fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Keyword, Kenali Manfaatnya untuk Bisnis Online Kamu

keywords 01

Keyword atau kata kunci dalam bisnis menjadi penting. Apabila kamu mengerti cara menggunakannya dalam konten pemasaranmu, hal itu akan memberikan efek yang besar, salah satunya adalah mendatangkan trafik dari mesin pencari. Hal ini bisa berdampak juga kepada branding bisnis kamu.

Meski demikian, menggunakan keyword untuk konten pemasaran bisnismu tidaklah semudah itu. Soalnya, menentukan keyword memerlukan riset terlebih dahulu. Riset ini akan terkait juga dengan keyword yang tengah dilihat banyak pengguna internet.    

Artikel kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai keyword. Sebagai pebisnis, kamu perlu mengetahui keyword dan cara memanfaatkannya dalam bisnis online kamu.

Apa itu Keyword?

Keyword atau kata kunci merupakan suatu susunan kata, baik satu, dua, atau lebih, untuk digunakan dalam melakukan pencarian data atau informasi di internet. Nantinya, keyword itu akan digunakan untuk kebutuhan marketing ataupun penjualan. Biasanya keyword itu merupakan kata-kata umum yang kamu pikirkan saat memerlukan sesuatu di laman mesin pencari. 

Misalnya, ketika kamu membutuhkan laptop dengan harga yang murah. Biasanya kamu akan menggunakan mesin pencari dan mengetik begitu saja kata kunci umum, seperti “laptop murah” atau “cari laptop murah”. Di laman mesin pencari kerap bermunculan berbagai ulasan hingga rekomendasi dari suatu website berdasarkan kata kunci tersebut.  

Baca juga: Jurus LummoSHOP Kelola Penjualan bagi Bisnis Online

Jadi, pemilihan keyword sangatlah penting bila menyangkut bisnismu. Melaluinya, kemungkinan bisnismu terlihat oleh pengguna internet saat melakukan pencarian menjadi terbuka lebar. Dengan riset dan pengguanaan keyword yang tepat, konten pemasaranmu yang berada di suatu website memungkinkan untuk berada di halaman pertama dan posisi teratas mesin pencari.

Oleh sebab itu, dalam memilih keyword, jangan sampai salah. Baik itu saat mengoptimasi website sendiri atau menggunakan jasa pakar. Sebab, kata kunci akan menentukan apakah promosi kamu efektif atau tidak. 

 

keywords 02

Fungsi

Kata kunci dalam bisnis online mempunyai beberapa fungsi yang harus kamu ketahui. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat konten atau website kamu berada di halaman pertama mesin pencari

Ketika kamu menggunakan kata kunci pada konten atau artikel yang kamu buat. Mesin pencari akan melakukan rekomendasi apakah konten kamu berada di halaman pertama atau tidak. Begitu juga ketika kamu mengiklankan website berdasarkan kata kunci. Untuk itu kamu perlu memilih yang tepat.

Baca juga: Pentingnya Meningkatkan Performa Loading Website Jualanmu (lummoshop.co.id)

     2. Mendatangkan trafik

Selain membuat konten berada di halaman pertama, kata kunci juga mendatangkan trafik pada website apabila dilakukan dengan benar. Untuk itu kamu perlu melakukan riset kata kunci yang akan digunakan. Sebab, ini akan memberikan keuntungan bagi konten dan website kamu. Saat pengguna internet mengunjungi website kamu, maka trafik akan meningkat. 

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa bisa terjadinya trafik, ini berhubungan dengan kebiasaan pengguna internet yang melakukan penelusuran berdasarkan kata kunci. Saat, website kamu berada di halaman pertama, apabila mereka tertarik akan mengklik untuk mencari, bahkan bisa melakukan pembelian. Selain itu, data Oberlo yang menyatakan per Januari 2022, Google masih menduduki urutan pertama sebagai mesin pencari. Sekitar 91,9 persen pengguna internet menggunakannya. Diikuti oleh Bing sebanyak 2,88 persen, Yahoo! memiliki 1,51 persen, YANDEX 1,27 persen dan Baidu dengan 1,16 persen.

Di Indonesia, sekitar 80% melakukan pencarian produk terlebih dahulu sebelum membeli. Kebiasaan ini tidak hanya disebabkan pandemi, tapi juga gaya hidup masyarakat yang berubah di era digital. Mereka juga mencari tahu apa yang ingin dibeli, produk apa yang berkualitas, hingga produk apa yang baru diluncurkan.

     3. Memudahkan pengguna internet untuk menemukan kontenmu

Mesin pencari akan mengindeks konten kamu sesuai dengan sesuai dengan kata kunci. Artinya, ketika pengguna internet mencari kata kunci “jualan online”, maka konten yang keluar berdasarkan hal tersebut. 

Baca juga: Bikin Konten Branding di YouTube: Cara Tingkatkan Popularitas Bisnismu (lummoshop.co.id)

      4. Menganalisis data pengunjung 

Pengguna internet akan berkunjung berdasarkan kata kunci yang kamu buat. Dengan begitu kamu akan mengetahui apakah konten atau produk kamu menarik oleh mereka atau tidak. Apabila mereka membeli, berarti apa yang kamu lakukan berhasil tapi bila tidak harus dievaluasi. Ini menjadi bahan analisis kamu untuk melakukan peningkatan atau evaluasi berdasarkan kata kunci.

      5. Mengetahui kebutuhan atau keinginan konsumen

Saat kamu memilih kata kunci di website, tentu berdasarkan riset. Di saat bersamaan, kamu mengetahui apa yang audiens inginkan. Misal, ketika riset kamu menemukan kata kunci yang tengah banyak dicari pengguna. Maka, dari hasil itu kamu gunakan untuk kata kunci sesuai audiens yang dibutuhkan atau dicari.

Jenis-Jenis Keyword

Setelah paham mengenai fungsinya, kamu harus mengetahui jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis keyword, yaitu: 

  1. Short Tail dan Long Tail

Short Tail merupakan kata kunci yang pendek, Biasanya terdiri dari satu atau dua kata yang digunakan. Ini merupakan kata kunci yang biasanya tingkat persaingannya tinggi. Misalnya, laptop murah, laptop, laptop terbaik. Sedangkan Long Tail, biasanya lebih dari dua kata. Apabila kamu baru mulai menggunakan SEO, kamu bisa menggunakan Long Tail

     2. Brand Keyword dan Generic Keyword 

Brand keyword berhubungan dengan brand atau jasa yang kamu tawarkan. Contoh: “Samsung”, “Nokia”, dan lain-lain.  Sedangkan Generic Keyword berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan, misalnya kata kunci “laptop”, “buku”, “ponsel”.

Baca juga: 5 Tips Membangun Brand untuk Bisnis Kamu dan Langkah Awalnya (lummoshop.co.id)

     3. Keyword Abadi dan Musiman

Kata kunci ini biasanya bertahan dari waktu ke waktu. Adapun contoh kata kuncinya, seperti “cara menurunkan panas anak”. Sedangkan kata kunci musiman hanya bersifat sesaat. Misal kata kunci, “MotoGP Mandalika”.

 

keywords 03

Memanfaatkan Keyword untuk Bisnis Online

Memahami keyword dapat bermanfaat untuk mengembangkan bisnismu. Ini beberapa manfaat lebih spesifik dari penggunaan keyword dalam proses-proses pemasaran produkmu:

  1. Meningkatkan Penjualan

Kata kunci bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan kamu. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci yang tengah menjadi tren di kalangan pengguna internet. Ini bisa berjalan bila sebelumnya kamu melakukan riset mengenai keyword yang tengah tren atau populer.

     2. Memperoleh data untuk Keputusan Manajemen

Selain meningkatkan penjualan, hasil dari kata kunci bisa kamu gunakan sebagai data untuk mengambil keputusan di pihak manajemen. Jika dari hasil kata kunci tersebut perolehan penjualan meningkat, artinya pengunjung menyukai produk atau jasa, sehingga kamu bisa meningkatkan kapasitas produksi.

Baca juga: Seluk Beluk Customer Relationship Management & Manfaatnya (lummoshop.co.id)

     3. Branding 

Terakhir, kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu upaya penguatan branding produkmu. Cara ini akan besar peluang berhasilnya apabila kata kata kunci kamu mendatangkan trafik yang besar.

Tips untuk Bisnis Online

Setelah mengetahui seluk-beluk keyword untuk bisnis online, bisa terlihat bahwa mengelola website untuk bisnis tidak bisa sembarangan. Ada teknik sendiri yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan website atau produk berada di halaman pertama. Berikut ini tips menggunakan kata kunci dalam bisnis.

      1. Lakukan Riset

Dalam menggunakan kata kunci sesuaikan berdasarkan riset yang kamu jalankan yang sesuai dengan bisnis atau konten kamu. Dalam melakukan riset, kamu perlu tahu tren yang sedang berlangsung. Hal ini menjadi dasar dalam melakukan riset kata kunci. Kamu bisa menggunakan berbagai alat untuk riset, seperti Google Keyword Planner, SEMRush, Google Trends dan sebagainya. Jika sudah memilih, tulislah konten yang menarik. Jangan lupa masukkan atribut kata kunci dalam gambar, backlink dan sebagainya.

     2. Manfaatkan Long Tail

Setelah meriset, kalau bisa gunakan kata kunci yang Long Tail. Sebab, dengan Long Tail dalam kompetisi pencarian, biasanya durasinya tergolong timeless. Dalam artian, kata kunci itu jumlah peminatnya tetap terjaga, terlepas dari tren-tren tertentu yang kerap ada di media sosial atau internet secara umum. 

      3. Pancing Ulasan Konsumen

Ulasan konsumen bisa kamu gunakan ketika memanfaatkan keyword dalam bisnis kamu karena bisa menjadi referensi pula bagi calon konsumen luas. Ulasan konsumen biasanya berbentuk komentar mengenai produk atau bisnis kamu, baik itu berupa pujian, maupun kritikan. Misalnya, bisnis kamu adalah perhotelan. Biasanya ulasan konsumen berupa kebersihan dan kedekatan dengan tempat objek wisata. Contoh: “Cukup bersih walaupun ada di dalam daerah ujung menteng dan di sekitar kafe”, “Lumayan nyaman menginap disini. sangat rekomen bagi yang bawa kendaraan, karena mobil bisa masuk ke dalam garasi.” Dari kedua ulasan tersebut kamu bisa menganalisis dan menggunakan SEM dengan kata kunci, “Hotel Nyaman”, “Hotel Bersih”.

Itulah beberapa manfaat kata kunci untuk bisnis. Semoga kamu bisa menggunakannya untuk bisnis kamu.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP