fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mengenal Deskripsi Meta Produk yang Menghasilkan Penjualan

Saat kamu mungkin merasa sudah menuliskan deskripsi produk secara mendetail hingga membuat foto produk yang optimal, tapi penjualan masih belum optimal. Artinya, kamu masih memiliki kendala yang segera harus diperbaiki. Salah satunya adalah meta description atau deskripsi meta.

Pernah dengar apa itu deskripsi meta? Gunanya untuk apa dan kenapa bisnis harus menggunakannya? Bagaimana cara menulis deskripsi produk dan deskripsi meta yang baik? Baca sampai habis di artikel ini, jangan sampai terlewat ya.

Apa Itu Deskripsi Meta?

Meta description atau deskripsi meta adalah deskripsi singkat yang panjangnya sekitar 160 karakter yang berisi rangkuman konten dari suatu halaman website. Mesin pencari akan menampilkan deskripsi meta di hasil pencarian, terutama bila ada keyword atau frasa yang dicari ada di dalam deskripsi tersebut. Oleh sebab itu, mengoptimalkan deskripsi meta atau meta description ini sangat penting untuk kepentingan SEO pada halaman website termasuk toko online atau website jualan kamu. 

Fungsi dari deskripsi meta adalah untuk membuat orang yang melakukan pencarian di Google meng-klik postingan yang ada di halaman website jualan kamu. Keberadaan deskripsi meta ini untuk menghasilkan CTR (click through rate) halaman website kamu di mesin pencari. Dan Google menggunakan CTR ini sebagai cara untuk mengetahui apakah halaman website jualan kamu ini disukai oleh audiens. Dengan demikian, mengoptimalkan deskripsi meta atau meta description di halaman website menjadi sama pentingnya dengan mengoptimalkan judul postingan. 

 

Cara Menulis Deskripsi Meta yang Menarik Traffic

Menulis deskripsi meta bisa dibilang bukan sesuatu yang mudah karena kamu tidak bisa sembarangan. Kenapa begitu? Karena jika meta description ini tidak ditulis dengan optimal akan jadi sia-sia dan tidak akan berpengaruh pada peningkatan traffic website jualan kamu. Oleh karenanya perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Tidak Melebihi 160 Karakter

    Sebenarnya tidak ada pedoman yang benar-benar tepat harus seberapa panjang karena bergantung pada pesan yang ingin kamu sampaikan. Yang jelas, jangan terlalu panjang, karena biasanya hasil pencarian Google hanya akan menunjukkan rangkuman isi artikel atau website sepanjang 120 sampai 156 karakter. 

    Tipsnya adalah harus fokus pada pesan yang ingin disampaikan, tapi tetap pendek dan cukup menarik perhatian audiens. Dengan membuat deskripsi meta yang ringkas dan menarik, maka Google bisa memperlihatkan keseluruhan teks deskripsi meta halaman tersebut tanpa terpotong.

    Contoh: 

    Rekomendasi produk perawatan kulit terbaik untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat, termasuk bahan alami yang bisa didapatkan dari dapur Anda.

  2. Mengandung Call-to-Action
    Gunakan deskripsi meta sebagai bagian dari perjalanan audiens. Jadi pergunakan bahasa yang dapat memandu audiens untuk melakukan langkah berikutnya dengan menyertakan call-to-action (CTA) yang dapat mendorong audiens untuk langsung bertindak seperti, “Coba sekarang juga”, “Cari tahu lebih lanjut”, dan lain-lain.

    Contohnya: 

    Dengan LummoSHOP, miliki toko online gratis sebagai cara sukses jualan online yang menyenangkan dan tanpa ribet dengan berbagai fitur menarik. Coba sekarang juga!

  3. Sertakan Target Keyword

Setiap halaman website harus mencantumkan keyword yang ditargetkan agar Google dapat menyoroti istilah dalam hasil pencarian yang cocok dengan menebalkan kata-kata tersebut. Sehingga halaman website kamu jadi terlihat lebih mengundang dan relevan. Tujuannya agar saat kamu memasukkan keyword yang digunakan audiens dalam melakukan pencarian, mereka lebih mudah melihatnya. 

deskripsi meta

Tips Menulis Deskripsi Meta pada Halaman Produk

Lalu bagaimana dengan halaman produk? Penulisan meta description pada halaman produk justru sedikit lebih mudah karena halaman ini tidak menjelaskan bisnis kamu secara keseluruhan dan hanya berfokus ke produk kamu. Tuliskan keuntungan dan manfaat yang akan diperoleh oleh pembeli setelah membeli produk kamu. Contoh, jika kamu menjual UV sterilizer, berikan calon pembeli gambaran bahwa dengan produk yang kamu jual akan membuat barang-barang menjadi lebih steril dengan mematikan kuman dan aman tanpa merusak barang yang disterilisasi tersebut. 

Saat menulis meta description halaman produk, kamu harus fokus pada sesuatu yang memaksa para peselancar di Google yang notabene adalah calon pelanggan kamu untuk meng-klik Title Tag kamu. Untuk memaksa mereka datang ke website kamu, kamu bisa mulai dengan menjawab dua pertanyaan yaitu apa yang kamu tawarkan dan mengapa mereka harus membeli dari kamu? Untuk halaman produk, pertanyaan pertama memiliki jawaban yang mudah dan sederhana karena kamu tinggal menawarkan produk. Sedangkan pertanyaan kedua bisa diselesaikan dengan fakta seperti kamu adalah satu-satunya penjual produk itu atau produk kamu orisinal.

Cara Menulis Deskripsi Produk di LummoSHOP

Deskripsi produk yang baik adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh merchants atau pebisnis online baik di marketplace maupun di website jualan kamu. Tapi apa sih pentingnya deskripsi produk itu? Pentingnya deskripsi produk ini untuk memberikan informasi kepada pelanggan serta memberikan edukasi kepada pelanggan agar pelanggan tahu kebenaran dari suatu produk serta melengkapi kekuatan visual dari produk kamu. 

Setelah tahu pentingnya deskripsi produk, lantas bagaimana cara menulis deskripsi produk khususnya di LummoSHOP yang menyediakan toko online gratis? 

  • Deskripsi Produk Lengkap dan Jelas

Cantumkan informasi selengkap mungkin seperti:

– Berat, bahan, dan warna

– Dimensi/ ukuran

– Kegunaaan/ manfaat

– Kelebihan/ keunggulan produk

Jika menggunakan sistem pre-order, cantumkan kapan barang akan selesai dan siap dikirim ke alamat pengiriman.

  • Mudah Dipahami

Semakin mudah dipahami maka akan semakin besar juga jumlah orang yang dapat tertarik dengan produk kamu. Susun kalimat semenarik mungkin, tapi jangan berlebihan atau over promise dan jangan berbohong ya. Bayangkan saja seperti kamu sedang memasarkan produk tersebut secara offline, kira-kira apa yang akan kamu katakan ke calon pembeli kamu?

  • Jangan Terlalu Panjang

Hal yang harus selalu kamu ingat saat membuat deskripsi produk adalah orang Indonesia itu paling malas untuk membaca yang panjang-panjang. Oleh sebab itu, buat kalimat seefektif mungkin tapi tetap bisa menjelaskan produkmu dengan baik.

  • Jangan Copy-Paste

This is a big no! Jangan pernah melakukan copy-paste atau duplikasi deskripsi produk dari toko lainnya. Kenapa? Karena dengan melakukan hal ini akan menghilangkan kepercayaan calon pembeli pada toko kamu. Kamu pasti tidak mau kan kehilangan pembeli? Memang butuh sedikit usaha untuk membuat deskripsi produk, tapi setidaknya deskripsi produk kamu otentik. 

  • Bercerita

Bayangkan kamu sedang bercerita tentang produk tersebut sehingga rangkaian kalimat yang kamu buat tidak terasa seperti sedang menjual atau memaksa. Anggap saja kamu sedang bercerita atau sedang memberikan rekomendasi yang jujur ke temanmu. Dengan demikian, deskripsi produkmu menjadi lebih relevan untuk konsumen. 

Nah itu tadi adalah pengertian deskripsi meta dan manfaatnya bagi bisnis kamu serta tips menulis deskripsi produk yang baik agar pembeli yang datang ke tokomu yakin berbelanja di tokomu dan menghasilkan penjualan yang optimal. Yuk segera upload produk terbaikmu di LummoSHOP dengan visual maksimal dan buat deskripsi produknya semenarik mungkin, yang sayang untuk dilewatkan oleh pembeli kamu. Semangat mencoba ya pebisnis! Good luck!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP