fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Membuat Deskripsi Produk yang Tepat untuk Toko Onlinemu

deskripsi produk

Salah satu cara sukses jualan online adalah dengan membuat deskripsi produk tidak hanya informatif melainkan juga menarik dari produkmu. Tidak heran, pemilik toko online sebaiknya juga melengkapi dirinya dengan cara copywriting yang baik. Kalaupun bukan dirinya yang membuat deskripsi produk melainkan staf atau pegawainya, tapi setidaknya dia tidak nge-blank dan pasrah begitu saja. Jika saat ini, kamu memiliki toko online, maka jangan lupa juga ya perihal cara copywriting yang baik agar produk kamu “menjual”.

 

Apa sih manfaat menuliskan deskripsi produk? Apakah sepenting itu?

Jelas! Itu sebabnya, ia menjadi salah satu cara sukses jualan online. Deskripsi produk seolah adalah “jembatan” yang menghubungkanmu dengan konsumen. Mulai dari mereka belum tahu apa-apa mengenai produkmu, kemudian mulai kenal dan mempelajari produkmu, hingga kemudian memilih untuk membelinya. Konsumen butuh pengetahuan tersebut untuk memutuskan apakah ia akan beli barang tertentu ataukah tidak. 

Lalu, bagaimana cara sukses jualan online dengan deskripsi produk yang tepat? Simak tips berikut ini: 

  1. Mulailah dengan menentukan secara spesifik, semakin fokus semakin bagus, siapa sebenarnya konsumen kamu? Remaja? Anak-anak? Orang tua? Atau, yang lain?

    Hal ini berpengaruh pada bahasa yang akan kamu gunakan. Kalau target konsumenmu masih terlalu luas, tulisan yang kamu buat jadi kurang tepat sasaran karena dianggap masih terlalu umum.

    Risiko adalah bagian dari hidup. Namun, Anda bisa meminimalisirnya dengan ikut asuransi jiwa. Dengannya, Anda tak perlu khawatir akan masa depan keluarga ketika tiba-tiba Anda harus pergi untuk selamanya.

    Hari gini masih galau karena warna kulit? Enggak zaman, Guys. Cantik itu bukan ketika berkulit tertentu, tapi ketika kamu berkulit SEHAT!

    Menurut kamu, contoh di atas apakah sudah tepat sasaran? Dari dua contoh di atas, kamu bisa membedakan yang pertama untuk siapa, pun yang kedua. Kalimat pertama lebih cocok untuk mereka yang sudah berkeluarga, lebih spesifiknya bapak-bapak. Sedangkan kalimat kedua lebih untuk ke para wanita yang biasanya suka insecure dengan warna kulit. Nah, beda target market, beda bahasa, kan.

  1. Cara sukses jualan online yang lain berkaitan dengan deskripsi produk adalah informasikan manfaat apa yang akan didapatkan konsumen dengan membeli produkmu.

    Payung ini multifungsi. Bisa dipakai di segala cuaca baik panas maupun hujan. Mengandung…

    Kemaslah manfaat dari produk kamu dengan bahasa yang menarik dan luwes. Konsumen ada kecenderungan lebih tertarik diberikan dongeng ketimbang diminta menghafal. Jadi, jangan terkesan mengharuskan mereka menghafal ketika kamu mendeskripsikan manfaat produkmu.
  1. Cara jualan online berikutnya berkenaan dengan deskripsi produk adalah dengan menyertakan bukti-bukti bahwa produk kamu juara, tidak hanya omong kosong belaka.

    Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, kita cenderung kesal dengan orang yang cuma bisa obral janji tanpa bukti, pun dalam bisnis online. Itu sebabnya, jangan cuma menuliskan “produk ini terbaik” tanpa menjelaskan atau memberikan bukti-bukti kenapa bisa disebut terbaik.
  1. Pahami konsumen dengan menjelaskan masalah sekaligus solusi.
    Semua orang suka jika dipahami, tak terkecuali konsumen. Itu sebabnya, cara jualan online berikutnya yang bisa kamu terapkan di deskripsi produkmu adalah jelaskan ke konsumen bahwa kamu mengerti masalah mereka. Tapi, jangan hanya memaparkan masalah, tawarkan juga solusinya.

