fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Manjakan Pelangganmu dengan Beragam Loyalty Program

Loyalty Program

Loyalty Program menjadi strategi yang tepat dalam menarik pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Melalui Loyalty Program, pelanggan akan merasa termanjakan dengan berbagai pilihan dari salah satu strategi bisnis ini. Selain itu, Loyalty Program juga berfungsi sebagai ikatan emosional antara pelanggan dengan pebisnis. Harapannya tentu agar retensi pelanggan menjadi meningkat.

Mengenal Loyalty Program

Penelitian Bain & Company menemukan bahwa ketika retensi pelanggan meningkat sebesar 5%, hal itu menyebabkan peningkatan minat sebesar 75% yang berdampak pada peningkatan profit. Dengan menjual kepada pelanggan lama, maka biaya yang dibutuhkan lebih rendah ketimbang mendapatkan pelanggan baru. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong bagi pebisnis untuk berinvestasi di program loyalitas.

Loyalty Program adalah salah satu strategi untuk memuaskan pelanggan dengan berbagai penawaran yang menguntungkan. Program ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan sekaligus menarik pelanggan baru. Di tengah persaingan bisnis yang makin ketat, perkembangan Digital Marketing yang kian meningkat, serta persaingan dan preferensi konsumen yang semakin kuat, tentu membuat pebisnis harus pandai merancang segala macam strategi untuk memikat konsumen agar bertahan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Meskipun menjalankan Loyalty Program mengharuskan pebisnis untuk berinvestasi dalam jumlah tidak sedikit, tetapi imbal balik yang didapat jauh lebih besar dari itu. Hal ini tentu akan berdampak secara jangka panjang bagi keberlangsungan bisnis.

Alasan Loyalty Program Penting Dijalankan

  1. Biaya mempertahankan pelanggan lama lebih rendah

Menurut riset dari BDC, biaya mempertahankan pelanggan lama lima kali lebih rendah daripada memenangkan hati pelanggan baru. Fakta ini semakin menarik karena ternyata pelanggan lama memiliki potensi untuk melakukan transaksi lebih banyak daripada pelanggan baru. Apalagi setelah adanya program loyalitas.

  1. Pelanggan menjadi loyal

Dengan adanya Loyalty Program, kamu akan lebih mudah merayu pelanggan lama untuk membeli lebih banyak produk kamu. Sebab, mereka sudah mengenal produk atau bisnis kamu lebih baik. Hal ini memiliki potensi sangat besar untuk membuat pelanggan lama menjadi loyal.

  1. Meningkatkan penjualan

Bicara tentang pelanggan yang loyal dengan bantuan program loyalitas tentu erat kaitannya dengan meningkatnya penjualan. Karena tanpa adanya pelanggan, tentu pendapatan tidak akan tercapai.

  1. Menciptakan Customer Advocacy

Pelanggan yang sudah percaya dengan produkmu, tentu akan dengan mudah mempromosikan bisnis kamu pada lingkungan sekitarnya, seperti keluarga dan tetangga. Dengan adanya Loyalty Program, tidak hanya rasa percaya yang akan pelanggan sebarkan, tapi juga manfaat dari menjadi pelanggan loyal dalam bisnismu. Pelanggan baru cenderung lebih percaya pengalaman berdasar kepuasan pelanggan secara langsung, daripada janji manis pebisnis.

  1. Membantu kinerja karyawan agar lebih produktif

Closing Order dengan pelanggan yang sudah loyal lebih mudah dan cepat daripada pelanggan baru. Hal ini akan membantu kinerja karyawan lebih produktif dan lebih merasa dihargai. Tidak hanya kepuasan pelanggan yang dapat dicapai, tapi juga kepuasan karyawan karena merasa kerja kerasnya telah tepat sasaran.

  1. Menjadikan bisnis berbeda dari kompetitor

Adanya Loyalty Program dapat menjadikan bisnis berbeda dari kompetitor. Pastikan tidak hanya berbeda, tapi juga menonjolkan pesan dari keunikan bisnismu. Tidak hanya pelanggan lama yang akan merasa tertarik, kamu juga akan lebih mudah menarik minat pelanggan baru. 

Cara Kerja Loyalty Program

  • Pelajari karakter pelanggan bisnismu

Lakukan mini riset pada seluruh pelanggan bisnismu. Itulah mengapa data pelanggan sangat penting. Dengan memiliki data pelanggan yang lengkap, hal tersebut dapat kamu olah menjadi apapun yang dapat membantu perjalanan bisnismu. Gunakan saja model bisnis D2C atau Direct-to-Consumer agar kamu lebih mudah berinteraksi langsung dengan pelanggan. Membuat toko online di LummoSHOP juga dapat membantumu mendapat data pelangganmu secara rinci.

Dengan data pelanggan, kamu dapat mempelajari karakter pelanggan bisnismu, sehingga kamu jadi lebih mudah memilih keputusan yang tepat dalam mendesain program loyalitas.

  • Pelajari setiap jenis Loyalty Program yang sudah ada

Setelah kamu paham karakter pelanggan bisnismu, maka kamu dapat menentukan jenis program loyalitas yang sesuai untuk pelanggan bisnismu.

  • Tentukan anggaran Loyalty Program

Tidak hanya karakter pelangganmu yang menjadi salah satu dasar dalam menentukan jenis program loyalitas yang akan kamu terapkan, tapi pastikan pula anggaran yang kamu miliki cukup untuk menjalankannya.

  • Tentukan target pelanggan

Setelah kamu sudah tahu jenis program loyalitas yang akan kamu jalankan, selanjutnya kamu dapat menentukan target pelangganmu. Pilihlah beberapa program untuk beberapa target pelanggan. Sebab, jika hanya fokus ke satu program loyalitas, maka kamu sama saja menutup celah peluang yang dapat diciptakan jenis program lainnya. Padahal, tiap jenis program memiliki karakteristik yang berbeda, sama halnya dengan Customer Behavior.

  • Lakukan inovasi untuk Loyalty Program bisnismu

Supaya makin menonjol dibandingkan kompetitor, kamu juga dapat melakukan inovasi untuk program loyalitas bisnismu. Pastikan anggaran yang kamu miliki cukup dan tidak akan menganggu keberlangsungan perputaran modal bisnismu.

Loyalty ProgramContoh Loyalty Program yang Efektif

  • Point Collection

Cara penggunaan program loyalitas paling sederhana adalah dengan menggunakan sistem poin. Sistemnya yaitu setiap transaksi yang terjadi dalam jumlah tertentu, maka pelanggan berhak mendapatkan poin sesuai ketentuan yang berlaku. Kemudian poin tersebut dikumpulkan dan kumpulan poin tersebut dapat digunakan untuk ditukar dengan hadiah langsung yang sudah ditetapkan. Hadiahnya tidak hanya sebatas berupa barang, bisa juga layanan, diskon, voucher liburan, dan lainnya. Hadiah ini bersifat gratis sebagai bentuk imbalan kepada pelanggan.

  • Tiered Loyalty Program

Program jenis ini menerapkan prinsip membership. Biasanya pelanggan bisa mendapat membership karena loyalitasnya. Setelah bergabung sebagai member, maka pelanggan berhak mendapat kesempatan penawaran menarik seperti potongan harga dan promosi spesial yang tidak didapat oleh pelanggan biasa.

  • Event Loyalty Program

Ini merupakan salah satu program loyalitas yang paling efektif untuk menarik pelanggan baru. Biasanya pebisnis akan memanfaatkan momen spesial untuk mengadakan event program loyalitas, yang dapat berupa potongan harga hingga gratis ongkir. Ini disebut juga Event Loyalty Program secara umum.

Selain itu ada juga Event Loyalty Program secara khusus atau bersifat lebih personal atau individual. Kamu dapat memberikan hadiah kepada pelanggan yang loyal pada momen spesial mereka. Hal ini akan membuat ikatan emosional yang baik antara kamu dan pelangganmu.

Pada prinsipnya, program loyalitas memang terkait erat dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama atau biasa dikenal dengan istilah Customer Relationship Management. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan yang terbukti berdampak nyata pada peningkatan penjualan. Ini selaras dengan tujuan utama setiap bisnis, yaitu mendapatkan dan mempertahankan pelanggan sebagai sumber pendapatannya.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Supaya program loyalitas berhasil sesuai tujuan, maka kamu sebagai pebisnis harus mampu memanfaatkan setiap momen yang ada dan menyelaraskannya dengan kondisi pasar serta pelangganmu. Berikan variasi program yang menarik secara berkala, agar pelangganmu benar-benar termanjakan dan tidak mudah bosan.

Bagaimana? Tertarik menggunakan Loyalty Program dalam waktu dekat untuk bisnismu?