fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Kisah Sukses MS Glow, Brand Skincare Lokal Indonesia

MS Glow

Untuk kamu yang tertarik pada bidang kecantikan, tentu brand perawatan kulit MS Glow sudah tidak asing di telingamu. Pertama kali muncul pada 2014, MS Glow meraih kepopulerannya berkat kerja keras para pendirinya, Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala Dewi. Dengan kata lain, mereka berhasil mengukir kisah sukses MS Glow.

MS Glow pun terkenal sebagai brand yang memiliki reputasi baik, terbukti dari pencapaiannya sebagai brand kecantikan yang mendapatkan penghargaan Indonesia Best Brand Award 2020. Sedangkan penghargaan itu sendiri memiliki indikator meliputi iklan, brand usage, kepuasan pelanggan, serta loyalitas pelanggan. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Perlu kamu tahu bahwa MS Glow tidak hanya merilis produk-produk perawatan kulit, tetapi juga membuka klinik kecantikan atau Aesthetic Clinic yang tersebar di 12 kota di antaranya Malang, Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Sidoarjo, Tangerang hingga Makassar, dan Medan. Kisah mereka selalu mengundang pembicaraan berkat keberhasilannya dalam hal perawatan kulit.

Cerita di Balik Kisah Sukses MS Glow

Beberapa pengusaha di Indonesia rata-rata sukses karena orang tuanya telah terlebih dulu berkecimpung di dunia bisnis. Namun tidak dengan pendiri MS Glow, Shandy Purnamasari, dia adalah anak dari keluarga dengan ekonomi menengah yang jauh dari kata kaya. 

Sejak duduk di bangku sekolah, dia sudah terbiasa berjualan secara online. Mulai dari produk pakaian seperti batik hingga printilan khas sepak bola seperti jersey, sepatu sepak bola, hingga jaket. Bisnis online tersebut ia lakukan untuk meringankan uang kuliah. 

Setelah menikah, Shandy Purnamasari yang awalnya tinggal di Surabaya akhirnya pindah ke kota Malang. Di Surabaya, dia menyadari bahwa dia tidak bisa mendapatkan produk kecantikan yang biasa dia pakai. Saat berniat mengirimkannya dari Surabaya, dia berpikir kenapa tidak memulai bisnis skincare secara online

Kisah sukses brand ini bermula dari bisnis skincare produk racikan dokter yang dia beli kemudian dijual kembali melalui media sosial. Perlu kamu tahu bahwa pada tahun 2013 saat Shandy Purnamasari memulai bisnisnya, penjualan online melalui media sosial belum semasif sekarang. Kebanyakan pengguna memanfaatkan media sosial untuk keperluan pribadi seperti berinteraksi dengan pengguna lain.

Dengan strategi jualan online-nya, Shandy banyak mendapatkan permintaan untuk menjalin hubungan kemitraan sebagai reseller. Karena belum banyak bisnis serupa, peluang tersebut dimanfaatkan dengan baik. Kemudian dia membuat sistem bisnis yang memfasilitasi banyak reseller di daerah-daerah lain di Indonesia. 

Pada saat itu, penjualan skincare bertambah pesat hingga membuat Shandy berpikir untuk mengembangkan skala bisnisnya lebih besar lagi. Dia pun merencanakan ekspansi bisnis dengan menggandeng salah satu mitra bisnisnya, Maharani Kemala. Meskipun Shandy lebih sering disandingkan bersama suaminya, tetapi pada awal pendiriannya Shandy bekerjasama dengan Maharani Kemala dalam merintis MS Glow dari awal. 

Kerja sama tersebut berjalan lancar terutama karena Maharani memiliki sebuah toko kosmetik di Bali, sehingga secara kontinyu membeli produk dalam jumlah besar. Dipilihnya Maharani sebagai partner karena adanya kesamaan visi sehingga mereka dapat menjalankan usaha hingga sekarang.

Kisah Sukses MS Glow Berkat Ekspansi Bisnis

Kisah sukses MS Glow tentu tidak akan pernah terdengar jika para pendirinya tidak melakukan ekspansi bisnis. MS Glow sebenarnya berawal dari kegiatan bisnis berupa menjual kembali produk skincare yang sudah ditempel label merek. Setelah memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya, para pendiri pun mendaftarkan izin merek ke BPOM agar lebih meyakinkan konsumen. 

Strategi tersebut cukup jitu untuk menarik pelanggan sebab produk skincare di pasaran masih banyak yang belum memiliki izin dari BPOM. Baru setelah beberapa waktu berjalan, banyak kompetitor sejenis yang memasuki pasar. 

Walaupun banyak kompetitor memasuki pasar, tetapi strategi pengembangan produk dari MS Glow tidak diragukan lagi. Mereka merambah produk perawatan badan atau bodycare guna memperluas segmen pasarnya. Kisah sukses mereka dalam menarik konsumen ini juga tidak lepas dari peran reseller, loh. Sebab sebelum ekspansi pun, reseller MS Glow sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Atau malah kamu bagian dari reseller itu?

Lalu bagaimana metode dan strategi yang dijalankan oleh pendiri MS Glow hingga menjadi brand produk skincare yang terpercaya di Indonesia?

MS Glow

Strategi Omnichannel Marketing oleh MS Glow

Salah satu yang menarik dari kisah sukses mereka adalah beberapa penghargaan yang diberikan kepada brand tersebut. Pada tahun 2020, MS Glow memperoleh Marketing OMNI Brands of The Year. Apa itu Marketing OMNI Brands of The Year? Penghargaan tersebut mereka berikan kepada brand-brand yang sukses menerapkan strategi Omnichannel dalam menjalankan bisnisnya.

Sedangkan Omnichannel marketing sendiri adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai platform untuk memudahkan konsumen. Omnichannel mengharuskan adanya integrasi antara platform tersebut dan tidak sekadar menjalankannya secara terpisah. 

Selain itu, Omnichannel Marketing juga mereka manfaatkan guna menjangkau lebih banyak konsumen dan menjaga interaksi yang baik dengan mereka. Sementara salah satu indikator keberhasilan penerapan omnichannel adalah peningkatan penjualan produk dari perusahaan terkait.

Apa Saja Produk yang Ditawarkan MS Glow?

Pengembangan produk yang mereka lakukan menjadikannya memiliki lini skincare yang cukup beragam. Dengan menawarkan Magic for Skin sesuai dengan namanya, MS Glow dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit wanita Indonesia sesuai dengan ketentuan BPOM dan standar halal produk MUI. 

Nah, MS Glow sendiri memiliki beberapa rangkaian skincare yang dapat kamu pilih, di antaranya adalah luminous series, acne series, ultimate series, serta whitening series. Sedangkan jenis skincare yang ada pada masing-masing seri produknya adalah toner, krim wajah, facial wash, serta serum. Konsumen dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan hasil yang MS Glow tawarkan oleh tiap seri. Misal, acne series untuk kulit wajah berjerawat sedangkan wajah yang kusam lebih cocok menggunakan whitening series

Sementara itu, Aesthetic Clinic mereka menawarkan beberapa perawatan kulit berupa Facial Acne Clear, Radiance Facial, Hollywood Peel, Facial Bubble Glow, Back Facial (Body) serta berbagai macam Facial Glow seperti Barbie Glow Light dan Glow Acne Light

Jangan lupa juga jika mereka memiliki berbagai produk perawatan tubuh seperti Body Serum, MS Slim Fiber Drink, serta Easy White Body Lotion yang dapat kamu pilih untuk menyempurnakan perawatan kulit dan tubuh.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Bagaimana? Setelah membaca kisah sukses Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala Dewi, apa kamu ingin menjadi bagian dari reseller mereka atau kamu malah ingin mendirikan perusahaan kosmetik sendiri? 

Nah, jika kamu ingin seperti pendiri MS Glow, miliki ide bisnis yang relatif baru dan bisa menjawab permasalahan konsumen. Sehingga bisnismu bisa menggaet banyak peminat. Seperti halnya MS Glow yang melihat adanya peluang usaha dan menjembatani kebutuhan konsumen, kamu patut mencontohnya sebagai salah satu referensi dalam berbisnis.

Selain itu, perhatikan juga strategi pemasaran produk yang tidak hanya bisa membuat konsumen tertarik, tetapi juga memudahkan mereka dalam mengakses informasi serta produk itu sendiri.