    Merantau memang penuh tantangan. Kamu harus SIAP beradaptasi dengan segala hal mulai dari bahasa, budaya, kebiasaan sehari-hari, pola hidup, sampai makanan. Tak jarang, kamu kerap merasa asing dan sepi di tengah keramaian. Jangan biarkan hidupmu hampa di perantauan karena kini ada aplikasi ABCDEFG yang siap menjadi teman terbaikmu. Aplikasi yang dikhususkan bagi para perantau ini siap membantumu beradaptasi di tempat baru. Kamu bisa bertanya apa pun, menemukan yang kamu cari, bahkan mendapatkan teman senasib sepenanggungan.
  1. Jangan lupakan SEO.
    Jika kamu menggunakan LummoSHOP sebagai media berbisnis, itu artinya kamu bisa membuat toko online gratis. Jangan lupa, selain menerapkan poin-poin sebelumnya, cara jualan online berikutnya adalah dengan menggunakan SEO di setiap deskripsi produk yang kamu unggah di sana. Dengan menggunakan SEO, konsumen akan lebih mudah menemukan produkmu.
  1. Tawarkan keuntungan yang bisa dinikmati konsumen seperti diskon, harga lebih murah ketika beli paketan, jaminan, atau semacamnya.

    Diskon atau promo yang kamu sertakan pada deskripsi produk akan memancing konsumen untuk membeli dalam jumlah banyak. Kamu bisa juga memberikan jaminan, misalnya “Uang kembali 100% jika produk ini merugikan Anda”. Dengan demikian, konsumen akan semakin yakin bahwa produk kamu tidaklah tipu-tipu, melainkan benar-benar berkualitas.
  1. Pastikan cara copywriting kamu sudah tepat
    Cek kembali apakah cara copywriting yang kamu lakukan sudah tepat atau belum. Menurut laman American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa tindakan seperti membeli, meng-klik tautan, menyumbang, dan semacamnya.

    Kamu bisa menggunakan teori copywriting AIDA untuk mendeskripsikan produk kamu. Coba cek, apakah kamu sudah melakukannya?
    A: Attention-cek apakah judul, gambar, serta lead tulisan yang kamu buat sudah menarik. Jika kamu ragu, coba untuk minta pendapat orang lain. Dengan begitu kamu mendapat perspektif yang berbeda.
    I: Interest-cek apakah deskripsi produk kamu sudah memberikan sesuatu yang membuat konsumen tertarik atau mendapatkan manfaat dari produkmu.
    D: Desire-jika poin sebelumnya, kamu hanya memaparkan manfaat produkmu, maka di poin ini kamu bisa lebih memengaruhi konsumen secara emosional bahwa produk kamu adalah yang mereka butuhkan. Cek, apakah deskripsi produkmu sudah memenuhi poin ini.
    A: Action-cek apakah kamu sudah mengajak konsumen untuk segera membeli produkmu. Umumnya unsur ini diikuti dengan kata-kata seperti stok terbatas, hanya hari ini, dll.

deskripsi produkDeskripsi produk adalah salah satu poin penting dalam jualan online. Dari sana, konsumen mendapat gambaran seperti apa produk yang kamu tawarkan. Itu sebabnya, kamu harus memberikan deskripsi produk yang lengkap, informatif, serta menarik di website jualanmu. Untuk solusi jualan online yang lengkap, kamu bisa menggunakan aplikasi LummoSHOP untuk membuat toko online gratis! Kamu tak perlu pusing bagaimana cara buat website jualan karena LummoSHOP akan memberimu domain gratis yang siap menunjang kegiatan operasional bisnis online-mu sehari-hari.

Selanjutnya, kamu harus mengunggah foto produk sekaligus deskripsinya pada katalog toko online kamu di LummoSHOP. Tentunya, jangan hanya foto dan harganya saja kemudian membiarkan konsumen punya persepsi sendiri akan produkmu. Alangkah lebih baik jika kamu menjelaskan detail perihal produkmu ke mereka. Bisa dimulai dari bahan yang digunakan untuk produk fashion atau aksesoris, dan masa konsumsi untuk produk makanan dan minuman. Selain mengedukasi dan menarik calon pembeli, ini juga berguna untuk mengurangi waktu transaksi jadi bisa langsung checkout. Dengan demikian, “tugasmu” lebih ringan, yaitu membuat deskripsi produk sebaik-baiknya untuk menarik minat mereka.