fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pengertian dan Manfaat Landing Page untuk Bisnis Online

Bisnis online kamu belum punya landing page? Sayang sekali! Padahal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dari toko online kamu. Sebentar, jangan-jangan kamu belum tahu apa itu landing page? Jika belum tahu, kamu bisa simak artikel ini.

Apa itu Landing Page?

Kamu mungkin pernah melihat iklan di media sosial, jika diklik akan mengarah pada sebuah halaman yang berisi produk, harga dan tombol CTA (Call To Action) seperti “beli sekarang”, “pesan sekarang”, “order now”  dan sebagainya. Nah, itulah Landing Page. Jika diartikan secara bahasa, landing page artinya “halaman mendarat”, “halaman landas”, halaman arahan”. Agak aneh, tapi memang dimaksudkan seperti itu, agar audiens langsung melakukan CTA.   

Nama landing page juga bermacam-macam, ada yang menyebutnya halaman prospek, halaman tertarget, hingga halaman promosi. 

Secara umum, landing Page merupakan halaman  yang dibuat khusus untuk menawarkan produk ataupun jasa bisnis mau. Isinya berupa berbagai informasi detail mengenai produk, jasa atau berbagai penawaran lain agar pengunjung tertarik. Halaman ini biasanya menarik pengunjung untuk mengklik sebuah tautan atau link tertentu. 

Berbeda dengan halaman sebuah website yang bisa mempunyai banyak halaman. Biasanya landing page hanya ada satu halaman muka saja. Tujuannya, agar pengunjung fokus melihat dan membaca halaman tersebut sampai mereka tertarik melakukan pembelian atau mengisi form yang terdapat data pengunjung. Seringkali, halaman promosi ini dikaitkan dengan media sosial, kampanye melalui email, dan berbagai promosi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Manfaat Landing Page

Landing Page_02Meski tidak sedetail homepage website kamu, landing page ternyata mempunyai beberapa manfaat  manfaat. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Hemat Biaya

Pertama, tentunya kamu akan lebih hemat biaya. Halaman arahan tidak perlu membuat website secara sempurna. Cukup satu halaman saja, kamu bisa mempromosikan produk kamu. Ini berbeda apabila kamu membuat website seperti marketplace atau sejenis homepage. Itu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

2. Lebih Efektif

Kedua, lebih efektif. Mengapa? Dengan fokus satu halaman saja, maka promosi produk kami lebih efektif. Berbeda apabila kamu menggunakan website, mereka akan terganggu dengan halaman yang banyak. 

3. Mendapatkan konsumen

Dengan adanya halaman arahan ini, kamu bisa mendatangkan banyak konsumen yang  tertarik pada produk kamu. Tak hanya sekedar berkunjung, tapi kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang digunakan dari audiens yang melakukan CTA ke halaman arahan kamu. Seperti nama, email, hingga nomor telepon. Dari data tersebut, bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi lanjutan baik memberikan diskon hingga berbagai penawaran menarik.

Jenis – Jenis Landing Page

Dengan berbagai manfaat dari halaman arah, ternyata jenisnya juga ada banyak. Sebab, tiap landing mempunyai target dan penawaran tertentu. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut”

1. Click Through

Jenis halaman ini memiliki penawaran suatu produk yang detail ke konsumen. Biasanya terdapat halaman pendaftaran atau transaksi selanjutnya, setelah konsumen melakukan CTA, misalnya pada tombol “pembelian”. Ciri halaman juga ada yang mengarahkan pada keranjang belanja.  Ini menyebabkan konversi yang terjadi menjadi sedikit, karena ada halaman lanjutan, setelah “order pembelian”.

2. Lead Generation

Jenis halaman arahan ini agak singkat, sebab dirancang khusus untuk mengumpulkan data konsumen. Bisanya di dalam halaman tersebut terdapat ajakan diskon,  mendaftar dapat diskon, hingga kupon khusus. Intinya, halaman ini untuk memancing atau menarik konsumen. Kamu bisa menggunakannya untuk pendaftaran webinar, akses percobaan, maupun peluncuran produk.

3. Advertorial 

Biasanya halaman arahan ini berupa iklan dengan gaya jurnalistik berbentuk artikel yang berisi produk tertentu berdasar penelitian. Misalnya, “Siswa SMA Ini Menemukan Obat Penurun Berat Badan”. Tujuannya agar audiens tertarik berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Kamu juga bisa menggunakan halaman arahan advertorial untuk menarik konsumen.

