fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Seluk-beluk Customer Relationship Management & Manfaatnya

Customer Relationship Management_01

Bagi pebisnis, customer relationship management adalah hal yang penting. Karena menghubungkan 3 hal penting yakni konsumen, manajemen dan hubungan interaksi keduanya. Apa definisi dan manfaatnya untuk bisnis. LummoSHOP merangkum seluk beluk CRM agar Lummoners bisa lebih mengenal apa saja manfaatnya, ya.

Customer relationship management adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan agar menjadi dasar pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan antara pebisnis dengan konsumen.

Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan menjadi kunci sukses sebuah bisnis. Karena bisnis membutuhkan pelanggan, dan harus menjaga hubungan baik.

Semakin kompleks urusan suatu bisnis akan semakin banyak manusia yang terlibat. Semakin banyak manusia yang terlibat maka proses yang terjadi juga lebih rumit. Membutuhkan teknologi yang lebih canggih. Sistem customer relationship management hadir untuk lebih meningkatkan urusan bisnis.  Memahami customer relationship management berarti kita ingin menjalin hubungan dengan konsumen.

Ada beberapa informasi penting yang harus dipahami tentang customer relationship management

Customer Relationship Management_02Pertama, kamu harus mengenal konsumen. Mengenali konsumen meliputi apa kebutuhannya dan bagaimana kecenderungan perilaku pelanggan seperti kapan pelanggan membeli barang A atau kapan mereka repeat order. Apa saja yang mereka beli.

Dalam bisnis yang semakin kompleks harus ada tim yang menangani masalah interaksi dengan pelanggan. Jadi walaupun suatu perusahaan memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnisnya. perusahaan tidak lupa untuk terus hadir dalam kehidupan konsumen salah satunya menyapa dengan gadget atau media sosial 

Manajemen customer relationship management membantu kamu memanajemen data pelanggan. Contoh data pelanggan seperti produk yang menjadi kebutuhannya. Usia, sudah menikah atau masih single, hobby dan kesukaan bahkan tanggal ulang tahun yang membuat kamu bisa melakukan interaksi dengan konsumen.

Manajemen ini juga membuat kamu mengevaluasi kinerja karyawan. Setiap hari karwayan mempunyai kewajiban atau target untuk melayani konsumen. berapa konsumen yang bisa di dihubungi dan melakukan feedback atas Interaksi yang dilakukan oleh tim.

Dalam hal ini perusahaan membutuhkan customer service Beberapa tugas customer service adalah mendengarkan keluhan, dan menanyakan hasil memakai produk. Untuk produk seperti elektronik, customer service menyediakan layanan purna jual seperti servis, menyediakan perangkat lunak jika ada komponen yang rusak.

Kebayang ya sistem manajemen ini bisa sangat memberi kamu manfaat yang efektif. Bisnis akan lebih produktif

Komponen penting dalam customer relationship management

Tiga hal yang penting dalam customer relationship management.  

1. Komponen yang pertama manajemen.

Dalam pembahasan manajemen harus terfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan dengan pelanggan, sehingga berdampak pada peningkatan pengembangan dan keunggulan dari bisnis.

2. Relation atau hubungan 

Hubungan yang dimaksud adalah suatu perusahaan membutuhkan komunikasi secara dua arah yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen dan mendapatkan penilaian atau testimoni dari konsumen bahkan bisa menjadi pelanggan loyal dan melakukan repeat order. Tak jarang konsumen yang tidak terjangkau interaksi maupun promosi, akan beralih ke produk kompetitor

3. Konsumen atau pelanggan

Siapakah konsumen bisnis kamu? Yang termasuk dalam komponen ini adalah orang yang akan, sedang dan pernah menggunakan produk atau jasa perusahaan. Semua orang yang menjadi calon konsumen dan memenuhi kategori target market kamu. Seperti usia, jenis kelamin, domisili dan status sosial. 

Untuk menerapkan customer relationship management  ada beberapa tahapan  

Customer Relationship Management_021. Memperoleh Pelanggan Baru.

Untuk mendapatkan pelanggan baru kamu harus memberikan pelayanan yang membuat pelanggan atau konsumen merasa nyaman ketika membeli dan menggunakan produk. Keramahan para customer service merupakan hal yang pokok karena langsung berhadapan dengan pelanggan

2. Menambah Omzet Penjualan

Lakukan Strategi yang bertujuan Menambah nilai penjualan dari pelanggan. Kamu bisa menerapkan cara upselling dan cross selling yaitu menawarkan produk yang sama tetapi dengan kualitas yang lebih baik sedangkan Cross selling adalah menawarkan produk pelengkap dari yang dibeli oleh konsumen

3. Mempertahankan Pelanggan loyal / setia

Setelah konsumen melakukan pembelian, tetap jalin komunikasi seperti mendengarkan pendapat dan masukan. Cara lain untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan mengatasi complain. 

Ada juga perusahaan yang rajin mengirimkan surat/ SMS/ email selamat ulang tahun kepada konsumennya. Suka ya kalau ada perhatikan begitu. Pelanggan menjadi merasa dekat dengan perusahaan. Bahkan ikut memiliki karena cocok dengan produk dan layanan.

Manfaat Customer Relationship Management

Beberapa manfaat dari memakai system customer relationship management.   

1. Manajemen customer relationship management.    

Meningkatkan hubungan dengan calon konsumen dan pelanggan yang baik adalah bisnis yang bisa mengkombinasikan penjualan dari pelanggan lama dan pelanggan baru. 

Berbisnis harus mempunyai target menjaga hubungan dengan konsumen. Melayani Ketika konsumen menghubungi. Aktif menyapa konsumen, menanyakan testimoni menanyakan masalah yang terjadi berkaitan dengan produk dari bisnis.

2. Meningkatkan Pendapatan 

Dengan menerapkan sistem customer relationship management.   Maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, Mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi kerja karena semua hal itu akan berhubungan dengan revenue atau pendapatan.

3. Mengevaluasi Kinerja Tim Marketing

Sistem customer relationship management dapat mengevaluasi kinerja dari tim marketing. Seberapa banyak konsumen yang bisa terhubungi. Untuk melakukan kanvasing dan penawaran produk atau membangun kedekatan dengan konsumen. 

Walaupun tujuannya melakukan penjualan tim marketing juga wajib memanusiakan konsumen dong. Dengan hubungan yang baik maka penjualan akan meningkat

4. Kepuasan konsumen

Customer Relationship Management_04Kepuasan konsumen merupakan hal penting bagi bisnis. Karena dengan konsumen merasa puas. Kemungkinan besar mereka akan kembali untuk membeli produk atau jasa bisnis kamu. 

Mereka akan menjadi promosi hidup yang akan menceritakan kepada circle pertemanannya.  Ini juga bagian dari promosi tidak langsung. Cerita dari teman tentang suatu produk adalah iklan yang efektif. Karena produk sudah memiliki kepercayaan pengguna.

5. Meningkatkan kecepatan bisnis 

Sistem ini bisa meningkatkan bisnis. Manajemen bertumbuh dengan kolaborasi tim penjualan tim pemasaran dan pelanggan Sistem customer relationship management yang baik akan meningkatkan kecepatan bisnis. 

Dengan kompleksnya data dari aktivitas perusahaan maka bagian dari perusahaan akan jalan sendiri-sendiri. Tetapi jika ada kolaborasi antara tim penjualan, tim pemasaran dan pelanggan maka aktivitas perusahaan menjadi semakin efektif.

Alurnya pelanggan mengungkapkan apa yang dia butuhkan kemudian tim customer servis merekap menjadi data yang bisa menjadi acuan perbaikan kinerja tim penjualan. 

Sedangkan tim pemasaran bisa menyediakan program untuk meningkatkan ketertarikan para calon konsumen terhadap bisnis kamu. Kinerja ini akan lebih mudah untuk menjemput bola dan dapat terjadi penjualan

5 rekomendasi aplikasi CRM di Indonesia yaitu : Barantum CRM, CRM Vtiger, CRM Salesforce, Zoho,  SugarCRM

Itu tadi manfaat CRM yang bisa melejitkan menajemen bisnis. Semoga sukses ya