fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Komunitas Pelanggan Setia? Ini 5 Cara Gampang untuk Membuatnya

komunitas pelanggan setia 01

Bisnis mana yang tak ingin punya komunitas pelanggan setia? Sebagai pebisnis, tentu kamu ingin memiliki komunitas pembeli loyal yang sangat addicted dengan brand mu. Namun, seringkali bingung harus memulainya dari mana.

Satu yang perlu kamu ingat, saat ini sudah banyak brand-brand yang memiliki komunitas pelanggan setia dan merawatnya dengan baik. Brand-brand ternama dunia seperti Playstation, Harley-Davidson, Starbucks adalah contoh nyatanya.

Sebelum membahas bagaimana cara gampang membentuk hingga mengelola komunitas pelanggan setia, LummoSHOP akan jelaskan apa itu komunitas pembeli dan pelanggan setia dan apa saja manfaat mengelolanya. 

Pengertian Komunitas Pembeli Atau Komunitas Pelanggan 

Komunitas pembeli atau komunitas pelanggan adalah kumpulan orang-orang yang terbentuk atas dasar kecintaan pada suatu brand atau produk tertentu. Nama lain dari komunitas pembeli atau pelanggan ini adalah brand community.

Awalnya banyak orang skeptis tentang upaya sebuah perusahaan untuk membentuk komunitas pelanggan setia. Beberapa menganggap brand awareness lebih penting untuk dicapai dengan strategi yang bervariasi. Padahal, keberadaan sebuah komunitas pelanggan setia sangat mendukung eksistensi sebuah brand. Meski dalam masa sulit sekalipun. 

Dalam perkembangannya, kini banyak pebisnis paham bahwa membangun komunitas pembeli loyal sangatlah penting. Dibanding selalu mencari konsumen baru untuk bisnismu, lebih baik merawat pelanggan setia yang bisa juga membawa konsumen baru ikut bergabung. 

Ada juga yang menyebut ini dengan efisiensi branding. Bukankah terus menumbuhkan top of mind dari suatu brand di benak pembeli loyal berarti meningkatkan brand awareness dan brand loyalty pada saat yang sama?

Meski, membangunnya tentu bukan semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan suatu upaya untuk memulai langkah awal dan mengelolanya sehingga komunitas pelanggan setia tidak asal terbentuk atau asal ada namun minim interaksi. 

Pentingnya Mengelola Komunitas Pelanggan Setia

komunitas pelanggan setia 02Tentu ketika memiliki sebuah ekosistem berupa komunitas, sebuah bisnis tidak lagi kesulitan untuk mengetahui respon pasar atas suatu produk, jasa, atau layanannya. Loyalitas yang dibangun dalam komunitas memang sangat tinggi karena adanya prinsip solidaritas. 

Selain itu, ternyata masih banyak lagi faktor tentang pentingnya mengelolanya, seperti :

  • Memangkas biaya customer support 

Menurut Marketing Insider Group, keberadaan komunitas pelanggan setia mampu memangkas hingga 10-25 % biaya customer support perusahaan setiap tahunnya. Artinya, bisnismu akan menjadi lebih efektif dari segi budgeting, benar kan?

  • Tak perlu hardselling, penjualan stabil dan meningkat

Bila kamu bisa mengelola komunitas pelanggan setia dengan baik sehingga mereka selalu terhubung denganmu, bisa dipastikan angka penjualan bisnismu akan stabil dan meningkat tanpa perlu upaya hardselling. Sebab pelanggan setia akan selalu cari tahu apa saja hal terbaru dari brand kesayangan mereka. Dari sini, kredibilitas brand pun naik secara otomatis. 

  • Mendapatkan insight baru 

Tak hanya up to bottom effect yang akan dirasakan ketika bisnismu memiliki komunitas pelanggan setia, bottom to up effect juga akan terjadi secara paralel. Artinya, selain perusahaan selalu update info terbaru sehingga konsumen setia tak ketinggalan informasinya, perusahaan pun mendapatkan insight baru dari konsumen setianya. 

Insight baru itu bisa berupa feedback atas produk, jasa, atau layanan yang sudah dipasarkan guna perbaikan ke depan. Bisa juga berupa ide inovasi untuk pengembangannya.   

  • Mengajak konsumen terlibat sebagai bagian dari ekosistem

Banyak brand yang sekarang menyadari bahwa komunitas pelanggan setia bukan saja sebagai target pasar semata, tapi memiliki nilai lebih dari itu. Nilai itu adalah menganggap komunitas tersebut sebagai bagian dari ekosistem yang harus dirawat dan dikembangkan sebab mereka adalah partner yang sesungguhnya. 

  • Memiliki channel untuk official launch produk

Tak perlu bingung untuk mengumpulkan massa saat sebuah brand sedang meluncurkan sebuah produk baru atau menyelenggarakan event untuk mendongkrak brand awareness nya. Komunitas pelanggan setia akan jadi garda terdepan dalam memberikan dukungan, bahkan sekaligus menjadi channel pemasaran baru bagi circle nya.

Bagaimana Cara Membangun dan Mengelola Komunitas Pelanggan Setia?

Membangun komunitas pelanggan setia masih lebih efektif daripada harus menciptakan banyak leads dari strategi pemasaran lain semisal iklan. Yang terpenting, kamu tahu cara membentuk hingga mengelolanya dengan baik.

Ini dia 5 cara gampangnya :

1. Definisikan Brand dan Community Goal mu

Langkah paling awal untuk membangun komunitas pembeli loyal dari bisnismu adalah dengan mengenal brand mu secara mendalam. Terjemahkan dan sinkronkan dengan visi misi, juga brand voice bisnismu. 

Tentukan juga goal awal kenapa kamu harus membangun komunitas pembeli loyalmu. Misalnya :

  • Tujuan di balik komunitas pembeli yang kamu bentuk
  • Komunitas itu akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang produk, jasa, atau layananmu
  • Hal yang akan kamu lakukan untuk anggota komunitas itu agar mereka terus terhubung dengan bisnismu
  • Indikator komunitas pembelimu dikatakan sukses
  • Metrik yang ingin dicapai, misalnya hanya sekedar menciptakan lead atau melakukan konversi
  • Cara komunitas pembeli loyalmu akan terkoneksi dengan goal perusahaan

2. Pilih Platform yang Tepat

Ada banyak plarform untuk mengumpulkan komunitas pembeli loyalmu dengan tepat, pilihlah yang paling sesuai. Misalnya :

  • Forum : bisa di websites, atau di Facebook
  • Media Sosial : bisa dengan membuat akun khusus komunitas pembeli dan menggunakan hashtag tertentu
  • Chat Messenger : channel Telegram atau Whats App Group
  • Platform lain buatan sendiri : menciptakan aplikasi baru khusus komunitas pembeli

3. Ciptakan Program Menarik

komunitas pelanggan setia 03Berikan seseuatu yang sangat menarik supaya konsumen baru bisa ikut bergabung dengan komunitas. Program menarik bisa dengan affiliate program, special discount for member, sharing session, ata privilege lainnya.

4. Perbesar Manfaat Komunitas Pelanggan Setia

Setelah menciptakan program menarik, pastikan program-program tersebut memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk para anggota komunitas. Pastikan para anggota yang tergabung tidak menyesal telah meluangkan waktu untuk berinteraksi dan membangun jejaring di dalam komunitas tersebut. 

Sebagai sebuah perusahaan atau brand yang menaungi komunitas, kamu pun harus bersedia menerima dan mengelola konflik yang juga mungkin terjadi. 

5. Konsisten Membangun Interaksi

Jalankan program menarik yang telah disusun sedemikian rupa dengan konsisten. Konsisten membangun interaksi selain mendapatkan rangsangan dari kamu sebagai pemilik brand, tentu juga harus memberikan ruang bagi para anggota untuk bisa berkreasi dan berkembang bersama. 

Dengan mengerti tentang komunitas pelanggan setia, apa pentingnya bagi sebuah brand dan juga perkembangan bisnismu, kamu juga telah membuka jalan untuk lebih memahami konsumenmu. 

Jangan lupa untuk terus ciptakan konten segar untuk dilempar ke komunitas pelanggan setiamu. Pertahankan keunikan dan originalitas untuk keberhasilan programmu. Cara membangun dan mengelola komunitas yang tepat akan mengantarkanmu pada brand value yang meningkat dan keuntungan lain di luar prediksi.