fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Ketahui Customer Insight dengan Fitur Daftar Pembeli LummoSHOP

Customer insight

Apa kamu sadar, bahwa memahami konsumen dengan baik adalah salah satu cara sukses jualan online? Pasalnya konsumen adalah prioritas tertinggi dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, kamu perlu memahami konsumen atau pelanggan dengan menerapkan konsep customer insight yang bisa menjadi cara sukses jualan online

Memahami konsumen menjadi cara sukses jualan online. Keberadaan pelanggan sebagai prioritas tertinggi tentu memegang peran penting dalam keberlangsungan bisnis ke depannya. Karena bagaimanapun dan apa pun bisnisnya, kamu selalu membutuhkan konsumen. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Apa Itu Customer Insight?

Istilah consumer insight atau customer insight sedang populer belakangan ini. Bahkan di beberapa perusahaan besar memiliki divisi khusus yang berkutat tentang customer insight. Hal ini menunjukkan bahwa insight tentang konsumen menjadi sebuah hal yang penting yang harus dikuasai oleh perusahaan. 

Kalau bicara tentang definisi, customer insight adalah kemampuan brand atau bisnis dalam memahami perilaku, minat, pola pikir serta kebutuhan dari pelanggan. Harapannya, dengan customer insight tersebut akan tercipta hubungan baik yang saling menguntungkan antara bisnis atau brand dengan pelanggan hingga menjadikan mereka sebagai loyal customer alias pelanggan setia. 

Tak heran bila customer insight menjadi salah satu hal terpenting untuk memahami hubungan antara bisnis atau brand dengan pelanggannya. Dengan customer insight memungkinkan bisnis untuk melakukan identifikasi pelanggan setia dan potential buyer atau calon pembeli. Setelah melakukan identifikasi, pebisnis dapat menentukan langkah selanjutnya untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan berdasarkan hasil dari customer insight.

Pada dasarnya, customer insight terdiri dari lima komponen yang saling terkait yaitu pengumpulan data, analisis data, optimalisasi, manajemen kampanye dan personalisasi. Dengan kelima komponen ini, akan memudahkan bisnis untuk dapat menentukan para pelanggan mana yang harus segera dihubungi, bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka, sehingga akan mendapatkan respons yang diharapkan dan mampu memberikan nilai yang lebih maksimal bagi bisnis. 

 

Manfaat Customer Insight bagi Bisnis 

Mungkin kamu lantas bertanya, seberapa penting sih customer insight bagi bisnis? Seperti dikutip dari Hitachi Solutions, menurut Microsoft, perusahaan atau bisnis yang memanfaatkan customer insight berhasil melampaui kompetitor dalam peningkatan daya jual sebesar 85%. Dari data tersebut, terlihat jelas bahwa customer insight tidak bisa dipandang sebelah mata bagi bisnis yang ingin memenangkan persaingan.

Kalau bicara tentang manfaat, setidaknya secara singkat ada delapan manfaat dari adanya customer insight bagi bisnis, yaitu: 

  • Lebih meningkatkan jumlah para pelanggan, dengan kata lain cara memperbanyak pelanggan
  • Meningkatkan pendapatan untuk per pelanggan
  • Menekan segala biaya akuisisi pelanggan, layanan dan administrasi dengan adanya proses efisiensi
  • Memperpanjang periode hubungan baik dengan para pelanggan
  • Salah satu cara tingkatkan kepuasan pelanggan
  • Mendapatkan feedback dari pelanggan untuk melakukan inovasi dan perbaikan terhadap produk kamu
  • Mengetahui target yang tepat untuk beriklan melalui online maupun offline
  • Menghindari pemborosan karena telah memiliki sasaran atau target yang tepat dengan mengetahui data-data pelanggan seperti apa yang tertarik dengan produk atau layanan.

Fitur Daftar Pembeli pada LummoSHOP

Setelah tahu apa itu customer insight dan manfaatnya bagi bisnis, mungkin kamu mulai tertarik untuk mencoba melakukan customer insight pada toko online atau website jualan kamu agar perkembangan bisnismu semakin pesat. Tapi, dari mana memulai customer insight ini pada toko online atau website jualan kamu? Kamu bisa melakukannya dengan LummoSHOP! Bagaimana LummoSHOP bisa membantumu untuk melakukan customer insight pada website jualan atau toko online gratis milikmu? Melalui fitur Daftar Pembeli yang memungkinkan kamu dan pebisnis lainnya untuk memiliki informasi analisa pelanggan. 

Dengan fitur Daftar Pembeli ini, kamu bisa melihat daftar semua pembeli baik yang belanja melalui toko online maupun yang pesanannya kamu buatkan di LummoSHOP. Dalam dashboard akun LummoSHOP, terdapat kategori pelanggan berdasarkan seberapa sering mereka belanja dan kapan terakhir mereka melakukan pemesanan. Pembeli kamu akan dikategorikan ke dalam kategori berikut:

  1. Pembeli Baru (pelanggan yang baru berbelanja pertama kali dalam 7 hari terakhir)
  2. Pembeli Setia (pelanggan yang telah berbelanja 3 kali atau lebih dalam 3 bulan terakhir)
  3. Pembeli Regular (pelanggan yang telah berbelanja 1-3 kali atau lebih dalam 3 bulan terakhir)
  4. Pembeli Tidak Aktif (pelanggan yang tidak berbelanja dalam 3 bulan terakhir)

customer insight

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu jadi bisa mengetahui mana saja pembeli kamu yang baru memesan sekali, yang sudah menjadi pelanggan setia, atau pembeli yang tidak melakukan pemesanan kembali. Adanya kategori pelanggan ini memungkinkan kamu sebagai pemilik bisnis atau brand untuk memberikan apresiasi pada mereka. 

Salah satu cara tingkatkan kepuasan pelanggan adalah kamu bisa terapkan strategi jualan seperti memberi promo pada pembeli yang kurang aktif atau memberi bonus pada pelanggan setia atau loyal customer agar mereka merasa senang. Kamu juga bisa menarik banyak pelanggan dengan memberikan akses awal pada produk keluaran terbaru, sehingga mereka bisa merasa lebih spesial dibandingkan pembeli yang lain.

Dengan memahami ini, kamu bisa berinteraksi dengan pembeli secara efektif agar mereka lebih setia belanja di toko kamu.

 

Cara Menggunakan Fitur Daftar Pembeli LummoSHOP

Mungkin pertanyaan kamu selanjutnya adalah bagaimana sih cara kerja atau cara menggunakan fitur Daftar Pembeli LummoSHOP agar kamu bisa mendapatkan akses data pembeli pada fitur daftar pembeli? 

Data apa saja yang bisa disimpan pada fitur Daftar Pembeli ini? Data nomor telepon dan alamat pembeli kamu bisa tersimpan di aplikasi LummoSHOP kamu dan akan membantu kamu untuk mengatur strategi jualan online kamu dengan lebih baik lagi.

Berikut ini adalah cara menggunakan fitur Daftar Pembeli:

  1. Masuk melalui banner fitur yang paling sering digunakan.
  2. Atau pilih Menu Akun, kemudian pilih menu Pembeli.
  3. Pada fitur ini kamu bisa melihat Daftar Pembeli kamu berdasarkan klasifikasi Pembeli.
  4. Pilih Semua Pembeli untuk melihat daftar pembeli kamu.
  5. Kamu juga dapat menyaring daftar pembeli berdasarkan klasifikasi pembeli.
  6. Pada Detail Pembeli kamu bisa melakukan:
    –  Mengirimkan pesanan
    –  Membuat order
    –  Mengubah data pembeli
    –  Melihat riwayat pembelian pelanggan
  7. Kamu bisa menambahkan data pembeli dengan menggunakan tombol (+)
    –  Masukkan nama pembeli
    –  Masukkan nomor telepon pembeli
    –  Klik opsi Simpan dan lanjut
    –  Data pembeli berhasil ditambahkan
Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Nah, itulah kehebatan fitur Daftar Pembeli yang akan memudahkanmu untuk melihat kategori atau klasifikasi pelanggan tokomu serta melakukan langkah atau cara tingkatkan kepuasan pelanggan dan bahkan cara memperbanyak pelanggan. Mulai sekarang, gunakan fitur Daftar Pembeli ini secara rutin untuk menganalisa database konsumen kamu. Jangan lupa juga untuk membuat berbagai program marketing untuk pembeli atau pelanggan kamu sebagai cara tingkatkan kepuasan pelanggan. 

LummoSHOP membuat cara jualan online jadi lebih mudah tanpa harus punya kemampuan cara buat website jualan. Bahkan kamu pun berhak memiliki toko online pribadi gratis dengan domain gratis untuk member LummoSHOP Pro. 

Unduh aplikasi LummoSHOP dan nikmati fitur Daftar Pembeli agar bisnis kamu bisa melesat. Ini baru jualan online beneran!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP