fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Merencanakan dengan Cermat Perihal Biaya Iklan di Instagram

Biaya iklan di instagram

Paid ads atau media berbayar saat ini menjadi alat pemasaran yang hebat di Instagram. Sebagaimana iklan Facebook, iklan Instagram menawarkan penargetan dan fleksibilitas tingkat lanjut agar dapat diakses oleh hampir semua bisnis. Tak heran kalau nyaris semua bisnis menggunakan paid ads ini. Akan tetapi, bagaimana biaya iklan di Instagram?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Popularitas platform visual ini memang layak untuk merebut hati audiens target kamu dengan paid ads. Bagaimana bagi yang masih ragu soal biaya yang harus dikeluarkan untuk beriklan di Instagram? Pada artikel kali ini, mari kupas habis seputar biaya iklan di Instagram.

Mengapa Layak Mengeluarkan Biaya Iklan di Instagram?

Beriklan di media sosial menghadirkan banyak manfaat. Bahkan, ada beberapa manfaat khusus dari membayar impressions iklan di Instagram daripada hanya menjalankan kampanye dan boosting langsung dari akun bisnis kamu.

Penargetan Lanjutan

Berdasarkan data Hubspot, dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan, Instagram menempati urutan kedua setelah Facebook. Platform ini memiliki kekuatan data penargetan yang sangat kuat. Mengingat berada dalam naungan yang sama dengan Facebook, iklan Instagram juga menggunakan data demografi dan geografis komprehensif yang sama. Penargetan lanjutan inilah yang membuat iklan Instagram bekerja dengan sangat baik.

Kamu bisa menentukan berbagai sasaran audiens sesuai targetmu. Perihal itu, kamu dapat menggunakan native audience Facebook berdasarkan minat, perilaku, atau demografi lainnya, atau memanfaatkan custom audience kamu sendiri yang memanfaatkan Pixel, daftar e-mail, atau sumber lainnya.

Tingkat Engagement yang Lebih Tinggi

Instagram dikenal dengan tingkat engagement yang tinggi, secara organik maupun melalui iklan berbayar. Foto atau gambar di Instagram menerima rata-rata 23% lebih banyak keterlibatan daripada saat dibagikan di Facebook. Dalam hal engagement organik, brand di Instagram mengatakan, bahwa mereka memiliki sekitar 4% pengikut yang melihat konten mereka.

Berlandaskan itu, sebuah keputusan yang bijaksana untuk membayar biaya iklan di Instagram untuk memperluas jangkauan dan visibilitas brand kamu. Meskipun segala bentuk konten visual dapat berkinerja baik, biasanya brand melihat lebih banyak engagement pada iklan video (sekitar 38% lebih banyak). Sebagai platform visual, gambar dan video sangat kuat dalam mendorong lebih banyak interaksi daripada platform sosial berbasis teks lainnya.

Link Eksternal

Saat ini, memang Instagram tidak memungkinkan pengguna untuk bisa klik link pada postingan organik. Alternatifnya, kamu dapat menyertakan link dalam caption atau DM. Itu pun penerima mesti menyalin dan menempelkannya ke browser mereka atau mengunjungi tautan di bio Instagram kamu.

Dengan iklan Instagram, kamu dapat menyertakan link eksternal yang memungkinkan kamu untuk menentukan URL tujuan ke website kamu atau URL eksternal lainnya. Untuk dapat melacak traffic website dengan lebih baik dari iklan Instagram, sangat disarankan untuk menggunakan domain kamu sendiri karena mesti menginstal Pixel pada website. Hal ini tidak bisa kamu lakukan di URL website lain yang kamu sendiri tidak memiliki aksesnya.

Video yang Lebih Panjang

Video Feeds dan Explore Instagram dapat berdurasi hingga 60 detik, sedangkan Stories biasanya berdurasi hingga 15 detik. Jika kamu menjalankan iklan di tiga penempatan ini, kamu bisa membuat konten video hingga 2 menit. Artinya, ini memberi kamu lebih banyak kesempatan untuk menyampaikan pesan brand serta fitur dan manfaat penawaran produk atau layanan kamu.

Berapa Besar Biaya Iklan di Instagram?

Bicara tentang biaya iklan di Instagram, sebenarnya tidak berbeda dengan biaya Facebook Ads yang terjangkau, yaitu minimal Rp25.000,00 selama satu hari. Namun, semakin banyak biaya iklan di Instagram yang kamu alokasikan, akan semakin banyak pula jumlah orang yang dapat kamu jangkau.

Selain mengatur secara harian, kamu juga bisa menganggarkan budget iklan dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, kamu bisa mengalokasikan biaya iklan di Instagram sebesar Rp1.000.000,00 untuk beriklan selama seminggu. Untuk melakukan pembayaran bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Lalu bagaimana dengan rata-rata biaya per klik (CPC), biaya per keterlibatan (Cost per engagement), dan biaya per seribu impressions (CPM) di Instagram?

Cost per Click (CPC/Biaya per Klik) Instagram

Biaya iklan di instagram

Mengutip dari Wordstream, CPC Instagram pada tahun 2021 berkisar dari US$0,40-US$0,70. Ini memperhitungkan semua klik yang terjadi pada iklan, yang tidak hanya mencakup klik link, tetapi juga reaksi seperti like, komentar, dan berbagi.

Untuk iklan yang memiliki URL atau link eksternal, biaya per klik Instagram pada tahun 2021 berkisar antara US$0,50-US$0,95.

Cost per Engagement (CPE/Biaya Instagram per Keterlibatan)

Pada tahun 2021, cost per engagement berkisar dari US$0,01-US$0,05.

Cost per Mile (CPM/Biaya Instagram per Seribu Tayangan)

Pada tahun 2021, cost per miles berkisar antara US$2,50-US$3,50 untuk kampanye yang berkinerja baik. Dalam hal CPM, Facebook cenderung lebih tinggi daripada Instagram, hampir 2x lipat. Namun, untuk CPC Facebook lebih rendah hampir setengahnya daripada Instagram.

Faktor yang Memengaruhi Biaya Iklan di Instagram

Biaya iklan di instagram

Ada empat faktor inti yang menentukan biaya iklan Instagram kamu yaitu:

  • Bid Amount atau Jumlah Penawaran

Jumlah penawaran atau bid amount akan menentukan berapa banyak yang kamu belanjakan untuk kampanye iklan Instagram. Kamu harus memutuskan berapa banyak budget yang kamu sediakan, karena nilai tawaran kamu juga akan memengaruhi jumlah yang kamu bayarkan.

Misalnya, kamu hanya memiliki budget Rp500.000,00 dan bid amount kamu adalah Rp10.000 per klik, maka kamu hanya mendapatkan 50 klik pada iklan. Budget Rp1.000.000,00 dengan CPC Rp10.000 akan menghasilkan 100 klik. Menaikkan bid amount 2 kali lipat dalam skenario yang sama akan menghasilkan dua kali lebih banyak klik.

  • Ads Relevancy Score atau Biaya Relevansi Iklan

Skor relevansi iklan akan berdampak pada biaya iklan Instagram kamu. Skor relevansi iklan adalah seberapa relevan Instagram menganggap iklan kamu dalam kaitannya dengan audiens yang akan melihat iklan kamu.

Instagram ingin menampilkan konten yang relevan kepada audiens di feed mereka. Mereka akan menjadikan reaksi orang terhadap iklan kamu sebagai dasar skor.

Apabila orang menanggapi secara positif iklan kamu, skor relevansi iklan kamu akan meningkat. Hal ini mencakup tindakan pada iklan kamu, seperti mengklik, berkomentar, menyukai, dan banyak lagi. Pada sisi lain, tindakan seperti menyembunyikan iklan menyebabkan respons negatif. Akibatnya, akan memberikan skor relevansi iklan yang lebih rendah yang akan merusak kinerja iklan kamu.

Iklan dengan skor relevansi tinggi ditempatkan di atas skor relevansi rendah. Memiliki iklan yang lebih relevan, berarti kamu akan membayar mendekati jumlah minimum. Tak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan lebih banyak klik pada kampanye iklan dan mendorong lebih banyak prospek. 

  • Estimation Action Rates atau Perkiraan Harga Tindakan

Estimation action rates juga akan memengaruhi harga iklan Instagram kamu. Menurut Instagram, harga ini berdasarkan pada kemungkinan orang bertindak atas iklan kamu. Pada dasarnya, mereka ingin mengumpulkan seberapa besar kemungkinan audiens kamu terlibat dengan iklan tersebut.

Keterlibatan ini mencakup tindakan seperti mengklik dan mengonversi. Instagram ingin mempromosikan iklan yang mereka yakini akan membuat orang terlibat dan berinteraksi dengan konten kamu.

Saat Instagram yakin banyak orang berinteraksi dengan iklan kamu, mereka akan menempatkan iklan kamu terlebih dahulu. Artinya, kamu akan mendapatkan jumlah tawaran yang lebih rendah, yang memungkinkan kamu memperoleh lebih banyak prospek dan konversi.

  • Kompetisi

Kompetisi akan selalu mempengaruhi biaya iklan di Instagram. Saat kamu mencoba menjangkau demografi tertentu, akan selalu ada kompetitor yang mencoba menjangkau grup yang sama. Kompetisi ini dapat menyebabkan perubahan biaya kampanye iklan Instagram kamu.

Jika ada orang lain yang menawar untuk menjangkau audiens yang sama, itu dapat menyebabkan perang penawaran. Perusahaan harus mengalahkan satu sama lain untuk mendapatkan penempatan teratas. Ini berarti CPC kamu berkemungkinan naik dalam upaya menawar terhadap pesaing.

Terdengar rumit, ya, pebisnis, saat bicara tentang biaya iklan di Instagram? Namun, setidaknya dengan pemaparan di atas kamu mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan komprehensif sebelum terjun ke Instagram ads. Pada akhirnya, tidak ada jawaban pasti tentang berapa biaya iklan di Instagram, karena ada banyak elemen yang memengaruhi.

Jadi, walaupun tidak akan pernah tahu persis berapa biaya iklan di Instagram, kamu harus memahami faktor-faktor yang dapat membentuk cara beriklan dan membangun strategi periklanan kamu di Instagram.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP