fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pentingnya Loyalty Program untuk Pelanggan

loyalty program 01

Ucapan terima kasih kepada pelanggan ternyata dapat juga memengaruhi loyalitas. Tidak hanya itu, loyalty program juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara bagi pebisnis dalam memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan, yang nantinya juga akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Bahkan pebisnis dari brand ternama sekalipun juga melakukannya.

Bagaimana Cara Membuat Pelanggan menjadi Loyal?

Ada banyak faktor untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, di antaranya:

1. Kepuasan

Mencapai level kepuasan pelanggan yang tinggi adalah idaman setiap pebisnis. Sebab kepuasan pelanggan adalah tujuan dari keberlangsungan bisnis. Tidak hanya itu, volume kepuasan pelanggan juga berdampak untuk meningkatkan penjualan.

Kualitas pelayanan yang baik merupakan salah satu indikator yang meningkatkan kepuasan pelanggan. Nilai ukur kepuasan pelanggan yang satu ini erat kaitannya dengan sisi psikologi pelanggan. Memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan, baik berupa loyalty program atau hal lainnya, merupakan salah satu trik jitu yang dapat kamu lakukan sebagai pebisnis untuk mendapatkan level kepuasan pelanggan yang tinggi.

2. Ikatan emosi

Ikatan yang tercipta di antara konsumen dan brand milikmu juga memiliki sebuah nilai yang dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan yang kuat. Apalagi jika brand kamu dapat mencerminkan karakteristik dari konsumenmu. Hal ini akan membuat konsumen merasa memiliki ikatan emosi yang erat, karena merasa kebutuhan ataupun keinginannya telah terpenuhi dan dirinya juga merasa dihargai melalui brand bisnismu.

3. Pengalaman

Setiap transaksi yang terjadi akan melahirkan sebuah pengalaman bagi konsumen. Jika pengalaman yang dirasakan konsumen baik, tentu akan berdampak pada kepuasan pelanggan yang akhirnya akan berujung ke pembelian berulang. Itu semua adalah awal mula lahirnya loyalitas pelanggan.

loyalty program 02Bentuk Terima Kasih Kepada Pelanggan

Terdapat banyak cara berbeda untuk berterima kasih kepada pelanggan. Namun, sebagai pebisnis kamu perlu mengingat bahwa setiap bentuk terima kasih yang akan diberikan haruslah bersifat pribadi, bijaksana, dan tulus. Sebab, setiap pelanggan sangat menyukai ucapan terima kasih yang dipenuhi dengan ketulusan.

Tidak hanya itu, dengan memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan, maka kamu juga dapat menjaga hubungan baik dengan mereka. Hal itu dapat menjadikan bisnismu semakin menonjol dibandingkan kompetitorm karena kamu telah mampu memenangkan hati pelanggan.

Ada banyak bentuk terima kasih kepada pelanggan yang dapat kamu lakukan sebagai pebisnis, antara lain:

1. Ucapan terima kasih berupa catatan sederhana

Tidak hanya sekadar ucapan, tapi kamu harus membuat sebuah ucapan yang dapat membentuk ikatan batin antara kamu dan konsumen terjalin dengan kuat. Kamu bisa mencoba trik berikut ini:

  • Sapa konsumenmu secara spesifik dengan menyebutkan namanya.
  • Sebutkan produk yang sudah dibeli konsumenmu disertai ucapan terima kasih karena sudah percaya akan produkmu.
  • Tulislah sebuah pesan yang mengarahkan konsumen untuk dapat menghubungimu, jika ada hal yang perlu ditanyakan kemudian hari.
  • Akhiri ucapan terima kasih dengan penutup yang hangat dan tulislah nama produk bisnismu.
  • Jangan lupa juga untuk menulis alamat toko online-mu dan media sosial yang bisnismu miliki.

2. Sisipkan mini paket ibarat memberikan hadiah langsung

Ini adalah salah satu bentuk loyalty program yang bisa kamu lakukan untuk konsumenmu. Tanpa sepengetahuan konsumen di awal, mereka akan mendapati pengalaman menyenangkan saat melakukan unboxing pesanannya.

Hadiah langsung ini tidak perlu membutuhkan budget yang fantastis. Kamu bisa memulainya dengan cara sederhana, misalnya dengan memberikan hadiah berupa stiker, gantungan kunci, dan lainnya. Jangan lupa juga sertakan secarik kertas berupa ucapan terima kasih kepada konsumenmu.

3. Berikan sampel produk

Salah satu bentuk loyalty program lainnya yang dapat kamu lakukan adalah memberikan sampel gratis kepada konsumenmu. Tips dalam memberikan sampel gratis ini adalah memberikan sampel produk yang belum pernah dicoba konsumenmu atau sampel produk yang berbeda dengan pembelian konsumenmu saat itu.

Tentunya ini akan membuat pelanggan merasa senang, karena dapat mencoba sesuatu yang baru. Tidak hanya itu, strategi promosi juga dapat kamu wujudkan dari tindakan sederhana ini. Bisa jadi jika konsumenmu merasa cocok, maka pembelian berulang akan terjadi setelahnya. Kamu tidak akan menutup kemungkinan peluang itu terjadi, kan?

4. Ucapan terima kasih berupa video

Video ucapan terima kasih bisa dilakukan untuk meningkatkan ikatan emosional dengan pelanggan. Buatlah video seolah kamu sedang berinteraksi secara langsung dengan pelangganmu. Meskipun tindakan ini bukan termasuk dalam bentuk loyalty program, tapi tindakan ini termasuk ampuh untuk meluluhkan hati pelanggan. Adapun tips untuk membuat ucapan terima kasih agar semakin berkesan adalah dengan memanfaatkan suatu momen, misalnya saat Ramadhan atau lebaran. 

5. Tawarkan diskon pasca-pembelian

Bentuk loyalty program ini memungkinkanmu mendapat pembelian ulang dari konsumenmu. Kamu tidak perlu menunggu momen khusus untuk menawarkan diskon model ini. Tawarkan saja kapanpun sesuai kebutuhan strategi promosi bisnismu. Biasanya, diskon pasa-pembelian memiliki jangka waktu tertentu untuk penggunaannya. 

6. Soroti pelanggan bisnismu

Kamu bisa membagikan pengalaman pelangganmu ketika menggunakan produk bisnismu ke banyak orang. Dengan menampilkan ulasan dari pelangganmu tentu akan menambah kepercayaan publik. Selain itu, menampilakn ulasan juga dapat membuat pelangganmu merasa dihargai.

Kamu harus mampu menangkap sinyal sekecil apapun untuk mengapresiasi pelangganmu. Karena hal itu juga dapat menciptakan ikatan antara kamu dan pelangganmu secara lebih personal.

 

Tepat Sasaran dengan Mengucapkan Terima Kasih Kepada Pelanggan

Sebenarnya siapa sih, target konsumen yang membutuhkan loyalty program atau ucapan terima kasih ini? Apa memang kamu harus menargetkannya secara tepat agar ucapan terima kasih dapat tersampaikan dengan baik?

Bentuk ucapan terima kasih kepada pelanggan bisa kamu lakukan ke siapa saja tergantung strategi bentuk ucapan mana yang kamu pilih, ya. Misalnya, kamu ingin memilih bentuk ucapan terima kasih berupa video yang memanfaatkan momen lebaran, tapi sayangnya kamu mengirimkannya kepada pelangganmu yang tidak merayakan momen tersebut. Tentu pesan tersebut tetap tersampaikan, tapi ikatan emosionalnya tidak akan begitu kuat.

Maka dari itu, sangat penting untuk mendata setiap pelanggan bisnismu secara lengkap. Hal ini agar ucapan terima kasih kepada pelanggan yang personal, bijaksana, dan tulus, dapat terpenuhi dengan sempurna. 

 

Pikirkan Budget untuk Loyalty Program

Inilah hal yang paling membuat pebisnis mengalami maju mundur untuk memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan, terutama bila bentuknya berupa pemberian hadiah langsung atau voucher. Yang harus diingat, kamu jangan hanya fokus kepada budget yang perlu disiapkan, tapi dampak yang akan bisnismu terima dalam jangka panjang.

loyalty program 03Sesuaikan anggaran dan kaitkan dengan jumlah pelanggan yang ingin kamu jangkau. Memberi ucapan terima kasih yang tulus kepada pelanggan bisa  sangat berarti bagi mereka.

 

Ciptakan Budaya Terima Kasih Kepada Pelanggan

Budaya terima kasih kepada pelanggan dapat kamu bangun dalam tim bisnismu. Sehebat apapun produkmu, kamu tetap harus mampu memuaskan pelangganmu dengan cara menjaga hubungan yang baik dengan mereka.

Tunjukkan apresiasi terbaikmu dengan cara yang berarti agar terbangun kepercayaan yang kuat dan ikatan emosional yang langgeng antara bisnismu dan pelanggan. Jadi, jangan pernah ragu untuk bergerak lebih dekat ke arah pelangganmu. Bahkan jika harus berlari sekalipun!

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP