fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pentingnya Komunitas Pembeli untuk Bisnis, Simak 7 Alasannya

Komunitas pembeli 01

Pentingnya komunitas pembeli bagi sebuah bisnis sudah tidak diragukan lagi. Komunitas yang terdiri dari sekelompok pembeli loyal akan menjadi fanbase yang bisa kamu andalkan untuk membuat branding-mu makin naik.

Ada pula yang menyebut komunitas pembeli ini dengan “kolam”, yakni tempat berkumpulnya para ikan yang siap kamu pancing kapan saja. Dalam hal ini, yang kamu perlukan adalah pandai melempar umpan yang tepat.

Era sebelum digital marketing dan informasi enggak sebanjir sekarang, pembeli seringkali enggak punya fasilitas purna jual dari produsen tempatnya berbelanja. Artinya, pembeli hanyalah pembeli. Banyak pebisnis yang enggak menyadari pentingnya komunitas pembeli bagi kesuksesan bisnisnya.  

Era sekarang, membangun interaksi positif dengan pembeli, bahkan saat mereka telah selesai menggunakan produk atau layananmu, jadi hal yang esensial. Merawat pembeli menjadi pelanggan setia dan berkumpul dalam wadah yang sama dengan pelanggan setia lainnya tentu akan berdampak baik bagi bisnismu.

Baca juga: Cetak Konsumen dari Pengikut Medsos dan Kiat Jaga Loyalitas Pelanggan

Pentingnya Komunitas Pembeli

Nah, apa saja alasan pentingnya komunitas pembeli, berikut 7 alasan yang bisa kamu pertimbangkan.

     1. Meningkatnya brand awareness

Melansir dari Alexa, brand awareness mendeskripsikan sampai sejauh apa pembeli bisa mengingat atau mengenali sebuah brand. Pembeli yang sudah mengenal produk atau layananmu pastinya akan memberikan testimoninya kepada pembeli lainnya. 

Kekuatan word of mouth atau penyebaran dari mulut ke mulut masih menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi keberlangsungan sebuah brand. 

Tren yang sedang terjadi hari ini adalah calon pembeli akan mencari rekomendasi dari orang lain yang telah berpengalaman menggunakan suatu produk atau jasa. Bahkan, menurut data Nielsen – sebagaimana melansir dari Swa – sebanyak 84 % orang lebih percaya pada rekomendasi orang lain tentang produk, jasa, atau layanan yang pernah mereka gunakan. 

     2. Meningkatnya brand loyality

Pembeli yang sudah menjadi konsumen setia biasanya akan senang membeli produk atau jasa yang sama dari sebuah perusahaan. Pernah kan kamu mendengar istilah loyalitas tanpa batas? Yes, loyalitas seringnya memang tak terbatas, karena ia adalah ungkapan cinta dan kesetiaan terhadap sesuatu.

Kamu bisa menemukan brand loyalty yang tercipta dari kesadaran pentingnya komunitas pembeli pada brand Starbucks, Harley Davidson, The Body Shop, dan sebagainya.  

Baca juga: Pentingnya Loyalty Program untuk Pelanggan

     3. Mendapatkan insight langsung dari pembeli

Satu hal berharga saat kamu menyadari pentingnya komunitas pembeli adalah kamu bisa mendapatkan pandangan tentang produk atau jasamu secara langsung dari kacamata pembeli otentikmu. 

Karena otentik, tentu saja pandangan yang komunitas pembelimu sampaikan akan terasa lebih jujur, apa adanya, dan membangun. Komunitas pembeli akan membuatmu sadar untuk lebih mendengarkan dan mewujudkan apa yang nereka butuhkan. 

Dengan begitu, kamu pun bisa menentukan strategi yang tepat sebagai bagian dari perencanaan bisnismu. 

Ada satu temuan menarik pula, sebagaimana melansir dari Marketing Insider Group, bahwa sebanyak 67 % perusahaan memanfaatkan brand community untuk mendapatkan insight tentang produk baru yang akan mereka luncurkan. Tentu ini jadi nilai plus ya.

    4. Merawat engagement 

Komunitas pembeli 03

Membangun komunitas pembeli pastinya harus terus merawat engagement dengan mereka. Kamu perlu memikirkan cara-cara apa saja yang berrdampak untuk merawat interaksi terus menerus.

Misalnya dengan sharing bermanfaat atau berbagi ilmu yang masih sebenang merah dengan niche bisnismu. Pentingnya komunitas pembeli akan membuatmu bersemangat untuk terus kreatif dan berinovasi. Kamu bisa mengumpulkan komunitas pembelimu di channel seperti Whats App Group atau Telegram. 

Adakan jadwal rutin untuk sharing dan bertukar informasi untuk memperbesar engagement. Kamu juga bisa melibatkan anggota komunitas pembelimu untuk berkolaborasi dan bersinergi.  

Baca juga: Mau Follower Jadi Pelanggan Setia? Begini Caranya!

      5. Mendapatkan reputasi yang baik dari publik

Reputasi juga bukanlah hal instan. Ia terbentuk karena jejak rekam yang teruji dan bukti nyata bahwa pembeli memang menikmatinya. Kamu juga bisa meningkatkan reputasi yang baik dari publik dengan bersinergi bersama komunitas pembelimu untuk melakukan program-program yang sesuai.

Pilihan menjadi sponsor dalam event yang diadakan komunitas pembeli juga patut kamu coba. Begitu pula dengan menjadi sponsor dalam event komunitas lainnya yang menjadi target pasarmu berikutnya.   

     6. Mendorong kesuksesan pembeli

Kesuksesan pembeli maksudnya adalah kepuasan pembeli setelah menggunakan produk, jasa, atau layananmu. Customer success adalah sebuah metode untuk memastikan hal itu.

Pentingnya komunitas pembeli ini makin terasa saat ia bisa mewujudkan customer success ini. Biasanya akan banyak ide-ide kreatif yang pembeli lontarkan untuk dapat memberikan peningkatan pada perkembangan produk, jasa, atau layananmu.

     7. Meningkatkan profit  

Semua bisnis pada akhirnya pastinya berorientasi pada profit. Brand awareness yang terus memenuhi otak pembeli akan menciptakan brand loyality. Pembeli  yang terus menerus melakukan repeat order secara berkala tentu akan menjadi pelanggan. Mereka sudah membuktikan loyalitasnya. 

Komunitas pembeli yang aktif akan membuat penjualan produk terjadi lebih cepat, bahkan memungkinkan untuk up selling.Pada akhirnya, omsetmu akan meningkat dan profit bertambah. 

Langkah Awal Membangun Komunitas Pembeli

Membangun komunitas pembeli di awal pasti memberikan tantangan tersendiri. Ada upaya besar untuk bisa melakukan fungsi pengembangan komunitas.

Baca juga: Manjakan Pelangganmu dengan Beragam Loyalty Program

Beberapa langkah awal untuk membangun komunitas pembeli yang bisa kamu coba adalah dengan :

  • Mengumpulkan data pembeli dari identitas yang diberikan saat melakukan transaksi, misalnya nomor Whats App atau email.
  • Memberikan layanan purna jual kepada pembeli berupa konsultasi gratis dan mewadahi kebutuhan mereka.
  • Mengadakan giveaway atau challenge di media sosial dengan mengumpulkan konten review dari pembeli produk atau jasamu sebelumnya.
  • Mengumpulkan komunitas pembeli lewat kewajiban follow atau subscribe media sosial bisnismu, lalu adakan suatu event untuk mereka.
  • Membentuk forum menggunakan Facebook Group dimulai dari mewadahi minat yang sama yaitu kebutuhan pembeli akan produk atau jasamu.
  • Membentuk Whats App Group yang diperuntukkan untuk pembeli sesudah mereka menggunakan produk, jasa, atau layananmu.
  • Mengundang pembeli untuk bergabung channel Telegram yang kamu kelola untuk berbagi ilmu yang berhubungan dengan produk, jasa atau layananmu.  

Ada banyak cara untuk mengawali sebuah komunitas pembeli. Kamu hanya perlu memikirkan lewat saluran mana mereka akan bergabung dalam komunitas pembelimu.  

Pentingnya Komunitas Pembeli Akan Dirasakan Kedua Belah Pihak

Komunitas pembeli 02

Selain dari sisi pebisnis, banyak juga loh manfaat dari sisi pembeli atau konsumen bergabung di komunitas pembeli, seperti :

  • Mendapatkan jaringan pertemanan dan juga bisnis yang makin luas serta berasal dari berbagai latar belakang.
  • Memudahkan pembeli bertukar informasi tentang produk, jasa, atau layanan dari perusahaan.
  • Mendapatkan informasi ter-update terkait produk, jasa, atau layanan perusahaan.
  • Mendapatkan banyak penawaran spesial, khusus komunitas pembeli.
  • Bisa bertanya dan berkonsultasi langsung mengenail seluk beluk produk, jasa, atau layanan, termasuk saat ada hal yang tidak memuaskan.
  • Berkesempatan mendapatkan prioritas pelayanan yang tak ada di non anggota komunitas pembeli,

Banyak kan manfaat yang didapatkan pembeli atau konsumen ketika mereka menyadari pentingnya komunitas pembeli untuk menjaga loyalitas mereka terhadap produk atau jasa perusahaan tertentu. Tentunya, ini sangat menguntungkanmu sebagai pebisnis.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Pelanggan Lama Selalu Setia

Akhirnya, menyadari pentingnya komunitas pembeli bagi bisnis sama dengan menyadari pentingnya membangun sebuah brand community. Jika belajar dari beberapa brand besar yang telah lama menggunakan brand community sebagai strategi, kamu bisa belajar bahwa mereka sangat berorientasi pada pembeli atau konsumen. Mereka sebagai pebisnis tahu kebutuhan apa yang paling penting dari pembelinya.

Dengan begitu, komunitas pembeli pun bisa memahami value dari brand mu dan menjadi pembeli loyal atau pelanggan setia.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP