fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pengusaha UMKM Wajib Tahu 7 Hal Penting ini Jelang Ramadan

pengusaha umkm wajib tahu 01

Meski pandemi belum benar-benar reda, tetapi jelang Ramadan tahun ini pengusaha UMKM perlu mulai bergerak. Apalagi Pemerintah sudah mulai mengisyaratkan lampu hijau untuk terus menurunkan pembatasan sosial. Bak angin segar, ini adalah kabar bahagia bagi pengusaha UMKM yang dua tahun belakangan terkena dampak COVID-19.

Saat bulan Ramadan bagi para pengusaha, terutama usaha kecil dan menengah, adalah waktunya panen keuntungan. Konsumen yang sedang mempersiapkan diri untuk berhari raya cenderung lebih royal, tak segan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli berbagai kebutuhan. Momen ini sayang untuk dilewatkan. 

Buat kamu yang menjadi pengusaha UMKM, perlu tahu hal penting ini jelang Ramadan. Baca terus 7 hal penting berikut ya, agar Ramadan kali ini bisa membuatmu mendapat untung.

Jeli melihat tren produk

Kalau kamu ingin bisnismu lebih cepat membawa hasil jelang Ramadan, mulailah mencatat produk-produk yang trennya akan naik. Biasanya, konsumen akan banyak mencari produk seperti madu, vitamin, kurma, kue kering, parsel, baju muslim, dan sebagainya. Ini hal penting karena saat Ramadan, produk seperti inilah yang diburu pelanggan.

Catat hal penting ini:

  • Pilih produk yang kualitasnya baik dan harganya terjangkau. 
  • Kalau kamu mengambil barang dari supplier, pastikan mereka bertanggung jawab atas ketersediaan barang, juga punya ikatan kerjasama yang jelas untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Kalau kamu mengambil barang yang diimpor dari luar negeri, pastikan tidak ada hambatan di pabean. Konsumen seringkali kecewa bahkan marah kalau terlalu lama menunggu pesanan mereka. Apalagi saat pandemi seperti saat ini, biasanya ada peraturan-peraturan baru yang diberlakukan demi keamanan dan keselamatan. 

Pelajari konsumenmu

Mengerti apa yang dibutuhkan konsumen adalah hal penting dalam berbisnis. Apalagi untuk pengusaha UMKM yang berjualan secara online, sangat perlu untuk memahami perilaku konsumennya agar strategi penjualannya lebih tepat.

Cobalah untuk membuat survey singkat yang saat ini mudah dilakukan melalui media sosial. Tanyakan berbagai hal yang bisa membantumu mengetahui apa yang konsumen cari dan inginkan jelang Ramadan. 

Dengan memperoleh data dari konsumen atau follower, pengusaha UMKM akan lebih mudah untuk mengetahui siapa calon pembelinya. Karena bisa saja konsumen punya perilaku yang berbeda jelang Ramadan dan setelah hari raya. Sebaiknya kamu tidak asal tebak, agar jualanmu tidak percuma. 

Lebih kreatif dalam menawarkan produk

Saat Ramadan konsumen biasanya akan mencari promo-promo yang menarik seperti product bundling, voucher, sampai penawaran paket produk yang dikemas cantik sebagai bingkisan lebaran. 

Tampilkan produk-produk kamu dengan visual yang bagus. Kamu bisa lakukan itu dengan membuat foto-foto produk yang menarik, menampilkan produk yang memiliki beberapa warna atau varian secara lengkap, juga menggunakan model yang menarik. Pastikan juga untuk menampilkan foto produk dengan pencahayaan yang baik. 

Bila memungkinkan, kamu juga bisa menyediakan layanan pengantaran khusus, gratis ongkir, atau layanan custom pesanan, di mana pesanan konsumen bisa disesuaikan dengan yang mereka inginkan. Ini hal penting yang membuat tokomu menjadi lebih unik daripada yang lain. Dengan lebih kreatif memberi penawaran, konsumen akan tertarik untuk membeli dari tokomu. 

Manfaatkan kampanye online

Hal penting berikut ini jangan diabaikan, ya. Sebagai pengusaha UMKM sekalipun, kamu perlu melakukan kampanye online, baik di media sosial maupun melalui online commerce builder. Alasannya, hampir semua konsumen saat ini menggunakan ponsel pintar untuk mencari dan membeli produk, apalagi saat bulan puasa. 

pengusaha umkm wajib tahu 02Justru di bulan Ramadan inilah, kamu bisa maksimalkan penawaran dengan menggunakan kekuatan teknologi Internet. 

Sebelum membuat kampanye online, cek ini dulu:

  • Pelajari cara-cara mendesain visual yang menarik. Makin seru tampilannya, konsumen akan makin tertarik.
  • Cek apa yang bisa dimaksimalkan melalui penawaran di media sosial atau online commerce builder yang kamu gunakan.
  • Sajikan kampanye online-mu dengan informasi yang jelas. Konsumen biasanya ingin tahu produkmu secara mendetail sebelum melakukan pembelian.

Berkomunikasi terus menerus

Komunikasi dengan konsumen adalah hal penting yang perlu selalu terjalin lancar. Sajikan informasi-informasi menarik di media sosialmu juga lakukan engagement bersama mereka. Misalnya dengan mengadakan kuis sederhana dengan hadiah atau voucher belanja. 

Kamu juga bisa berkomunikasi dengan konsumen melalui fitur live yang ada di media-media sosial. Lakukan live dengan gaya yang menarik, agar berkesan bagi konsumen. Saat berjualan secara live, kamu juga bisa membuat penawaran-penawaran terbatas jelang Ramadan, sehingga konsumen akan menantikan kehadiranmu.

Menjadi komunikatif sangat penting bagi bisnis kamu untuk melihat dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen, tanggapan mereka terhadap produkmu, serta komentar mereka atas layanan yang kamu berikan. Buat konten yang engaging yang dapat menarik konsumen berkomentar atau mengutarakan pendapat mereka.

Agar engagement dengan konsumen makin lancar, ingat ini:

  • Konsumen biasanya senang kalau dirinya diingat oleh penjual. Catat konsumen-konsumen yang paling ramah atau yang belanja paling royal. Kemudian sapa mereka saat kamu melakukan penjualan live. Ini akan meninggalkan kesan untuk mereka.
  • Lakukan kegiatan komunikasi secara konsisten dan rutin. Kalau memungkinkan, selalu lakukan kegiatan live pada hari dan jam yang sama.

Jaga kelancaran cashflow-mu

Memastikan kemampuan finansial dan permodalan adalah hal penting dalam berbisnis. Pastikan arus kas yang kamu miliki terkendali dengan baik agar terhindar dari kehabisan modal atau kebangkrutan. Kamu dapat cermati hal – hal terkait finansial di bawah ini: 

  • Sekiranya berhubungan dengan agen, perhitungkan pola pembayaran dari agen yang menggunakan masa tunggu atau tempo tidak terlalu lama. Dengan begitu uang kas yang ada bisa kamu putar kembali untuk investasi ataupun membeli bahan/produk berikutnya.
  • Hindari mengambil pinjaman modal yang terlalu besar untuk menghindari risiko kredit macet yang bisa menumbangkan bisnismu. 
  • Jangan terburu nafsu dengan menghabiskan cadangan modal dan menyetok barang terlalu banyak karena bermaksud mengejar tren pembelian yang naik selama Ramadan. Kalau sampai salah perhitungan, bisnismu bisa tekor. 

pengusaha umkm wajib tahu 03Tetap waspada akan perubahan situasi

Penting untuk diingat bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai. Pengusaha UMKM juga perlu melakukan perhitungan, terutama dalam hal SDM. Bila belum terlalu perlu menambah karyawan, hendaknya tunda dulu dan maksimalkan tenaga yang kamu punyai. Hindari membuka cabang atau menyewa gudang tambahan karena itu akan menambah beban operasional. Stabilkan dulu bisnismu sebelum melakukan hal-hal besar seperti ini. 

Bila pembatasan sosial kembali terjadi, ada kemungkinan penjualan akan menurun. Kalau sudah begitu, bisnismu bisa mengalami kesulitan seperti yang terjadi pada sebagian besar pengusaha UMKM di masa awal pandemi.

Stiker Ciptakan Pelanggan

Untuk mendukung jualan online dan bersilaturahmi dengan pelanggan kamu semakin bermakna di bulan Ramadan ini, LummoSHOP menghadirkan Stiker Ciptakan Pelanggan, di mana kamu bisa bikin stiker WhatsApp online shop-mu sendiri. Tersedia beragam template stiker WhatsApp kekinian yang bisa kamu modifikasi dengan menambahkan logo online shop dan kata-katamu sendiri.

hal penting jelang Ramadan_04Kamu bisa pakai Stiker Ciptakan Pelanggan ini agar chat dengan pelanggan semakin seru. Bikin brand-mu semakin dikenal dengan adanya logo online shop kamu di setiap stiker, pembeli jadi repeat order, dan nambah pelanggan baru. Langsung aja klik website Stiker Ciptakan Pelanggan, dan ciptakan pelanggan barumu. Stiker ini GRATIS, lho!

Semoga Ramadan tahun ini bisa menjadi awal bisnis yang kembali membaik bagi pengusaha UMKM di Indonesia. Tetaplah bersemangat dan lakukan yang terbaik agar bisnismu sukses. 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP