fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Panduan Instagram Marketing Lengkap bagi Bisnis

Instagram Marketing

Sebagai pebisnis online, kamu pasti sudah sangat familiar dengan keberadaan Instagram. Ya, Instagram saat ini sudah bukan hanya untuk penggunaan pribadi lagi. Bahkan Instagram sudah menjadi platform umum yang memungkinkan bisnis atau brand untuk memanusiakan konten mereka, menunjukkan produk, serta menginspirasi audiens. Hal-hal yang disebutkan sebelumnya merupakan bentuk dari Instagram Marketing.

Dan menariknya, karakteristik pengguna Instagram tidak hanya aktif tetapi juga engage atau terlibat. Sekitar 59 persen dari pengguna aktif Instagram setidaknya menghabiskan 7 jam per-minggu untuk menjelajahi konten dan berinteraksi dengan teman dan brand. Artinya, ini kesempatan bagi bisnis untuk menumbuhkan brand awareness, memperkenalkan produk baru, mempromosikan brand dan produk dengan cara halus dan otentik. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Itulah sebabnya Instagram Marketing saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang setiap brand harus miliki dan jalani. Berikut ini adalah panduan seputar Instagram Marketing yang berguna untuk bisnis.

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram Marketing adalah semua aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui Instagram dengan tujuan meningkatkan brand awareness, membantu brand terhubung dengan audiens atau berinteraksi dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. 

Instagram Marketing terbagi menjadi dua kategori utama berdasarkan strategi atau aktivitasnya yaitu: 

  • Taktik tidak berbayar seperti membuat konten organik, seperti Instagram Feeds, Instagram Stories, Reels, Instagram TV dan keterlibatan dengan konten pengguna lain.

Manfaat Instagram Marketing untuk Bisnis

Selain bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, membantu brand terhubung dengan audiens atau berinteraksi dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan, apa sih keuntungan atau manfaat menggunakan Instagram marketing untuk bisnis? Berikut ini adalah penjelasannya yang bisa lebih meyakinkan kamu untuk menggunakan Instagram Marketing pada bisnis kamu.

  • Memanfaatkan Penggunaan Konten Visual

Tahukah kamu kalau posting visual menghasilkan engagement 650% lebih tinggi dibandingkan posting teks saja? Dan Instagram adalah platform visual yang cocok bagi bisnis untuk menguji coba berbagai jenis konten visual  yang sesuai dengan audiens. 

Saat mengunggah konten visual ke Instagram, pastikan kamu berpegang pada skema warna yang konsisten untuk memperkuat identitas brand dan menghindari kebingungan audiens.

  • Mendapatkan feedback dan insight dari pelanggan

Mendapatkan atau bisnis yang cerdas akan dengan hati-hati memantau kinerja setiap kampanye pemasaran di media sosial. Mulai dari melacak mention dan mengetahui apa yang orang posting tentang brand kamu. Seandainya pun bisnis kamu tidak memiliki akun Instagram, tapi selalu ada kemungkinan orang membicarakan layanan atau produk kamu. Bisa saja mereka berbagi foto, video dan cerita tentang produk yang mereka beli dari kamu. Feedback dari pelanggan ini penting karena membantu memahami bagaimana pelanggan memandang produkmu. 

  • Memantau Kompetitor

Untuk kamu yang belum terbiasa dengan Instagram Marketing kamu mungkin akan merasa kesulitan menggunakannya sebagai platform marketing untuk bisnis. Tetapi jangan salah, Instagram dapat membantu kamu melacak dan memantau kompetitor yang sudah menggunakannya. Pantau bagaimana dan jenis konten apa yang mereka posting dan bagaimana mereka berinteraksi dengan komunitas.

Kamu bisa dengan mudah mengetahui bagaimana kompetitor melibatkan audiens, seberapa sering mereka posting konten baru, hingga apakah mereka mengadakan kontes dan event online di Instagram. Dengan informasi ini, kamu dapat merancang strategi pemasaran yang kreatif versi kamu sendiri yang mengkombinasikan aktivitas berkinerja terbaik dari kompetitor untuk membantu mendorong bisnis kamu sekaligus tidak kalah saing dengan kompetitor. 

  • Menjangkau audiens yang lebih luas

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulan, Instagram menyediakan semua jenis bisnis, baik berskala besar atau kecil, dengan peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Fitur Instagram Story telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna setiap hari, dengan setidaknya 30% Stories yang dilihat berasal dari akun bisnis.

Saat mem-posting di Instagram, gunakan tagar yang relevan untuk menampilkan konten di depan audiens yang tepat. Instagram memungkinkan pengguna untuk memasukkan hingga 30 tagar dalam satu posting. Namun, penggunaan tagar yang berlebihan dapat membuat brand tampak putus asa, dan postingan terkesan spamming.

  • Storytelling 

Menceritakan kisah menarik tentang bisnis kamu adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan emosional dengan audiens. Dan Instagram memberikan kesempatan untuk menceritakan kisah menggunakan konten visual dan menciptakan hubungan dengan calon pelanggan.

Apalagi tren saat ini lebih berfokus lebih pada perasaan orang atau emotional marketing dibandingkan berbicara tentang produk atau brand saja. Instagram memberikan kesempatan untuk memotivasi pengguna agar memberikan respons emosional terhadap bisnis kamu yang jelas akan berdampak positif pada kesuksesan bisnismu. Selain itu, dampaknya adalah meningkatkan jangkauan, visibilitas sehingga meningkatkan penjualan dan menghasilkan pelanggan yang loyal.

  • Membangun keterlibatan dengan komunitas

Instagram menghasilkan tingkat keterlibatan atau engagement tertinggi dari semua platform media sosial menyalip Twitter dan Facebook. Hal ini menunjukkan seberapa banyak pengguna Instagram yang terbuka untuk konten brand dibandingkan platform media sosial lainnya. 

Mulailah untuk melibatkan komunitas dengan menemukan orang-orang yang membicarakan brand, produk, atau layanan kamu dan libatkan mereka dengan mengomentari pos mereka, agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak like dan keterlibatan dengan cara tersebut.

Yang pasti, meskipun kamu sebagai brand, tapi kamu harus terhubung dengan audiens untuk membuat audiens menyadari bahwa ada orang yang nyata di balik akun bisnis tersebut atau dengan kata lain memanusiakan brand kamu. Keterlibatan atau engagement adalah metrik penting yang menghasilkan penjualan nyata dan pelanggan setia, membantu mengalahkan algoritma Instagram serta mendapatkan lebih banyak like di postingan kamu. 

Instagram Marketing

Fitur Instagram Marketing untuk Membantu Bisnis

Ada banyak fitur Instagram yang bagus untuk bisnis yang dapat membantu bisnis kamu berkembang secara online. Apa pun tujuanmu apakah ingin memperkuat komunitas, membangun brand awareness, atau bahkan melakukan penjualan, ada fitur Instagram untuk membantu kamu mencapai tujuan bisnis.

  • Storytelling

Menceritakan kisah menarik tentang bisnis kamu adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan emosional dengan audiens. Dan Instagram memberikan kesempatan untuk menceritakan kisah menggunakan konten visual dan menciptakan hubungan dengan calon pelanggan.

  • Fitur Auto Reply

Konsumen Indonesia memiliki karakteristik yang unik yaitu sangat senang bertanya melalui fitur chat untuk menanyakan berbagai macam informasi, walaupun informasi tersebut sudah tertera. Bahkan survei dari Instagram menyatakan bahwa 82 persen respondennya yang adalah brand mengaku mendapat direct message dari pelanggannya setiap hari. Agar proses komunikasi ini semakin efektif, Instagram akhirnya membuat fitur auto-reply atau balas cepat. Dengan menggunakan fitur auto-reply ini, bisnis kamu bisa sangat terbantu dalam memberi respons secara cepat kepada semua pelanggan di akun Instagram bisnis kamu.

  • Fitur Instagram Shopping

Kalau bisnis kamu mengandalkan penjualan produk, maka fitur Instagram Shopping bisa menjadi pilihan yang cocok. Fitur Instagram Shopping ini berfungsi untuk menandai produk kamu secara langsung di dalam postingan feed yang serupa dengan katalog. 

Dengan menggunakan fitur Instagram Shopping ini akan mempermudah calon pembeli kamu untuk mendapatkan informasi seputar detail produk beserta dengan harganya. Selain itu, fitur Instagram Shopping juga akan lebih memudahkan mereka untuk melakukan pemesanan, meskipun belum bisa langsung bertransaksi di platform Instagram dan masih dialihkan ke website jualan atau marketplace milikmu. 

  • Fitur Instagram Ads

Seperti halnya Facebook yang memiliki fitur Facebook Ads, Instagram juga bisa dipergunakan sebagai platform beriklan dengan Instagram Ads. Kamu memiliki dua pilihan beriklan yaitu menjalankan kampanye iklan langsung dari platform Instagram atau menggunakan Facebook Ads Manager untuk pengaturan yang lebih lengkap sesuai dengan tujuan kamu beriklan. 

  • Instagram Live

Fitur Instagram Live atau siaran langsung bisa menjadi salah satu cara yang dapat  diandalkan untuk menarik perhatian para followers dan pelanggan. Kamu bisa menggunakan fitur Instagram Live ini untuk membahas seputar bisnis yang sedang kamu jalankan, review maupun tutorial produk yang dijual secara detail, berkolaborasi dengan influencer atau pakar yang berkaitan dengan bisnis kamu, hingga tanya-jawab secara langsung dengan calon pelanggan. 

Adanya fitur Instagram Live ini juga bermanfaat untuk membantu menjalin kedekatan dengan pelanggan melalui interaksi langsung, sehingga bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan mereka terhadap produk atau bisnismu. 

  • Instagram Story

Fitur Instagram Story menawarkan durasi penayangan hanya 24 jam, tapi menariknya Instagram Story ini dilengkapi dengan berbagai fitur lain seperti fitur polling, fitur stiker slider, fitur ask question, fitur quiz, fitur countdown sticker, GIF, dan lainnya. Adanya fitur ini dapat mempermudah kamu untuk membangun interaksi dan keterlibatan atau engagement dengan followers atau pelanggan, seperti menggunakan Q&A, atau polling untuk survei bisnismu. Oleh sebab itu, buatlah konten yang menarik dan mengundang follower kamu untuk terlibat agar dapat meningkatkan jangkauan, serta kunjungan orang ke akun bisnis kamu. 

Tips Mengoptimalkan Promosi di Instagram

Agar bisa memiliki kampanye Instagram Marketing yang sukses, kamu harus membuat rencana dan strategi yang matang untuk membangun komunitas yang kuat. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengoptimalkan Instagram Marketing bisnis kamu.

  1. Tentukan Target Audiens

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target audiens kamu. Lakukan riset audiens yang tepat dengan cara menyesuaikan produk atau bisnis yang kamu miliki. Mengapa mengetahui target audiens ini penting? Karena dengan mengetahui target audiens kamu jadi memahami pain point yang mereka rasakan, bagaimana preferensi, minat serta cara mereka berkomunikasi. Hal ini akan berguna saat kamu membuat konten yang bisa beresonansi dengan audiens kamu karena kamu berbicara dan bersikap seperti mereka sehingga mampu menghasilkan engagement yang baik hingga penjualan yang melesat.

  1. Buat Konten Berkualitas yang Menarik

Instagram adalah platform yang menonjolkan visual. Jadi, sangatlah penting untuk menyiapkan konten-konten yang menarik secara visual tapi juga memiliki cerita yang dapat memikat audiens. Ingat, jangan hanya melulu berjualan tentang produk atau brand kamu. Kamu bisa menggunakan kombinasi konten agar audiens tidak bosan dan merasa muak dengan kamu yang selalu berorientasi pada produk. Kamu bisa membuat konten edukasi dan informasi yang dikemas secara fun, konten giveaway, konten yang menghibur, serta konten promosi atau diskon.

  1. Instagram Ads

Instagram Ads merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan strategi Instagram Marketing. Dengan Instagram Ads memungkinkan bisnis untuk bisa memasarkan produk kepada audiens secara spesifik. Kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior. Tapi pastikan kamu sudah tahu tujuan kamu beriklan ya. 

Ada dua pilihan cara untuk menjalankan Instagram Ads yaitu menggunakan dashboard Facebook Ads Manager atau dengan mengakses langsung di Instagram. Sedangkan jenis konten yang digunakan untuk Instagram Ads ada berbagai format seperti menggunakan single image, carousel, video, slideshow, dan stories. 

Instagram Marketing
Nah, usai sudah kita kupas tuntas tentang Instagram Marketing untuk bisnis. Harapannya setelah membaca artikel ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan inspirasi kamu untuk menggunakan Instagram marketing dalam berbisnis online.

Setelah tahu seluk beluk tentang Instagram Marketing, lantas kamu mulai tertarik ingin mulai menggunakan Instagram Ads? Tapi merasa takut karena minim pengetahuan teknis detail cara pasang iklan di Instagram? Tenang! Kamu bisa menggunakan LummoSHOP Plus pada LummoSHOP. LummoSHOP adalah aplikasi untuk membuat website jualan atau toko online gratis yang mudah, cepat dan aman dengan berbagai fitur yang akan membantu dan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis online

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Dengan memilih opsi LummoSHOP Plus kamu akan menikmati fitur Digital Ads yang memungkinkanmu untuk beriklan di Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads. Adanya fitur Digital Ads ini akan memudahkan kamu dalam beriklan Instagram dalam satu aplikasi karena telah tersedia all-in-one dashboard dan asisten virtual yang akan membantumu melakukan optimisasi iklan di Instagram Ads. 

Siapa sih yang bisa menolak punya toko online gratis atau website jualan dengan fitur yang semudah ini? Kamu bisa dapatkan hal tersebut di LummoSHOP! Yuk download aplikasi LummoSHOP sekarang juga dan hasilkan cuan yang maksimal dari toko online kamu! 

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP