fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pentingnya Evaluasi Bisnis

Evaluasi bisnis

Seperti layaknya mesin yang berfungsi baik, bisnis milikmu juga perlu check up secara berkala. Memang, kamu perlu melakukan evaluasi bisnis untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan menuju pertumbuhan yang semestinya. 

Meskipun banyak pemilik bisnis yang mengetahui bahwa mereka harus mengevaluasi bisnis mereka untuk kepentingan kesehatan bisnis itu sendiri, banyak dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk itu karena harus mengerjakan tugas hariannya.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Sementara sebagian lainnya, tidak sadar bahwa evaluasi harus mereka lakukan. Beberapa penyebabnya adalah kurangnya dokumentasi sebagai bahan evaluasi. Perlu kamu ingat bahwa sangat penting bagi para pemilik bisnis untuk melihat bisnisnya dari perspektif yang berbeda secara berkala. 

Evaluasi kinerja sebuah usaha biasanya dilakukan sebanyak 1-2 kali setiap tahun. Sementara perusahaan-perusahaan terbuka atau perusahaan publik memiliki kewajiban untuk merilis laporan keuangannya empat kali dalam setahun atau tiap tiga bulan sekali (kuartalan). 

Meski demikian hal ini tidak harus menjadi patokan. Evaluasi secara rutin perlu dilakukan untuk jenis usaha apa pun dengan skala apa pun, untuk usaha kecil maupun usaha besar yang telah mapan sekalipun.

Kenali Hambatan Kecil, Sebelum Menjadi Masalah Besar

Masalah tidak bisa selesai sendiri jika kamu tidak mengetahui adanya masalah tersebut. Hal ini juga berlaku untuk bisnis. Jika ada masalah yang terjadi tetapi kamu belum bisa mengidentifikasikannya, maka kamu juga tidak akan bisa menghentikan masalah tersebut.

Banyak bisnis yang tidak menyadari adanya masalah yang mereka hadapi hingga waktunya sudah sangat terlambat. Kenyataannya, sebagian besar bisnis yang bangkrut pada awalnya berjalan lancar bahkan telah menghasilkan laba. Sebagian besar di antaranya tidak menyadari kesalahan kecil yang mereka lakukan secara konsisten. Masalah tersebut kemudian berubah menjadi hal yang cukup serius hingga bisa menyebabkan kegagalan dalam usaha. 

Salah satu hal yang sulit dilakukan adalah melihat kesalahan yang kita lakukan sendiri. Terlebih lagi, jika kamu sudah cukup lama bergerak di industri yang sedang kamu jalankan. Sehingga, jika ada masalah yang terjadi dalam bisnismu, mungkin akan sulit bagi kamu untuk melihatnya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Oleh sebab itu, banyak pemilik bisnis memilih untuk bekerja sama dengan mentor bisnis. Mereka bisa melihat bisnis yang sedang kamu jalankan dari sudut pandang yang lebih objektif dan mampu melihat masalah yang mungkin tidak terlihat oleh para pemilik bisnis itu sendiri.

Evaluasi bisnisApa Saja Evaluasi Bisnis yang Perlu Dilakukan?

Melihat hal-hal kecil dalam area-area ini bisa membuat bisnis yang kamu jalankan bergerak di jalan yang tepat, termasuk mengurangi risiko. Beberapa area ini perlu kamu perhatikan dan jadi bahan evaluasi.

Aspek ini meliputi strategi dan perencanaan bisnis, pengurangan biaya, kepatuhan dan risiko, aspek legal, peningkatan proses bisnis, analisa persaingan usaha, pembuatan tolak ukur/ benchmarking, pengembangan produk / jasa baru.

Hal ini meliputi strategi marketing yang digunakan, branding, penggunaan website, SEO, digital marketing, email marketing, sosial media, dan target marketing.

  • Penjualan / Sales

Aspek ini meliputi pengembangan bisnis atau strategi penjualan, customer relationship management (CRM), quoting, mengikuti proses tender, strategi pricing.

Pelayanan konsumen atau customer service meliputi kebijakan pelayanan konsumen dan pengukuran serta analisis terhadap pelayanan konsumen yang telah dilakukan.

  • Human Resource

Aspek ini meliputi evaluasi tenaga kerja yang digunakan, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, insentif kepada karyawan dan penerapan key performance indicator (KPI). serta budaya dan lingkungan kerja. 

  • Kepemimpinan / Leadership

Meliputi manajemen waktu, kesejahteraan, kepemimpinan dan arah perusahaan.

Aspek ini meliputi pembukuan, kepatuhan pajak, administrasi pembayaran upah, proyeksi keuangan dan cashflow, target keuangan, budget management, kebijakan dan prosedur keuangan, dan performa keuangan.

Meliputi manajemen operasional dan administrasi.

  • Teknologi

Meliputi produktivitas, penggunaan cloud dan infrastruktur, serta keamanan cyber.

Tentukan Prioritas dari Evaluasi Bisnis

Sebagian besar bisnis memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga untuk dapat mencapai target bisnis, penting untuk menggunakan sumber daya tersebut, baik itu uang maupun tenaga dan waktu, secara bijak. 

Jika kamu tidak yakin mana area yang perlu mendapat fokus terbesar, kamu bisa memulai pada tiga hingga lima area spesifik yang memiliki pengaruh terbesar terhadap bisnis. Hal ini akan mendorong bisnismu secara langsung pada pertumbuhan. 

Fokus pada hal-hal yang benar penting dan berdampak besar umumnya membantu perusahaan atau bisnis menghasilkan keuntungan yang lebih baik. Selain itu, kamu juga perlu berhenti untuk membuang-buang sumber daya pada area yang tidak begitu memberi dampak secara langsung pada bisnis atau usaha.

Tetapkan Target

Ketika kamu memiliki sumber daya yang terbatas, hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah membuat rencana yang dapat membuat kamu dan tim fokus hanya pada tugas yang bisa membantu bisnis terus berkembang. 

evaluasi bisnisSeperti penjelasan di atas, sulit untuk menentukan fokus jika kamu belum mampu mengidentifikasi area kuncinya. Tetapi jika itu sudah dilakukan, selanjutnya kamu bisa merencanakan strategi terbaik untuk mencapai target-target tadi. Evaluasi dapat membantu merencanakan langkah yang mesti kamu ambil dalam tiga bulan, enam, bulan, dan dua belas bulan ke depan. 

Strategi bisnis membuat tim bisa mengetahui apa saja yang perlu menjadi fokus untuk membangun profitabilitas dan keberlanjutan bisnis. Mengevaluasi rencana bisnis secara konsisten dapat membantu pemilik bisnis untuk memecah tugas berdasarkan periodenya, mulai dari rencana 100 hari ke depan, target  6 bulanan, target 12 bulanan, dan seterusnya. 

Memastikan perusahaan untuk tetap tumbuh dan berkembang butuh usaha yang besar. Oleh sebab itu, pemilik usaha mesti memberikan yang terbaik agar peluang sukses bisnis yang dia miliki tetap terjaga. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pemilik bisnis saja, tetapi juga para karyawan yang bekerja di dalamnya. 

Namun, usaha dan kerja keras saja tidak cukup tanpa adanya informasi tambahan. Melakukan evaluasi dengan rutin dapat meningkatkan akurasi informasi yang kamu butuhkan untuk mengambil keputusan dan langkah yang tepat. Sementara kurangnya informasi yang terbilang vital akan membuat bisnis berjalan di tempat. Oleh sebab itu, evaluasi menyeluruh cukup penting, terlebih lagi jika kamu ingin melibatkan mentor atau advisor bisnis. 

Perlukah Usaha Skala Kecil Melakukan Evaluasi Bisnis?

Semua perusahaan perlu melakukan yang namanya evaluasi, baik itu yang sudah mapan, usaha besar, maupun usaha kecil. Setiap bisnis bisa mendapatkan manfaat dari evaluasi. Evaluasi bisa membantu sebuah usaha untuk mengidentifikasi peluang untuk terus tumbuh, juga mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Jika ada peluang-peluang ini, kamu dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang telah diperoleh. Kamu juga bisa menggunakan sumber daya secara tepat dan efisien agar dapat memberi efek yang positif. 

Sebuah evaluasi bisnis membantu pelaku usaha untuk melihat bisnisnya dari perspektif luar. Sehingga dapat meneliti semua area-area kunci dalam sebuah dokumen yang detail.