fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Menangkan Persaingan Toko Online dengan 5 Langkah ini

Persaingan Toko Online

Bisnis online semakin seksi dan semua orang merubungi. Market-size yang besar, modal yang relatif tidak banyak, kemudahan akses informasi serta besarnya potensi keuntungan adalah daya tarik yang tak bakal dilewatkan marketer pemburu cuan. 

Namun begitu, kompetisinya juga tidak main-main. Banyak toko online yang ambruk dalam waktu singkat karena perencanaan kurang matang. Banyak pemain yang salah menetapkan langkah pertama sehingga bisnis tidak berkembang. Ada pula yang mulai menapakkan langkah, tapi terbengkalai di tengah jalan karena kurang eksplorasi dan inovasi. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Oleh karena itu, meski bisnis online menawarkan banyak kemudahan, kamu tetap harus mempunyai persiapan dan rencana jangka panjang.  Seperti apa langkah-langkah dan cara jualan online yang baik untuk menghadapi kompetitor? Berikut step-by-step yang bisa kamu terapkan, agar tidak tergilas kerasnya persaingan. 

  1. Riset Pasar & Produk

Sebelum mulai membuka toko online, hal pertama yang harus kamu pahami adalah manfaat produkmu dan target pasar. Untuk itu lakukan banyak riset terkait kedua masalah tersebut, seperti:

    • Riset produk dan target market

Dalam menentukan produk terbaik yang cocok kamu jual di toko onlinemu, kamu bisa bertanya pada diri sendiri terkait Unique Selling Point yang membuat produk kamu terlihat unggul di mata pelanggan. Kamu juga harus bertanya, mengapa konsumen harus memilih produk itu? Siapa target market nya dan kapan waktu terbaik untuk mengenalkan ke pasar?

    • Riset pasar

Produk/jasa apa yang tengah ramai di masyarakat dan tetap Evergreen (bukan tren sesaat). Dengan mengetahui apa yang sedang terjadi di masyarakat, kamu bisa memanfaatkan tren yang tengah berlangsung untuk menciptakan inovasi.

    • Riset konsumen

Penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen? Apakah bisnis kamu dibutuhkan? Berapa market size-nya? Bagi pebisnis pemula, kamu bisa melakukan riset sederhana dengan cara melakukan wawancara, diskusi atau survei online yang paling mudah. Dalam riset itu, kamu bisa sekaligus menawarkan produk (sampling) dan minta tanggapan mereka. 

    • Riset kompetitor

Selain riset dan analisa konsumen, selanjutnya juga harus melakukan riset kompetitor toko online kamu. Manfaatkan data-data yang tersedia di internet untuk mendapatkan informasi mengenai mereka.

Kamu bisa mulai melakukan riset terhadap produk yang mereka jual, item apa yang menjadi fokus jualannya. Teliti juga, adakah celah yang tidak masuk dalam item penawaran mereka dan jadikan lubang itu sebagai komoditi bisnis onlinemu. 

Jika produk yang kamu tawarkan banyak ditemukan di pasaran, cari keunggulan lain yang bisa ditonjolkan. Misalnya bahan lebih kuat, desain lebih update, harga lebih murah. Bikin mapping, siapa kompetitor bisnis yang berada di atas kamu dan apa brand paling terkenal dan dikenal di pasaran. 

Hasil riset di atas akan memberimu pemahaman mengenai kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online kamu. Analisa dari hasil riset akan menuntunmu pada pemahaman tentang siapa target market produkmu, dan bagaimana merumuskan cara hadapi persaingan bisnis dan cara hadapi kompetitor melalui produk/layanan yang berbeda dengan pemain lain. 

Persaingan Toko Online

  1. Branding tepat dan konsisten

Brand merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat menentukan pertumbuhan bisnis di masa depan. Brand yang solid dan konsisten akan membuat bisnismu familiar dan selalu diingat konsumen. Semakin familiar nama brand-mu, akan semakin sering toko online kamu jadi pilihan ketika mereka butuh barang yang kamu tawarkan. 

Branding bisa dimulai dari memberi nama toko online yang kamu miliki, Pilih nama yang unik dan menarik agar mudah diingat dan diucapkan oleh konsumen. Lengkapi dengan logo eye-catching yang simpel tapi filosofis, serta warna dan gaya sesuai citra yang ingin kamu bangun. Berikan informasi lengkap terkait toko online untuk memperkuat kredibilitas tokomu di hadapan calon pelanggan.

Lakukan personalisasi produk yang kamu jual dengan menciptakan Positioning Statement. Langkah ini akan sangat membantu untuk menjawab semua pertanyaan terkait brand, sekaligus membuat tagline brand.

  1. Inovasi

Riset dan branding maksimal akan sia-sia kalau tidak diimbangi kualitas produk. Seperti halnya produk makanan yang dibeli karena cita rasanya, hal pertama yang dibeli oleh konsumen adalah produk yang kamu jual. Walaupun awalnya dia datang ke tokomu karena iming-iming diskon, tetapi jika kualitas produk yang kamu jual tidak sesuai dengan janji branding-mu, konsumen bisa lari ke kompetitor. Jadi tak ada gunanya juga kamu masuk kancah perang harga, kalau tidak menajamkan kualitas produk sebagai senjata utama. 

Agar kualitas produk terus berkembang dan tidak membuat konsumen bosan, lakukan inovasi secara berkala. USP yang kamu anggap unggul saat ini, bisa jadi sudah basi dalam pusaran tren baru tiga bulan ke depan. Pikirkan bagaimana caranya agar produkmu tetap relevan dengan preferensi konsumen. Selalu lakukan eksplorasi terhadap produk dan layanan, mulai dari yang paling sepele hingga yang wow! Lengkapi katalog dengan lebih banyak pilihan agar konsumen bisa menemukan barang yang diinginkan dengan mudah. Memformat sebuah paket promo juga bisa dilakukan untuk memberikan variasi pilihan bagi pelanggan. 

Dengan terus berinovasi, kamu tidak akan tergilas langkah kompetitor, bahkan kalau bisa selangkah lebih maju dari kompetitor. 

Persaingan Toko Online

  1. Perkuat Online Presence Brand

Di tengah ketatnya persaingan bisnis online, terlebih dengan adanya pandemi, membangun kehadiran online (online presence) brand menjadi begitu krusial. 

Dalam rangka memperkuat online presence-mu, kamu harus memanfaatkan berbagai platform seperti website, media sosial, marketplace dan lain-lain. Bangunlah website jualan dengan tampilan menarik dan user-friendly agar konsumen mau berkunjung. Website yang berat dengan tampilan berantakan akan membuat orang enggan membuka lebih lanjut.

Kini kamu tidak perlu direpotkan dengan cara buat website jualan lagi, cukup pakai aplikasi LummoSHOP yang menyediakan toko online gratis dengan domain gratis. Dengan tampilan dan penggunaan yang mudah dipahami, kamu bisa langsung memulai jualan online di website toko online pribadi yang akan menarik calon pembeli.

Penting diperhatikan, pastikan seluruh informasi (kontak bisnis, katalog dan informasi produk, ketersediaan produk dll) saling terintegrasi. Gencarkan promosi pada platform yang bisnis kamu gunakan. Kamu juga bisa mendaftarkan lokasi toko atau rumah kamu di Google Maps, untuk mengantisipasi pelanggan yang mau berkunjung langsung. 

Kedua, terapkan strategi SEO yang akan membantu brand-mu mendapatkan ranking lebih tinggi dalam hasil pencarian. Dengan menggunakan keyword yang pas, kamu bisa menjangkau target pelanggan secara lebih presisi dan mereka pun akan lebih mudah menemukan bisnis dan produk yang kamu jual. 

Ketiga, buat konten berkualitas yang relevan dengan target customer, baik itu dalam bentuk artikel, infografis, gambar, video, ataupun jenis konten lainnya. Fokuskan distribusinya pada channel yang banyak digunakan pelanggan. 

Keempat, bangun engagement di media sosial. Memang sih, media sosial merupakan salah satu kunci membangun online presence yang kuat. Tapi alih-alih hadir di terlalu banyak platform, sebaiknya kamu fokus pada 2 atau 3 channel yang benar-benar mampu kau tangani secara optimal. Jangan kendor dalam membangun engagement dengan mereka baik melalui komentar, direct message, dan fitur-fitur lainnya agar customer merasa lebih dekat dengan brand kamu.

Kelima, selalu pantau rating dan review. Tampilkan testimoni pada website dan media sosial brand untuk menunjukkan bahwa brand-mu memiliki kredibilitas. Rating yang tinggi juga akan membantu visibilitas tokomu di marketplace karena mayoritas customer memeriksa rating & review terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. 

  1. Pegang Erat Loyalitas Konsumen

Konsumen yang puas dengan layananmu, tak akan ragu untuk kembali membeli produkmu, bahkan tak segan-segan merekomendasikan toko onlinemu. Sebaliknya, kalau pelayananmu dianggap tidak memuaskan, mereka bisa lari dan beralih ke kompetitormu. Lebih naas lagi, mereka bahkan bisa menyebarkan ketidakpuasannya. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Misalnya dengan membalas pesan-pesan dan menjawab pertanyaan konsumen secepat mungkin. Semakin cepat kamu memberikan tanggapan kepada chat yang masuk akan semakin baik. Sebaliknya, respons yang lambat akan membuat pelanggan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut tentang brand kamu. Selain itu, kecepatan respons chat ini juga menjadi salah satu penilaian performa toko di sejumlah marketplace.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Ramah, sabar dan sopan adalah kunci untuk menempatkan konsumen sebagai raja.  Saat menerima ulasan yang kurang baik, segera tanggapi komentar tersebut dan cari tahu solusi apa yang dapat kamu berikan. Ini menunjukkan kepedulian brand terhadap kepuasan pelanggan.

Intinya, jaga hubungan baik dengan konsumen dengan menjaga interaksi dengan mereka. Follow-up kembali konsumen lama dengan memberikan info terbaru mengenai produk dan layanan bisnismu. 

Percayalah, impresi yang konsumen dapatkan dari penjual, adalah salah satu yang membuat mereka mau bertahan pada layananmu. Tak hanya menjaga loyalitas, melalui hubungan yang terjalin baik dengan pelanggan, kamu bisa mendapatkan insights yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnismu.

Karena kamu sudah memutuskan masuk ke dalam bisnis online, maka manfaatkanlah dunia digital semaksimal mungkin.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP