fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Maksimalkan Platform YouTube untuk Berjualan

youtube

Saluran promosi dan cara jualan online semakin banyak pilihan di era media sosial ini. Menggunakan endorse YouTuber atau mencantumkan link jualan di video YouTube milik seorang influencer bisa jadi metode pemasaran yang efektif hari-hari ini. 

YouTube sudah menjadi ladang pendapatan yang menggiurkan di tengah pertumbuhan media sosial. YouTuber pun menjelma menjadi profesi yang diimpikan banyak orang. Deddy Corbuzier adalah salah satu publik figur yang cukup sukses sebagai YouTuber

Salah satu tayangan podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier yang membuat heboh dan menyita perhatian banyak orang ialah video pertandingan catur antara Dewa Kipas melawan Grand Master Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. 

Siang itu, Senin 22 Maret 2021, banyak orang menanti-nantikan pertandingan yang tayang secara live di kanal YouTube Deddy Corbuzier. Bahkan tak sedikit yang menggelar nobar layaknya menyaksikan pertandingan sepakbola. 

Awal ceritanya begini. Akun Dewa Kipas membuat ramai usai mengalahkan pecatur profesional asal Amerika Serikat, International Master (IM), Levy Rozman lewat permainan catur virtual di platform Chess.com. Kemenangan Dadang Subur, pemilik akun Dewa Kipas dinilai janggal. Pasalnya, Dadang yang pensiunan pegawai BUMN jelas bukan pecatur profesional. 

Selain itu, Chess.com mendeteksi Dewa Kipas bermain curang dengan menggunakan bantuan dari luar untuk meningkatkan kinerja permainan. Alhasil, akun Dewa Kipas pun diblokir di situs permainan Chess.com. 

Akibat kontroversi kemenangannya, Deddy Corbuzier lantas mengundang Dewa Kipas berbincang di program Close the Door yang tayang di saluran YouTube-nya. Ternyata perbincangan tersebut mendapat respons dari Grand Master, Irene Kharisma Sukandar. Dia mengaku kecewa dan melayangkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier lewat unggahan Twitter. 

Menanggapi surat terbuka itu, Deddy lantas mengundang Irene tampil dalam podcastnya dan memberi ruang klarifikasi. Selain itu dia juga mengundang Irene untuk bertanding melawan Dewa Kipas. Awalnya Irene menolak, sampai akhirnya tantangan itu dia terima. 

Akhirnya pertandingan Irene Vs Dewa Kipas pun terjadi. Dari poling yang diadakan Deddy Corbuzier sebanyak 79 persen dari 357.000 warganet mendukung Dewa Kipas, dan 21 persen sisanya mendukung Irene Kharisma. 

Namun hasil pertandingan tidak sesuai harapan sebagian besar warganet. Irene melibas Dewa Kipas dengan mulus dalam tiga babak langsung. Irene menang telak 3-0. 

Duel catur ini pun berhasil memecahkan rekor live dengan penonton terbanyak yakni lebih dari 1 juta penonton. Sementara, sehari setelah pertandingan, video berjudul Dewa Kipas vs GM Irene Iskandar, telah disaksikan lebih dari 8,1 juta penonton. Dan sampai awal Januari 2022, video ini sudah ditonton lebih dari 13 juta orang.

youtubeHadiah pertandingan yang awalnya total Rp150 juta, naik menjadi Rp300 juta di mana Rp200 juta untuk pemenang, dan sisanya untuk yang kalah. 

Social Blade memperkirakan, pendapatan Deddy Corbuzier dalam satu hari pertandingan Dewa Kipas vs Irene Iskandar disiarkan mencapai 2.400 sampai 38.000 dolar AS atau sekitar Rp34,8 sampai Rp551 juta. Estimasi ini belum termasuk iklan yang masuk ke kantong Deddy ketika ada brand yang ingin muncul di videonya. Mengingat dalam pertandingan tersebut, ada sejumlah brand yang jadi sponsor. 

Setidaknya ada tiga iklan dalam tayangan video tersebut, dan salah satunya perusahaan e-commerce raksasa yang konon berani mengucurkan miliaran rupiah untuk tampil di depan lebih dari 1 juta penonton saat tayangan live berlangsung. 

Jumlah penonton dan sponsor yang luar biasa itu membuat banyak pihak menilai, sebenarnya dalam pertandingan tersebut, pemenang sesungguhnya adalah Deddy Corbuzier. 

Kita semua pasti penikmat dan sering mengakses konten-konten YouTube. Media sosial ini menjadi alternatif hiburan yang paling memikat yang membuat kehadiran televisi tak lagi berarti. 

Faktanya, menurut laporan Data Reportal, dari sekitar 274,9 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 170 juta merupakan pengguna internet. Dan sebanyak 93,8 persen dari 170 juta pengguna internet di Indonesia, merupakan pengguna YouTube. Sedangkan, rata-rata lama total waktu untuk mengakses YouTube pengguna internet di Indonesia adalah selama 25,9 jam per bulannya. 

Dengan potensi yang demikian besar, wajar kalau YouTube dinilai sebagai sarana jualan online yang efektif dan lebih disukai banyak orang. Setidaknya ada beberapa alasan dan nilai lebih YouTube untuk jualan. 

Pertama, pemasaran dengan video cocok hampir untuk semua jenis bisnis. Kedua, YouTube adalah mesin pencari terpopuler kedua setelah Google. Ketiga, video merupakan bentuk konten yang paling menarik. Dan terakhir, lebih mudah mencari keyword di YouTube dibanding pencarian di Google. 

Lalu bagaimana memaksimalkan YouTube untuk bisnis? Pertama, kamu bisa memulai saluran YouTube milik toko online kamu sendiri. Kedua, kamu bisa menggunakan jasa endorser YouTuber untuk mengulas produk toko online kamu, atau cukup dengan built in produkmu sambil mencantumkan link toko online kamu di kolom deskripsi YouTuber yang kamu endorse.

 

Memulai Saluran YouTube 

Membuat konten video YouTube mungkin terdengar merepotkan. Belum memikirkan alat, ide konten videonya, sampai bagaimana soal editingnya. Tapi kalau orang lain bisa melakukannya, kenapa kamu tidak bisa? Apalagi sekarang banyak panduan untuk menghasilkan video sekaligus memastikan video promosi kamu ditonton. Coba ikuti beberapa tahap berikut.

  • Cari Tahu Ciri Khasmu

Sama halnya dengan tidak ada rumus baku menciptakan video yang bisa viral, begitu juga dengan membuat konten YouTube. Cari format dan konsep yang sesuai dengan karakter dagangan kamu dan apa yang ingin kamu tampilkan. Apakah review produk, tutorial, wawancara, dan sebagainya. 

  • Mulai Buat Video

Video pemasaran YouTube tidak harus mahal untuk terlihat profesional. Dengan ponsel pun kamu bisa menghasilkan video yang menarik. Yang perlu kamu pastikan hanya pencahayaan yang cukup, angle yang menarik, gambar yang stabil, dan suara yang jernih. 

Tenang, perangkat pendukung seperti microphone, tripod, sampai lampu, sekarang banyak ragamnya dari yang harga terjangkau sampai yang mahal. Software editing video juga banyak, dari yang gratisan sampai berbayar, dan cukup mudah digunakan. 

Triknya, durasi video tidak perlu terlalu panjang dan sesuaikan dengan target audiens kamu. Kadang video durasi pendek justru lebih efektif. 

  • Kata Kunci yang Tepat

Berikan kata kunci yang tepat untuk video. Cantumkan juga kata kunci di judul dan deskripsi video. Kamu juga bisa mengetahui kata kunci yang tepat dengan mempelajari video dan kata kunci yang digunakan oleh kompetitor toko online kamu. 

  • Sertakan Call to Action

Video promosi lewat YouTube intinya menarik audiens untuk bertindak, misalnya mengunjungi toko online atau dagangan kamu, bahkan sampai membelinya. Karena itu jangan lupa cantumkan tautan ke situs website jualan kamu, blog, atau link toko online kamu di LummoSHOP. 

  • Bersosialisasi

YouTube adalah media sosial, artinya kamu harus menunjukkan kehadiranmu dengan merespons dan menjawab pertanyaan di kolom komentar. Lalu tinggalkan pula komentar dan like di video orang lain. 

  • Promosikan Video

Jangan menunggu orang sampai melihat video milikmu, tapi sampaikan ke mereka bahwa toko online kamu memiliki saluran YouTube. Bagikan link YouTube kamu di media sosial lain atau kirim melalui email dan WhatsApp. 

youtube

Endorse YouTuber

Memilih cara endorse YouTuber juga bisa kamu lakukan untuk mempromosikan toko online kamu. Berikut ini sejumlah tips supaya cara jualan online dengan endorse YouTuber lebih efektif. 

  • Cari Influencer YouTube yang Sesuai dengan Produk Jualanmu

Fungsi YouTuber tak hanya memasarkan produkmu, tapi juga menyampaikan visi, misi, dan tujuan dari bisnis milikmu. Karenanya kamu harus mencari yang sesuai dengan karakter jualanmu. 

Penilaian jangan hanya berdasarkan jumlah subcribers yang dimiliki, tapi sejauh mana ia bisa bekerjanya dan menyampaikan tujuan dari promosi bisnis online kamu. 

  • Pertimbangkan Influencer YouTube dengan Jumlah Audiens yang Lebih Kecil

Kok gitu? Logikanya promosi lebih efektif dengan YouTuber dengan pengikut yang besar. Ya memang, tapi tidak selalu efektivitas promosi berbanding lurus dengan jumlah pengikutnya. Kadang kala, YouTuber dengan jumlah pengikut lebih kecil justru lebih bersemangat dalam menghasilkan konten yang bagus. 

Kenapa kamu tidak mencoba untuk bekerja sama dengan beberapa influencer kecil, ketimbang hanya dengan satu influencer besar. Selain itu, influencer kecil seringkali membuat konten terasa lebih pribadi dan berdampak lebih lama pada audiens. 

  • Komunikasi yang Terbuka

Sampaikan apa yang menjadi tujuan kamu. Lalu diskusikan tentang konten apa yang kamu harapkan disesuaikan dengan konsep kreatif influencer. Kamu memang membayar jasa mereka, tapi ingat kamu menggunakan jasa mereka bukan sekadar karena jumlah pengikutnya banyak, tapi karena kemampuan mereka menghasilkan konten-konten kreatif. Komunikasi yang terbuka dan jelas mengurangi potensi gesekan yang mungkin terjadi. 

  • Show Time

Setelah menemukan influencer yang tepat, konten video atau iklan built in sudah mulai ditayangkan, bagikan tautan video YouTube di situs website kamu, atau melalui media sosial lain, dan bisa juga lewat WhatsApp. 

Promosi, pemasaran, atau kampanye lewat video memang terbukti lebih efektif. Karena orang lebih mudah merekam dan mengingat visual ketimbang apa yang mereka dengar atau baca. Memanfaatkan YouTube untuk jualan atau menggunakan endorse YouTuber bisa menjadi solusinya. 

Terpenting, entah memproduksi video YouTube sendiri atau kamu menggunakan jasa influencer YouTube, jangan lupa selalu cantumkan link toko online kamu di LummoSHOP dalam kolom deskripsi. 

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP