fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Multichannel dan Omnichannel, Kenali Keduanya di Sini

penerapan multichanel dan omnichanel 01

Terdapat beragam model pemasaran dalam dunia marketingBeberapa model yang akan menjadi bahasan saat ini adalah multichannel dan omnichannel

Sebagai pebisnis online, kamu perlu menggunakan salah satu di antara keduanya, multichannel atau omnichannel. Keduanya akan berkaitan erat dengan proses pemasaran yang kamu gunakan dengan teknologi digital. 

Lantaran penting fungsinya dalam bisnis, tentu kamu perlu memahaminya. Yuk, mulai kupas tuntas multichannel dan omnichannel

Pengertian Multichannel dan Omnichannel

Sebelum membahas tentang pengertian multichannel dan omnichannel, ada baiknya mengenal terlebih dahulu mengenai channel dalam konteks marketing, baik di ranah digital maupun non-digital.

Dalam dunia digital saat ini, terdapat banyak piranti yang bermanfaat untuk sarana marketingSebut saja untuk gawai ada ponsel, laptop dan telepon biasa. Kemudian untuk masing-masing gawai tersebut terdapat fasilitas digital atau aplikasi yang bisa dipergunakan untuk keperluan pemasaran. Contoh aplikasinya adalah website, blog, email, media sosial, telepon, SMS, dan masih banyak lainnya. Kemudian masih ada beragam aplikasi khusus untuk berjualan atau promo. Sementara dalam dunia non-digital, marketing bisa dilakukan dengan menggunakan brosur, pamflet, baliho, dan sebagainya. Semua yang tersebut itu merupakan contoh dari channel.

Kamu dapat menggunakan channel-channel tersebut untuk menawarkan barang atau jasa yang kamu jual. Nah, dalam konteks dunia digital, penggunaan beragam marketing channel tersebut kemudian memunculkan istilah multichannel dan omnichannel

Multichannel merujuk kepada penggunaan semua channel marketing yang memungkinkan untuk menawarkan barang atau jasa. Masing-masing channel dalam multichannel bekerja sendiri secara terpisah. Oleh sebab itu, membutuhkan admin untuk masing-masing channel. Setiap channel memberikan informasi yang sama, dan tidak menggali hubungan yang lebih dalam dengan konsumen.       

Bagaimana dengan omnichannel?

Omnichannel juga memanfaatkan beragam saluran digital dalam proses pemasarannya. Akan tetapi alih-alih membiarkan setiap channel bekerja sendiri, dalam model ini ada integrasi antar channel. Sehingga masing-masing channel melakukan kerjasama, memberikan pengalaman pada konsumen yang saling berhubungan dan bertumbuh. 

Perbedaan Multichannel dan Omnichannel

Setelah mencermati pengertian Multichannel dan Omnichannel di atas, maka bisa terlihat perbedaan mengenai keduanya, seperti:

  • Keterikatan antar channel.

Multichannel membiarkan setiap channel terpisah dan bekerja secara mandiri. Sedangkan dalam omnichannel, setiap penggunaan channel bisa terintegrasi, sehingga bisa menumbuhkan proses saling bekerja sama.

  • Pengalaman kepada konsumen.

Dalam multichannel, pengalaman yang tersuguhkan dalam setiap channel adalah sama. Sementara dalam omnichannel, setiap channel bisa memberikan pengalaman yang berbeda, sehingga konsumen mengalami interaksi yang lebih mendalam dengan suatu bisnis.

  • Hubungan dengan konsumen.

Multichannel tidak menumbuhkan hubungan dengan konsumen, sifatnya hanya sekali dan sama. Omnichannel mampu menumbuhkan hubungan dengan konsumen, sehingga ikatan bisnis dengan konsumen lebih erat. 

  • Dalam hal interaksi dengan konsumen.

Multichannel terbatas dalam berinteraksi dengan konsumen, karena setiap channel memberikan hal yang sama. Omnichannel membuat konsumen dan bisnis berinteraksi dengan lebih mudah, karena setiap channel berfungsi dengan maksimal dan saling berhubungan. 

Contoh Penerapan Multichannel dan Omnichannel

penerapan multichanel dan omnichanel 02Secara sederhana, contoh penerapan multichannel dan omnichannel adalah sebagai berikut.

Multichannel

Seorang konsumen melihat barang di Instagram Toko A. Kemudian berminat membelinya. Dalam Instagram Toko A disebutkan untuk pembelian bisa melalui nomor WhatsApp atau langsung menuju Toko A yang offline (fisik). Kemudian saat konsumen menghubungi nomor WhatsApp yang dimaksud dan setuju melakukan pembelian, ia harus membayarkan sejumlah uang dengan melakukan transfer di bank tertentu. Sedangkan jika konsumen langsung membeli di Toko A yang fisik, ia bisa langsung membayar di tempat.  

Omnichannel

Seorang konsumen melihat barang di Instagram Toko B, yang akunnya itu lengkap memuat website dan marketplace Toko B, termasuk alamat fisik Toko B. Kemudian konsumen tersebut merasa tertarik sehingga kemudian mengunjungi website atau marketplace Toko B. Di sana lebih beragam produk yang tersuguhkan, sehingga pilihan menjadi lebih banyak. Konsumen kemudian memilih salah satu, dan untuk pembayaran bisa berlangsung dengan aneka pilihan pembayaran digital yang tersedia. Jika ingin mengunjungi Toko B secara langsung, pembeli bisa membayar tunai di tempat atau menggunakan pembayaran digital.    

Kelebihan 

Marketing menggunakan multichannel dan omnichannel memiliki kelebihan masing-masing. Memilih antara keduanya tentu adalah keputusanmu sebagai pebisnis. Berikut adalah kelebihan dari multichannel dan omnichannel:

Kelebihan Multichannel

Banyaknya channel yang dipergunakan dalam marketing, akan meningkatkan feedback dari pelanggan. Mereka akan mengetahui bisnismu dari banyak saluran. 

  • Meningkatkan sebaran informasi kepada konsumen.

Semakin banyak penggunaan channel, maka keterkenalan bisnismu juga akan meningkat. 

  • Lebih tahu keinginan konsumen.

Karena menggunakan banyak channel, akan lebih banyak aspirasi yang bisa kamu peroleh dari konsumen. Aspirasi tersebut akan berguna untuk masukan-masukan dalam menjalankan bisnismu. 

  • Merupakan sarana untuk mengidentifikasi saluran terbaik untuk pemasaran.

Tentunya setiap saluran marketing tidak bekerja dengan sama. Oleh sebab itu, multichannel memberikan kesempatan bagimu memilih mana yang terbaik untuk dipergunakan.

  • Meningkatkan penjualan.

Tentu saja tujuan akhir dari mempergunakan banyak channel marketing adalah terjadinya peningkatan penjualan. Banyak channel akan meningkatkan kemungkinan calon konsumen untuk melakukan akses terhadap bisnismu. Nantinya calon konsumen itulah yang harus bisa dikonversi menjadi penjualan. 

Kelebihan Omnichannel

  • Berbagai channel terintegrasi.

Ini akan memudahkan, baik pihak pebisnis maupun konsumen. Pebisnis akan lebih mudah melacak perjalanan produknya. Sedangkan konsumen lebih mudah untuk melakukan proses pembelian. 

  • Mendapatkan data yang lengkap.

Omnichannel memungkinkan perolehan data yang lebih lengkap, baik data barang dagangan maupun konsumen. Kepemilikan data yang lengkap ini bisa menentukan strategi yang tepat untuk marketing pada masa mendatang. 

  • Memberikan pengalaman yang lebih dalam dan menyenangkan bagi konsumen.

Konsumen akan memperoleh pengalaman yang lebih dalam terhadap sebuah bisnis. Tak hanya lebih dalam, tetapi juga menyenangkan karena lebih mudah, karena mereka bisa melihat barang, kemudian melakukan pembayaran dan bahkan mengatur sendiri untuk pengiriman barang.

Omnichannel menekankan konsistensi di setiap channel pemasaran. Oleh karenanya tingkat brand recall akan lebih tinggi. 

  • Meningkatkan penjualan.

Tentu saja kelebihan yang paling diminati dari para pebisnis dari strategi marketing ini adalah terjadinya peningkatan penjualan. Penggunaan omnichannel dengan segala kelebihannya, terbukti mampu meningkatkan penjualan. 

penerapan multichanel dan omnichanel 03Kekurangan 

Tentu saja setiap strategi marketing memiliki kelemahan, tak terkecuali multichannel dan omnichannel. Berikut identifikasi kekurangan keduanya:

Kekurangan Multichannel

  • Perlu banyak admin

Setiap channel memerlukan admin sendiri. Sehingga saat menggunakan banyak channel, maka secara otomatis akan dibutuhkan banyak admin juga. 

  • Harus perhatian terhadap persediaan

Banyak channel marketing yang dipergunakan, maka kemungkinan untuk laku akan lebih besar. Oleh sebab itu, perlu untuk manajemen persediaan yang lebih baik. Bahkan terkadang ada anomali untuk setiap channel, yang akan sangat berpengaruh terhadap persediaan. 

  • Menambah pengeluaran

Lantaran memerlukan banyak admin, administrasi, dan manajemen persediaan yang lebih baik, maka secara otomatis membutuhkan lebih banyak biaya. Maka bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan banyak channel yang saling terpisah akan menambah banyak pengeluaran.  

Kekurangan Omnichannel

  • Butuh waktu untuk mengintegrasikannya

Mengintegrasikan setiap channel marketing bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu harus mendesainnya dengan baik. Bahkan butuh waktu untuk memahami desain integrasi terbaik yang akan memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. 

  • Perlu banyak konten untuk setiap channel

Tentu membutuhkan banyak konten untuk setiap channel marketing. Apalagi kamu harus konsisten di setiap konten. Hal tersebut menambah tingkat kesulitan dalam mempersiapkan omnichannel marketing

  • Menambah pengeluaran jika menggunakan jasa profesional

Apabila tidak mau repot, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk membangun omnichannel marketing kamu. Nah, kalau sudah demikian tentu kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya. Tentu saja untuk menggaji profesional.

Demikian informasi mengenai multichannel dan omnichannel marketing. Kini keputusan ada di tanganmu sebagai pebisnis untuk menggunakan multichannel atau omnichannel. Namun pastinya, bisnis masa kini tidak bisa hanya menggunakan satu channel marketing. Ibarat banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara juga untuk memasarkan bisnismu. 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP