fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mau Menjaga Loyalitas Pelanggan? Coba 6 Fitur dari LummoSHOP Ini

loyalitas pelanggan

Dalam bisnis, siapa sih yang tak ingin punya pelanggan loyal? Loyalitas pelanggan merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah bisnis yang pastinya juga ingin kamu capai. Sampai itu tercapai, perlu ada upaya untuk terus menjaga loyalitas pelanggan.

Loyalitas pelanggan seakan-akan menyimbolkan ungkapan kesetiaan seseorang atau konsumen pada sebuah brand. Produk apa pun yang dikeluarkan oleh brand tersebut akan membuat si pelanggan loyal, tak perlu berpikir banyak untuk segera merogoh kocek demi produk tercinta. Bahkan, ketika harus mengantre sampai panjang, mereka berkemungkinan tetap menunjukkan loyalitasnya.

Berkat trust yang besar, seorang pelanggan loyal akan selalu melakukan pembelian ulang tanpa terpengaruh tawaran brand lain dengan produk serupa.

Bagi kamu para pebisnis, loyalitas pelanggan yang demikian besar tentu berpengaruh dalam bisnismu. Lantaran demikian, kamu pun mesti tahu bagaimana cara mempertahankan loyalitas pelanggan agar mereka tak jatuh hati pada brand yang lain.

Sebenarnya, seperti apa, sih, ciri pelanggan loyal? Secara umum, selain melakukan pembelian secara rutin dan teratur, mereka dengan mudah membeli produk lainnya dari perusahaanmu tanpa ada penawaran. Selain itu, mereka juga dengan sukarela berbagi pengalamannya menggunakan produk dan merekomendasikan ke orang lain.

(Baca juga: Cetak Konsumen dari Pengikut Medsos dan Kiat Jaga Loyalitas Pelanggan)

LummoSHOP Mengerti Kebutuhan Pebisnis untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

LummoSHOP sebagai online commerce builder yang berfokus pada prinsip D2C (direct to consumer) sangat mengerti kebutuhan pebisnis untuk menjaga loyalitas pelanggan. Mengingat akan hal itu, LummoSHOP hadir memberikan pengalaman one stop services, menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pebisnis maupun konsumen.

(Baca juga: 3 Langkah Brand Manager untuk Memulai Model Bisnis D2C)

Bagi pebisnis, LummoSHOP menghadirkan cara mudah kelola produk di katalog online. Tak sekadar mengatur foto, deskripsi, info ketersediaan produk, tapi juga sampai membuat promo langsung. Pebisnis dapat membagikan katalog itu lewat berbagai channel media sosial, termasuk chat messenger seperti WhatsApp. Begitu juga saat menyediakan sistem pemesanan, pembayaran, dan pengiriman yang terintegrasi. Pebisnis beroleh banyak kemudahan.

Bagi pelanggan, LummoSHOP memberi berbagai layanan. Tujuannya, tentu memudahkan konsumen dalam berbelanja. User experience semacam inilah yang membuat loyalitas pelanggan makin naik.

6 Fitur LummoSHOP untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Kini, kamu bisa menjaga, bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan fitur-fitur yang ada di LummoSHOP.  Sudah tahu belum? Berikut 6 fitur LummoSHOP yang akan membantumu meningkatkan loyalitas pelanggan.

  1. Fitur Access to Consumer List and Analytics 

Fitur daftar pembeli atau pelanggan ini bukan fitur yang mengumpulkan daftar pembeli biasa. Sebab, fitur dari LummoSHOP yang satu ini akan membantumu mengategorikan menurut interval pembeliannya.

Pelanggan atau konsumen toko online-mu dibedakan menjadi kategori:

  • Pembeli Baru: pelanggan yang baru berbelanja pertama kali dalam 7 hari terakhir
  • Kemudian, Pembeli Setia: pelanggan yang telah berbelanja 3 kali atau lebih dalam 3 bulan terakhir.
  • Pembeli Reguler: pelanggan yang telah berbelanja  1 sampai 3 kali atau lebih dalam 3 bulan terakhir
  • Selanjutnya, Pembeli Tidak Aktif: pelanggan yang tidak berbelanja dalam bulan terakhir

Harapannya, sebagai pebisnis kamu akan bisa memberikan perlakuan yang berbeda terhadap jenis pelangganmu. Kamu pun bisa memberikan strategi promosi yang tepat sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan.

(Baca juga: Makin Mudah Kembangkan Produk dengan Fitur Add-On LummoSHOP)

Misalnya, mendorong pembeli baru untuk melakukan pembelian berikutnya dengan bonus kupon atau potongan harga spesial. Memberikan reward spesial kepada pembeli setia dan reguler, hingga memberikan promo menarik untuk mengaktivasi pembeli tidak aktif. Loyalitas pelanggan jelas akan terbentuk dari upaya yang kamu lakukan ini.

Selain itu, terdapat fitur analitik yang membantumu menganalisa performa iklan yang sudah kamu buat, mencakup interaksinya, statistik komentar audience, juga memantau performa toko online-mu dengan mudah karena semuanya sudah otomatis.

Selanjutnya, fitur analitik juga akan membantumu lebih mudah dalam mengukur:

  • Jumlah penjualan: menilai seberapa tertarik audience dengan suatu produk
  • Tingkat kepuasan: dinilai dari ulasan dan penilaian yang diberikan pelanggan di halaman toko online-mu
  • Jumlah pemesanan kembali: bisa dikarenakan faktor kepuasan atau faktor produk yang diterima dalam kondisi tidak baik saat pembelian

Dengan fitur daftar pelanggan atau konsumen serta analitik dari LummoSHOP ini, kamu menghemat biaya SDM untuk mengerjakan pekerjaan analitik serta menghemat waktu untuk keperluan menganalisa performa toko online mu.

  1. Fitur Kupon Promo

Fitur kupon promo ini terdiri atas dua jenis. Pertama, kupon promo dari LummoSHOP. Jenis yang kedua, kupon promo dari pebisnis yang mempunyai sebutan “kupon sendiri”.

Fitur “kupon sendiri” ini yang terbaru diluncurkan di fitur kupon promo. Kupon yang dikeluarkan oleh pebisnis akan memberimu keleluasaan tentang jumlah ketersediaan kupon, skema promo yang disediakan, juga bisa menyesuaikan dengan budget-mu.

Perbedaan dari dua kupon di fitur ini terdapat pada cara mendapatkannya. Jika kupon publik langsung muncul di etalase dan dapat dilihat saat konsumen melakukan pemesanan, kupon khusus tidak terlihat karena ia akan berupa kode kupon yang diisikan saat konsumen check out. 

  1. Fitur Flash Sale

loyalitas pelanggan

Siapa yang suka menunggu saat flash sale tiba? Tentu, konsumen atau pelanggan yang suka akan kejutan menanti fitur ini. Kamu bisa dengan bebas juga mudah menentukan promo dengan batasan waktu 24 jam dengan fitur Penjualan Kilat.

(Baca juga: 8 Tips Sukses Adakan Efek Kejutan Lewat Promo Flash Sale)

Banyak hal yang bisa melatarbelakangi pelaksanaan flash sale, semisal munculnya produk yang lebih inovatif, bergantinya tren, pergantian musim atau cuaca sehingga mempengaruhi produk, atau strategi baru untuk mendapatkan konsumen di pasar yang lebih luas. Performa flash sale juga bisa dengan mudah dilihat pada fitur ini.

  1. Fitur Pemesanan

Fitur pemesanan di LummoSHOP juga sangat mudah. Pembeli hanya perlu klik tautan dari channel distribusi penjual, memilih produk beserta menyesuaikan jumlah sesuai keinginan dengan meng-klik nya, memasukkan informasi pelanggan, kemudian memilih metode pengiriman. Setelah proses itu selesai, klik buat pesanan.

Alur pemesanan yang simple membuat konsumen tak ragu untuk melakukan pembelian. Mereka sangat mempertimbangkan kenyamanan dan proses yang tidak ribet dalam hal pemesanan.

  1. Fitur Pembayaran

Fitur pembayaran pun terintegrasi di LummoSHOP. Saat ini ada tiga pilihan cara pembayaran :

  • Menggunakan link pembayaran: memungkinkan pelanggan transfer bank dari manapun tanpa terkena biaya admin. Bisa juga melakukan pembayaran menggunakan e-wallet, seperti OVO, Gopay, Shopeepay, LinkAja, dan Dana. Dana akan masuk ke rekening penjual.
  • Pembayaran manual: kamu bisa memasukkan nomor rekening bank atau e-wallet di aplikasi LummoSHOP agar pelanggan bisa langsung transaksi. Namun, proses ini terkena biaya admin transfer sesuai kebijakan bank atau e-wallet masing-masing.
  • Bayar di tempat (cash on delivery): bisa berlaku dengan menggunakan kurir dan ekspedisi partner LummoSHOP, seperti Grab, Ninja Express, JNE, SiCepat, Paxel, Mr. Speedy, Rara, dan Lalamove.

Selain pemesanan, alur pembayaran yang memudahkan untuk transaksi juga bisa mempengaruhi keputusan konsumen, akan kembali lagi untuk bertransaksi atau tidak.

(Baca juga: Pilihan Metode Pembayaran di LummoSHOP)

  1. Fitur Pengiriman

loyalitas pelanggan

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk memilih antara :

  • Pengiriman menggunakan partner LummoSHOP: sama seperti kurir atau ekspedisi pada fitur pembayaran.
  • Pengiriman menggunakan kurir pilihan sendiri: kamu bisa mengatur sendiri pilihanmu termasuk menentukan biaya pengiriman tetapnya.
  • Pelanggan ambil di tempat: pelanggan bisa mengambil sendiri pesanannya ke tempat penjual. Kamu hanya perlu mengisi alamat yang benar di LummoSHOP.

Fitur pengiriman yang fleksibel sesuai preferensi pelanggan ini juga memberikan nilai plus karena kebiasaan tiap orang juga berbeda. Ada tipe yang sudah tidak sabar menanti produk incarannya sampai, mereka pun bisa menyesuaikan.

Nah, itu dia 6 fitur dari LummoSHOP yang bisa kamu manfaatkan untuk membentuk loyalitas pelanggan terhadap brand dan juga produk, jasa, atau layananmu. Fitur-fitur yang tersedia di LummoSHOP sangat sesuai untuk membentuk loyalitas pelanggan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti kepuasan pelanggan, ikatan emosi, kepercayaan, kemudahan, dan pengalaman.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP