fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

NIB untuk Bisnismu, Ini Cara Memperolehnya

NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan identitas berusaha yang diterbitkan oleh lembaga BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) melalui sistem layanan perizinan Online Single Submission (OSS). Nomor tersebut terbentuk dari 13 digit angka yang juga berisi pengaman dan tanda tangan elektronik.

NIB menjadi tanda pengenal bagi setiap pelaku bisnis bahwa pemerintah secara legal mengakui keberadaan mereka. Selain itu, kepemilikan NIB juga menjadi syarat wajib bila kamu ingin mengurus berbagai syarat usaha melalui layanan OSS. 

Baca juga: Bisnis Go International? Siapa Takut! Persiapkan Hal-Hal Berikut Ini

Mengapa Harus Punya NIB?

NIB menjadi syarat bagi pebisnis karena pemerintah menghendakinya. Terdapat beberapa alasan pemerintah menerbitkan NIB. Berikut beberapa alasannya.

  1. Mempermudah pengurusan berbagai perizinan 

Pertama adalah memberikan kemudahan dalam mengurus berbagai perizinan, seperti izin lokasi, lingkungan, bangunan, hingga izin operasional. Tidak hanya itu, bahkan dalam proses pengurusan akan lebih cepat daripada sebelum adanya sistem OSS. Sebab, pada sistem ini, berbagai persyaratan sudah disegerakan dan tidak perlu melakukan peninjauan ulang dokumen. Sepanjang kamu bisa memenuhi berbagai persyaratan dokumen yang harus terpenuhi, maka berbagai izin tersebut bisa kamu dapatkan.

     2. Fasilitas data satu akses

Ketika mempunyai NIB, kamu tidak perlu membawa berbagai dokumen yang begitu banyak untuk mengurus perizinan. Cukup NIB dan dokumen pendukung perizinan saja. Berbeda sebelum adanya NIB, kamu tentunya harus memfotokopi dan menyiapkan berbagai dokumen, seperti KTP, akte pendirian dan sebagainya.  

     3. Mendapatkan pendampingan bisnis

Bagi kamu yang sudah memiliki IUMK dan mendapatkan juga NIB, pemerintah akan memberikan pendampingan bisnis supaya bisnis kamu berkembang menjadi lebih besar. 

     4. Memudahkan akses pembiayaan ke lembaga keuangan

Dengan mempunyai NIB, kamu juga bisa terfasilitasi dalam hal pencarian modal ke lembaga perbankan. Salah satu syarat pencarian modal ke perbankan salah satunya adalah dengan mempunyai NIB.

     5. Memperoleh kepastian perlindungan bisnis

Dengan mempunyai Nomor Induk Berusaha, kamu akan memperoleh perlindungan secara hukum. Sebab, bisnis kamu telah diakui oleh pemerintah. Kepastian itu juga memunculkan kepercayaan dari pihak lain yang bekerjasama dengan mu. 

Baca juga: Peluang Usaha Produk Ecoprint di Pasar Dalam dan Luar Negeri

NIB 02

Cara Memperoleh NIB

Bagi kamu yang belum mempunyai Nomor Induk Berusaha, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan dan dokumen yang perlu kamu lengkapi. 

     1. Pelaku Bisnis Perseorangan

Bagi kamu pelaku bisnis perseorangan, yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

    • Nama dan NIK
    • Alamat tempat tinggal
    • Bidang usaha
    • Lokasi penanaman modal
    • Besaran rencana penanaman modal
    • Rencana penggunaan tenaga kerja;
    • Nomor kontak usaha
    • Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan/ atau fasilitas lainnya.
    • NPWP

Setelah menyiapkan persyaratan tersebut, kamu bisa mendaftar di website OSS ataupun aplikasi yang sudah tersedia di playstore.

     2. Pelaku bisnis non perseorangan

Sama dengan pelaku usaha perseorangan, untuk kamu yang bisnisnya sudah non-perseorangan, seperti dalam bentuk PT, Firma, Koperasi dan CV, juga harus menyiapkan beberapa persyaratan, antara lain:

    • Nama dan nomor pengesahan akta pendirian 
    • Bidang usaha
    • Jenis penanaman modal
    • Negara asal penanaman modal, dalam hal terdapat penanaman modal asing
    • Lokasi penanaman modal
    • Besaran rencana penanaman modal.
    • Nomor kontak badan usaha
    • Rencana permintaan fasilitas perpajakan, kepabeanan, dan atau fasilitas lainnya.
    • NPWP pelaku bisnis non-perseorangan
    • NIK penanggung jawab bisnis

Baca juga: Laporan Perubahan Modal: Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Setelah seluruh data dan persyaratan kamu lengkapi, lembaga OSS akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha yang menjadi bukti bahwa kamu telah resmi terdaftar.

Hal yang harus diperhatikan saat mendaftar NIB

Saat mendaftar Nomor Induk Berusaha, kamu perlu memerhatikan beberapa hal sebagai berikut:

      1. Kesesuaian data

Pastikan data sudah sesuai dengan  maksud dan tujuan sebagaimana yang terdapat dalam anggaran dasar perusahaan. Hal ini sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia tahun 2020 atau KBLI 2020. 

      2. Kepemilikan izin lokasi

Pastikan tempat usaha sudah memiliki izin lokasi. Baik itu lokasi bisnis kamu di daratan maupun di perairan. Termasuk juga izin lingkungan dan IMB sudah kamu miliki.

      3. Laporan pajak

Pastikan kamu sudah buat laporan pajak bisnisdan tidak telat dalam melaporkannya. Sebab, laporan pajak yang rapi dan tidak telat akan berpengaruh terhadap kredibilitas dan kesehatan bisnis kamu. 

     4. Tidak ada dampak pada lingkungan

Pastikan kegiatan bisnis yang kamu jalankan tidak berdampak pada lingkungan. Namun,  apabila bisnis kamu termasuk dalam kegiatan bisnis yang berdampak pada lingkungan, sebaiknya memiliki tenaga ahli untuk menganalisisnya.

Setelah mendapatkan Nomor Induk Berusaha, kamu dapat mengajukan izin usaha, izin operasional atau izin komersial, dan dokumen lainnya yang kamu perlukan untuk menjalankan kegiatan operasionial. Izin Usaha berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan Izin Komersial dan Operasional diberikan kepada bisnis untuk memenuhi standar, sertifikat, lisensi, termasuk di dalamnya pendaftaran barang atau jasa sesuai dengan jenis produk yang dikomersialkan melalui sistem OSS. Izin ini akan berlaku setelah kamu menyelesaikan komitmen dan melakukan pembayaran biaya perizinan sesuai dengan persyaratan yang ada dalam undang-undang.

Baca juga: Mengenal Pengertian Laporan Arus Kas dan 7 Contoh Mudahnya

NIB 03

Jangka Waktu Berlakunya Nomor Induk Berusaha

Tidak seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang hanya berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, NIB akan terus berlaku selama pelaku bisnis menjalankan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan Nomor Induk Berusaha kamu dapat dicabut dan dinyatakan tidak berlaku oleh pemerintah. Hal ini berdasarkan Pasal 25 ayat (3) PP 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Adapun yang menyebabkam pencabutan izin ada beberapa faktor, yaitu sebagai berikut:

     1. Kamu tidak melakukan bisnis sesuai dengan Nomor Induk Berusaha. 

Meski kamu sudah mempunyai NIB, bisnis kamu tetap diawasi oleh pemerintah, ini berdasarkan Pasal 48 Permendag Nomor 8 tahun 2020. Jika tidak sesuai, maka akan terkena sanksi berupa peringatan, pembekuan perizinan berusaha, pengenaan denda administratif dan/atau pencabutan perizinan berusaha.

       2. Kamu melakukan pelanggaran ketentuan perundang-undangan perizinan berusaha.

Sudah tentu apabila kamu melanggar ketentuan perundang-undangan akan berpengaruh terhadap izin bisnis kamu. Baik itu sanksi administratif, pidana, maupun pencabutan izin.

Baca juga: 7 Tantangan Bisnis Modal Kecil Berikut Solusinya

      3. Dinyatakan batal atau tidak sah berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap

Apabila terjadi putusan pengadilan yang secara sah memutuskan kamu telah melanggar ketentuan hukum yang menyebabkan semua izin dicabut dan segala putusan bahwa bisnis kamu diputuskan bangkrut secara hukum. 

Itulah berbagai alasan mengapa bisnis kamu perlu Nomor Induk Berusaha. Meski pada dasarnya tidak ada sanksi atau akibat hukum yang bisa menjerat seseorang atau pengusaha yang belum memilikinya, akan tetapi ketika tidak memiliki NIB, maka  kamu tidak mendapatkan beberapa keuntungan berusaha dari pemerintah.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP