fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Peluang Bisnis Paket Honeymoon, Ini yang Perlu Kamu Siapkan

paket honeymoon 01

Honeymoon atau bulan madu identik dengan pengantin baru. Memang umumnya pengantin baru setelah acara pernikahannya, langsung memutuskan untuk berlibur. Mereka ingin menikmati momen romantis. Karena momen ini akan menjadi momen seumur hidup.

Apakah ini bisa menjadi peluang bisnis?

paket honeymoon 02

Peluang Bisnis Paket Honeymoon

Bisnis ini termasuk dalam industri tour and travel. Setelah mengalami kelesuan akibat pandemi covid 19, industri ini mulai ramai kembali. Tempat wisata dan tempat umum telah beroperasi seperti biasa. Semua orang sudah lelusa melakukan wisata.

Paket honeymoon berpotensi cuan dengan melihat beberapa fenomena, seperti:

    1. Angka pernikahan. Seperti halnya kelahiran dan kematian, pernikahan juga selalu ada di setiap tahunnya.  Mengutip databoks.katadata hasil statistik Indonesia ada 1,74 juta pernikahan di tahun 2021. Membandingkan dengan tahun 2020 mencapai 1,79 juta pernikahan, mengalami penurunan 2,8%. Menurunnya angka ini, dipicu karena faktor pandemi. Meski menurun tetap saja diatas 1,7 juta.  Bisnis ini target pasarnya tentu saja pasangan baru menikah. Jadi, peluangnya selaras dengan jumlah pernikahan. 
    2. Momen spesial pasangan. Momen ulang tahun pernikahan, misalnya. Mereka yang ingin mengulang kenangan masa pengantin barunya. Pasangan yang belum memiliki anak. Atau yang sedang menunggu kelahiran, babymoon.
    3. Tren healing dan quality time. Kesibukan dan problematika rumah tangga bisa menimbulkan stress. Dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Dengan tren ini pasutri sering memutuskan melakukan honeymoon kembali.
    4. Hobi. Mereka yang memang memilik hobi travelling romantis bersama pasangan. Umumnya, pasutri ini menyisihkan budget untuk melakukan perjalanan romantis layaknya honeymoon
    5. Objek wisata. Semakin berkembang pariwisata di Indonesia. Menjadikan banyaknya pilihan menarik untuk tempat tujuan honeymoon.

Baca juga: Apa Itu Monetisasi? Kenali Seluk-beluknya di Sini

Perusahaan-perusahaan yang Sudah Ada di Bidang Paket Honeymoon, Beserta Tawaran Uniknya 

Perusahaan yang sudah ada pada bidang ini tentu saja para pelaku bisnis tour and travel. Secara umum, pelaku bisnis ini sudah ada banyak. Namun, yang secara khusus yang berfokus pada paket honeymoon saja, masih belum ramai. 

Beberapa perusahaan yang fokus menawarkan paket honeymoon saja:

  1. Weddingku

Adalah platform website yang berfokus pada penyedia layanan perncanaan pernikahan, forum diskusi persiapan pernikahan dan paket  honeymoon. Paket honeymoon yang ditawarkan sangat beragam dan menarik. Vendornya di weddingku ini untuk adalah yuk.travel.

Macam-macam paket yang ditawarkan:

    • 6 tujuan wisata, yaitu Bali, Sumba, Labuan Bajo, Lombok dan Maldives.
    • Jenis paketnya ada 2 kategori, yaitu:
      1. Activity & day tour, yaitu tour 1 hari ke tempat-tempat wisata di kota tujuan. Harga yang ditawarkan berkisar Rp1,2 juta untuk sepasang suami-istri, untuk paket ini tidak ada penginapan hotel.
      2. Promo hotel, yaitu paket dengan penginapan dihotel. Hotel yang di tawarkan hotel bintang 4 dan bintang 5. Tentunya dengan fasilitas mewah dan pemandangan indah. Kisaran harga yang tawarkan mulai dari Rp 1.7jt – Rp 88 jt.
    • Penawaran termahal untuk perjalan ke Maldive, dengan villa mewah menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik, serta disediakan peralatan snorkling.
    • Untuk paket domestik ada 95 paket yang ditawarkan dan  Maldives 16 paket 

     2. Bulanmadu.com

Bulanmadu.com adalah perusahaan jasa travel khusus perjalanan bulan madu dan perjalanan romantis. Ia mengklaim menjadi pionir dari kekhususannya. 

Tawaran yang tersedia:

    • Pilihan tujuannya domestik dan luar negeri
    • Tujuan domestik, Bali dan Lombok
    • Tujuan luar negeri, yaitu Asia, Jepang dan Thailand
    • Paket termurah 1,6 juta ke Bali
    • Paket termahal 36 juta yaitu ke Jepang 
    • Semua paket yang ditawarkan sudah termasuk penginapan hotel berbintang 4 dan bintang 5
    • Rata-rata sudah termasuk romantic dinner dan dekorasi kamar pengantin.

     3. Bridestory.com

Bride Story adalah jasa penyedia layanan perencanaan pernikahan juga market place terkait pernikahan (pengantin). Di sini juga tersedia paket honeymoon dari berbagai vendor, paketnya cukup menarik dan variatif. Lantaran vendor beragam, jadinya pilihan tujuan juga beragam. Beberapa vendor umunya menawarkan hal romantis, seperti dekorasi kamar hotel, makan malam romantis, serta spa-pijat untuk pengantin. 

Baca juga: Seluk-beluk Click Through Rate (CTR) yang Pebisnis Online Wajib Tahu! 

Kebutuhan yang Perlu Disiapkan untuk Memulai Bisnis Paket Honeymoon 

Bisnis ini pangsa pasarnya masih luas. Mengingat perusahaan yang berfokus pada paket honeymoon belum sebanyak perusahaan tour and travel pada umumnya. Jika kamu ingin masuk bisnis ini, siapkan kebutuhannya untuk memulai. Melansir dari Cermati, persiapan itu adalah sebagai berikut :

     1. Riset Target 

Meriset yang akan menjadi target pasar. Mengenal target pasar penting. Agar bisa tahu yang mereka harapkan dan butuhkan. Selain itu, riset juga yang akan menjadi target objek wisata.

     2. Membangun Relasi

Bisnis ini sangat berkaitan dengan pihak lain, antara lain:

    • Maskapai penerbangan
    • Penyedia transportasi darat
    • Tempat penginapan
    • Tempat makan 
    • Guide atau pemandu wisata
    • Pemilik toko oleh-oleh
    • Porter/driver

Baca juga: Pebisnis Startup yang Sukses di Indonesia, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

     3. Tempat Kantor

Ada baiknya kamu memiliki sebuah tempat sebagai kantor. Agar kehadiran bisnismu terlihat jelas. Juga sebagai penyimpanan dokumen fisik, pertemuan dengan klien dan lain-lain.

     4. Perizinan

Mengurus segala surat perizinan agar bisnis kamu legal dimata hukum dan tidak menyalahi aturan

     5. Membuat Website dan Media Sosial

Selain kantor, website dan media sosial adalah tempat kamu berbisnis. Tujuan mempermudah calon konsumen mengetahui informasi tentang bisnis kamu.

     6. Buat Paket 

Setelah itu paket apa saja yang akan ditawarkan. Buat perhitungan yang tepat. Tawarkan paket honeymoon yang menarik dan unik.

      7. Modal 

Dalam memulai bisnis tentu membutuhkan modal. Baik modal uang juga modal kemampuan diri.

Baca juga: Bingung Tentukan Merchandise untuk Konsumen? Simak Tipsnya di Sini

paket honeymoon 03

Tips Menerapkan Bisnis Paket Honeymoon 

Agar bisnis paket honeymoon berjalan dengan baik berikut beberapa tipsnya, sebagaimana melansir dari Cermati dan Ipusnas :

     1. Menjalin Relasi yang Baik.

Bisnis ini saling berkaitan dengan berbagai pihak, bagaikan rantai yang saling terhubung.  

     2. Pengelolaan Uang

Kamu harus mencermati hal ini. Agar bisnisnya menghasilkan. Buat anggaran dengan tepat. Amati setiap arus kas yang masuk dan keluar.

     3. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Bisnis ini merupakan bisnis jasa. Output-nya bukan sebuah produk. Sehingga tidak bisa dihitung secara kuantitas. Feedback dari konsumen sangat penting. Kepuasan konsumen adalah yang utama.

Baca juga: 15 Ide Usaha Niche Market Pada Bisnis Jasa dan Pelayanan

     4. Buat SOP

Profesionalitas itu wajib. Berhubung bisnis ini mengkait banyak pihak. Maka perlu dibuat kejelasan SOP (Standard Operating Procedure). Sehingga jelas tugas dan tanggung jawab yang terlibat. 

     5. Strategi Pemasaran

Di era digital, memasarkan bisnis jadi relatif mudah. Banyak sarana untuk melakukan pemasaran seperti sosial media. Memasang iklan, menggaet influencer atau menggandeng wedding organizer. Masih banyak strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan, tapi harus efektif dan efisien.

     6. Performa 

Termasuk dalam branding awareness adalah menjaga performa. Seperti pemilihan logo, tema brosur atau flyer. Konten-konten pada website atau media sosial. Kelengkapan informasi untuk konsumen. Seperti kebijakan privasi,dan syarat dan ketentuan.

Jadi, bisnis ini cukup berpeluang bagus di Indonesia. Target pasarnya masih ramai. Yang menjadi utama dalam memulai bisnis ini adalah pandai menjaga hubungan baik. Tidak hanya dengan para rekanan juga dengan konsumen. 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP