fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pengertian Brand Persona dan 4 Alasan Bisnis Kamu Membutuhkannya

brand persona_01

Apa yang ada dalam benak pebisnis saat menyebut brand Apple? Ya, Apple – sebuah perusahaan teknologi multinasional dengan Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne sebagai pendirinya. Tetapi, kesan apa yang kamu rasakan saat mendengar Apple? Simplicity? Canggih? Ya betul sekali, brand Apple memang lekat dengan brand persona sophistication

Nah itulah hebatnya kepribadian merek bagi sebuah bisnis. Dengan kepribadian merek yang dibangun dan dibungkus sedemikian rupa membuat Apple dipandang memiliki persona sebagai brand with competence and sophistication. Sebagai pebisnis pasti kamu juga ingin memiliki bisnis atau brand sekuat Apple atau Nike atau brand lainnya. Pelajari tentang seluk beluk brand persona dengan simak artikel ini ya. 

Apa itu Brand Persona?

brand persona_02Brand persona adalah sekumpulan ciri kepribadian, sikap dan nilai yang ditampilkan oleh brand secara teratur untuk membantu terhubung dengan segmen audiens brand atau bisnis kamu. Atau secara singkat dan mudahnya, brand persona adalah cara kamu menggambarkan sebuah brand jika itu adalah seorang manusia. 

Brand personality menjadi hal yang orang rasakan dalam brand setiap kali mereka berinteraksi dengan produk, konten media sosial, dan layanan pelanggan. Brand personality ini dapat berupa orang, karakter, maskot, atau ide.

Kepribadian merek yang baik adalah yang hampir dapat kamu visualisasikan sebagai seseorang yang kamu kenal. Kamu juga dapat menganggapnya sebagai cerminan diri saat berinteraksi dengan brand. Sebagai pebisnis yang menciptakan brand persona, cara termudah untuk menciptakan kepribadian bagi perusahaan atau bisnis kamu adalah dengan membayangkan tipe orang yang menurut kamu paling tertarik dengan produk dan layanan yang kamu tawarkan, dan membuat pesan untuk mereka. 

Pikirkan brand persona sebagai “karakter” atau seseorang yang paling mewakili diri kamu, seperti misalnya Rio Dewanto untuk Extra Joss. Kepribadian merek yang autentik dapat membantu membangun kepercayaan konsumen dan membantu menjaga loyalitas mereka. Dan yang terpenting bagi para pebisnis adalah persona yang efektif dapat berdampak positif pada penjualan.

Dimensi Brand Persona

Dalam The Journal of Marketing Research, Jennifer Aaker menguraikan lima dimensi brand persona yaitu: sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness. Lima dimensi atau pilar ini dapat menjadi titik awal ketika kamu melakukan identifikasi kepribadian brand bagi bisnis kamu. 

Mari kita jelajahi lebih dalam lagi beberapa ciri kepribadian spesifik yang termasuk dalam setiap dimensi. Simak ya!

  • Sincerity: Persona ini lekat dengan pengasuhan yang berempati dan baik hati.
  • Competence: Persona ini adalah pemimpin berpengaruh yang dapat membantu pengguna atau mempengaruhi mereka untuk bertindak.
  • Excited: Persona yang bersemangat ini senang melakukan apa saja dan memulai petualangan dengan mudah.
  • Rugged: Persona yang lebih berotot ini atletis dan tangguh.
  • Sophisticated: Persona ini memancarkan keanggunan, gaya dan prestise.

Sebagai langkah awal membangun kepribadian merek, kamu bisa memilih salah satu ciri kepribadian spesifik tersebut yang menggambarkan bagaimana brand kamu dimata konsumen. Sebagai contoh kalau bisnis atau brand kamu menjual produk makanan olahan untuk keluarga, maka kamu bisa memilih kepribadian sincerity

Atau kalau ingin lebih spesifik lagi, kamu bisa memilih wholesomeness yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana brand atau bisnis kamu berinteraksi dengan konsumennya. Mulai dari tone dan voice, konten baik di website maupun media sosial hingga ke layanan pelanggan.

Mengapa Brand Persona Penting bagi Bisnis?

Dengan kepribadian merek ini bisa menjadi pembeda atau diferensiasi antara bisnis satu dengan bisnis lainnya. Apalagi kalau bisnis kamu memiliki persaingan yang ketat, maka memiliki brand personality akan membantu brand untuk terlihat unggul. 

Jika brand atau bisnis kamu memiliki persona yang konsisten dan jelas akan lebih memudahkan konsumen untuk mengenali, mengingat, dan memperhatikan brand kamu. Dengan begitu, orang dapat mendapatkan value yang lebih menarik hingga akhirnya memutuskan untuk memilih produk atau layanan milikmu. 

Selain itu, kepribadian merek juga bisa memperkuat brand story yang mampu menarik kesan konsumen yang mencerminkan nilai-nilai yang juga mereka yakini. Ketika brand story ini kamu sampaikan dengan tepat, konsumen bisa tersentuh secara emosional dan lebih mudah terdorong untuk membeli produk atau brand kamu.

Hal ini akan membantu membangun hubungan yang dekat antara pelanggan dan brand. Kalau kamu ingin konsumen mengenal bisnismu dan merasa menjadi bagian dari brand kamu, maka kehadiran seseorang yang berupa brand persona ini dapat menjadi panduan atau teman mereka.

Manfaat Brand Persona bagi Bisnis

brand persona_03Mungkin sebagai pebisnis kamu sering mendengar bahwa branding adalah hal penting yang harus setiap bisnis miliki. Salah satunya adalah dengan membangun dan memperkuat kepribadian merek bisnis yang akan mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat kepribadian merek ini adalah: 

  • Menarik konsumen dan membangun interaksi yang lebih autentik. 
  • Perusahaan akan dengan mudah mendapatkan loyalitas konsumen. 
  • Dengan kepribadian merek yang baik, pelaku bisnis tidak perlu lagi melakukan strategi perang harga sehingga bisa menetapkan harga jual yang relatif tinggi. 
  • Peluang diferensiasi produk sehingga produk menjadi lebih unik dan unggul dibandingkan kompetitor.

Tips Membuat Brand Persona

Menurut Aaron Walter, penulis buku Designing for Emotion ada beberapa daftar elemen yang harus kamu pikirkan saat mencoba menggambarkan brand kamu secara lebih baik. Beberapa diantaranya adalah tindakan yang bisa kamu pakai sebagai daftar tugas yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan kepribadian merek yang tepat. 

  • Buat citra kepribadian seperti apa atau siapa kepribadian merek kamu? Apakah itu orang, binatang atau benda lain? Kalau orang, siapakah orang tersebut?
  • Buat ringkasan atau ikhtisar brand kamu. 
  • Buat daftar kepribadian atau ciri-ciri brand yang ingin kamu soroti. 
  • Selanjutnya petakan kepribadian yang kamu inginkan dari langkah diatas. 
  • Jelaskan bagaimana persona tersebut berbicara dan berikan contoh tulisannya.
  • Jelaskan bagaimana persona tersebut terlibat atau berinteraksi dengan orang lain. 
  • Lengkapi style guide dengan font dan warna yang sesuai dengan kepribadian merek tersebut. 

 

Nah itu adalah kupas tuntas tentang brand persona. Persona atau kepribadian merek yang baik dapat membawa bisnis kamu melangkah lebih jauh. Selain membangun hubungan berharga antara konsumen dengan merek kamu, dengan persona bisa menjadi pemandu atau mentor atau bahkan teman mereka. 

Membangun persona yang tepat bisa menjadi salah satu investasi dalam jangka panjang karena kamu sudah mewujudkan apa yang ingin orang pikirkan ketika berinteraksi dengan bisnis atau brand kamu. Semoga dengan tips tersebut dapat menginspirasi para pebisnis untuk membuat kepribadian merek yang dekat dengan konsumen secara jangka panjang.