fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mau Bisnismu Sukses dan Jadi Brand Ternama? Ikuti 8 Langkah Ini

mau bisnis sukses dan jadi brand ternama 01

Saat memulai bisnis, apa sih impian kamu? Ingin usahamu terkenal? Ingin brand kamu jadi brand ternama? Atau go international dengan membuka pasar hingga ke luar negeri? Well, rasanya setiap pebisnis pasti memiliki ambisi yang tinggi saat memulai menjalani bisnis. Meski awalnya terkesan berat dan mustahil, tapi ambisi dan mimpi tersebut menjadi bahan bakar untuk terus melakukan berbagai strategi bisnis yang terbaik. 

Salah satu cara untuk mewujudkan ambisi tersebut adalah dengan membangun brand yang kuat. Ya brand adalah salah satu aspek penting karena brand yang baik akan selalu dikenal dan memiliki pengaruh yang tak lekang waktu bagi pelanggan. Bahkan dengan brand yang baik juga berpotensi untuk menciptakan basis konsumen yang loyal.

Mewujudkan mimpi jadi brand ternama memang tak pernah mudah, karena proses membangunnya pun harus melakukan beberapa langkah yang membutuhkan usaha ekstra. Tapi percayalah bahwa brand adalah sesuatu yang vital karena menggambarkan identitas dari produk yang ditawarkan yang membedakan produk dari kompetitor di pasaran.

Yang penting untuk kamu pahami bahwa brand bukan sekadar nama, logo, atau simbol saja melainkan brand berfungsi sebagai “payung” yang merepresentasikan bisnis yang kamu tawarkan kepada konsumen.

Bagaimana sih cara membangun brand dari awal yang bisa jadi brand ternama ke depannya? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Tentukan tujuan bisnis dengan riset

Langkah pertama untuk jadi brand ternama adalah melakukan riset mendalam sebelum mulai membangun brand atau bisnis. Mengapa riset ini penting? Dengan riset ini akan menjadi fondasi awal yang menentukan dan memperkuat tujuan bisnismu. Memang terkesan rumit, tapi sebenarnya kamu bisa melakukan riset ini dengan cara yang mudah, kok. Kamu bisa mulai dengan melakukan riset berdasarkan pertanyaan berikut ini. 

  • Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?
  • Apakah kamu cocok dan nyaman dengan bisnis yang akan dijalani?
  • Produk apa yang ingin dijual?
  • Bagaimana prospek ke depannya?
  • Apakah produk atau bisnis kamu bisa berkelanjutan secara jangka panjang atau hanya musiman?
  • Apakah produk atau bisnis kamu dapat menjawab kebutuhan atau kesulitan konsumen? 
  • Seberapa banyak kompetitor yang ada? Bagaimana persaingannya?
  • Siapa calon pelanggan yang kamu targetkan?

2. Menentukan calon konsumen

Setelah melakukan riset dan telah menentukan tujuan bisnis, langkah selanjutnya adalah menentukan calon konsumen dari bisnismu. Mengapa langkah ini penting bagi pebisnis pemula? Karena dengan mengidentifikasi siapa audience atau calon konsumen, kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengembangkan strategi untuk memasarkan produk nantinya baik secara online maupun offline. Selain itu, dengan menentukan calon konsumen ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan bentuk bisnis yang ingin kamu rintis. 

Jangan berpikir bahwa ini akan sulit ya. Karena kamu bisa menentukan calon konsumen dengan menjawab pertanyaan berikut. 

  • Siapa yang akan membeli produk saya? 
  • Mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan saya?
  • Apa yang mereka sukai (hobi) dan bagaimana karakteristik mereka?
  • Apa pain point atau kesulitan mereka?

3. Menentukan diferensiasi produk

Jadilah berbeda dan unik! Itu adalah salah satu tips kesuksesan berbisnis. Mengapa begitu? Dengan menjadi berbeda dan unik itu tujuannya agar brand kamu memiliki ciri khas yang mudah diingat oleh konsumen. Tentunya butuh kreativitas dan ketelitian yang tinggi untuk dapat menentukan keunikan dibandingkan dengan produk sejenis oleh kompetitor. Namun saat berhasil menentukannya, maka produk kamu akan menjadi top of mind  produk dan dicari oleh konsumen.

mau bisnis sukses dan jadi brand ternama 024. Menentukan nama brand

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menentukan nama brand. Dan menentukan nama brand adalah hal yang penting karena akan memengaruhi desain logo, tampilan produk, strategi pemasaran, menentukan nama domain website dan media sosial bahkan hingga ke pendaftaran merek dagang. 

Sebagai pebisnis pasti menginginkan nama brand yang autentik sehingga sulit untuk ditiru. Namun pastikan untuk membuat nama brand yang mudah diingat dan mewakili jenis produk yang dijual serta target pasar bisnis kamu, ya.

5. Membuat logo untuk mempertegas nama brand

Ingin jadi brand ternama maka bisnis kamu harus memiliki logo yang mempermudah orang untuk mengenali bahkan mengingat brand dari bisnismu selain dari nama brand itu sendiri. Desain logo ini memang bukan sesuatu yang mudah. Namun, kamu bisa berangkat dengan mendesain logo yang memiliki makna atau latar belakang yang serupa dengan jenis produk atau layanan bisnis kamu. 

Tambahkan juga nama brand pada logo yang akan menambah daya tarik dari brand kamu. Kalau kamu berbisnis laundry, maka buatlah desain logo dan brand yang berhubungan dengan laundry

6. Buat slogan 

Coba sebut slogan brand yang paling kamu ingat? “Buat anak kok coba-coba” atau “Yang ada badaknya” atau “Indomie seleraku”? Nah disadari atau tidak, slogan merupakan bagian penting dalam membangun sebuah brand. Meski kadang slogan terkesan sederhana, namun slogan dapat menguatkan identitas dari bisnis atau brand

Buat slogan yang catchy, singkat, dan deskriptif tapi tetap mampu mewakili visi dan misi brand kamu. Jangan lupa untuk pergunakan dan tunjukkan slogan sebagai headline di website, kartu nama, serta media sosial brand kamu.

7. Menerapkan brand di semua lini bisnis

Langkah terakhir untuk jadi brand ternama adalah menerapkan brand yang telah kamu buat pada semua lini bisnis. Terapkan brand baru mulai dari website, tampilan media sosial, foto setiap produk hingga ke toko online kamu. Tujuannya apalagi kalau bukan mempermudah brand kamu melakukan promosi dan pendekatan kepada konsumen. 

8. Bangun toko online sendiri 

Sebagai pebisnis online pasti sudah paham betapa pentingnya memiliki toko online. Dan apalah artinya kalau kamu sudah membuat brand sedemikian rupa, tapi kehadiranmu di mata konsumen tidak dekat. Nah, dengan toko online ini dapat menjalin kedekatan dengan konsumen kamu. 

Selain itu, dengan toko online juga menciptakan kesan profesional pada bisnis kamu, sehingga akan dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen. Kalau kamu berpikir membangun toko online sendiri sulit, sekarang tidak lagi! Dengan LummoSHOP kamu bisa membangun toko online milikmu sendiri. 

mau bisnis sukses dan jadi brand ternama 03LummoSHOP merupakan aplikasi untuk membuat website jualan atau toko online gratis yang mudah, cepat, dan aman dengan berbagai fitur yang akan membantu dan memudahkan dalam menjalankan bisnis online. LummoSHOP memungkinkan kamu untuk memiliki website jualan tanpa memiliki kemampuan membuat website

Membangun brand yang kuat, bahkan jadi brand ternama di mata masyarakat tentu bukan pekerjaan dalam sekali kedip. Butuh upaya yang konsisten dan berkelanjutan untuk membangun brand yang merefleksikan value yang diberikan kepada konsumen. 

Yang patut diingat adalah membangun sebuah brand tidak berhenti dengan membuat logo dan slogan. Lebih dari itu, brand harus selalu ada serta tetap konsisten saat konsumen berinteraksi dengan brand kamu.

Dan semoga dengan artikel tentang langkah-langkah jadi brand ternama ini kamu bisa membangun brand yang kuat dan coba terapkan di bisnis kamu. 

Selamat berproses membangun brand yang disukai pelanggan ya. Semangat!