fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Membuat Diskon dan Promo Menarik dengan Fitur dari LummoSHOP

diskon

Cara sukses jualan online yang dinilai cukup efektif adalah dengan membuat diskon atau promo yang menarik. Ya, konsumen masih menganggap diskon atau promo sebagai sesuatu yang harus didapatkan. Lihat saja di mal, supermarket, atau restoran, setiap kali ada diskon atau promo, konsumen berbondong-bondong menghampiri bahkan rela mengantre. Meskipun kadang kala harga barang yang didiskon tersebut sudah di-markup, tapi toh pesonanya tak pernah mati. Konsumen tetap tertarik dengan barang berlabel “DISKON” atau “HARGA PROMO”.

Jika saat ini kamu punya toko online, kamu juga pasti tak mau melewatkan kesempatan memenangkan hati konsumen dengan pemberian diskon atau promo. 

Ngomong-ngomong soal diskon atau promo, kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk toko online kamu saat ini.

  1. Diskon Ulang Tahun
    Diskon ini khusus kamu berikan kepada konsumen yang berulang tahun. Dari sisi konsumen, diskon semacam ini membuat mereka merasa diperhatikan secara personal.
  1. Diskon Hari Besar
    Diskon di hari-hari tertentu seperti hari besar mungkin sudah sangat umum terjadi. Diskon ini juga menandakan kamu aware terhadap lingkungan.
  1. Diskon Khusus Malam Hari
    Hal ini biasanya berlaku untuk barang yang tidak tahan lama seperti daging segar, sayur, atau semacamnya. Sebagaimana namanya, diskon ini diberikan ketika sudah mulai menjelang pergantian hari alias malam hari.
  1. Diskon Awal dan Akhir Tahun
    Diskon ini mengambil momen akhir dan awal tahun dengan asumsi masyarakat lebih excited melepas serta menyambut dua momen tersebut. Sebagaimana yang kerap dilakukan oleh Superindo berdasarkan berita yang dilansir kompas.com yang tak mau ketinggalan memberikan diskon di dua momen ini kepada konsumen.
  1. Beli Dua Gratis Satu
    Alih-alih hanya beli satu, konsumen biasanya akan tergoda untuk membeli dua karena akan dapat tiga. Sebagaimana psikologi harga yang menyatakan bahwa konsumen merasa senang ketika dirinya merasa menang atau untung. Menurut konsumen, beli dua dapat tiga lebih untung daripada hanya beli satu meskipun sebenarnya dia hanya butuh satu.
  1. Cashback
    Meksipun yang diberikan kepada konsumen adalah uang mereka sendiri, tapi toh mereka tetap tertarik dengan sistem cashback karena di mata konsumen lebih menguntungkan. Jika disuruh memilih, konsumen cenderung beli barang 15.000 cashback Rp5.000 ketimbang langsung seharga Rp10.000. Di pilihan pertama, konsumen merasa dirinya menang dan untung karena mendapatkan uang kembali ketimbang di pilihan kedua yang dianggap tak dapat apa-apa.
  1. Member
    Promo atau diskon bisa juga diberikan dengan sistem member. Jadi, konsumen diwajibkan untuk menjadi member dulu jika ingin menikmati “fasilitas” yang kamu berikan berupa diskon, promo, poin, dan info menarik lainnya.
  1. Diskon Ongkos Kirim
    Cara jualan online berikutnya yang kerap diterapkan adalah dengan adanya diskon ongkos kirim. Siapa sih konsumen yang tidak mau gratis ongkir? Kalau lokasi tempat tinggal mereka terjangkau atau dekat dengan toko online kamu mungkin tak terlalu pengaruh, tapi akan berpengaruh besar jika lokasi mereka jauh darimu.
  1. Poin
    Sistem poin juga masih menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Teknisnya, konsumen yang belanja di toko online kamu langsung diberi poin yang nantinya bisa di-redeem ketika sudah mencapai jumlah tertentu dengan beragam pilihan.
  1. Flash sale
    Cara sukses jualan online lain yang kini marak digunakan pebisnis online adalah flash sale. Sebagaimana namanya, flash sale adalah memberikan harga lebih murah kepada konsumen dengan DURASI WAKTU terbatas. Tak sedikit yang bilang bahwa flash sale ini membuat konsumen kalap belanja karena diskon yang diberikan memang gila-gilaan dengan waktu sangat terbatas.

diskon
Berkaitan dengan poin terakhir, umumnya, para penjual
online bisa mengadakan flash sale ketika platform tempat mereka jualan mengadakan event tersebut. Dalam arti, mereka tak bisa seenaknya sendiri mengadakan flash sale. Sebagai penjual, kamu jelas merasa tak bebas ya dengan peraturan seperti ini.

Itu sebabnya, aplikasi LummoSHOP hadir untuk membantumu memiliki website jualan sendiri atau toko online gratis. Hanya dengan beberapa langkah, kamu sudah bisa mendapatkan domain gratis dan memiliki website jualan resmi. Di sana, kamu bebas mengadakan event apa pun, termasuk flash sale.

Ya, aplikasi LummoSHOP memberikan fasilitas atau kemudahan padamu untuk membuat program promosi sendiri kapan saja kamu siap dan mau. Cara membuat flash sale di LummoSHOP ini sangat mudah. Kamu bisa memilih dengan kuota produk ataukah tanpa kuota produk.

 Membuat flash sale di LummoSHOP tanpa kuota produk:

  1. Pergi ke menu pemasaran, pilih ‘flash sale’
  2. Pilih produk beserta varian jika ada yang kamu inginkan kemudian klik ‘pilih’
  3. Klik ‘tidak’ pada jendela pilihan penerapan kuota flash sale
  4. Masukkan ‘potongan harga setiap produk dan varian’ atau pilih ‘atur semua sekaligus’ dan ‘lanjutkan’
  5. Atur tanggal, waktu, dan durasi flash sale dan ‘lanjutkan’
  6. Pilih template banner promosi flash sale, masukkan judul dan deskripsi banner, kemudian ‘lanjutkan’
  7. Tinjau seluruh pengaturan flash sale yang kamu buat, jika sudah yakin, klik ‘buat flash sale’
  8. Flash sale kamu sudah dibuat dan siap dibagikan ke pelanggan

Cara membuat flash sale dengan kuota produk:

  1. Pergi ke menu pemasaran, pilih ‘flash sale’
  2. Pilih produk beserta varian jika ada yang kamu inginkan kemudian klik ‘pilih’
  3. Klik ‘iya’ pada jendela pilihan penerapan kuota flash sale
  4. Masukkan ‘potongan harga setiap produk dan varian’ atau pilih ‘atur semua sekaligus’ dan ‘lanjutkan’
  5. Atur tanggal, waktu, dan durasi flash sale dan ‘lanjutkan’
  6. Pilih template banner promosi flash sale, masukkan judul dan deskripsi banner, kemudian ‘lanjutkan’
  7. Tinjau seluruh pengaturan flash sale yang kamu buat, jika sudah yakin, klik ‘buat flash sale’
  8. Flash sale kamu sudah dibuat dan siap dibagikan ke konsumen

Cara memonitor performa dengan program flash sale dan cara mengedit flash sale:

  1. Pergi ke menu pemasaran dan pilih ‘flash sale’
  2. Flash sale tanpa kuota: klik bagian ‘hasil flash sale’ untuk melihat detail statistik
  3. Flash sale dengan kuota: klik bagian ‘hasil flash sale’ untuk melihat detail statistik
  4. Flash sale tanpa kuota: klik bagian ‘produk flash sale’ untuk melihat detail penjualan produk dan varian
  5. Flash sale dengan kuota: klik bagian ‘produk flash sale’ untuk melihat detail penjualan produk dan varian
  6. Untuk melakukan perubahan pada flash sale seperti tanggal, durasi, produk, dan poster, klik ‘edit’
  7. Jika sudah selesai simpan

Bagaimana? Aplikasi LummoSHOP memberikan semua yang kamu butuhkan, ya. Kamu tidak hanya mendapatkan domain gratis untuk membuat website jualan kemudian dibiarkan. Tetapi, kamu juga akan mendapat panduan dari awal mulai dari cara buat website jualan hanya dengan empat langkah (unduh aplikasinya di playstore, masukkan nomor HP dan OTP, masukkan nama website jualan dan kategorinya, siap upload produk beserta deskripsinya), dan tentu saja cara sukses jualan online salah satunya dengan menyediakan fitur flash sale, serta program-program seru lainnya.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP