fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Efektif untuk Menjaga Loyalitas Konsumen Bisnis Hijab

Pelanggan jilbab

Apa saat ini kamu sedang mencari tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan jilbab bisnismu? Sebab persaingan bisnis fashion muslim tengah berkembang sangat pesat, termasuk bisnis hijab. Bahkan untuk mendapatkan konsumen bisnis hijab saat ini pun juga sama sulitnya dengan menjaga loyalitas konsumen bisnis hijab. Meskipun begitu, pebisnis fashion muslim masih semangat untuk menyambut konsumen di masa depan. It’s never too late to learn, because the industry’s still going!

Perkembangan Bisnis Hijab di Indonesia

Bersumber dari hasil penelitian seorang mahasiswa, perkembangan bisnis hijab di Indonesia ini berhubungan erat dengan budaya, tuntutan agama, dan moral. Bisnis fashion yang bergerak dinamis juga terjadi pada bisnis hijab. Bahkan terdapat istilah evolusi model hijab di Indonesia. 

Pada era sebelum tahun 90-an, hijab identik dengan selendang yang menjadi penutup kepala. Pada akhir tahun 90-an, ciri khas hijab berbentuk segi empat. Masih belum berakhir. Pada awal tahun 2000-an, muncul hijab yang beraneka ragam dan istilah baru. Inilah sejatinya perkembangan dunia fashion yang dinamis. Hijab bukan hanya menjadi sebuah kewajiban seorang muslimah. Tapi juga sebagai bagian dari industri fashion.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Nggak heran kalau bisnis hijab juga semakin menguasai pasar industri fashion. Karena sampai artikel ini ditulis pun, bisnis hijab baru masih banyak yang bermunculan. Seolah pelanggan jilbab tidak pernah kekurangan. Selalu saja ada yang baru. 

Bahkan, masih dari sumber yang sama menyebutkan jika fenomena perkembangan hijab dalam dunia fashion saat ini merupakan suatu trend yang menuju ke arah konsumtif. Hal ini juga sudah dilirik oleh Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) sejak lama. Tepatnya pada tahun 1996 ketika Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia mendirikan divisi khusus busana muslim. Pada akhirnya, bisnis hijab semakin berkembang pesar hingga saat ini.

Peluang Bisnis Hijab

Pelanggan jilbabRencana Kerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah 2020-2024 menyebutkan jika salah satu potensi produk halal dalam bidang fashion adalah hijab. Sehingga saat ini, brand fashion besar juga ikut memproduksi hijab. The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019 mencatat bahwa muslimah di dunia mampu belanja hingga menghabiskan $270 miliar US Dollar. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi $361 miliar US Dollar pada tahun 2023.

Indonesia menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia berdasar laporan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) atau MABDA yang bertajuk The Muslim 500 edisi 2022. Fenomena ini menjadi peluang besar untuk bisnis hijab menguasai pasar industri fashion. Potensi pelanggan jilbab yang terbuka lebar menjadi kesempatan yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja!

Bisnis Hijab Sudah Go Online

Siapa yang nggak kenal Dian Pelangi? Salah satu pelopor industri fashion hijab di Indonesia. Dian Pelangi juga menjadi deretan orang pertama yang memperkenalkan bisnis hijabnya secara online. Untuk mendapatkan satu pelanggan jilbab pada saat itu sungguh nggak mudah. Kalau sekarang, jangan tanya ada berapa jumlah bisnis hijab yang sudah go online!

Meskipun Dian Pelangi berada pada industri dengan persaingan yang kuat. Tapi bisnisnya tetap mampu bertahan dan melebarkan sayap ke mancanegara. Kamu juga bisa merasakan kesempatan yang sama seperti Dian Pelangi. Pasarkan bisnis hijabmu secara online! Buat dunia mengenal bisnismu.

Ada jalan pintas untuk memasarkan bisnis secara profesional, yaitu dengan membuat website toko online. Layanan digital seperti LummoSHOP menjadi solusi terlengkap jualan online tanpa takut saingan, lho. Kamu juga bisa mendaftarkan bisnismu dengan mudah di sini. Sat set sat set! Sangat praktis dan cepat.

Tips Menarik Perhatian Konsumen Bisnis Hijab

Nah, setelah bisnis hijab milikmu sudah go online. Kini saatnya kamu mulai memikirkan strategi untuk menarik perhatian konsumen hingga menjadikannya pelanggan jilbab bisnismu. Beberapa tips untuk menarik perhatian konsumen yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah:

  • Perhatikan Tren Pasar

Tren pasar bisnis hijab bergerak dinamis. Kamu harus jeli dalam melihatnya. Pelanggan jilbab saat ini sangat sensitif dengan tren pasar yang baru. Apalagi dengan adanya peran dari media sosial. Apa pun bisa berubah dalam sekejap mata menjadi sebuah tren.

Maka kamu harus melakukan survei secara rinci sebelum meluncurkan produk hijab baru. Itulah langkah pertama yang nggak boleh kamu lewatkan dalam menarik perhatian konsumen. Jangan lupa juga untuk menyelaraskannya dengan segmentasi pasar bisnis hijabmu.

  • Perhatikan Kualitas dan Harga

Kamu harus dapat memberikan kualitas yang terbaik. Konsumen sudah semakin pintar untuk menentukan pilihan dan membandingkan produk bisnis yang ada, lho. Konon katanya ada harga ada kualitas. Tapi dalam dunia bisnis saat ini, harga juga semakin kompetitif. Jadi kamu memiliki tantangan untuk dapat menciptakan produk hijab dengan kualitas yang baik dan harga bersahabat bagi pelanggan jilbab.

  • Optimalkan Peran Digital Marketing

Jangan hanya berbisnis online. Harus lebih dari itu. Cobalah untuk mengoptimalkan peran digital marketing pada bisnis hijabmu. Ini merupakan strategi jitu untuk memasarkan produk ke target pasar secara meluas.

Salah satu channel digital marketing yang bisa kamu coba adalah Facebook Ads dan Instagram Ads. Kamu bisa melakukan pemasaran online dengan budget sesuai kebutuhan. Jika mau yang all in one, ada juga penawaran dari LummoSHOP Plus. Kamu bisa berbisnis serba praktis dan jangkau lebih banyak pelanggan dengan berbagai fitur menarik. 

Cara Efektif Menjaga Loyalitas Pelanggan Jilbab

Pelanggan jilbabLangkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempertahankan konsumen bisnismu. Kemampuan menjaga loyalitas konsumen bisnis akan berpengaruh pada profit bisnismu, lho. Nggak heran kalau semua pebisnis selalu berlomba untuk membuat konsumennya tidak lari ke kompetitor.

Beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan dalam menjaga loyalitas konsumen bisnis hijab adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan Bertransaksi Online

Kepuasan konsumen itu berawal dari langkah pertamanya. Pastikan konsumen menikmati kemudahan transaksi online yang menyenangkan. Coba bayangkan! Ketika konsumen merasa kesulitan bertransaksi. Akan ada dua kemungkinan yang terjadi setelahnya.

Pertama, konsumen bersabar dan mencoba cari bantuan. Kedua, konsumen merasa kerepotan dan tidak melanjutkan transaksi. Berbeda halnya dengan adanya kemudahan transaksi online. Konsumen akan memiliki kecenderungan untuk melakukan transaksi berulang. Alhasil profit bisnismu pun bertambah.

Sederhana Tapi Sering Terlewatkan

  1.  Bentuk Komunitas Konsumen

Hubungan baik itu biasanya terjadi secara personal. Begitu pula dalam dunia bisnis. Ikatan emosional ini bisa kamu lakukan dengan cara membentuk komunitas konsumen. Selain sebagai sebuah identitas pembeda dari kompetitor, konsumen juga merasa menjadi lebih spesial lho. Jangan lupa juga untuk memberi nama yang unik dan merepresentasikan segmentasi konsumenmu. Misalnya dengan sebutan hijab lovers. 

Apresiasi Konsumenmu

  1. Berikan Hadiah 

Siapa sih yang nggak bahagia mendapat hadiah? Begitu pula dengan konsumen bisnis hijabmu. Langkah ini bisa kamu lakukan sebagai wujud apresiasi kepada konsumen yang sudah loyal. Pastikan cara memberikan hadiah ini juga terjadi secara personal. Agar muncul ikatan kuat antara bisnismu dan konsumen.

  1. Adakan Program Loyalitas

Selain memberikan hadiah, program loyalitas bisa menjadi strategi untuk memuaskan pelanggan jilbab dengan tujuan untuk mempertahankannya. Beberapa contoh program loyalitas yang bisa kamu adakan, yaitu point collection dan sistem membership

Berikan Bukti Nyata

  1. Pentingnya Testimoni

Testimoni sering kali menjadi senjata paling ampuh untuk meyakinkan konsumen. Sebab testimoni merupakan bukti nyata kepuasan konsumen. Bukan sekadar janji manis yang bisnis berikan.

Konsumen saat ini memiliki kebiasaan untuk membaca pengalaman dari konsumen lainnya. Kamu harus memanfaatkan momen ini dengan membagikan banyak testimoni positif secara transparan. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Produk dan harga sering kali menjadi acuan utama dalam bisnis hijab yang sukses. Pertama, kamu harus mampu menghadirkan produk berkualitas yang selalu mengikuti tren. Kedua, kamu juga harus bisa menawarkan harga yang kompetitif. Padahal masih ada acuan lain yang bisa kamu lakukan.

Misalnya dengan menjaga loyalitas konsumen. Kamu harus mampu melakukan segala cara untuk memenangkan persaingan pasar. Jadi, jangan hanya fokus kepada produk dan harga. Tapi juga libatkan dan pertahankan loyalitas konsumen pada bisnismu.