4. Lead Capture 

Landing page ini biasanya meminta audiens untuk memasukkan data yang telah disediakan dalam form. Adapun datanya berupa nama, alamat email, hingga nomor telepon. Adapun tujuannya selain memberikan penawaran, juga mengumpulkan data konsumen. 

5. Product Detail 

Adapun landing page ini berisi deskripsi produk yang jelas. Baik itu dari spesifikasi, jenis, harga, informasi lain terkait produk. Biasanya digunakan untuk melakukan brand awareness ke konsumen.

Memanfaatkan Landing Page untuk Bisnis Online

Landing Page_03Setelah mengetahui berbagai manfaat dan jenis halaman arahan, kamu bisa memanfaatkannya untuk bisnis online kamu. Dengan cara sebagai berikut:

1. Tempat Promosi

Kamu bisa menjadikannya sebagai sarana yang efektif untuk bisnis kamu. Sebab, dengan halaman yang berfokus pada promosi dengan informasi yang singkat dan dengan tulisan cukup besar, audiens akan tertarik dengan yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa membuat berbagai promosi untuk produk kamu dengan menawarkan berbagai keuntungan kepada audiens. Misal, diskon 50%, mendapatkan aplikasi senilai Rp 20 juta dan sebagainya.

2. Menghimpun Data konsumen

Dengan halaman arahan ini, kamu juga bisa mengumpulkan data konsumen dengan mudah. Misalnya, kamu bisa meminta audiens untuk mencantumkan nama atau email untuk mendapatkan promosi menarik. Bahkan, bisa lebih lengkap lagi, seperti data usia hingga jenis kelamin. Pastikan dalam menghimpun data konsumen hanya yang penting saja, seperti nama, email, nomor telepon. Sedangkan seperti alamat rumah dan kantor sebaiknya tidak dicantumkan. Adapun tujuannya agar meninggalkan kesan positif. Selain itu, apabila terlalu banyak bisa membuat calon konsumen kamu meninggalkan halaman arahan tanpa melakukan apapun.

Misalnya, kamu bisa membuat halaman arahan khusus alamat email pengunjung. Dari data ini nantinya kamu bisa memberikan informasi dan promosi. Seperti mengirimkan informasi produk terbaru, diskon, dan berbagai penawaran promosi lain. 

3. Memperluas Prospek Bisnis

Selain menghimpun konsumen, kamu bisa menggunakannya untuk memperluas prospek bisnis kamu Dengan cara mengenalkan merek kamu ke pengguna internet.  Semakin merek kamu banyak yang mengenal, tentu prospek bisnis kamu akan luas. Asal kamu tahu berdasarkan survey HubSpot 7.000 perusahaan menggunakan cara ini. 

4. Meningkatkan Penjualan

Apabila sudah mempunyai website jualan, kamu bisa mencoba memanfaatkan halaman arah untuk meningkatkan penjualan.  Dengan halaman arahan, kamu juga bisa meningkatkan penjualan. Ini tidak bohong, berdasarkan riset dari Omniture  menggunakan halaman arahan bisa meningkatkan konversi penjualan mencapai 25%.

Mengapa? Sebab halaman arahan membuat audiens dapat transaksi jual beli dengan mudah. Banyak pengguna yang menganggap lebih nyaman, cepat dan efisien dalam bertransaksi.

5. Menciptakan Brand Awareness

Kamu juga bisa menciptakan Brand Awareness dengan cara menampilkan berbagai ulasan atau testimoni konsumen kamu. Dengan cara ini, audiens akan semakin percaya dengan produk yang kamu tawarkan. Artinya apa? Apabila mereka sudah percaya dan mendapatkan kesan yang bagus, pastinya akan menjadi konsumen tetap kamu. 

Selain itu, dengan cara ini juga kamu dapat meminimalkan konsumen beralih ke kompetitor kamu. Sebab, halaman arahan digunakan untuk konsumen atau calon konsumen yang sudah tersegmen. Dibandingkan menggunakan marketplace yang banyak kompetitornya dan tidak bisa menciptakan brand awareness sendiri.

Itulah berbagai cara memanfaatkan untuk bisnis online kamu. Ingat, halaman arahan mempunyai potensi meningkatkan promosi dan membantu kamu untuk mengevaluasi strategi yang telah dilakukan. Apalagi halaman arahan lebih baik dibandingkan menggunakan marketplace, sebab dapat menghasilkan lebih banyak prospek, meningkatkan penjualan, mengoptimalkan promosi kamu. Jadi, apakah ada keinginan untuk menggunakan landing page?