fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mengenal Instagram Shopping dan 7 Cara Memakainya

instagram shopping_01

Fitur Instagram shopping yang dirilis pertama kali tanggal 19 Mei 2020 lalu, diklaim mampu menghadirkan pengalaman belanja e-commerce secara lengkap, di dalam media sosial Instagram.

Meson-digital.com menyebutkan, Instagram adalah platform dengan jumlah pengguna aktif Instagram yang melampaui satu miliar setiap bulan, dan menghasilkan 500 juta post Instagram Stories 500 juta per-hari di seluruh dunia. Instagram juga menawarkan banyak peluang bagi pemilik bisnis untuk menemukan konsumen baru. 

Apakah dengan adanya fitur ini kamu bisa memaksimalkan bisnis dan mendongkrak penjualan? Simak ulasannya di bawah ini untuk mengetahui apa saja fitur Instagram shopping, dan cara menggunakannya untuk membuat konten bisnismu sukses.

Mengenal Fitur Instagram Shopping

instagram shopping_03Sebagai media promosi bisnis yang andal,  Instagram memperkenalkan fitur barunya yaitu Shops—toko online e-commerce. Kelebihan menggunakan fitur ini adalah:

  1. Fitur Instagram Shopping dirancang agar terintegrasi dengan Facebook, WhatsApp, dan Messenger yang bisa dikelola hanya dengan satu platform. Semua dikelola di bawah Facebook Commerce Manager.
  2. Karena mudah digunakan, fitur ini populer di kalangan brand-brand kecil untuk memasarkan produk fisik mereka, sekaligus mengubah followers mereka menjadi konsumen tanpa harus keluar dari aplikasi tersebut.
  3. Instagram Shopping menyediakan pebisnis membuat katalog produk, sehingga konsumenmu dapat membeli produk secara langsung melalui postingan feed, stories, atau katalog di profil bisnis. 

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

  1. Ubah akun pribadimu menjadi akun bisnis.
  2. Pastikan kamu hanya menjual produk yang sesuai dengan kebijakan perdagangan di Instagram.
  3. Salah satu syarat untuk membuat Instagram shopping adalah menautkan profil bisnis Instagram ke Facebook Commerce Manager, dan daftarkan menjadi New Shop. Ikuti panduan langkah demi langkah tentang cara membuat katalog bisnis. 
  4. Klik Submit dan tunggu hingga Facebook Shop kamu disetujui. Proses persetujuan dilakukan dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam. Setelah disetujui, akan ada notifikasi di Faceook.
  5. Mengintegrasi Facebook Shop dengan laman Instagram
  • Masuk ke bagian Settings di Instagram.
  • Klik Business.
  • Klik Sign Up for Instagram Shopping.
  • Ikuti langkah-langkah di dalamnya dan klik Submit untuk mengaktifkan Instagram Shopping.

Proses ini memakan waktu 1-3 hari. Jika disetujui, kamu akan melihat tab Shopping di dalam bagian Settings.

7 Cara Menggunakan Fitur Instagram Shopping untuk Mendongkrak Penjualan

Jika akun Instagram sudah menjadi akun bisnis, kamu tinggal membuat promosi untuk toko online-mu di Instagram. Ada 7 fitur Instagram Shopping yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1. Shopping sticker

Pebisnis menggunakan stiker ini melalui Instagram Stories, dengan cara mengunggah foto produk.  Tambahkan stiker shopping berbentuk tas kecil dari sticker’s library. Stiker ini akan langsung mengarahkan calon konsumen kepada produk. 

2. Instagram Shopping Tag

Instagram shopping tag muncul di post feed instagram, mengarahkan konsumen menuju katalog produk, sehingga  konsumen bisa melihat harga dan produk lebih detail. 

3. Instagram Shopping Ads

         Fitur ini sangat penting dan berguna untuk mengiklankan Instagram shopping post sehingga kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Mengapa? Karena sebenarnya jumlah jangkauan audiens hanya sekitar 10-15% dari jumlah followers organik. Itu sebabnya kamu memerlukan Instagram Ads untuk memperluasnya. Untuk menyiapkan Iklan Instagram Shopping, buka Pengelola Iklan Facebook  lalu ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Klik + Buat dan pilih tujuan: jangkauankesadaran merekklik tautanketerlibatan pos, atau konversi.
  • Pilih audiens yang ingin kamu targetkan.
  • Pilih Edit penempatan dan feed Instagram yang ingin diiklankan
  • Saat penyesuaian set iklan, pilih ‘Gunakan Posting yang Ada’.
  • Pilih konten belanja yang ingin kamu iklankan.
  • Lengkapi informasi untuk iklanmu.

4. Katalog produk

       Katalog produk ini terletak persis di bawah profil akunmu, dengan tulisan “Lihat Toko”. Produk-produk yang ditawarkan akan ditampilkan di katalog, dan jika di-klik, konsumen akan melihat nama produk, tampilan foto dan harga produk. Jadi, pastikan kamu menggunakan gambar produk dengan resolusi yang terbaik. 

5. Shopping Tag di Akun Tertentu

Instagram shopping tag berguna agar memudahkan produkmu di-tag oleh para influencer di dalam postingan mereka, sehingga akan semakin banyak follower yang mengetahui produk dan juga bisnismu.

6. Product Launches

Fitur product launches berguna saat membuat pengumuman, misalnya saat launching produk baru. Kamu bisa menggunakan fitur waktu mundur, sehingga konsumen bisa menghidupkan notifikasi, lalu menantikan saat belanja online.

7. Live Shopping

instagram shopping_02Saat ini, karena sempat terdampak pandemi, orang lebih suka memanfaatkan berbelanja online dengan cara menonton live shopping Instagram. Cara ini menarik banyak pebisnis yang memanfaatkan fitur untuk menjual produk ini secara langsung.

Tips Sukseskan Instagram Shopping

Selain menggunakan fitur-fitur Instagram Shop tersebut maka pebisnis juga harus jeli dan melakukan hal-hal berikut:

  • Selalu menggunakan foto produk terbaik

Usahakan memberi ciri-ciri khusus pada foto produk, misalnya memilih satu tone warna secara konsisten, foto produk flatlay, dan lain-lain. Tiga elemen yang bisa membuat citra produk berkualitas tinggi, antara lain: 

  1. Gunakan latar belakang hitam, putih, atau abu-abu muda di belakang produk,  untuk memberikan tampilan yang bersih dan konsisten.
  2. Gunakan meja, dan beberapa property foto, agar posisi produk lebih tinggi, sehingga memudahkan saat memotret.
  3. Cahaya natural adalah yang paling baik dan ramah anggaran, jika memungkinkan, foto produk dan peralatan di dekat jendela besar.
  • Riset tagar yang tepat

Sebagai pelaku bisnis, kamu wajib menciptakan tagar khusus agar sesuai dengan produk yang ingin kamu promosikan. Tagar Instagram adalah cara untuk membangun brand awareness, dan menghubungkan kontenmu ke satu topik tertentu. 

Tagar membantu kontenmu mudah ditemukan, karena saat kamu memublikasikan postingan yang dapat dibeli dengan tagar, postingan tersebut akan muncul di beranda dengan ikon tas belanja. Konsumen akan tahu bahwa item itu tersedia untuk dibeli.

  • Perlakukan produk sebagai bagian dari gaya hidup

     Saat membuat konten, bantu calon konsumen untuk memvisualisasi cara menggunakan produk atau jasa tersebut. Bahkan, jika kontenmu menunjukkan bahwa  orang-orang memakai produk tersebut karena menyukainya, kamu tak perlu lagi menggunakan kalimat ajakan untuk membeli!

  • Jangan hanya “jualan” tapi edukasi dan hiburlah audiens

Sudah bukan rahasia umum, audiens tidak suka dengan iklan yang langsung menjual produk. Kamu dapat memberikan konten hiburan, edukasi, dan berilah informasi lainnya. Gunakan bantuan reels untuk membuat video yang menghibur dan mengedukasi.

  • Berinteraksi di Instagram Stories

Setelah kamu tahu bahwa Instagram stories juga menyediakan fitur shopping kamu bisa memaksimalkannya. Gunakan foto terbaik untuk dijadikan stories, pilih stiker ikon dengan bentuk tas belanja, dan ketik akun bisnis Instagram Anda.

Eksplor dan gunakan cara-cara serta tips di atas untuk memaksimalkan potensi bisnismu, ya!