fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Marketing Funnel, Ketahui Pengertian dan Tahapannya di Sini

marketing funnel 01

Marketing funnel menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis yang bisa kamu coba. Strategi ini dapat membantu pebisnis seperti kamu memahami proses demi proses yang konsumen lalui dalam mengambil keputusan pada setiap transaksi jual beli.

Dengan strategi ini, kamu jadi bisa memaksimalkan pemasaran yang ada dan melihat hasilnya secara nyata. Kamu dapat mencoba strategi pemasaran satu ini untuk mengejar kesuksesan bisnismu.

Pengertian

Funnel memiliki pengertian berupa saluran yang menyerupai corong. Dalam konteks bisnis, corong memiliki makna sebagai sebuah saluran yang konsumen lalui. Dalam corong itu akan ada pembagian berupa tahapan-tahapan. Untuk dapat lanjut ke pembahasan selanjutnya, kamu harus paham dulu jika marketing funnel ini erat kaitannya dengan customer journey.

Baca juga: Cetak Konsumen dari Pengikut Medsos dan Kiat Jaga Loyalitas Pelanggan (lummoshop.co.id)

Coba kamu bayangkan bentuk dari corong yang melebar di bagian atas dan mengerucut di bagian bawahnya. Nah, begitulah representasi dari konsep marketing funnelSama halnya dengan customer journey. Saat awal strategi berjalan, kamu dapat menargetkan banyak audiens. Tapi tidak semua audiens dapat berubah menjadi konsumen bisnismu. Mereka akan melewati beberapa tahapan sehingga merasa yakin untuk menjadi konsumen produkmu. 

Dalam setiap tahapan, ada strategi lagi yang dapat kamu lakukan untuk mengkonversi setiap customer journey yang melewati corong itu menjadi konsumen seutuhnya. Bahkan kamu dapat mendeskripsikannya secara jelas menjadi sebuah data yang terukur sehingga bisa digunakan sebagai perbaikan strategi berikutnya. 

Manfaat

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus dapat memahami manfaat dari marketing funnel secara menyeluruh agar nantinya kamu menjadi lebih yakin untuk menggunakannya. Adapun manfaat dari strategi marketing satu ini adalah sebagai berikut:

  • Memahami proses konsumen dalam mengetahui merek bisnismu sampai akhirnya memutuskan membeli produkmu.
  • Menjadi dasar untuk mengoptimalkan setiap tahapan yang akan konsumen lalui.
  • Membantu kamu lebih mengetahui tahap-tahap mana saja konsumen menghilang.
  • Mendapat insight dari perilaku konsumen.
  • Mencari tahu waktu terbaik untuk menjalin hubungan dengan konsumen berpotensi.
  • Membantu untuk menyesuaikan jenis strategi atau pilihan konten yang sesuai kebutuhan dan minat konsumen.
  • Memaksimalkan strategi marketing dari yang sebelumnya sudah kamu buat.
  • Membantu meminimalisir penggunaan budget karena kamu dapat mengidentifikasi setiap tahapannya.
  • Meningkatkan jumlah konsumen yang loyal.
  • Meningkatkan penjualan yang biasa menjadi tujuan utama bisnis.

 

marketing funnel 02

Tahapan

Setiap bisnis memiliki tahapan marketing funnel yang berbeda sesuai kebutuhan. Beberapa hal yang menjadi dasar pebisnis dalam menentukan tahapan mana yang akan dipilih, biasanya berdasar pada jenis produk, channel marketing, teknik analisa data, sales platform, dan sebagainya.

Baca juga: Multichannel dan Omnichannel, Kenali Keduanya di Sini (lummoshop.co.id)

Namun pada intinya, terdapat lima tahapan dalam marketing funnel yang akan selalu melekat pada setiap jenis bisnis, yaitu:

TOFU (Top of Funnel)

       1. Awareness

Tujuan utama di tahap ini adalah memperkenalkan merek dan produk bisnis ke audiens. Interaksi yang bagus menjadi penentu dari keberhasilan suatu bisnis untuk menarik perhatian audiens yang berpotensi sebagai konsumenmu. Pastikan kamu menjalankan strategi yang tepat untuk dapat menjangkau audiens sebanyak mungkin, ya!

MOFU (Middle of Funnel)

     2. Consideration

Pada tahap ini, konsumen sudah merasakan kertertarikan dengan produk dan mempertimbangkan untuk membelinya. Konsumen berusaha untuk mencari tahu info lebih banyak lagi tentang produk tersebut. Selain itu, mereka juga mulai membandingkannya dengan produk serupa dari berbagai merek. Biasanya konsumen akan merasa lebih tertarik jika produk tersebut mempunya ciri khas dan value.

Baca juga: Seluk Beluk Customer Relationship Management & Manfaatnya (lummoshop.co.id)

     3. Purchase

Konsumen sudah yakin untuk membeli produk terbaik hasil pencariannya. Beberapa faktor yang menjadi penyebab purchase terjadi adalah harga dan value dari produk. Harga bukan berarti harus murah, namun tepat sesuai kemampuan segmentasi konsumen. Akan sangat menarik jika kamu sanggup menawarkan harga yang terjangkau dengan value yang menjual.

 BOFU (Bottom of Funnel)

     4. Retention

Sesudah merasa puas, konsumen akan melakukan pembelian ulang. Pada tahap ini, mereka berpotensi menjadi konsumen loyal. Dan bila kembali ke model corong tadi, pada tahap ini kamu akan mulai memasuki bagian corong yang semakin mengerucut. 

     5. Advocacy

Selamat! Bisnismu sudah menemukan konsumen yang benar-benar loyal pada tahap ini. Idealnya konsumen yang loyal akan memberi testimoni dan merekomendasikannya ke orang terdekat. Bisa kamu bayangkan ada berapa audiens yang akan tertarik setelah membaca testimoni atau rekomendasi dari konsumenmu?

Baca juga: Jenis-Jenis Influencer yang Perlu Kamu Tahu (lummoshop.co.id)

5 Tips Funnel Marketing

Setelah mengetahui tahapan demi tahapan di atas, kamu sudah siap untuk menjalankan strategi marketing funnel untuk bisnismu, kan? Dan kamu bisa juga coba tips berikut pada setiap tahapannya agar usahamu semakin maksimal!

1. Awareness

  • Fokus meningkatkan brand awareness dan audiens sesuai segmentasi pasar
  • Jangan hanya membakar uang untuk marketing tanpa tujuan yang terarah
  • Buatlah konten yang menarik, dengan demikian bisa terjadi interaksi dengan konsumen
  • Pilihlah cara promosi yang sesuai kebutuhan bisnismu
  • Cobalah membuat content marketing yang mengikuti tren dan soft selling

2. Consideration

  • Tunjukkan kelebihan dari produk dan merekmu
  • Cobalah membuat website toko online, salah satunya bisa dengan mendaftarkan bisnismu di LummoSHOP
  • Optimalkan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian
  • Gunakan berbagai channel marketing lainnya untuk menceritakan kelebihan produkmu
  • Jangan lupa menerapkan CTA (Call To Action) agar konsumen mudah lanjut ke tahap berikutnya

3. Purchase

  • Optimalkan pelayanan yang cepat tanggap
  • Adakan berbagai macam promo menarik
  • Strategi pemberian diskon spesial sering menjadi andalan
  • Cobalah teknik upselling
  • Bisa juga dengan mencoba fitur live shopping

4. Retention

  • Buat loyalty program yang menarik
  • Lakukan follow up setelah produk sudah sampai ke konsumen
  • Tawarkan produkmu sambil merekomendasikan produk lainnya
  • Pastikan kamu mendengar setiap masukan dari pelanggan
  • Ciptakan kepuasan pelanggan

5. Advocacy

  • Buatlah kolom komentar dan review agar memudahkan konsumen beraksi
  • Cobalah membuat program referral
  • Cobalah menawarkan program reseller 
  • Soroti review dari konsumen di halaman utama media sosial bisnismu
  • Bangun komunitas untuk konsumen

 

marketing funnel 03

Perkembangan Marketing Funnel

Marketing funnel memang lebih fokus pada customer journey dan dapat menyediakan data yang dibutuhkan bisnis untuk meningkatkan strategi selanjutnya. Meskipun tahapannya dapat kamu modifikasi sesuai kebutuhan bisnismu, ternyata ada satu perkembangan dari marketing funnel yang menjadi kesepakatan secara umum lainnya selain lima tahapan di atas. Sebut saja AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action).

  • Awareness : tahap ketika audiens menyadari kebutuhan
  • Interest : tahap ketika audiens mulai membuat pilihan dari kebutuhan
  • Desire : tahap ketika audiens berubah menjadi calon konsumen dan mulai mengevaluasi produk mana yang sesuai kebutuhan
  • Action : tahap konsumen akhirnya melakukan pembelian

Sebagai pebisnis, kamu tidak perlu bingung untuk untuk memilih di antara keduanya. Pilihlah yang cocok untuk kebutuhan bisnismu. Bahkan proses marketing funnel ini bisa kamu terapkan keduanya di channel marketing yang berbeda. 

Baca juga: Menerapkan Marketing Omnichannel dengan D2C (lummoshop.co.id)

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, nih. Dengan mengoptimalkan marketing funnel, secara langsung kamu juga dapat meningkatkan skala bisnismu! Sebab strategi ini dapat membuat bisnis kamu kedatangan banyak konsumen. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP