fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Membership Sebagai Model Bisnis Online

Membership

Model bisnis membership atau keanggotaan saat ini sedang naik daun dan semakin populer di Indonesia. Sebenarnya metode menjadi member termasuk salah satu jenis metode pemasaran yang sudah ada. Namun, perkembangan teknologi dan digital saat ini membuat bisnis membership menjadi tren dan dapat menghasilkan keuntungan.

Model bisnis ini dijalankan berbasis komunitas. Semakin banyak anggota yang loyal, maka bisnis itu akan cepat berkembang. Kamu mungkin masih sedikit bingung, bisnis seperti apa yang menggunakan membership? Di artikel ini kita akan membahas mulai dari pengertian, keuntungan bisnis hingga contohnya supaya kamu lebih mudah memahaminya. Yuk, simak!

Pengertian Model Bisnis Membership

Model bisnis membership adalah bisnis yang memberikan penawaran kepada calon konsumen untuk mendapatkan akses ke halaman dan konten tertentu di situs web kamu dengan cara membayar menjadi anggota. Bagi yang belum atau tidak membayar, tentu hanya bisa mengakses dengan fitur terbatas. 

Karakter Model Bisnis Membership

Membership Biasanya terdapat beberapa paket keanggotan, dari gratis, premium, dan VIP, sehingga anggota yang ingin mendapatkan akses perlu meningkatkan paket dan membayar agar bisa diakses. Selain itu, paket biasanya berlaku setahun sekali dan bagi yang ingin melanjutkan harus memperpanjang keanggotaan sesuai paket yang diinginkan.

Ada juga dalam bisnis membership yang menawarkan anggotanya dengan mengenakan biaya akses sekali dalam seumur hidup, sehingga tidak perlu memperpanjang paket tiap tahun sekali.

Jenis konten yang tersedia untuk anggota sangat bervariasi tergantung paket yang dibayar, tapi biasanya berupa PDF, video, mp3, gambar, posting teks atau blog, forum, direktori anggota, dan webinar.

Selain itu, model bisnis membership ini adalah kepercayaan kepada anggota dan memberikan hak secara bebas untuk melanjutkan atau membatalkan keanggotaan mereka sendiri, kapan saja yang mereka mau. Setelah dibatalkan, mereka akan kehilangan akses ke halaman dan konten khusus anggota mana pun yang sebelumnya dapat mereka akses. Tentu, jika ingin mendapatkan kembali akses, mereka cukup bergabung kembali dan membayar paket keanggotaan.

Ini merupakan sistem yang adil, sehingga anggota mendapatkan akses sesuai dengan paket keanggotaan. Mereka juga dapat membatalkan atau bergabung kembali kapanpun mereka mau dengan alasan apapun yang mereka pilih.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Jenis Bisnis Membership

Ada berbagai jenis bisnis membership dan sudah berkembang sampai sekarang. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Kursus

Sekarang, banyak model kursus yang menawarkan keanggotaan dengan paket tertentu. Di dalamnya tidak hanya paket keanggotaan yang ditawarkan, juga berbagai materi yang tidak bisa diakses oleh calon atau anggota sebelum membayar. Contoh beberapa kursus adalah Skills Academy, UpSkill, Pijar Mahir dan sebagainya.

  1. Layanan Komunikasi

Jenis bisnis membership menawarkan ke anggotanya berbagai berbagai jenis paket internet. Salah satu contoh yang telah menjalankan adalah Verizone yang menawarkan paket Unlimited 5G, dan dapat menonton film secara online melalui situs mereka. Kamu bisa mencontoh cara Verizone bila ingin memulai bisnis seperti ini. 

Sebab, di Indonesia masih belum ada yang memberikan paket internet yang dapat digunakan secara mobile dan dapat berpindah-pindah

  1. Perpustakaan Digital

Sekarang muncul perpustakaan digital yang menawarkan penggunanya membaca buku secara digital. Adapun salah satu perpustakaan digital adalah e-perpus. Perpustakaan digital ini yang mengembangkan adalah Kompas Gramedia.

  1. Film

Ini merupakan bisnis membership yang menawarkan konten hiburan berupa film televisi, bioskop. Mereka yang menjadi anggota dengan biaya tertentu bisa menonton film melalui aplikasi atau situs yang kamu buat. Adapun contohnya adalah Netflix, Bioskop Online, WeTV, Disney+ Hotstar dan sebagainya.

  1. Perangkat Lunak

Model bisnis ini menawarkan perangkat lunak, seperti software komputer yang operasinya menggunakan cloud. Paket member-nya bermacam-macam, mulai paket percobaan, hingga pro. Adapun contoh model bisnis ini seperti Adobe, Microsoft.

  1. Musik / Podcast

Jenis yang lain adalah layanna musik atau podcast. Layanan ini tak kalah dari bisnis yang menawarkan streaming film. Para member bisa menemukan musik favoritnya atau podcast yang sedang viral. Meski ada layanan untuk member yang tidak membayar, tapi resikonya akan terpapar iklan. Adapun contoh bisnis membership ini adalah Spotify.

  1.  Video Premium

Model bisnis membership ini tak kalah dengan film dan musik. Ini merupakan video yang ditayangkan dengan akses melalui platform tertentu dan tidak bisa ditemukan di internet. Jika kamu seorang influencer dan selebgram, bisa menggunakan cara ini untuk memulai bisnis video premium. Contoh video tips berolahraga dan sebagainya.

  1. Surat Kabar Digital

Selain hiburan, contoh bisnis membership adalah surat kabar digital. Metode bisnis ini sebetulnya sudah lama, yaitu dengan menawarkan harga yang lebih murah ketimbang cetak kepada membernya dengan berita-berita khusus. 

Manfaat dari Model Bisnis Membership

Bisnis model ini mempunyai beberapa keuntungan untuk bagi kamu, yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Loyalitas Anggota

Dengan sistem ini  bisa meningkatkan loyalitas anggota Apalagi jika pebisnis seperti kamu selalu melakukan pembaruan video, musik, dan fasilitas lain sehingga anggota selalu melakukan perpanjangan paket member.

Jika mereka loyal, tentu akan memberikan keuntungan bagi bisnis. Selain pemasukan dari mereka juga mendapat keuntungan lain yaitu bertambahnya member yang disebabkan promosi secara tidak langsung dari mereka yang loyal dengan cara mengajak keluarga, teman, hingga pasangan mereka.

Sebab, loyalitas anggota adalah kunci membangun bisnis ini. Untuk itu banyak perusahaan seperti ini menawarkan berbagai program keanggotaan. Sebab, jika menjadi anggota, berarti sudah satu langkah lebih maju mendapatkan kepercayaan.

  1. Bisnis Lebih Cepat Berkembang

Dengan model bisnis ini, perusahan akan cepat berkembang. Sebab, anggota sudah loyal, sehingga mudah untuk menjalankan strategi pemasaran. Misalnya, jika perusahaan mengeluarkan produk atau layanan baru, anggota tidak akan ragu untuk menggunakannya. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi perusahaan dalam meningkatkan strategi perusahaan untuk meraih keuntungan.

  1. Mempunyai Data Base Anggota yang Akurat

Manfaat lain adalah dengan model bisnis ini, perusahaan akan mempunyai database pelanggan secara akurat. Tidak perlu repot membuat form dan menghubungi anggota yang sudah menjadi member. Mereka akan senang hati memberikan datanya ketika mendaftar ke layanan tertentu, misalnya terdapat peningkatan level member dengan fasilitas berbeda.

  1. Lebih Mudah Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Model bisnis keanggotaan juga memudahkan perusahan dalam menganalisis tren pasar yang berkembang, apalagi sudah punya member yang loyal. Tinggal mengatur strategi pemasaran yang tepat dan menawarkan produk atau layanan baru yang lebih inovatif.

Tantangan Bisnis Keanggotaan

MembershipTantangan dalam bisnis keanggotaan adalah ketika tidak bertambahnya anggota. Memang membuat mereka loyal, tapi tidak bertambahnya anggota akan menjadi masalah tersendiri. Sebab, dalam bisnis ini semakin banyak anggota, maka biaya operasional akan lebih murah. Namun, sebaliknya, jika anggotanya tetap tidak ada penambahan tentu akan membuat biaya operasional menjadi besar.

Tips Bisnis Keanggotaan

Dengan berbagai manfaat di atas, Hal terbesar yang perlu kamu ingat jika ingin memulai bisnis adalah membuat anggota bahagia dan sukses. Itu adalah kunci awal dalam bisnis keanggotaan, tips lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Kenali Target Pasar

Pertama tentu menentukan target pasar. Apakah penyuka film, penyuka musik dan sebagainya. Dengan menentukan target pasar, maka bisnis kamu akan berkembang, karena fokus. 

  1. Apakah Sudah Ada Kompetitor

Kedua, adalah melihat apakah ada kompetitor atau tidak. Jika, belum ada. Maka baguslah. Jika ada, maka kamu perlu meriset kompetitor, seperti berapa harga yang mereka tawarkan, apa yang membedakan mereka, dan sebagainya. Jika sudah riset, pastikan yang kamu tawarkan adalah lebih unik dan berbeda dari kompetitor.

  1. Buat Media Sosial

Jangan lupa untuk membuat media sosial bisnis kamu. Tidak hanya  promosi, juga untuk mengenalkan produk atau jasa layanan kamu ke publik.

Itulah beberapa tips sukses memulai bisnis keanggotaan. Pertanyaan selanjutnya, apakah kamu sudah siap memulai bisnis keanggotaan?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP