fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Kenali Market Research di Sini untuk Pengembangan Bisnismu

Market research

Market research atau yang biasa kamu sebut riset pemasaran, adalah salah satu istilah yang populer dalam dunia bisnis. Riset pemasaran menjadi penunjang bagi bisnismu supaya bisa berjalan lancar. Tanpa pemasaran, maka bisnis tidak akan terkenal dan berkembang. Dan tanpa riset pemasaran, maka pemasaran bisa-bisa berjalan tidak terarah. 

Sebuah contoh dari market research adalah ketika kamu akan bisnis berjualan donat, dan mengecek terlebih dahulu harga donat di pasaran. Sesuai hasil pengecekan tersebut, kamu bisa menentukan harga pasar yang tepat untuk donatmu.

Berdasarkan contoh tersebut, market research tampak sederhana. Namun sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu kamu ketahui mengenainya. Berikut ulasan lengkap mengenai riset pemasaran, yang penting untuk pengembangan bisnismu.

Market research

Apa Itu Market Research?

Malhotra (2009) dalam bukunya “Marketing research An Applied Orientation” menjelaskan, market research adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, menyebarkan, dan menggunakan informasi secara sistematis dan obyektif, untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan identifikasi, pemecahan masalah, dan peluang dalam pemasaran. 

Berdasarkan pengertian tersebut, tampak bahwa riset pemasaran berkaitan dengan pemasaran, penyelenggaraannya melalui proses yang sistematis, dan tentunya sangat penting bagi bisnis. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pentingnya Market Research bagi Bisnis

Riset pemasaran sangat penting bagi bisnis, karena memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mengidentifikasi masalah dalam bisnis dengan tepat. Market research, dengan menggunakan metodologi penelitian tertentu, akan sangat membantu dalam mengidentifikasi masalah. Ketepatan dalam mengidentifikasi masalah, akan memberikan dampak pelaksanaan pemasaran yang tepat sasaran. Sehingga biaya pemasaran yang bisnis keluarkan bisa minimal. 
  • Memberikan informasi yang relevan, akurat, andal, valid, dan terkini kepada manajemen untuk membantu pengambilan keputusan pemasaran. Informasi dengan kualitas tersebut, akan membantu peningkatan pemasaran bisnis.  
  • Mempertahankan perusahaan agar tetap kompetitif. Perusahaan yang ingin terus bertahan dan berkembang, haruslah kompetitif. Untuk tetap kompetitif, maka perusahaan harus mempertahankan reputasi bisnis dan membangun tren. Keduanya dapat bisnis lakukan melalui marketing research
  • Mempermudah dalam memperhitungkan resiko dalam bisnis. Riset pemasaran akan memudahkan dalam mengkalkulasikan risiko yang akan bisnis hadapi. Ketika mengetahui risiko bisnis, maka manajemen akan bisa mengambil tindakan untuk meminimalisirnya. Dengan begitu, risiko bisnis menjadi minimal. 
  • Mengetahui berbagai peluang yang ada di pasar. Marketing research akan memberikan informasi mengenai beragam peluang yang mungkin bisa bisnis manfaatkan di pasar. 
  • Mengetahui cara berkomunikasi paling tepat dengan konsumen. Berkomunikasi dengan tepat adalah cara untuk meraih hati konsumen, sehingga penjualan bisa terwujud. Untuk mengetahui cara berkomunikasi yang tepat dengan konsumen, maka perlu melakukan riset pemasaran. 
  • Menghindari biaya yang tinggi sebagai dampak dari pengambilan keputusan yang buruk karena informasi yang tidak sesuai. Dari seluruh manfaat sebelumnya, manfaat inilah yang paling penting dalam bisnis. Riset pemasaran akan membuat bisnis mampu menghindari biaya yang tinggi. Rendahnya biaya akan meningkatkan keuntungan dalam bisnis.

Demikian banyak manfaat yang riset pemasaran berikan pada bisnismu, maka sangat penting untuk melakukannya. Namun, sebelum melakukan marketing research, ada hal-hal yang perlu kamu persiapkan. 

Hal yang Perlu Kamu Persiapkan untuk Memulai Market Research

Market research adalah sebuah proses yang memerlukan persiapan, alias tidak bisa kamu lakukan secara spontan. Hal utama yang perlu kamu persiapkan untuk memulai riset pasar, adalah mengetahui dengan pasti hal yang akan kamu riset. Untuk melakukannya, kamu dapat mempersiapkan beberapa hal berikut, sebagaimana melansir dari Hubspot: 

  • Tentukan konsumen yang menjadi target pasarmu. Pertama-tama kamu harus memutuskan target pasar atau konsumen dari produkmu. Kemudian pelajari segala hal berkaitan dengan konsumenmu tersebut, seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, keluarga, kebiasaan, pendidikan, tempat tinggal, selera, dan sebagainya. Dengan pengetahuan mengenai hal-hal tersebut, akan mempengaruhi pengambilan model riset pasar yang bakal kamu pergunakan. 
  • Identifikasi grup konsumen yang akan terlibat dalam risetmu. Selanjutnya persiapkan pula identifikasi mengenai grup konsumen yang bakal terlibat dalam riset. Pengenalan grup ini, akan memudahkanmu dalam melakukan riset. Selain itu, grup konsumen juga penting untuk proses pengambilan sampel. Karena riset tidak mungkin kamu lakukan untuk keseluruhan target konsumenmu.  
  • Siapkan pertanyaan untuk riset pasarmu. Tentu saja untuk melakukan marketing reasearch kamu perlu untuk mempersiapkan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah alat utama untuk melakukan riset.  
  • Buat daftar pesaing utama bisnismu. Dalam bisnis agar tetap kompetitif tentu kamu harus memperhatikan pesaingmu. Maka sebelum melakukan riset pasar, kamu juga perlu untuk membuat daftar pesaing utama dalam bisnismu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa memasukkannya sebagai bagian dalam pertanyaan riset.

Setelah mempersiapkan hal-hal yang telah disebutkan, tentu saja kamu atau bisnismu membutuhkan orang atau sumber daya manusia (SDM) untuk melakukannya. Tidak semua orang bisa melakukan riset pasar, ada kualifikasi tertentu yang perlu untuk dipenuhi. 

Market research

Kualifikasi SDM untuk Memulai Market Research

Market research adalah kegiatan yang bukan untuk semua orang. Bahkan bisnis-bisnis yang sudah mapan, mempercayakannya kepada lembaga atau orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan riset. Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk melakukan riset pemasaran, kamu harus melakukannya dengan market researcher (peneliti pasar) yang tepat. Berikut adalah beberapa kualifikasi yang perlu dimiliki oleh peneliti pasar:

  • Mampu membaca dan menganalisa data. Untuk memiliki kemampuan tersebut, seorang market researcher harus menguasai matematika dan statistika. Karena setiap riset pasar akan berhubungan erat dengan angka dan penghitungannya.  
  • Mampu menyusun informasi. Tak hanya membaca dan menganalisa data, market researcher juga harus mampu menyusun informasi dari analisa yang dilakukannya. Informasi inilah yang nantinya akan disampaikan kepada pengguna hasil riset pasar. Oleh sebab itu informasi harus tersusun secara kronologis dan mudah untuk dipahami.
  • Mampu menyampaikan informasi secara lisan dan tertulis. Market researcher juga harus mampu menyampaikan informasi yang telah disusunnya. Kemampuan tersebut harus secara lisan dan tertulis. Untuk lisan biasanya berbentuk presentasi dan diskusi. Sedangkan tertulis berupa laporan hasil riset.
  • Mampu berkomunikasi yang baik. Market researcher harus mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga hasil risetnya bisa sampai dengan baik pula kepada penggunanya.
  • Mampu dalam hal manajemen dan administrasi. Untuk mewujudkan hasil riset yang berkualitas, tentu saja market researcher harus mampu dalam hal manajemen dan administrasi. Keduanya menjadi faktor pendukung terkuat keberhasilan sebuah riset.

Kualifikasi tersebut harus terpenuhi seluruhnya untuk SDM yang melakukan riset pasar. Ketika hal yang perlu dipersiapkan untuk riset pasar telah ada, dan SDM pelaksananya telah siap, maka kamu tinggal melakukan riset pasar.

Cara Melakukan Riset Pemasaran

Untuk melakukan riset pemasaran, kamu perlu melakukan langkah-langkah sistematis sesuai yang penjelasan dalam buku “Marketing research An Applied Orientation” karya Malhotra (2009), berikut:

  1. Definisi masalah, caranya adalah dengan menentukan: tujuan, latar belakang, informasi yang kamu butuhkan dan bagaimana cara memperolehnya. 
  2. Mengembangkan pendekatan masalah, dengan cara menentukan: kerangka objektif atau teoritis, model analitis, pertanyaan penelitian, hipotesis, dan mengidentifikasi kebutuhan informasi.
  3. Memformulasi desain penelitian, caranya adalah dengan menentukan model tertentu untuk memperoleh informasi pemasaran yang diharapkan. 
  4. Pengumpulan data, caranya adalah dengan langsung melakukan pengumpulan data (biasanya survey pelanggan) sesuai yang telah direncanakan. Kini pelaksanaannya bisa secara offline (langsung) atau online.  
  5. Persiapan dan analisis data, caranya adalah dengan mengumpulkan data dari lapangan, untuk kemudian menyusunnya menjadi format tertentu dan menganalisisnya. 
  6. Persiapan laporan dan presentasi, yaitu dengan merepresentasikan hasil analisis secara lisan dan tertulis. 

Keenam langkah tersebut, harus kamu lakukan secara berurutan. Setelah melakukan riset pemasaran tentu perlu dinilai kesuksesannya. Untuk melakukannya maka dipergunakan indikator keberhasilan market research

Indikator Keberhasilan Riset Pemasaran

Ada beberapa indikator untuk menentukan keberhasilan sebuah riset pasar baik yang dilakukan secara online maupun offline (langsung). Untuk indikator keberhasilan riset pasar secara online, sebagaimana melansir dari Glints:

  • Response rate atau rerata tanggapan. Cara menilainya adalah dengan melihat tinggi rendahnya respon yang responden berikan. Makin tinggi responnya, maka makin bagus hasil risetnya.
  • Completion rate atau tingkat penyelesaian riset yang tinggi. Cara menilainya adalah melihat tingkat penyelesaian riset. Riset yang bagus tingkat penyelesaiannya tinggi, yang artinya minim error dalam penelitian. 
  • Manfaat riset bagi bisnis. Makin relevan dan bermanfaat riset bagi bisnis, maka dapat digolongkan riset yang berhasil. 

Sedangkan indikator keberhasilan riset pasar secara offline, sebagaimana melansir dari Approvedindex adalah: 

  • Manajemen risiko yang berlangsung dengan baik. Makin banyak keuntungan yang didapatkan dan makin rendah kerugian atau risiko yang ditanggung, menunjukkan manajemen risiko yang sukses, sebagai dampak dari riset pasar yang berhasil.
  • Identifikasi peluang dan realisasinya. Riset pasar yang berhasil akan bisa mengidentifikasi peluang bisnis dan merealisasikannya.
  • Kemampuan bisnis untuk terus bertahan dan berkembang. Riset pasar yang berhasil akan ditunjukkan dari bisnis yang terus bertahan dan berkembang. 

Wah, ternyata market research memang penting untuk mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, kamu sebagai pebisnis harus melakukannya secara terus menerus. Tentu saja untuk eksistensi dan pertumbuhan bisnismu yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP