fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Panduan Menyusun Seluk-beluk Company Profile, Ini Nilai Pentingnya

Company profile

Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Tak sedikit pula yang kemudian melanjutkan dengan kelakar tak kenal maka kenalan. Perumpamaan tersebut berlaku juga dalam dunia bisnis. Adalah sebuah peraturan tidak tertulis bahwa sebagai pebisnis kamu harus memiliki company profile sekalipun skala bisnismu masih kecil. Pihak lain, baik konsumen maupun calon investor, biasanya akan mempelajarinya sebelum mereka memutuskan untuk membeli produkmu, memakai jasamu, atau bahkan berinvestasi pada bisnismu. Seberapa penting company profile terhadap kelangsungan hidup sebuah bisnis? Semua akan diterangkan di artikel ini.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pengertian

Sebagaimana yang terdapat pada laman Hubspot.Com, profil perusahaan atau company profile adalah informasi detail tentang produk atau jasa yang pebisnis tawarkan. Mungkin kamu masih ingat saat dulu bingung ingin masuk bimbingan belajar mana. Kamu “mempelajari” bimbingan belajar (bimbel) yang ada di kota tempat tinggalmu dari beberapa lembar kertas yang kamu dapatkan dari bimbelnya langsung. Setelah mempelajari beberapa waktu, kamu kemudian yakin akan mendaftar ke bimbel yang mana. Secara tidak langsung, yang kamu lakukan di masa lalu tersebut adalah mempelajari company profile bisnis bimbingan belajar. Jadi, kamu sebenarnya sudah sangat familiar ya dengannya. Sekarang, ketika jadi pebisnis, giliran kamu yang harus membuat hal serupa.

Pentingnya Company Profile (dari Sudut Pandang Pebisnis dan Konsumen)

Company profileJika pujangga ternama Shakespeare bilang apalah arti sebuah nama, maka tidak demikian dalam dunia bisnis. Nama, visi dan misi, keterangan detil mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, serta hal-hal yang berkaitan dengannya menjadi hal krusial. Coba deh bayangkan bagaimana mungkin seorang investor yakin menanamkan modal ke sebuah bisnis jika mereka tak tahu apa-apa atau sama sekali tak mengenal bisnisnya bergerak di bidang apa. Atau dari sisi konsumen yang sedang menjadi bimbel sebagaimana contoh di atas misalnya. Bagaimana mungkin ia yakin akan les di bimbel tersebut, jika informasi yang ada benar-benar sangat minim.

Jika dijabarkan lebih jauh berikut ini adalah beberapa pentingnya company profile.

  1. Memberikan Informasi Detil dan Valid Sebuah Bisnis

Sebagaimana yang Rachmat Kriyantono (seorang penulis dan dosen) tulis dalam paper-nya, profil perusahaan memberikan semua informasi detil yang menggambarkan bisnis. Visi, misi, produk atau jasa yang ditawarkan, hingga kelebihan atau prestasi yang sudah ditorehkan. Bagi pebisnis, informasi tersebut jelas berguna sebagai bukti rekam jejak. Sedangkan dari sisi konsumen, gambaran umum tersebut bisa memengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan jasa atau membeli produk dari sebuah bisnis.  

  1. Menciptakan Imej Positif

Fungsi lain company profile adalah untuk menciptakakan imej positif sebuah bisnis. Coba saja bandingkan bisnis yang hanya sekadar berjalan tanpa ada profil perusahaan sama sekali versus bisnis yang memiliki profil perusahaan dengan sangat rapi. Mana yang lebih meyakinkan?

  1. Sarana Komunikasi

Selain sebagai sarana informasi (poin I) dan promosi (poin II), fungsi lain company profile adalah sebagai sarana komunikasi tertulis. Pun ketika bisnismu masih baru kamu rintis. Kamu bisa langsung memberikan alamat website bisnismu ketika ada kerabat atau teman yang bertanya sekarang kegiatanmu apa saja.

Company profile adalah informasi mengenai bisnismu yang nyatanya sangat penting baik untuk dirimu sendiri sebagai pebisnis maupun untuk pihak lain seperti konsumen, investor, atau yang lainnya.

Contoh Company Profile

Company profileDalam praktiknya, profil perusahaan memiliki beragam bentuk sebagaimana yang dijabarkan pada contoh di bawah ini.

Bentuk Buku

Contoh company profile pertama adalah bentuk buku. Isinya berupa cover depan, kata pengantar (biasanya sambutan pemimpin/direktur), profil/tentang kami yang menjelaskan gambaran umum bisnis, struktur organisasi, legalitas bisnis (jika ada), visi dan misi bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, kelebihan dari produk atau jasa tersebut, prestasi (jika ada), testimoni, daftar pihak-pihak yang pernah bekerja sama, nomor yang bisa dihubungi, dan cover belakang. Dari segi kelengkapan, contoh company profile bentuk buku ini adalah yang paling detil dan lengkap.  

Bentuk Brosur

Kebalikan dari contoh company profile pada poin sebelumnya, selanjutnya adalah profil perusahaan bentuk brosur. Meskipun tak setebal buku, namun kamu tetap harus memasukkan informasi penting. Intinya, hanya dengan membaca brosur, konsumen bisa memiliki gambaran mengenai bisnismu, lebih kerennya lagi mereka akan memutuskan untuk menggunakan jasamu atau membeli produkmu. Salah satu contoh nyata dari contoh company profile bentuk ini adalah brosur bimbingan belajar yang dulu kerap kamu dapatkan di jalan/sekolah/tempat umum.

Bentuk Website

Contoh company profile berikutnya adalah berbentuk website. Bentuk ini cukup efektif mengingat pengguna internet makin banyak dan mereka kerap mencari informasi apa pun melalui mesin pencarian. Adapun beberapa poin yang harus ada dalam website company profile adalah informasi tentang bisnis yang sudah mencakup visi dan misi, struktur organisasi, strategi bisnis, produk atau jasa, dan hal lain yang berkaitan. Kamu bisa melihat salah satu contoh company profile bentuk website ini dengan membuka laman Unilever, LummoSHOP, atau website bisnis lainnya. Bagaimana? Sudah ada gambaran, ya.

Bentuk Aplikasi

Contoh company profile berikutnya adalah bentuk aplikasi. Serupa dengan poin sebelumnya, bedanya informasi terkait bisnis kamu cantumkan pada aplikasi yang kelak akan digunakan oleh konsumenmu.

Bentuk Video

Video company profile adalah yang effort-nya cukup tinggi jika kamu bandingkan dengan contoh company profile pada poin sebelum-sebelumnya. Betapa tidak, meskipun videomu nanti tak sampai satu jam atau bahkan hanya beberapa menit saja maksimal, tapi kamu harus memasukkan semua informasi penting yang bermanfaat. Untuk membuatnya pun biasanya kamu membutuhkan beberapa tempat sebagai lokasi syutingnya. Meskipun demikian, bentuk video ini cukup efektif, bahkan bisa selalu terngiang dalam ingatan. Kamu pastinya masih ingat iklan keren dari Podomoro yang kerap ditampilkan di bioskop sebelum film dimulai? Bagaimana menurut pendapatmu?

Panduan Menyusun Profil Perusahaan

Setelah memahami pengertian, manfaat atau fungsi, plus beberapa contohnya, berikutnya adalah bagaimana cara menyusunnya. Meskipun sebenarnya di setiap contoh company profile yang dituliskan di atas sudah disinggung sedikit bagaimana cara membuatnya, ya. Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menyusun company profile adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan Bentuk Profil Perusahaan yang akan Kamu Buat

Tentu saja, kamu boleh membuat lebih dari satu bentuk, misalnya berupa website, brosur, dan video. Sesuaikan saja dengan budget yang ada.

  1.  Jangan Lupakan Unsur-unsur Penting yang Wajib Ada

Profil bisnis, visi, misi, produk atau jasa yang kamu tawarkan, prestasi yang pernah bisnismu dapatkan, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Kamu juga harus menyesuaikan dengan bentuk profil perusahaan yang akan kamu buat. Misalnya, profil perusahaan berbentuk buku tentunya berbeda dengan bentuk brosur atau bentuk video pastinya berbeda dengan bentuk website.

  1. Gunakan Bahasa yang Efektif

Karena poin-poin yang harus kamu sampaikan banyak sementara space yang ada terbatas (karena kalau terlalu panjang/lama malah membuat pihak lain bosan), maka kamu harus menggunakan bahasa efektif yang tak bertele-tele. Memang, mengemas hal-hal penting yang begitu banyak ke dalam informasi yang jelas dan padat tidaklah mudah.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Penutup

Company profile adalah salah satu caramu untuk mengenalkan bisnismu pada dunia. Keberadaannya begitu penting. Untuk itu, kamu harus membuatnya dengan tepat sebagaimana yang sudah dijelaskan pada tulisan di atas. Selamat mencoba!