fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Mengoptimalkan Whatsapp Bisnis untuk Digital Marketing 

whatsapp bisnis

Acungkan tangan kalau kamu setuju, bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang populer? Yes, tebakanmu benar. Berdasarkan hasil laporan terbaru Hootsuite dan We Are Social pada Januari 2021 lalu, WhatsApp merupakan platform tertinggi ketiga yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Banyak orang di berbagai negara menggunakan platform ini untuk berkomunikasi. Berdasarkan data Statista, Indonesia menjadi negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak ketiga di dunia. Jumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021. Dengan jutaan pengguna, wajar saja kalau WhatsApp memperluas platform mereka dengan membuat aplikasi bisnis. Januari 2018 lalu, WhatsApp resmi meluncurkan aplikasi WhatsApp Business, di antaranya untuk memfasilitasi para pemilik usaha kecil berkomunikasi dengan konsumen masing-masing.

Melihat banyaknya jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia, menjadi peluang yang bagus bagi kamu dalam mengoptimalkan WhatsApp bisnis untuk digital marketing.

(Baca juga: Jenis-Jenis Digital Marketing yang Pebisnis Perlu Ketahui)

Mengenal WhatsApp Business dan Fiturnya

WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan OTT (over-the-top) yang menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan pesan pribadi bagi pebisnis untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Namun, tidak seperti chatting biasa, pemilik usaha kecil beroleh tawaran sejumlah alat untuk membantu mengatur, mengotomatisasi, dan mempercepat proses komunikasi. Kamu dapat menggunakan beberapa fitur dari WhatsApp Bisnis untuk digital marketing. Berikut fitur-fitur tersebut:

  • WhatsApp Bisnis memungkinkan kamu membuat profil publik untuk bisnismu dengan menyertakan informasi dasar, termasuk alamat, situs web, akun media sosial, dan informasi penting lainnya. Akun WhatsApp Business akan memiliki tanda sebagai akun bisnis, sehingga konsumen dapat mengenali.
  • Chat yang berbeda dapat diberi label untuk pengelompokan, seperti konsumen baru, konsumen lama, atau pelanggan setia. Fitur label berfungsi sebagai pengelola kontak dan chat untuk memudahkan pebisnis dalam meresponsnya.
  • Pebisnis juga dapat mengatur pesan otomatis untuk memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) oleh konsumen. Pebisnis juga bisa memfungsikan pesan otomatis ini untuk menyapa dan mengenalkan diri kepada konsumennya.
  • Pada November 2019, Facebook meluncurkan fitur baru untuk WhatsApp Bisnis, yaitu katalog yang dapat bermanfaat bagi pebisnis untuk mempublikasikan produk-produk. Selaku pebisnis, kamu dapat melengkapi deskripsi dan harga pada foto produk di katalog, sehingga konsumen dapat langsung membeli (add to cart) atau menanyakan lebih lanjut.
  • Kamu bisa mempromosikan ratusan produk atau layanan dengan katalog yang terdapat pada profil bisnis kamu. Asyiknya lagi, link katalog ini dapat kamu bagikan di media sosial untuk memudahkan konsumen menghubungi kamu secara langsung. Fitur ini juga bisa menyembunyikan barang yang kosong dan menampilkan keterangan stok habis.

(Baca juga: 15 Cara Promosi Produk yang Pasti Berhasil untuk Bisnis)

Digital Marketing melalui WhatsApp Bisnis

whatsapp bisnis

Setelah mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Bisnis, mungkin langsung terlintas di benak kamu untuk mengoptimalkannya sebagai digital marketing bisnis. Ini ide yang sangat bagus! Dalam era digital seperti saat ini, digital marketing merupakan salah satu elemen penting untuk mempromosikan bisnis, memasarkan produk, dan meningkatkan penjualan. Tentu saja, tiga hal ini akan dapat membuat bisnis kamu tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan. Sekarang, yuk, kita bahas bagaimana cara mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk digital marketing.

(Baca juga: Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Pemula)

  1. Tingkatkan Visibilitas Bisnis Kamu

Ada beberapa cara untuk mencapai hal ini. Yang pertama, kamu perlu memberikan informasi bisnis kamu secara lengkap di bagian ‘Profil’. Kamu dapat memberikan hal-hal penting seputar bisnis kamu. Hal itu mencakup deskripsi bisnis, hari dan jam operasional, akun sosial media, lokasi, alamat e-mail, dan detail kontak lainnya.

Kedua, tambahkan katalog ke WhatsApp Bisnis kamu. Katalog memungkinkan pebisnis mengunggah foto dan deskripsi produk secara massal, sehingga konsumen dapat menelusurinya langsung di aplikasi. Ini adalah cara mudah bagi konsumen untuk mengetahui lebih detail tentang apa yang dapat mereka beli dari kamu. Bonusnya, konsumen bisa secara langsung menghubungi kamu, kemudian membeli produk yang kamu tawarkan.

(Baca juga: Mau Tampilan Katalog Menarik? Yuk, Ikuti Tips dari LummoSHOP!)

Kamu dapat menggunakan katalog untuk menampilkan produk-produk baru, atau menampilkan produk kamu yang paling populer untuk memikat konsumen. Untuk mengisi profil dan katalog bisnis kamu, klik titik tiga di pojok kanan atas > setting > business tools > business profile untuk mengisi profil dan katalog.

  1. Menggunakan Link WhatsApp

Dengan link WhatsApp, kamu bisa mendapatkan nomor ponsel konsumen kamu dan bisa menjalin komunikasi plus digital marketing yang lebih lancar dengan mereka. Buat konsumen, ini juga memudahkan mereka. Hanya dengan mengklik link WhatsApp, konsumen akan dapat mengirimkan pesan WhatsApp ke kamu tanpa mesti repot menambahkan nomor WhatsApp kamu ke daftar kontak mereka. Kabar baiknya, LummoSHOP menyediakan fitur ini untuk para pebisnis. Cek info detailnya di sini, deh.

  1. Otomatiskan Pesan Memakai Fitur Greeting dan Away Message

Saat menggunakan WhatsApp Business, kamu dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Nah, untuk memanfaatkan peluang berinteraksi langsung dengan konsumen dengan cepat, cobalah mengotomatiskan pesan menggunakan fitur Greeting dan Away Message. Dengan begitu, WhatsApp Bisnis kamu dapat memberi respons pada pertanyaan konsumen secepat kilat dan memberikan kesan yang baik serta profesional. Kamu dapat mengirim pesan untuk konsumen yang pertama kali menghubungi bisnis kamu melalui WhatsApp Business toko kamu. Secara otomatis, fitur ini akan membalas chat dengan sapaan. Selain itu, fitur ini juga bisa mengirimkan pesan pada konsumen yang tidak melakukan komunikasi atau transaksi dengan kamu selama 14 hari.

(Baca juga: Tips Membalas Chat Pelanggan)

Bayangkan, betapa asyiknya ketika bisa memberikan penawaran produk dengan respons yang cepat. Misalnya, kamu dapat mengatur pesan selamat datang untuk menjawab pertanyaan konsumen tentang produk kamu. Contohnya: “Selamat datang di Ginny’s Cupcake! Apakah kamu ingin tahu tentang penawaran sale kami?”

Kamu juga bisa menyertakan balasan cepat yang menautkan ke katalog, atau promosi lainnya. Jangan lupa juga untuk memakai fitur Away Message yang memungkinkan pebisnis dapat mengirim balasan otomatis saat jam operasional belum berjalan. Hal itu akan membuat pelanggan merasa terlayani selama 24 jam.

  1. Intregasikan dengan Digital Marketing Channel Lainnya

whatsapp bisnis

Jika kamu menggunakan Whatsapp sebagai digital marketing tools, kamu bisa menjangkau jutaan orang. Namun, ini berarti kamu harus menggunakan berbagai platform yang kamu miliki. Jadi, konsumen dapat menjangkau kamu dengan lebih personal menggunakan WhatsApp melalui banyak channel. Contohnya, kamu bisa memasang WhatsApp widget web chat ke website kamu. Widget akan membawa pengunjung website kamu ke WhatsApp Bisnis. Cara lainnya, dengan menyematkan link WhatsApp Bisnis kamu di Linktree media sosial kamu. Selain Linktree, kamu juga bisa menggunakan tools serupa.

  1. Manfaatkan Broadcast Message untuk Digital Marketing

Pada waktu-waktu tertentu, boleh banget untuk mengirim informasi menarik atau promosi (kode promo, give away, flash sale) melalui broadcast message. Cara ini akan lebih personal bagi konsumen daripada mendapat informasinya dari media sosial atau iklan. Jadi, bukan hanya dapat mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk digital marketing, tetapi juga mampu menjaga bonding yang baik antara bisnis kamu dengan konsumen. Fitur ini memungkinkan kamu mengirimkan pesan ke 256 pelanggan secara simultan atau dalam waktu bersamaan. Coba, yuk!

Nah, setelah mengenal WhatsApp Bisnis lebih dekat dan memahami cara mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk digital marketing, kamu bisa langsung mempraktikkannya untuk meningkatkan cuan dan juga untuk branding bisnis kamu. Selamat mencoba, ya.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP