fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pentingnya Keberadaan Blog pada Website Bisnis

pentingnya blog untuk bisnis

Blog sebagai kumpulan artikel informal ditulis dengan tujuan mengangkat suatu topik dengan cara ringan dan segar. Blog juga menjadi sarana untuk pemasaran email, promosi media sosial, serta mengarahkan mesin pencari ke website bisnis. Calon konsumen juga bisa memahami fitur dan kelebihan sebuah bisnis melaluinya. Di samping itu, blog juga dapat membantu pelanggan menemukan sekaligus membangun reputasi bisnismu. Itu semua menegaskan pentingnya blog untuk bisnis.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

7 Alasan Mengapa Bisnismu Membutuhkan Blog

Jadi, seberapa pentingnya blog untuk bisnis? Bagaimana cara memulai blog, terutama untuk website bisnis? Kami akan rangkumkan untukmu.

  1. Blogging adalah Elemen Penting

Sebagai pebisnis, kamu harus selalu mengikuti tren dan menyesuaikan diri dengan lanskap pemasaran yang selalu berubah. Salah satu strategi marketing dalam bisnis adalah blogging. Menurut riset dari Social Media Today, selama beberapa tahun terakhir, tren memiliki blog menjadi bagian keberhasilan suatu bisnis. Memiliki blog sama dengan memiliki media promosi, branding, dan publikasi.

  1. Membantu Menemukan Website Bisnismu

Tujuan utama dalam membuat blog, ibarat kita memiliki sebuah toko di dalam pasar atau mal raksasa. Kita ingin mengarahkan banyak pelanggan untuk lewat di depan toko dan bahkan, masuk ke dalam toko tersebut. Pentingnya blog untuk bisnis adalah saat kamu membuat artikel di blog, apalagi jika konsisten dan teratur, sama artinya dengan kamu terus menerus memperbarui etalase toko. Mesin pencari seperti Google akan mengarahkan traffic ke website bisnismu.

  1. Dapat Tersambung dengan Media Sosial Sehingga Promosi Semakin Mudah

Beberapa link yang tersambung di blog, membuat promosi makin mudah, karena pembaca dapat membagikannya langsung melalui media sosial. Begitu juga sebaliknya, kamu dapat dengan mudah membuat Instagram Story yang akan menjadi call to action berupa klik link ke blog. Semua dapat memperkuat jangkauan media sosial, membantu pembaca menemukan konten promosi, dan mendorong pengunjung website baru ke blog kamu. 

  1. Artikel Blog Dapat Mengubah Pengunjung Menjadi Pelanggan

Blog sangat berguna sebagai alat promosi, karena seluruh artikel yang ada di dalamnya sangat bisa menjadi lapak berjualan ala soft-selling. Membuat artikel dengan gaya ‘menjual secara halus’, akan membuat para pembaca terpengaruh untuk membeli produk yang kamu jual. Sebab, kamu dapat memasukkan call to action pada dalam berbagai bentuk, seperti:

    • menyadarkan pembaca blog atas informasi yang diberikan;
    • membuka artikel lain dengan klik “cari tahu lebih lanjut”;
    • jika ada aplikasi terkait, kamu dapat memberi call to action “unduh di sini”;
    • penawaran diskon, penawaran produk gratis, opsi untuk berlangganan ke grup website bisnis, dan lain-lain.
  1. Blog Bersifat Jangka Panjang

Sekali saja blog telah terindeks di mesin pencari, maka dia akan menjadi “penghuni tetap”. Itu artinya, kita tak usah repot-repot menulis lagi dan lagi, karena selama domain blog tersebut eksis, orang bisa membaca artikel tersebut hingga kapan pun. Itu sebab pentingnya blog untuk bisnis menggunakan TLD (Top Level Domain) karena lebih optimal pada mesin pencari.

  1. Topik Blog Tak Lekang Oleh Waktu 

Topik blog yang relevan pada bisnis, juga berguna untuk mendatangkan pembaca. Tak jarang, pembaca akan datang lagi dan lagi untuk mencari artikel yang relevan. Jadi, pentingnya blog untuk bisnis memiliki niche tertentu, karena pembaca akan ingat pada blog kamu!

  1. Blog Memberi Suara pada Perusahaan dan Meningkatkan Reputasi Bisnis

Blogging adalah cara yang bagus untuk menciptakan kepribadian bagi bisnismu dan membuat bisnis lebih kredibel dan mudah untuk didekati. Melalui blog, kamu dapat memberikan solusi kepada konsumen yang bertanya seputar bidang bisnismu. Calon konsumen dan konsumen akan merasa lega jika menemukan hal yang dapat menjawab permasalahan mereka, sehingga hal ini membantu meningkatkan reputasi bisnismu.

Jadi, jangan takut untuk berbagi informasi, tips, atau tutorial bisnis, serta selalu dekat pada audiens dengan cara membalas komentar yang diberikan audiens. Tentu saja, jangan lupa moderasi kolom komentar agar tak ada komentar negatif atau berita spam.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Pentingnya blog untuk bisnis

Nah sekarang, setelah melihat manfaat pentingnya blog untuk bisnis yang bisa mendatangkan calon konsumen dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan audiens, kamu pasti tak sabar untuk memulai. Namun, bagaimana caranya? Apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat blog? Yuk, lanjut simak rangkuman ini!

  1. Tentukan Platform Blog 

Untuk pemula, secara umum ada dua platform blog terbaik dan mudah untuk diaplikasikan, yaitu:

    • WordPress.org 

WordPress.org banyak digunakan sebagai platform blog bisnis, karena penggunaannya mudah, tampilannya interaktif dan menarik, serta tersedia aneka plugin.

    • Blogger 

Blogger atau Blogspot adalah platform milik Google, sehingga kamu akan mendapatkan manfaat layanan dari Google seperti AdSense, AdWords, serta Google Analytics.

  1. Pilih Niche Blog 

Oleh karena pentingnya blog untuk bisnis, maka kamu perlu menentukan tema khusus yang akan kamu ulas di blog. Buat tombol pilihan topik yang bisa pembaca pilih di bawah header. Pembaca dapat mencari topik yang diinginkan dengan menekan tombol tersebut. Niche blog untuk bisnis, akan membuat pembaca fokus serta mudah menemukan artikel. Keuntungan lainnya, adalah lebih mudah mendapatkan monetisasi dari iklan. 

  1. Beli Layanan Hosting yang Tepat 

Setelah memilih platform dan niche blog, maka langkah selanjutnya adalah membeli hosting atau “rumah” untuk menyimpan file blog supaya bisa diakses online. Beberapa jenis hosting yang bisa kamu gunakan yaitu: 

Hosting ini berharga terjangkau dan mudah penggunaannya.

sumber daya besar dan kemudahan penggunaan.

Hosting dengan kapasitas besar, dapat kamu kelola secara mandiri, tapi membutuhkan kemampuan teknis. Lebih cocok untuk skala kantor atau bisnis besar.

  1. Nama Domain

Nama domain ibarat nama perusahaan dan kelak menjadi branding blog dan website bisnismu. Pastikan nama blogmu mudah diingat, singkat, dan mudah dieja. Jika tidak terpaksa, hindari menggunakan kombinasi angka dan tanda hubung.

Yang tak kalah penting, gunakan top level domain. Yaitu, nama domain yang berakhiran .com, .net, .co.id,  dan sebagainya. Mengapa top level domain itu penting? 

    • Nama domain yang sudah menggunakan top level domain menjadi lebih ringkas dan mudah diingat, sehingga menjadi identitas yang unik dan dapat digunakan dalam pengembangan branding bisnismu.
    • Dapat meningkatkan peringkat SERP (search engine result page), yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.
    • Penggunaan top level domain yang dibarengi dengan konten yang berkualitas, akan meningkatkan domain authority atau otoritas sebuah domain (DA) dan page authority atau otoritas halaman (PA) dari sebuah blog. Hal ini akan membuat konten blog bisnismu makin menarik dan mudah dibaca oleh algoritma Google.
  1. Artikel dan Konten 

Sekarang blogmu sudah siap digunakan. Kamu tinggal mengunggah konten artikel pada blog. Carilah konten yang menarik dan berpotensi dikunjungi banyak orang. Jangan lupa, lakukan riset keyword terlebih dulu, agar kamu tahu apa saja yang banyak dicari oleh pembaca.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki blog pada website bisnismu?Jika belum dan menurutmu biaya pembuatan website untuk bisnismu mahal, tenang saja. Kamu bisa, kok, memiliki website gratis. Caranya adalah dengan mengunjungi e-commerce enabler seperti LummoSHOP. Di sini kamu dapat membuat website toko online secara gratis dan membuat katalog produk jualan online kamu sendiri. Asyik, kan?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP