fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mau Mulai Jualan di Instagram? Perhatikan 9 Langkah Penting Ini

langkah awal branding 01

Langkah awal branding yang tepat ialah dengan memanfaatkan saluran media sosial. Kamu bisa memulainya dengan membuka akun bisnis di Instagram. Setidaknya ada beberapa alasan, mengapa Instagram manjur sebagai langkah awal branding bisnismu berdasarkan studi Hootsuite. 

Pertama, Instagram berada di peringkat ketujuh di antara 10 situs website yang paling banyak pengunjungnya. Secara global Instagram mencatatkan 2,9 miliar kunjungan per bulan. 

Sementara itu, sebagai platform media sosial, dengan total pengguna harian aktif secara global mencapai 1,3 juta, Instagram berada di posisi keempat setelah Facebook, Youtube, dan WhatsApp. Dengan jumlah pengguna aktif yang mengesankan, Instagram menjadi pilihan tepat dalam menjangkau audiens. 

Kedua, media sosial yang tahun ini merayakan hari jadi ke-12 ini merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia setelah TikTok. Perlu kamu tahu juga, studi yang sama mendapati bahwa hanya 0,1% pengguna Instagram yang hanya menggunakan media sosial itu. Karena hampir 99,99% pengguna Instagram juga menggunakan Facebook (83%), dan Twitter (55%). 

Ketiga, mayoritas pengguna Instagram merupakan Gen Z dengan rentang usia 16 sampai 24 tahun, diikuti pengguna berusia 25-34 tahun. Kalau target konsumenmu berada pada rentang usia tersebut, maka Instagram tepat sebagai langkah awal branding.

langkah awal branding 02

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

langkah awal branding 03Kadang kita merasa terganggu pada akun-akun pribadi di Instagram yang justru kebanyakan jualannya. Nah, itu kenapa sebaiknya kamu membuka akun bisnis, kalau memang ingin menggunakan Instagram sebagai tempat jualan. 

Selain itu, menggunakan akun bisnis memberimu ruang untuk beriklan, berinteraksi dengan audiensmu tanpa membuat mereka merasa terganggu, serta mengetahui efektivitas pemasaran di Instagram melalui analitik yang sudah tersedia. 

Oleh karena itu sebagai langkah awal branding di Instagram, kamu harus membuka akun bisnis dengan cara berikut ini:

  1. Pilih menu profil lalu pilih ikon menu di sudut kanan atas dan pilih Settings atau Pengaturan. 
  2. Lalu menuju Account dan pilih Switch to Professional Account.
  3. Selanjutnya kamu akan diminta memilih antara Creator dan Business. Pilih Business karena akun Creator untuk para influencer profesional. 
  4. Lalu pilih kategori sesuai dengan bisnis kamu
  5. Kemudian review informasimu, dan pilih Done. 

Potensi Instagram untuk bisnis

Tak perlu ragu apalagi malu memanfaatkan media sosial sebagai sarana branding dan pemasaran jualanmu. Karena semua orang melakukannya. Di samping itu pula, Instagram juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan jualanmu. Mulai dari fitur analitik, sampai Instagram Live. Berikut beberapa fakta soal Instagram sebagai sarana bisnis. 

  • Akun-akun bisnis di Instagram rerata mencatatkan pertumbuhan pengikut sebesar 1,69% setiap bulan. 
  • 1 dari 2 orang menggunakan Instagram untuk menemukan produk, layanan, dan merek-merek baru. 
  • 44% konsumen menggunakan Instagram untuk berbelanja setiap minggunya. 
  • Jangkauan iklan berbayar di Instagram melampaui Facebook. Jika jangkauan global Facebook meningkat 6,5%, Instagram tumbuh 20,5%.

Langkah Awal Branding di Instagram

1. Optimalkan Profil

Foto profil dan deskripsi akan menjadi hal pertama yang ingin pengunjung tahu. Karena itu pasang foto yang jelas, dan tulis deskripsi secara lengkap, mulai dari tautan, alamat, bio, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan logo brand atau produk andalan sebagai foto profil. 

Lalu gunakan foto dengan kualitas bagus, jangan yang seadanya. Kalau kamu tidak pandai dalam editing foto atau merancang konten Instagram, aplikasi seperti Canva bisa membantumu. 

2. Pilih tema sesuai tujuan branding 

Seperti kita tahu, pengguna Instagram jumlahnya demikian banyak. Jadi rasanya mustahil untuk menyenangkan semua orang lewat unggahan kita. Maka dari itu sebaiknya kamu temukan tema yang sesuai dengan brand dan target pasar yang kamu sasar. 

Misalnya, kalau kamu menawarkan produk makanan, ya penuhi halaman kamu dengan postingan produk makananmu atau yang terkait. Atau kalau kamu jualan produk fashion, ya warnai unggahanmu dengan foto produk atau aksesori pendukungnya. Pemilihan tema atau gaya Instagram-mu ini juga berkaitan dengan penggunaan warna, filter, ciri khas foto, dan lainnya. 

3. Beri tagar

Penggunaan tagar sebagai langkah awal branding di Instagram juga sangat penting. Karena tagar memudahkan audiens menemukan brand milikmu, sekaligus memperluas jangkauan pasarmu. Beberapa pakar merekomendasikan setidaknya 11 sampai 15 tagar untuk setiap unggahan, walaupun Instagram memungkinkan sampai 30 tagar. 

4. Perhatikan caption

Caption Instagram maksimal memang 2.200 karakter, hanya saja, dua baris pertama ialah yang terpenting jika ingin mengundang audiens untuk membaca lebih. Itu kenapa, sebaiknya dua baris pertama caption mengandung kalimat yang penting dan menarik minat audiens. 

5. Posting berkala dan interaksi

Sebaiknya kamu membuat rencana unggahan jika ingin menggunakan Instagram sebagai langkah awal branding. Selain supaya konten terencana, rutin membuat unggahan ialah keharusan di media sosial. Ada yang mengatakan waktu posting terbaik ialah pada pukul 11.00 hingga 13.00, namun ada juga yang berpendapat lain. Artinya, kamu mesti mencari tahu kapan unggahanmu menuai interaksi paling ramai.  

Jangan lupa juga untuk berinteraksi, entah dengan menanggapi komentar, menjawab pesan yang masuk, sampai membuat aktivasi seperti kuis atau giveaway.

Manfaatkan Fitur-Fitur Instagram

6. Maksimalkan Stories dan Reels

Kamu bisa menampilkan update terbaru produk, layanan, atau promo lewat Stories. Lalu untuk konten-konten yang berdurasi pendek dan menarik, misalnya cara menggunakan produkmu, testimoni singkat, atau proses produksi bisa kamu jadikan konten Reels. Jangan lupa untuk menggunakan filter, efek suara, teks, stiker, dan fitur editing lain supaya lebih menarik. 

7. Bangun interaksi lewat Live Instagram

Kalau kamu menggunakan jasa influencer, tentu menarik untuk menyajikan wawancara lewat Live Instagram. Selain itu, kamu bisa meluncurkan produk baru, atau mengulas produk di Live Instagram. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pengikutmu. Boleh juga kamu menyertakan gimmick berupa bagi-bagi hadiah misalnya. 

8. Beriklan di Instagram

Soal cara beriklan di Instagram sudah sering LummoSHOP bahas sebelumnya. Namun, sekadar meningatkan kembali, jika kamu ingin menggunakan Instagram sebagai langkah awal branding sebaiknya gunakan Instagram Ads. 

Instagram menyediakan berbagai bentuk iklan, mulai dari iklan gambar, video, carousel, Stories, dan banyak lagi. Menariknya, dengan beriklan di Instagram kamu bisa mengarahkan iklan ke target pasarmu. Kamu hanya perlu menentukan lokasi, minat, dan demografi mereka secara umum. 

9. Jualan di Instagram Shop

Langkah awal branding lewat Instagram yang juga cukup efektif ialah memanfaatkan fitur Instagram Shop. Dengan fitur ini kamu bisa menawarkan produk jualanmu. Asyiknya, Instagram akan menampilkan rekomendasi produk atau jasa, selain juga menampilkan produk-produk pilihan editor hasil kurasi mereka.

Cara Jualan di Instagram Shop

langkah awal branding 04Langkah paling pertama ialah dengan menghubungkan akun Instagram ke halaman Facebook, bisa juga ke akun Facebook pribadimu. Setelah itu, kamu bisa mengunggah katalog produk dengan cara:

  • Buka www.facebook.com/products.
  • Pilih Buat Katalog.
  • Pilih jenis inventaris, kemudian pilih Berikutnya.
  • Selanjutnya, jika kamu memilih e-commerce (produk), pilih cara yang kamu inginkan untuk menambahkan barang ke katalog. Kalau ingin menambahkan barang sendiri, kamu bisa memilih menu Unggah Info Produk, lalu pilih Hubungkan Platform ecommerce
  • Namun jika kamu ingin memasukan katalog secara manual, kamu tinggal pilih akun Pengelola Bisnis atau akun pribadi untuk tempat katalog. 
  • Lalu masukkan nama katalog, dan pilih menu Buat.

Langkah selanjutnya kamu perlu melakukan peninjauan akun, dan ini membutuhkan waktu beberapa lama. Berikut langkah untuk melakukan peninjauan akun:

  • Buka profil Instagram bisnis lalu pilih menu garis tiga.
  • Pilih Pengaturan lalu pilih Daftar untuk Shopping.
  • Ikuti langkah selanjutnya, dan jika kamu ingin melihat status peninjauan akun, kamu bisa membuka menu Belanja di Pengaturan.

Jika peninjauan sudah mendapat persetujuan Instagram, kamu bisa lanjut mengaktifkan fitur Belanja, caranya:

  • Buka profil dan pilih tanda garis tiga. 
  • Pilih Pengaturan, lalu Bisnis, dan Belanja.
  • Kemudian pilih Katalog Produk yang ingin kamu hubungkan ke akun, dan pilih Selesai. 

Kekuatan Instagram ialah visual. Audiens menyukainya, karena kekuatan ini. Sementara bagi kamu, para pelaku bisnis online, ruang gerakmu mengeksplorasi konten-konten visual yang menarik terbuka luas. 

Oleh karena itu, seberapa efektif Instagram sebagai langkah awal branding usahamu, tergantung pada seberapa bagus dan berkualitas konten-konten yang kamu hasilkan, dan seberapa cerdik kamu memaksimalkan fitur-fitur yang ada. 

Kuncinya, gali terus ide dan inspirasi untuk menghasilkan konten yang menarik dan mengundang banyak interaksi.