fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pengertian, Tips dan Seluk-Beluk Insight dalam Marketing dan Bisnis

Insight

Mengerti hal yang menjadi kebutuhan konsumen penting dalam dunia marketing dan bisnis. Dengan mengetahui kebutuhan konsumen, pebisnis bisa menyesuaikan produknya. Hal itu yang membuat market insight penting dalam dunia bisnis.

Sederhananya, market insight adalah sejumlah informasi dan fakta yang dikumpulkan oleh pasar yang bisa dijadikan panduan perusahaan untuk menciptakan inovasi atau pun melakukan strategi marketing. Biasanya, market insight ini adalah hasil riset data yang luas dan menyeluruh.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Hasil dari riset data ini bisa memberikan efek besar pada perkembangan produk. Pebisnis bisa memperbaiki kualitas produknya lewat cara itu. Bahkan, terkadang sebuah produk baru bisa lahir atas adanya insight.

Sebagai pebisnis, penting bagi kamu untuk mempelajarinya agar bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar. Kamu juga bisa melakukan inovasi dan membaca peluang bisnis yang sesuai dengan kebutuhan market.

Simak penjelasan berikut ini ihwal seluk-beluk market insight. Bagaimana kamu menyusun dan memanfaatkannya demi keuntungan bisnis.

Apa Itu Market Insight

Market insight adalah sejumlah informasi penting yang dikumpulkan dari hasil riset atau analisis data yang bisa langsung diterapkan untuk kepentingan strategi bisnis sebuah perusahaan. Hasil riset ini memberikan gambaran yang jelas apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari target demografi sebuah brand.

Market insight sedikit berbeda dengan data science yang biasanya hanya berupa angka dan kadang tidak memberikan wawasan yang lebih dalam dari target market tersebut. Biasanya, dalam data riset lebih menyeluruh, meliputi consumer habits, kompetisi pasar, karakter industri dan kondisi perekonomian suatu negara secara keseluruhan.

Keuntungan Market Insight 

InsightPebisnis bisa beroleh banyak keuntungan dari sebuah insight untuk strategi marketing dan bisnis. Berikut Ini beberapa di antaranya:

  • Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Salah satu keuntungan utama adalah memberikan gambaran kebiasaan dan sikap konsumen terhadap satu brand. Dari sini perusahaan akan dengan mudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan target market. Secara umum, insight berlandaskan dari data hasil penjualan produk yang sudah ada di pasar atau hasil dari kampanye produk.

Pada jaman digital seperti saat, upaya memperoleh data bisa sangat  mudah dan cepat. Misalnya, dari tools media sosial akan list jumlah barang yang sudah terjual atau sudah masuk daftar pesanan. Selain itu, bisa juga dari list barang-barang yang paling sering dilihat oleh konsumen di website. Dengan cara ini, kamu bisa langsung mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kamu bisa menciptakan produk dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  • Meningkatkan Pendapatan

Saat sebuah perusahaan berhasil menyatukan antara kebutuhan dan keinginan konsumen, maka kesempatan untuk meraup untung pun semakin besar. Dengan menggunakan data hasil riset ini sangat mungkin perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Misalnya saja, kamu punya bisnis restoran. Pada bulan puasa, terdapat data kalau menu ayam lebih laku daripada menu tempe. Maka, sebagai pebisnis selama bulan puasa, kamu akan menambahkan jumlah porsi ayam, mulai dari ayam goreng sampai ayam bumbu pedas. Ketika berpromosi, misalnya di media sosial, kamu akan mem-posting lebih banyak menu ayam dengan berbagai variasinya. Dengan cara ini akan semakin banyak orang yang datang ke restoran kamu.

  • Mengantisipasi Perubahan Pasar

Berkat market insight perusahaan mampu meramalkan adanya perubahan pasar. Ini terjadi karena data bisa mengidentifikasi pola kebiasaan konsumen, seperti cara mereka menghabiskan uang atau kebiasaan engagement mereka dengan konten. Dalam beberapa kasus, pola perubahan pasar bisa terbaca pula berdasarkan faktor eksternal, seperti tahun, cuaca, kondisi ekonomi atau karakter dari kompetitor. Berdasarkan data ini, sebuah perusahaan bisa mengantisipasi perubahan pasar dan meminimalisasi kerugian.

  • Memonitoring Kompetitor

Insight tidak hanya memberikan data perihal produk yang kamu miliki, tetapi juga produk kompetitor. Lebih dari itu, kamu akan mendapat gambaran pula kenapa konsumen lebih menyukai produk A ketimbang produk kamu. Dari sini kamu bisa mempelajari lebih jauh kelebihan produk kompetitor. Entah itu kelebihan dari segi tampilan, harga atau pun kemudahan dalam mendapatkannya. Setelah memonitor kompetitor, kamu bisa memperbaiki kualitas produk atau merubah konsep marketing agar bisa tidak kalah bersaing di pasar.

Cara Mendapatkan Insight 

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data-data penting untuk insight demi kepentingan strategi market kamu, yaitu:

  1. Menggunakan Analisis Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu tools marketing yang sangat luar biasa. Tidak hanya membuat perusahaan bisa berinteraksi langsung dengan audiens, tapi juga memberikan banyak insight. Perusahaan bisa mempelajari perilaku dan reaksi audiens pada sebuah produk atau kampanye. Saat ini banyak media sosial yang menggunakan tool kuesioner yang juga mampu memberikan masukan soal opini dan kebiasaan konsumen

  1. Buat Survei

Salah satu cara terbaik mendapatkan insight adalah lewat feedback dari konsumen. Banyak perusahaan menggunakan metode survei ini. Mereka akan mengirimkan survey feedback setelah konsumen membeli barang atau menggunakan jasa mereka. Kadang mereka juga melakukan survei lanjutan untuk mendapatkan analisa menyeluruh soal pengalaman konsumen menggunakan produk mereka.

  1. Memberikan Produk Gratis

Kalau kamu tidak punya budget khusus, memberikan produk gratis bisa jadi alternatif. Konsumen tentu senang mendapatkan produk gratis. Kamu dapat melakukan langkah itu pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat akan launching produk baru. Kamu bisa berikan beberapa pada konsumen loyal. Sebagai timbal baliknya, kamu bisa melakukan insight dengan meminta konsumen memberikan masukan berkaitan dengan produk gratis tersebut. Mereka bisa menyuarakan pendapatnya lewat sejumlah pertanyaan lewat email atau ada tim khusus yang bertanya langsung pada konsumen.

  1. Akses Pada Data Publik

Berkat adanya internet, sekarang perusahaan bisa mendapatkan banyak data lewat akses publik yang tersedia. Tidak hanya kebiasaan konsumen, perusahaan juga bisa mendapatkan data status keuangan, pola belanja, pendapatan dan pemasukan masyarakat, status ekonomi dan banyak lagi. Hasil data ini sangat berguna untuk membuat kampanye marketing. Misalnya saja, data perilaku konsumen saat belanja online dari YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) atau data dari BPS (Badan Pusat Statistik) soal income, harga eceran barang dan jasa per tahunnya.

  1. Melakukan Riset Pasar

Insight Cara yang paling sering digunakan sejak dulu oleh banyak perusahaan untuk mendapat insight adalah fokus grup. Mereka akan mengumpulkan sejumlah orang dengan asumsi dapat mewakili target mereka. Selanjutnya, perusahaan melakukan tes per orang untuk melihat reaksi konsumen atas satu produk, sekaligus mendapatkan masukan bagaimana kira-kira reaksi masyarakat saat peluncuran atau kampanye produk ke pasar. Fokus group kadang dilakukan beberapa kali sampai produk dirasa benar-benar siap diluncurkan. Dengan cara ini perusahaan bisa meminimalisasi kerugian akibat produk tidak laku atau gagal di pasaran.

  1. Review Negatif Produk Kompetitor

Dalam berbisnis, kamu juga perlu untuk mengawasi produk kompetitor. Amati apa kekurangan dan kelebihannya untuk memperbaiki dan melakukan inovasi bagi bisnis kamu. Salah satu insight yang bisa kamu gunakan adalah membaca review negatif dari konsumen atas produk kompetitor. Pelajari apa yang menjadi keluhankonsumen, kemudian lakukan perbaikan pada produk kamu.

  1. Menyewa Konsultan

Beberapa perusahaan raksasa menggunakan jasa konsultan untuk melakukan market insight. Lewat konsultan, mereka bisa membuat riset data yang sesuai dengan kebutuhan pasar mereka. Biasanya, ketika hendak launching produk baru, perusahaan akan menyewa tim konsultan untuk melakukannya. Tentu saja,  harganya sangat mahal. Bila kamu punya budget yang cukup, tidak ada salahnya menyewa jasa konsultan ini.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Demikian uraian seputar market insight yang perlu diketahui oleh pebisnis demi meningkatkan kualitas dan melakukan strategi marketing.

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP