fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Menerapkan Marketing Omnichannel dengan D2C

Marketing omnichannel

Sebagai pebisnis, kamu mungkin sudah tahu tentang marketing dengan omnichannel? Kalau belum, kali ini LummoSHOP akan membahas apa itu omnichannel dan bagaimana menerapkannya dengan model bisnis D2C (direct to consumer). 

Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan D2C, yaitu model bisnis yang menerapkan jualan online tanpa adanya bantuan perantara. Sederhananya, kamu yang produksi, mengemas dan mengirim langsung ke konsumen tanpa adanya campur tangan pihak lain atau pihak ketiga. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Yang dimaksud pihak ketiga ini bisa reseller, dropshipper sampai toko retail dan minimarket. Dengan menggunakan LummoSHOP, kamu bisa langsung memasarkan produk melalui website bisnismu sendiri di media sosial. Nantinya website bisnis yang kamu buat terhubung langsung dengan konsumen.

Sedangkan omnichannel merupakan strategi penjualan yang memberikan pelanggan berbelanja yang terintegrasi. Pelanggan menelusuri produk di dalam toko online, lalu menambahkannya ke dalam keranjang untuk dibeli saat berada mereka berada di rumah ataupun di mana saja. 

Mereka juga bisa menelusuri media sosial melalui toko online kamu untuk mencari berbagai produk, lifestyle atau hanya ingin mendapatkan kupon diskon belanja untuk ditukarkan.

 

Apa Keuntungannya?

Omnichannel seperti dijelaskan di atas, semua itu bisa dilakukan di LummoSHOP, sehingga kamu tidak usah khawatir dalam mengelola, menjual, menjaga stok barang hingga pengiriman barang di LummoSHOP semuanya sudah terintegrasi. 

Di samping itu LummoSHOP juga menawarkan domain gratis yang bisa dibuat dengan mudah, bahkan website gratis dikelola oleh kamu. Sehingga, bisa diartikan, kamu hanya memikirkan bagaimana mengenalkan website jualan online ke pelanggan. 

LummoSHOP adalah salah satu contoh omnichannel terbaik dengan pengalaman yang lengkap. Berbagai titik kontak pelanggan sangat saling berhubungan sehingga konsumen bisa berlama-lama di website kamu untuk mencari kebutuhan yang dia inginkan.

Konsumen tidak perlu lagi datang ke toko fisik kamu. Cukup dalam genggaman jari saja sudah dapat membeli, tanpa perlu antre belanja, dan keluar berpanas-panasan. Tinggal klik di website dan sudah langsung sampai di rumah mereka. 

Bisa dibilang saat konsumen masuk ke dalam website yang kamu daftarkan di LummoSHOP. Pelanggan secara online melakukan pembelian atau menyesuaikan keranjangnya. Perubahan tersebut juga terlihat di aplikasi seluler LummoSHOP. 

Ini mengarah pada pengalaman tanpa batas konsumen dalam berinteraksi di website. Tidak peduli bagaimana atau di mana pelanggan berinteraksi, pengalaman berbelanja tetap sama.

 

Mengapa Harus Menerapkan Marketing Omnichannel?

Baru-baru ini, Harvard Business Review mempelajari 46.000 pembeli untuk mengukur dampak (jika ada) ritel omnichannel terhadap pengalaman mereka:

7% berbelanja online secara eksklusif

20% adalah pembeli khusus toko

73% menggunakan banyak saluran

Studi lain oleh Business Insider menemukan bahwa pembeli yang terlibat di beberapa saluran melakukan pembelian lebih sering.

Bahkan, Harvard Business Review melihat tren yang mencolok, bahwa “temuan kami menunjukkan bahwa pelanggan omnichannel senang mencari berbagai pebisnis online, dalam segala macam kombinasi dan tempat. Mereka tidak hanya menggunakan aplikasi ponsel untuk membandingkan harga atau mengunduh kupon, tetapi mereka juga merupakan pengguna setia alat digital di dalam toko seperti katalog interaktif, pemeriksa harga, atau tablet.”

Selain memiliki banyak saluran dan titik kontak, pembeli menyukai saat pengalaman saluran omni terintegrasi tersedia. Pelanggan yang berinteraksi dengan pengalaman omnichannel menghabiskan 4% lebih banyak di dalam toko dan 10% lebih banyak secara online juga.

Perusahaan dengan strategi ritel omnichannel mempertahankan rata-rata 89% pelanggan mereka dari saluran ke saluran.

Salah satu website yang menggunakan strategi Omnichannel dengan D2C adalah Amazon. Mereka telah membuat pasar digital sendiri dan menciptakan pengalaman langsung D2C secara alami. Sekarang, kita bisa memesan berbagai produk di Amazon tanpa terpengaruh jarak, negara dan waktu.

Mereka tidak lagi harus pergi ke toko dan menghabiskan waktu berjam-jam mencari atau lupa membeli. Sebagai gantinya, mereka hanya masuk ke situs Amazon dan memesan produk di sana. Bisnis online seperti Amazon ini bisa dilakukan dengan menggunakan LummoSHOP. Kamu bisa mendaftarkan website gratis dan berjualan online tanpa ribet.

Marketing omnichannel

Bagaimana Cara Marketing Omnichannel dengan D2C?

Ada beberapa cara marketing omnichannel dengan D2C. Berikut kami berikan poin-poinnya.

  • Mengetahui Keberadaan Pelanggan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu melalui berbagai platform seperti di media sosial maupun perangkat apa yang digunakan pelanggan kamu. Apakah mereka merupakan pengguna media sosial Instagram saja, pengguna seluler merk tertentu atau pengguna marketplace apa. Di samping itu juga apakah mereka suka berbelanja, hang out dan pengalaman apa yang memotivasi kehidupan sehari-hari mereka. Dengan data tersebut, kita bisa mengetahui apakah pelanggan kita menyukai produk yang ada di website jualan online teman-teman atau tidak. 

Cara tercepat untuk mengetahuinya adalah dengan melihat laporan di dalam Google Analytic Di sana kamu dapat melihat tempat tertentu yang mengarahkan orang ke website. Artinya, kamu dapat melihat bagaimana pelanggan menemukan bisnis online-mu.

  • Iklan dengan Facebook ads dan Google Ads

 

Sebagian besar orang mencari berita atau informasi mengenai Covid-19 melalui media sosial dan mesin pencari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan internet di Indonesia jumlahnya sangat tinggi. Menurut laporan terbaru dari We Are Social menyebutkan bahwa terdapat 212,35 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2021. Jika berdasarkan populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa itu artinya pada Januari 2021, 77% penduduk Indonesia menggunakan internet.

Dengan meningkatnya pengguna internet, artinya kamu bisa menjangkau mereka melalui iklan seperti facebook ads dan google ads. Keduanya merupakan sarana iklan efektif untuk menjangkau pengunjung. Apalagi pengguna facebook di Indonesia mencapai 176,5 juta jiwa. 

Di website online kamu yang didaftarkan di LummoSHOP, kamu bisa melakukan iklan langsung dengan facebook ads dan google ads untuk mencari pelanggan. Kamu juga dapat melihat grafik, bagan analisis yang serupa melalui LummoSHOP dengan menarik data dari saluran iklan kamu buat seperti Facebook Ads, Google Ads.

Dalam laporan tersebut, akan menunjukkan kepada kamu beberapa perangkat, ponsel, dan aplikasi yang digunakan pelanggan selama perjalanan mereka. Mempelajari data ini akan membantu kamu memperoleh pemahaman umum tentang pelanggan untuk jualan online kamu.

  • Jadikan Setiap Media Sosial yang Kamu Punya Terhubung dengan Website

 

Salah satu kunci utama dalam marketing di omnichannel adalah membuat setiap media sosial dan di website kita dapat dibeli. Seperti yang dilakukan Amazon dengan aplikasi seluler, situs web mereka.

Jika seseorang menambahkan produk ke keranjang mereka dari situs web kamu, itu juga harus ada di aplikasi seluler mereka. Jika mereka mendarat di Facebook, mereka membutuhkan produk yang disarankan berdasarkan tampilan produk sebelumnya.

Dengan membuat banyak titik kontak pelanggan, maka potensi mereka untuk membeli produk di jualan online kamu tidak terbatas. Dengan cara itu, siklus penjualan di bisnis online kamu akan berulang dan terus menghasilkan penjualan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Itulah manfaat-manfaat dengan menggunakan strategi omnichannel dalam D2C. Dengan cara ini, bisnis online kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Ketimbang menggunakan hanya satu ataupun multichannel.

Bagaimana, sudah siap untuk mendapatkan profit berulang? Segera buat toko online kamu di LummoSHOP!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP