fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Melukis Elemen Bisnis Model Kanvas di Sepatu Lukis

Bisnis model kanvas

Bisnis sepatu lukis didominasi oleh pebisnis yang lahir dari hobi. Sehingga membuatnya kehilangan gairah bisnis dalam mengejar profit. Padahal jika bisnis ini ditekuni secara profesional, peluangnya masih sangat terbuka lebar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari bisnis sepatu lukis menggunakan bisnis model kanvas.

Sepatu lukis merupakan produk handmade, yang artinya tidak semua orang bisa membuatnya. Nilai jual yang diberikan harusnya bisa tinggi. Memang sudah banyak pebisnis yang jual sepatu kanvas online dilukis melalui media sosial, website jualan atau toko online, dan platform e-commerce. Tapi cara jualan online yang sudah dilakukan masih belum terlihat gerak-geriknya secara maksimal.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Diperlukan adanya amunisi khusus untuk mendorong bisnis sepatu lukis lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan pasar digital. Perbaikan sistem bisnis yang hanya berdasar hobi harus berubah mindset menjadi bisnis profesional agar dapat tumbuh dengan baik.

Bisnis model kanvas pada konsepnya merupakan bentuk sederhana dari sebuah proposal bisnis. Terbilang sederhana karena hanya dengan membutuhkan sembilan elemen dalam selembar kertas, kamu dapat dengan mudah dan cepat dalam memahami serta mengambil keputusan bisnis sebelum melangkah lebih jauh.

bisnis model kanvas

9 Elemen Bisnis Model Kanvas

LummoSHOP harap perjalanan bisnis sepatu lukis kamu nantinya lancar dan terarah, maka dari itu yuk melukis sembilan elemen bisnis model kanvas yang ada ke bisnis sepatu lukis milikmu.

  1. Value Proposition

Customer delivered value. Hal utama yang konsumen inginkan dewasa ini adalah value atau nilai dari produk. Tidak heran dalam mencari sebuah nilai ini dibutuhkan riset yang tidak sederhana agar produk kamu unik, melekat pada ingatan konsumen, dan tidak hanya mampu menguasai pasar tapi juga membentuk pasar sendiri. Dan pada faktanya, sepatu lukis sudah memiliki nilai produk yang unik.

Harapannya nilai tersebut akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas. Perlu digarisbawahi, kepuasan pelanggan dibagi menjadi dua. Pertama, kepuasan fungsional atau kepuasan yang diperoleh dari pemakaian produk atau jasa. Kedua, kepuasan psikologis atau kepuasan yang diperoleh dari hal yang sifatnya tidak berwujud.

  1. Customer Segments

Customer segments yaitu tentang bagaimana perusahaan memilih segmentasi konsumen yang paling potensial agar kegiatan usaha yang dijalankan tepat sasaran dan sesuai dengan target konsumen yang diinginkan. Target pasar yang jelas akan membuat usaha kamu menjadi lebih fokus dalam hal pemasaran secara tepat sasaran.

Dalam customer segments, kamu dapat melakukan customer profiling yaitu dengan membuat beberapa list pertanyaan sebagai berikut:

– Berapa umurnya?

– Pria atau wanita?

– Sudah menikah atau belum?

– Apa pekerjaannya?

– Di mana tempat tinggalnya?

– Berapa pendapatannya?

Semua pertanyaan tersebut diharapkan dapat memunculkan segmentasi konsumen yang sesuai dengan produk kamu, yaitu tentunya sepatu lukis.

  1. Customer Relationship

Menurut Kotler dan Amstrong, penulis terkenal di bidang pemasaran, customer relationship adalah proses keseluruhan untuk membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui pemberian nilai kepuasan pelanggan. Pelanggan yang loyal merupakan titik puncak yang diharapkan dengan terjalinnya hubungan pelanggan secara baik.

Namun loyalitas pelanggan tidak dapat terjadi semudah itu. Perlu adanya pengawasan agar tidak terjadi hal yang mengakibatkan hubungan kamu dengan pelanggan menjadi kurang baik. Selain itu, hubungan dengan konsumen juga erat kaitannya dengan model bisnis lainnya.

  1. Channel

Channel yaitu hubungan yang terjadi antara kamu sebagai pebisnis dengan pelanggan. Biasa juga disebut dengan saluran distribusi. Tidak hanya target biaya rendah yang harus ditekankan dalam hal saluran distribusi, tetapi juga harus mampu menjalin komunikasi yang baik juga. Kita harus memahami kebiasaan pelanggan dalam menerima produk atau informasi agar dapat menentukan model pemasaran yang efektif dan efisien.

Sebagai tambahan, pemilihan channel yang tepat akan membantu kamu dalam menyampaikan value propositions dari produk sepatu lukis kepada pelanggan dengan tepat sasaran. Bisa jadi pemilihan channel ini menjadi penentuan bagi keberhasilan bisnis kamu.

  1. Key Activities

Key activities menjelaskan bagaimana kegiatan bisnis yang sedang berjalan. Apakah sudah sesuai standar dan strategi yang dibangun? Pada dasarnya kegiatan tersebut terbagi menjadi tiga kategori:

    • Produksi, berhubungan dengan pengecekan secara berkala untuk quality control hingga barang sampai ke tangan konsumen
    • Pemecahan masalah, berhubungan dengan bagaimana perusahaan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi setiap pelanggan
    • Platform, berhubungan dengan inovasi platform agar menimbulkan kemudahan dan keamanan bagi konsumen dalam bertransaksi

Dalam bisnis sepatu lukis yang berdasar hobi, biasanya key activities-nya hanyalah sebuah proses transaksi yang sederhana. Dimulai dari konsumen menghubungi nomor telepon kamu, membuat permintaan untuk dilukis secara custom, konsumen melakukan pembayaran, kamu mewujudkan permintaan tersebut, produk dikirim ke konsumen, dan selesai.

Padahal kamu dapat memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi yang ada saat ini. Tidak hanya terpaku pada nomor telepon dan media sosial saja yang harus dimaksimalkan sebagai platform atau media kamu berjualan. Cara sukses jualan online bisa kamu raih dengan membuat toko online gratis dan domain gratis di LummoSHOP. Tidak hanya penawaran gratis yang ada, cara buat website jualannya pun mudah. 

bisnis model kanvas

  1. Key Resources

Key activities tidak dapat berjalan optimal tanpa adanya sumber daya yang kompeten. Jangan lupa untuk merinci sumber daya apa saja yang dapat menunjang kelancaran bisnis kamu. Key resources juga terbagi menjadi empat kategori, yaitu:

    • Fisik, seperti gedung, mesin, dan kendaraan
    • Intelektual, seperti merek, paten, dan hak cipta
    • Sumber daya manusia
    • Keuangan
  1. Key Partners

Work alone makes us move so fast but work together makes us move so far. Beberapa kualifikasi yang biasanya dijadikan partner adalah:

    • Kemampuan modal yang lebih baik
    • Keterampilan yang dimiliki
    • Hubungan atau relasinya luas
    • Waktu yang dimiliki lebih banyak

Prinsip lainnya yang juga tidak kalah penting dalam menjalin hubungan dengan partner adalah mencari yang satu visi dan misi. Sehingga jika di tengah jalan terdapat perbedaan pendapat, kamu dan partner tahu bagaimana harus bersikap.

  1. Cost Structure

Cost structure dibutuhkan sebagai alat pengendalian dan juga gambaran berapa dan bagaimana biaya akan dikelola dalam perjalanan bisnis nantinya. Hal paling utama yang harus dipastikan adalah kesesuaian biaya yang akan dikeluarkan atau diinvestasikan apakah telah sebanding dengan value propositions bisnis yang akan diperoleh. Dan terakhir tentunya, jangan lupa untuk selalu memisahkan keperluan biaya pribadi dengan bisnis, ya!

  1. Revenue Stream

Arus pendapatan harus dipahami dengan baik karena berdampak kepada keberlanjutan bisnis sepatu lukis kamu. Sumber pendapatan bisnis harus jelas berasal dari pintu mana saja, karena sejatinya bisnis tidak bisa mengandalkan dari satu sumber pendapatan untuk menutup celah-celah kemacetan perputaran keuangan.

Selain itu, segala sumber daya, produk, dan kinerja yang telah menjadi satu bagian di bisnis yang harus dikontrol agar dapat dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan. Kamu bisa juga menggunakan keahlian melukismu di media lainnya, seperti misalnya tote bag. Jadikan itu produk tambahan dari produk utama yang ada.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP


Bagaimana? Sudah siap melukis sembilan elemen bisnis model kanvas di atas di bisnis sepatu lukismu? Kamu dapat menggunakan bisnis model ini untuk melukis mimpi suksesmu berbisnis sepatu lukis.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP