fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Langkah Persiapan Awal Untuk Bisnis Kosmetik Online

Bisnis Kosmetik Online

Bicara tentang bisnis kosmetik online, di tengah pandemi Covid-19, tren produk kosmetik dan kecantikan di tanah air tetap bertumbuh secara signifikan. Meski ekonomi nasional tengah mengalami perlambatan, sektor industri kimia, farmasi dan obat tradisional mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 9,15% selama kuartal II-2021 kemarin. 

Analis Fungsional Muda Kebijakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Fitria Rahmawati, memprediksi Indonesia akan menjadi pasar kosmetik terbesar di dunia karena penduduknya semakin sadar penampilan. Dengan jumlah populasi wanita lebih dari 150 juta jiwa, Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar kosmetik terbesar ke-5 dunia 10-15 tahun mendatang.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Satu hal yang perlu dicatat dalam fenomena ‘anomali’ pertumbuhan kosmetik dan produk kecantikan di masa pandemi, adalah terjadinya pergeseran pola belanja konsumen dari offline menjadi online. Hal ini terlihat dengan meningkatnya transaksi online produk kosmetik sebesar 80%. Buat kamu yang sudah terjun di bisnis Direct-to-Consumer (D2C), bukankah angka ini menjanjikan sebuah peluang? 

Kalau kamu suka dunia kecantikan dan terinspirasi bisnis online produk kosmetik, berikut langkah-langkah yang harus kamu siapkan sebelum memulai bisnis kosmetik online.

  1. Riset Pasar

Dalam bisnis industri apa pun, online maupun offline, harus dimulai dengan riset pasar serta kebutuhannya. Kamu perlu tahu apa yang menjadi permasalahan kecantikan bagi banyak orang, dan bagaimana solusinya. Sebagai insight, rata-rata orang Indonesia mencari perawatan kulit bebas jerawat dan mencerahkan. Karena itu ada baiknya calon pebisnis mencari sesuatu yang lebih spesifik, agar bisa menjadi ikan besar di kolam kecil.

Satu masalah penting dalam bisnis kosmetik online yang patut diperhatikan adalah target usia. Sesuaikan target usia produk yang dijual dengan segmen usia yang menjadi target pasar bisnis kosmetik yang kamu rintis.

  1. Kenali Tren 2022

Tren kecantikan global maupun nasional yang biasanya sudah dipublikasikan sejak semester kedua, bisa menjadi inspirasimu untuk bisnis kosmetik online. Di masa pandemi tahun 2022 ini, para pengamat industri kosmetik memprediksi tren produk kecantikan akan mencakup materi tentang perawatan dan aktivitas penggunaan skincare sehari-hari. Selama dua tahun terakhir, lantaran kebanyakan orang terkendala keluar rumah untuk pergi ke klinik kecantikan, tren kecantikan diperkirakan kian bergeser ke arah perawatan diri (self-treatment). Saat ini, orang-orang semakin rajin mencari produk perawatan diri yang bagus untuk kulitnya, dalam arti sesuai dengan kebutuhan dan masalah kulit. 

Dalam usaha mencari tahu apa yang pelanggan butuhkan, disarankan untuk membaca tren dari Google Trend. Dari sana, kamu mungkin bisa menemukan inspirasi berdasarkan data bukan asumsi. 

Contohnya, banyak orang berasumsi wanita tidak butuh lipstik saat pandemi. Asumsi ini tampaknya juga dianut sebagian pemain besar. Alasannya, karena orang akan memakai produk riasan mata yang langsung terlihat, ketimbang lipstik yang tertutup masker.

Tapi kenyataannya, saat dilakukan riset, grafik pertumbuhan lipstik ternyata naik belakangan dibanding eyeliner atau maskara. Padahalnya secara logika, orang akan pakai produk mata karena menggunakan masker.

  1. Produk yang Diminati

Berdasarkan data, ada beberapa produk kecantikan yang selalu diminati pelanggan ketika membeli di situs belanja. Item-item itu adalah toner, essence, serum, dan clay mask. Item-item produk ini hendaknya menjadi bahan pertimbanganmu ketika meluncurkan atau menyediakan produk.

“Mengapa selalu ada serum? Karena cewek males ribet, mereka berpikir dengan serum tidak perlu lagi toner, essence, dan lain-lain,” ucap seorang ahli kecantikan dunia.Namun begitu, produk yang kamu jual juga harus punya added value (nilai tambah) dibanding produk lain. Nilai lebih itu bisa dari kualitas, harga yang lebih murah, layanan purna jual, bebas ongkos kirim, lebih ramah lingkungan, memberdayakan masyarakat sekitar atau tahan lebih lama.

Promosikan kelebihan produk kosmetik yang kamu jual dengan memaksimalkan berbagai media online gratis.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  1. Bikin Contoh Produk

Prototipe alias contoh produk yang dikemas dengan sangat menarik dan dilengkapi penjelasan yang lengkap akan menarik perhatian konsumen. Prototipe bisa dibuat dalam bentuk berbagai format seperti video atau gambar. Jika memungkinkan lakukan uji coba produk kosmetik dan alat kecantikan yang kamu jual untuk meyakinkan calon pembeli.

Komentar, ulasan atau testimoni dari konsumen yang pernah menggunakan produk kosmetik yang kamu jual, besar pengaruhnya bagi calon pembeli lain. Dari testimoni para konsumen inilah, calon konsumen akan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk kosmetik yang kamu jual, sekaligus menentukan apakah produk itu sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.

bisnis kosmetik online

  1. Website Resmi

Kebiasaan lain dari konsumen kosmetik (wanita) adalah kegemaran belanja online karena berasumsi bisa mendapatkan harga lebih murah. Sedangkan untuk segmen pria, belanja kosmetik secara online lebih nyaman karena stigma masyarakat masih ada yang berpendapat kalau pria sejati tidak menggunakan skincareKarena itu, ada baiknya kamu punya website sendiri untuk jualan skincare online.

Memiliki website sendiri efektif mendongkrak kredibilitas usaha kosmetik yang kamu miliki, sekaligus memudahkan promosi produk. Tak hanya itu, dengan memiliki website kamu dapat menyediakan informasi selengkap-lengkapnya tentang produk yang kamu jual sehingga memudahkan pelanggan untuk mengenal dan kemudian tertarik untuk membeli produk kosmetik kamu.Keunggulan promosi produk kecantikan melalui medsos / website antara lain adalah:

    • Dapat menyasar calon pembeli secara tepat yang berdampak pada kenaikan hasil penjualan
    • Lebih mudah menjangkau pengunjung karena dunia internet tidak memiliki batas
    • Dapat menjalin interaksi langsung dengan pembeli
    • Dan yang terakhir dengan cara ini kamu bisa menjalankan bisnis tanpa stok. 

Website bisa diibaratkan sebagai toko dunia maya, semakin banyak pengunjung artinya produk kamu semakin dikenal, sehingga makin banyak juga calon pembeli datang. Sebaliknya, semakin lancar traffic jualan toko online kamu, maka semakin besar keyakinan yang bisa dibangun di benak calon pelanggan. 

Selain itu, dengan memiliki toko online sendiri, kamu bisa selalu memantau jumlah pengunjung dan juga mengenal latar belakang mereka untuk dijadikan Consumer Insight

Kalau kamu nggak mau repot-repot bikin website sendiri dari awal, gabung saja dengan LummoShop. Selain mendapatkan channel marketing, aplikasi D2C ini sudah menyiapkan website personal untuk setiap merchant. 

  1. Bikin Konten Menarik

Nah, jika kamu bertanya bagaimana caranya menaikkan traffic di website kamu, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten marketingAda beberapa cara agar sasaran tembakmu kepada target market itu presisi: 

    • Buatlah konten yang berkualitas, menarik, dan original. Gunakan foto-foto yang eye-catchy, dan sertakan narasi pendek yang informatif untuk menarik pengunjung.
    • Lakukan riset. Jika dana terbatas, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan cara yang dilakukan beberapa pelaku bisnis serupa. Analisa kekurangan dan kelebihan masing-masing produk, lantas pilah mana yang bisa diterapkan. 
    • Temukan kata kunci yang banyak digunakan calon konsumen yang kamu sasar. Ini penting untuk mengoptimasi search engine sehingga konten yang kamu unggah di website bisa berada di posisi teratas pencarian.
    • Rajin update konten. Minimal seminggu sekali, bahkan kalau bisa setiap hari. Hal itu bermanfaat untuk mendongkrak ranking di mesin pencarian. 
    • Rajin merespons masukan pengunjung website kamu. Agar pengunjung betah berlama-lama dan merasa dimanusiakan, bukan sedang berinteraksi dengan mesin yang dingin. 
    • Lakukan promosi dengan potongan harga atau penawaran paket menarik. 
    • Jangan lupa untuk mempromosikan atau menyebarkan artikel atau konten yang kamu buat di akun sosmed kamu. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan pengunjung calon pembeli yang ditargetkan.
    • Terakhir, selalu cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi, sehingga pengunjung website kamu yang tertarik membeli bisa menghubungi kamu melalui aplikasi WhatsApp, LINE, nomor telepon, SMS, atau email.
  1. Perhatikan Tren di Media Sosial

Bukan rahasia lagi jika media sosial memegang peranan penting dalam bisnis kecantikan dan banyak wanita yang kemudian melihat referensi kosmetik dari para Influencer. Perilaku ini bisa kamu respons dengan memasang endorsement. Media sosial adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif lagi murah. Hampir semua pengguna internet memiliki akun media sosial, entah itu Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Mengacu pada bisnis kosmetik yang kamu jalani, kamu dapat menyebarkan artikel konten marketing di akun media sosial. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengunggah informasi mengenai produk-produk yang kamu jual. Kamu bisa memanfaatkan beberapa channel populer seperti Instagram, Facebook, YouTube dan belakangan muncul TikTok. Berjualan di medsos memang sangat mudah, tetapi juga memiliki kekurangan karena sulit menangkap calon pembeli potensial. Maka sangat disarankan, media sosial digunakan hanya sebagai pendukung website.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, wanita lebih percaya pada influencer dari pada teman atau keluarga untuk urusan kecantikan. Karena itu, bekerja sama dengan influencer baik dilakukan meski belum bisa meng-endorse mereka yang sudah sangat terkenal. Testimoni dari influencer bisa dijadikan ‘tabungan’ untuk menarik pelanggan.

bisnis kosmetik online
Dalam setiap
flash sale, kosmetik senantiasa masuk ke tiga besar sebagai produk yang paling cepat habis. Kesadaran wanita (dan juga pria) tanah air kian meningkat demi cita-cita glow up. Jadi, persiapkan bisnis online agar bisa menjadi rujukan pelanggan sebagai jalan menuju kulit sehat dan glow up

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP