagai Teman para Pelanggan

Logikanya seperti ini, ketika seseorang memiliki Facebook apakah mereka banyak berinteraksi dengan Facebook atau dengan orang-orang di dalamnya yang merupakan teman mereka? Pastinya akan lebih nyaman terkoneksi dengan teman kan? Nah seperti itulah brand personification berperan, membuat pelanggan lebih mudah dan nyaman berkomunikasi dengan kita sebagai teman mereka.

Brand personifiqation

Bagaimana Mempersonifikasikan Brand Sendiri?

Setelah melihat bagaimana brand personification memberikan manfaat pada brand atau bisnis kamu. Kini, saatnya bangun brand personification kamu sendiri. Kamu dapat mengikuti 4 langkah berikut:

  • Eksplor Identitas Brand

Mulai dengan merumuskan kepribadian dari brand kamu sendiri. Kamu bisa mulai dengan menjawab beberapa contoh pertanyaan seperti ini:

    • Siapakah brand kamu? Seorang pria atau wanita?
    • Berapa usianya?
    • Hal – hal apa yang yang kamu sukai?

3 pertanyaan di atas hanyalah sebuah contoh. Kamu dapat menambahkan lebih banyak pertanyaan lagi untuk membantumu lebih mendalami brand identity atau kepribadian yang ingin kamu tunjukkan.

  • Tentukan Tujuan 

Tindak lanjuti pertanyaan-pertanyaan tadi dengan bertanya kembali kepada diri kamu sendiri dan/atau tim kamu, “mengapa kamu berpikir demikian?”. Dengan menanyakan hal tersebut akan memungkinkan kamu memahami apakah kamu memegang teguh nilai-nilai brand atau apakah brand disalahartikan di pasar.

Mungkin tim kamu menganggap kepribadian brand kamu agak tertutup. Apakah itu karena kamu tidak aktif di media sosial atau kamu kurang dalam menjalin hubungan klien dan konsumen? Atau mungkin tim kamu menganggap merek kamu laki-laki. Karena warna yang kamu gunakan, atau gaya bicara yang kamu gunakan dalam membawa brand kamu.

  • Visualisasikan 

Visualisasikan brand kamu layaknya seorang manusia. Berikan dia nama atau bahkan beri dia wajah. Sehingga hal tersebut dapat mewakili kepribadian brand kamu. Apakah ‘dia’ berpakaian rapi atau santai? Apakah ‘dia’ terlihat lelah atau penuh energi? Detail kecil seperti itu dapat membantu menjawab tentang siapa brand kamu.

Dengan memahami siapa brand kamu, kamu dapat mulai merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan nilai-nilai perusahaan. Jika sudah sesuai dengan hal – hal yang kamu rumuskan di atas, seperti tujuan dan visual brand kamu, maka kamu berada di jalur yang benar. Namun, jika masih kurang mendefinisikan seperti brand kamu, maka artinya sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali brand personification

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Seperti itulah personifikasi merek berperan dalam sebuah bisnis. Semakin ke sini menjadi semakin penting karena karena interaksi yang terasa lebih manusia menjadi sesuatu yang dicari oleh para pelanggan. Mereka tidak lagi mau berhadapan dengan brand yang selalu terkesan lebih kaku dan tidak memahami kebutuhan mereka.

Yuk implementasikan brand personification pada bisnismu sehingga dapat membuat pelanggan lebih mudah ingat dan relate dengan bisnismu!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website